Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

FUNGSI BAHASA INDONESIA SEBAGAI ILMU PENGETAHUAN TEKHNOLOGI DAN SENI.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "FUNGSI BAHASA INDONESIA SEBAGAI ILMU PENGETAHUAN TEKHNOLOGI DAN SENI."— Transcript presentasi:

1 FUNGSI BAHASA INDONESIA SEBAGAI ILMU PENGETAHUAN TEKHNOLOGI DAN SENI

2 Disusun Oleh : Dimar Aulia ( ) Husein ( ) Ibnu Aziz ( ) Yodi Litiandi ( ) Rivai Arvan ( ) Irfan Hamid ( ) M.Riadh ( ) Saptari Wijaya ( ) Adi Hermawan ( ) Eko Wibowo ( )

3 BAB I PENDAHULUAN 1.1 LATAR BELAKANG Bahasa Indonesia telah di akui sebagai bahasa persatuan sejak zaman dulu. Tepatnya ketika di cetuskan sumpah pemuda pada tanggal 28 oktober Seiring dengan adanya perubahan-perubahan kosdisi tersebut, bahasa bahasa Indonesia pun mengalami beberapa, baik dalam cara penulisan, pengucapan, penambahan dan pengurangan kosa kata. Perbaikan ejaan dan lain-lain. Seiring dengan adanya perubahan-perubahan kosdisi tersebut, bahasa bahasa Indonesia pun mengalami beberapa, baik dalam cara penulisan, pengucapan, penambahan dan pengurangan kosa kata. Perbaikan ejaan dan lain-lain.

4 1.2 RUMUSAN MASALAH Bagaimana hubungan bahasa Indonesia sebagai ilmu pengetahuan, tekhnologi, dan seni? Apakah dampak bahasa Indonesia bagi seni dan agama?

5 1.3 BATASAN MASALAH Pembahaasan makalah ini hanya terbatas pada hubungan bahasa indonesai sebagai ilmu pengetahuan, tekhnologi dan seni, dan dampak bahasa Indonesia dalam bidang seni.

6 1.4 TUJUAN PENULISAN Menambah pemahaman mahasiswa tentang hubungan dan dampak bahasa ndonesisa sebagai ilmi pengetahuan,tekhnologi dan seni. Untuk pemenuhan tugas mata kuliah bahasa Indonesia.

7 BAB II PEMBAHASAN 2.1 PENGERTIAN BAHASA INDONESIA Bahasa tidah dapat terpisahkan dari manusia dan mengikuti dalam sertiap pekerjaannya. Bahsa adalah alat atau perwujudan budaya yang digunakan manusia untuk saling berkomunikasi atau berhubungan, baik lewat tulisan, lisan, ataupun gerakan(bahasa isyarat) dengan tujuan menyampaikan maksud hati atau kemauan kepada lawan bicaranya atau orang lain. Melalui bahasa, manusia dapar menyeuaikan diri dengan adat istiadat, tingkah laku, tata karma masyarakat, dan sekaligus mudah membaurkan dirinya dengan segala entuk masyarakat.

8 Adapun Definisi bahasa adalah sebagai berikut: Suatu sistem untuk mewakili benda, tindakan, gagasan dan keadaan. Suatu peralatan yang digunakan untuk menyampaikan konsep riil mereka ke dalam pikiran orang lain. Suatu kesatuan sistem makna. Suatu kode yang yang digunakan oleh pakar linguistik untuk membedakan antara bentuk dan makna. Suatu ucapan yang menepati tata bahasa yang telah ditetapkan (contoh: Perkataan, kalimat, dan lain-lain). Suatu sistem tuturan yang akan dapat dipahami oleh masyarakat linguistik.

9 2.2 BAHASA INDONESIA SEBAGAI BAHASA ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI Ilmu pengetahuan juga harus di sampaikan menggunakan bahasa yang mudah di pahami. Oleh karena itu apabila seebuah ilmu pengetahuan yang di temukan oleh seorang ilmuan, dan di tulis menggunakan bahasa yang hanya di kuasai oleh ilmuan. Salah satu cara yang di tempuh adalah dengan menerjemahkan buku kedalam berbagai bahasa, khususnya kedalam bahasa yang di pahami oleh orang yang memerlukan ilmu pengetahuan tesebut,sehingga pemahaman terhadap ilmu pengetahuan dalam buku tersebut menjadi maksimal.

10 2.3 BAHASA INDONESIA SEBAGAI SENI Bahasa, seni, dan religi adalah tiga hal yang tidak tepisahkan. Dalam bahasa ada kesenian dan religi. Sebaliknya dalam seni dan agama terdapat bahasa. Ketiganya merupakan unsure kebudayaan yang universal. Bahasa menempati urutan pertama, religi urutan keenamdan kesenian urutan ketujuh. Bahasa di tempatkan pada urutan pertama karena manusia sebagai mahluk biologis harus berinteraksi dan berkomunikasi dalam kelompok sosial.

11 BAB III PENUTUP 3.1 SIMPULAN Berdasarkan makalah yang kami buat bahwa, bahasa adalah alat untuk perwujudan budaya yang digunakan manusia untuk saling berkomunikasi. Dengan menggunakan bahasa manusia dapat saling berkomunikasi antara satu dengan yang lainnya sehingga dapat saling berbagi pengalaman dan saling belajar untuk meningkatkan intelektual.Hubungan bahasa, seni, dan agama adalah kesenian yang menyempurnakan dan menyemarakkan sistem agama dengan menggunakan media bahasa.

12 3.2 SARAN Setelah membaca makalah ini kami berharap dapat mendefinisikan fungsi dari bahasa, mengerti hubungan bahasa Indonesia dalam perkembangan ilmu pengetahuan teknologi dan seni serta dapat dengan mudah megerti bahasa yang digunakan oleh sebagian orang untuk menyampaikan sesuatu terutama dalam bidang teknologi dan seni.

13 DAFTAR PUSTAKA id.wikisource.org/wik makalah-bahasa-indonesia-bahasa- sebagai.html. Samsuri. (1994). Analisa Bahasa. Jakarta: Erlangga.

14 TERIMAKASIH

15 ADA PERTANYAAN ?


Download ppt "FUNGSI BAHASA INDONESIA SEBAGAI ILMU PENGETAHUAN TEKHNOLOGI DAN SENI."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google