Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PEMERIKSAAN ANGKA KUMAN Zainab, M.Si., Apt. TUJUAN Mahasiswa dapat menentukan jumlah bakteri pada sampel yang diteliti menggunakan metode angka lempeng.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PEMERIKSAAN ANGKA KUMAN Zainab, M.Si., Apt. TUJUAN Mahasiswa dapat menentukan jumlah bakteri pada sampel yang diteliti menggunakan metode angka lempeng."— Transcript presentasi:

1 PEMERIKSAAN ANGKA KUMAN Zainab, M.Si., Apt

2 TUJUAN Mahasiswa dapat menentukan jumlah bakteri pada sampel yang diteliti menggunakan metode angka lempeng total.

3 ALAT DAN BAHAN Alat : lampu spiritus Autoclave Inkubator Mikropipet Spreader Bahan: Sampel = air sumur, es batu, minuman dan makanan dll. NaCl fisiologis steril sebagai pengencer Media Mueller Hinton untuk menghitung angka lempeng total Media TBX untuk identifikasi Escherichia coli

4 METODE PEMERIKSAAN ANGKA LEMPENG TOTAL (ALT) Pengenceran Sampel (sample berupa cairan) Sampel diencerkan dg larutan NaCl fisiologis. Pengenceran dilakukan 10 kali, 100 kali, 1000 kali dan kali. Adapun cara pengencerannya adalah sebagai berikut : 1)10 kali : Sampel dipipet secara aseptic sebanyak 0,5 ml ke dalam tabung reaksi yang telah berisi 4,5 ml larutan NaCl fisiologis, kemudian dihomogenkan. 2)100 kali : Diambil 0,5 ml dari pengenceran 10 kali, ditambahkan 4,5 ml larutan NaCl fisiologis dan dihomogenkan. 3)1000 kali : Diambil 0,5 ml dari pengenceran 100 kali, ditambahkan 4,5 ml larutan NaCl fisiologis dan dihomogenkan. 4) kali: Diambil 0,5 ml dari pengenceran 1000 kali, ditambahkan 4,5 ml larutan NaCl fisiologis dan dihomogenkan Sample yang berupa sediaan padat : ditimbang seksama sebanyak 0,5 g. Dimasukkan secara aseptic ke dalam tabung dan ditambah 4,5 ml larutan NaCl fisiologis steril (pengenceran 10 kali) campur homogen, pengenceran selanjutnya sama dengan di atas.

5 METODE PEMERIKSAAN ANGKA KUMAN 1. Dilakukan pengenceran 1 : 10, 1 : 100, 1 : 1000, 1 : dengan NaCl 0,9 % steril. 2. Diambil 100 µl tuangkan pada media MH untuk masing-masing pengenceran. Kemudian ratakan dengan spreader berulang-ulang hingga cairan merata pada petri (Metode cawan sebar/spread plate). 3. Diinkubasi pada suhu 37 C selama jam. 4. Dihitung jumlah koloni bakteri pada masing- masing petri pada berbagai pengenceran.

6 Uji angka lempeng total (ALT)

7

8 HASIL PEMERIKSAAN ANGKA KUMAN

9 CARA PENGHITUNGAN 1.Hitung koloni pada masing-masing pengenceran. 2.Koloni yang menumpuk tidak dapat dihitung. Cari petri dg koloni yang tidak menumpuk dan dapat dihitung. 3.Jumlah koloni yg representatif adalah yang berjumlah antara koloni. 4.Jumlah koloni dihitung dg rumus.

10 RUMUS ALT = Satuan ALT = CFU/ml atau CFU/g Faktor pengenceran Jumlah koloni yg dimasukkan rumus adalah jml koloni yang representatif

11 Identifikasi E. coli dg media TBX 100 µL sampel pada pengenceran tertentu (ALT) inokulasi pada media TBX, ratakan Inkubasi jam dengan suhu 37 0 C Amati koloni yang tumbuh Warna biru-kehijauan (Positif E.coli)

12 REAKSI YG TERJADI

13 Koloni E. coli di media TBX


Download ppt "PEMERIKSAAN ANGKA KUMAN Zainab, M.Si., Apt. TUJUAN Mahasiswa dapat menentukan jumlah bakteri pada sampel yang diteliti menggunakan metode angka lempeng."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google