Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA CETAK TERHAPAD PEROLEHAN KOSAKATA BAHASA INGRRIS (VOCABULARY) Disusun Oleh: Endah setiyawati 1041172106226.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA CETAK TERHAPAD PEROLEHAN KOSAKATA BAHASA INGRRIS (VOCABULARY) Disusun Oleh: Endah setiyawati 1041172106226."— Transcript presentasi:

1 PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA CETAK TERHAPAD PEROLEHAN KOSAKATA BAHASA INGRRIS (VOCABULARY) Disusun Oleh: Endah setiyawati

2 BAB I PENDAHULUAN LATAR BELAKANG Manusia sebagai mahluk sosial tentunya menggunakan suatu bahasa yang dikuasainya sebagai alat komunikasi dengan lawan bicaranya, kita yang bernegara Indonesia tentunya mengunakan bahasa Indonesia sebagai alat komunikasi, akan tetapi di Indonesia juga tidak hanya berkomunikasi dengan bahasa sendiri (mother tongue) banyak bahasa-bahasa daerah dari berbagai suku.

3 Thornbury (2002:13) di kutip Seep dan mahmud without grammar very little can be conveyed, without vocabulary nothing can be conveyed. Ungkapan diatas membuktikan bahwa kosakata itu sangat penting, karena tanpa kosakata kita tidak dapat mengungkapkan apapun apalagi berinteraksi dengan mahluk sosial lainnya, karena kosakata adalah awal dari segala kegiatan pembelajaran Bahasa.

4 IDENTIFIKASI MASALAH Seperti yang sudah dijelaskan, dalam pembelajaran Bahasa apapun khusunya Bahasa Inggris Hal yang terpenting untuk memahami dan menguasai bahasa yaitu harus memperkaya kosa kata. Sehingga kurangnya kosakata menjadi sebuah permasalahan dalam pembelajaran bahasa khususnya bahasa Inggris.

5 Pembatasan Perumusan Masalah Pembatasan Masalah – Kurangnya keaktifan siswa dalam perolehan kosakata (vocabulary) – Kurangnya keefektifan pembelajaran yang dilakukan pengajar dalam perolehan kosakata (vocabulary) Rumusan Masalah  Berdasarkan uraian di atas, maka masalah yang akan diteliti dirumuskan sebagai berikut:  Apakah penggunaan media cetak dapat mempengaruhi perolehan vocabullary siswa kelas VII Mts Negeri 1 Pedes?

6 Tujuan Penelitian Tujuan yang diharapkan oleh penulis dalam penelitian ini adalah untuk membuktikan apakah penggunaan media cetak dapat berppengaruh terhadap perolehan kosakata bahasa Inggris (vocabulary) sisawa kelas VII Mts Negeri 1 Pedes.

7 Manfaat Penelitian Manfaat bagi Guru  Dapat memanfaatkan media yang ada disekitar  Dapat mengembangkan media pengajaran agar murid lebih aktif dalam aktifitas belajar mengajar Manfaat bagi Siswa  Meningkatkan pemahaman siswa dalam proses belajar dengan menggunakan media pembelajaran  Meningkatkan kosakata siswa sehingga mampu membuat berbagaimacam kalimat Manfaat bagi Penulis  Penulis dapat mengetahui macam-macam media dalam pengajaran bahasa  Penulis dapat mengetahui seberapa efektif media cetak dalam pembelajaran bahasa khususnya untuk perolehan kosakata bagi para siswa

8 BAB II TINJAUAN PUSTAKA Pengertian Media Pengajaran Gerlach & Ely (1971) dalam buku Azhar mengatakan bahwa media apabila di pahami secara garis besar adalah manusia, materi, atau kejadian yang membangun kondisi yang mampu membuat siswa mampu memperoleh pengetahuan, keterampilan atau sikap.

9 Fungsi dan manfaat media pendidikan Levie dan Lentz (1982) dalam buku Arsyad menemukakan empat funngsi media pembelajaran, khususnya media visual yaitu: Fungsi afektif Fungsi kognitif Fungsi kompensatoris

10 Definition of vocabulary Vocabulary is a list or collection of words or of words and phrases usually alphabetically arranged and explained or definition Vocabulary is A sum or stock of words employed by a language, group, individual or work or in a field of knowladge.

