Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Meningkatkan Kemampuan Vocabullary dengan menggunakan Media Building Words siswa kelas VII SMPN 2 Cilamaya Kulon Karawang.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Meningkatkan Kemampuan Vocabullary dengan menggunakan Media Building Words siswa kelas VII SMPN 2 Cilamaya Kulon Karawang."— Transcript presentasi:

1 Meningkatkan Kemampuan Vocabullary dengan menggunakan Media Building Words siswa kelas VII SMPN 2 Cilamaya Kulon Karawang

2 BAB I PENDAHULUAN Latar Belakang Bahasa merupakan alat untuk berkomunikasi yang mempunyai peran penting dalam kehidupan sehari- hari. Tanpa komunikasi kita akan ketinggalan zaman. Komunikasi dalam bahasa asing merupakan jembatan untuk mendapatka informasi, pengetahuan dan budaya. Di jaman era globalisasi seperti sekarang ini bahasa inggris sangat penting karena bahasa inggris merupakan bahasa internasional yang digunakan oleh orang diseluruh dunia. untuk mendukung pengetahuan dan pemahaman orang dalam bahasa inggris secara formal melalui pendidikan.

3 Identifikasi Masalah 1. Apakah dengan menggunakan media Building Words bisa meningkatkan kemampuan vocabulary? 2. apakah ada peningkatan sebelum dan sesudah menggunakan media building words? 3. Bagaimanakah respon siswa terhadap penerapan pembelajaran dengan menggunakan media Building Words dalam pengajaran vocabulary? 4. Apa sajakah kesulitan yang dihadapi siswa dalam kemampuan vocabulary? 5. bagaimana semangat siswa setelah menggunakan media building words?

4 Pembatasan dan Perumusan Masalah 1. Pembatasan Masalah Agar dalam pembatasan masalah tidak meluas dan hasil yang dicapai lebih akurat, maka masalah dalam penelitian ini dibatasi pada: a. Building Word bisa meningkatkan kemampuan vocabulary 2. Rumusan Masalah Rumusan masalah yang peneliti akan ajukan adalah: a. Apakah dengan Media Building Words bisa meningkatkan kemampuan vocabulary?

5 Tujuan Peneliti Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah : a. Untuk mengetahui bagaimana respon siswa terhadap penerapan pembelajaran dengan menggunakan media Building Words.

6 Kegunaan Penelitian Secara Teoritis: penelitian ini diharapkan dapat dijadikan bahan kajian yang berguna dalam perkembangan ilmu pendidika, terutama dalam untuk membantu guru mengajarkan vocabulary lebih menyenangkan dan tidak membosankan. Secara Praktis: a. Siswa merasa tidak bosan dalam belajar vocabulary. b. Siswa merasa bermain dalam belajar vocabulary dengan menggunakan Building Words

7 Penjelasan Istilah Agar tidak terjadi salah pengertian dan salah penafsiran dari pembaca, berikut ini penulis akan menjelaskan istilah-istilah yang terdapat dalam judul skripsi ini: Building Words adalah sebuah permainan yang digunakan untuk meningkatkan kosa kata pada siswa. Media ini menggunakan potongan potongan huruf dan gambar untuk dijadikan properti guna berjalannya building words. Hornby (1994:4) dalam abdul latif azis (2011:9) menyatakan bahwa “vocabulary is total number of words that make up a language, list of word their meaning, especially one which accompanies a textbook in a foreign languange”. Dari pengertian diatas hornby menjelaskan bahwa kosa kata atau pembendaharaan kata adalah sejumlah kata-kata yang menyusun sebuah bahasa, daftar dari makna kata, khususnya salah satu yang menyususn buku pelajaran dalam bahasa asing.

8 BAB II TINJAUAN PUSTAKA A. Pembelajaran Bahasa Inggris pembelajaran adalah suatu proses antara guru dan siswa untuk mencapai suatu tujuan pendidikan. Sanjaya (2010:100) mengatakan bahwa tujuan pembelajaran bukan hanya penguasaan materi pelajaran, akan tetapi proses untuk mengubah tingkah laku siswa sesuai dengan tujuan yang akan dicapai B. Kemampuan vocabulary ◦ Definisi vocabulary ◦ Masalah dalam vocabulary ◦ Cara Mempelajari Vocabulary ◦ Pengajaran vocabulary

9 C. Media Building Words Pengertian media Kata media berasal dari bahasa latin medius yang secara harfiah berarti ‘tengah’, ‘perantara’, atau’pengantar’. Dalam bahasa arab, media adalah perantara atau pengantarpesan dari pengirim kepada penerima pesan. Gerlach & Elly (1971) dalam arsyad (2007:3) Mengatakan bahwa media apabila dipahami secara garis besar adalah manusia, materi, atau kejadian yang embangun kondisi yang membuat siswa mampu memperoleh pengetahuan, ketrampilan, atau sikap. Pengertian Building Word Building Words adalah sebuah permainan yang digunakan untuk meningkatkan kosa kata pada siswa. Media ini menggunakan potongan potongan huruf dan gambar untuk dijadikan properti guna berjalannya building words. Siswa diharuskan mencocokan gambar dengan potongan potongan huruf dan menyusunnya sehingga menjadi sebuah kata yang tepat pada pengertian gambar tersebut

10 BAB III METODOLOGI PENELITIAN Pendekatan dan Metode Penelitian Pendekatan yang akan digunakan dalam penelitian adalah kualitatif. Sugiyono (2013:15) mengatakan bahwa metode penelitian kualitatif adalah metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat postpositivisme, digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah, (sebagai lawannya adalah eksperimen) dimana peneliti adalah sebagai instrumen kunci, pengambilan sampel sumber data dilakukan secara purposive dan snowbaal, teknik penggumpulan dengan triaggulasi (gabungan) analisis data bersifat induktif/kualitatif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna dari pada generalisasi.

11 metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah PTK Penelitian Tindakan Kelas). Ebbutt (Wiriaatmadja, 2009:12) menggemukakan bahwa PTK (Penelitian Tindakan Kelas) adalah kajian sistematik dari upaya perbaikan pelaksanaan praktek pendidikan oleh sekelompok guru dengan melakukan tindakan-tindakan dalam pembelajaran, berdasarkan refleksi mereka mengenai hasil dari tindakan- tindakan tersebut.

12 A. Subjek Penelitian Pada Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini penelitian yang akan dilaksanakan di SMPN 2 Cilamaya Kulon. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII yang mempunyai nilai terendah dalam bahasa inggris B. Teknik Pengumpulan Data Dalam melakukan penelitian data, penelitian ini akan menggunakan 3 teknik yaitu tes, observasi,dan wawancara. - Tes - observasi - wawancara

13 C. Tahap-tahap Penelitian Langkah-langkah yang ditempuh dalam melakukan penelitian ini adalah sebagai berikut: Merumuskan Masalah Menentukan populasi dan sampel Membuat instrument penilaian Memberikan test kepada kelas Memberikan pengajaran dengan menggunakan media building words Mengumpulkan data Mengolah dan menganalisis data Membuat kesimpulan

14 D. Teknik Analisis Data: Analisis nilai teks Analisis Data observasi Analisis Data Wawancara

15 THANK YOU


Download ppt "Meningkatkan Kemampuan Vocabullary dengan menggunakan Media Building Words siswa kelas VII SMPN 2 Cilamaya Kulon Karawang."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google