11 Pembelajaran Kosakata Hatch dan brown (1995) sebagaimana dikutip Cameron (2001) dan di ambil dari buku sesep dan mahmud, mengulas lima langkah penting dalam pembelajaran kosakata yaitu: memiliki sumber untuk bertemu dengan kata-kata baru memiliki gambaran (image) jelas baik secara visual maupun audio mengenai bentuk dari kata-kata baru mempelajari makna kata-kata baru memiliki kaitan ingatan yang kuat antara bentuk serta makna kata-kata baru tadi, dan menggunakan kata-kata tersebut

12 Hipotesis Penelitian Arikunto (2010:110) Hipotesis dapat diartikan sebagai suatu jawaban yang bersifat sementara terhadap permasalahan penelitian, sampai terbukti melalui data yang terkumpul. Ada dua jenis hipotesis yang digunakan dalam penelitian: Hipotesis kerja, atau bisa disebut hipotesis alternatif disingkat Ha. Hipotesis kerja menyatakan adanya variable X dan Y atau adanya perbedaan dalam dua kelompok. Hipotesis nol (null Hypotheses) disingkat Ho. Hipotesis nol sering juga disebut hipotesis statistik, karena biasanya dipakai dalam penelitian yang bersifat statistik, yaitu diuji dengan perhitungan statistik. Hipotesis nol menyatakan tidak adanya perbedaan antara dua variable atau tidak adanya pengaruh X terhadap variable Y.

13 Ha=Adanya pengaruh dari penggunaan media cetak terhadap perolehan kosakata bahasa inggris (vocabulary) Ho=Tidak adanya pengaruh dari penggunaan media cetak terhadap perolehan kosakata bahasa inggris (vocabulary)

14 BAB III METODOLOGI PENELITIAN Pendekatan Penelitian Sugiono mengemukakan secara umum metode Penelitian diartikan secara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu. Dengan penelitian peneliti dapat meniliti dan mencari jawaban atas masalah yang ditelitinya dengan menggunakan pendekatan yang cocok dengan masalah yang akan diteliti, sehingga mendapatkan hasil yang optimal.

15 Desain Penelitian Berdasarkan penjelasanpermasalahan yang telah dibahas, peneliti dapat mengambil kesimpulan bahwa dalam penelitian ini terdapat dua variabel yang digunakan, yaitu penggunaan media cetak sebagai variabel bebas (X) dan perolehan kosakata bahasa inggris (vocabulary) Sebagai variabel terikat (Y).

16 Populasi, Sampel dan Teknik pengambilan sampel Menurut sugiono (2012: 117) populasi adalah Jadi menurut pengertian sugiono di atas tentang populasi dan sampel yang ada dalam penelitian ini adalah kelas VII Mts Negeri 1 Pedes, populasi kelas VII yang cukup banyak maka peneliti akan mengambil sampel dan memilih salah satu kelas yang akan dijadikan bahan penelitian. Sehingga tidak membutuhkan penelitian yang cukup lama.

17 Teknik Pengumpulan Data Teknik pengumpulan data dari penelitian ini menggunakan tes. Tes yang akan dilakukan yaitu pre- tes dan post-test kepada kelas yang akan diteliti. Pretest Pretest dilakukan pada kelas VII Mts Negeri 1 Pedes yang akan diteliti untuk mengetahui penguasaan kosakata sebelum diadakan perlakuan. Posttest Posttest dilakukan pada kelas VII Mts Negeri 1 Pedes yang akan diteliti untuk mengetahui adakah pengaruh pada perolehan kosakata bahasa inggris (vocabulary) setelah diadakannya perlakuan.

18


Download ppt "PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA CETAK TERHAPAD PEROLEHAN KOSAKATA BAHASA INGRRIS (VOCABULARY) Disusun Oleh: Endah setiyawati 1041172106226."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google