Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PELUANG Jika kita mengundi mata uang logam : ada 2 kemungkinan yang terjadi yaitu munculnya gambar dan muncul angka.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PELUANG Jika kita mengundi mata uang logam : ada 2 kemungkinan yang terjadi yaitu munculnya gambar dan muncul angka."— Transcript presentasi:

1 PELUANG Jika kita mengundi mata uang logam : ada 2 kemungkinan yang terjadi yaitu munculnya gambar dan muncul angka.

2 Demikian juga ketika kita melempar mata dadu : ada 6 kemungkinan yang terjadi yaitu muncul angka 1 atau angka 2 atau angka 3 atau angka 4 atau angka 5 atau angka 6. Setiap peristiwa yang tidak bisa di tentukan kepastiannya berarti dikatakan “mungkin”.

3 Dunia ini penuh kemungkinan. Tidak ada yang pasti kataNya. Bahkan dikatakan dalam sebuah riwayat bahwa “ hanya satu yang pasti pada kehidupan dunia ini, yaitu mati “ Kematian adalah sebuah kepastian.

4 Dalam matius juga diriwayatkan “ ada yang tak mungkin bagi manusia tapi mungkin bagi Allah “ Kadang suatu peristiwa tidak masuk akal di mata manusia, atapi jika Tuhan menghendaki sesuatu yang tampaknya tidak mungkin menjadi mungkin. Sesuatu yang secara logika akal menolak, ternyata Tuhan menghendaki lain.

5 Inilah sebuah keajaiban Seperti pada peristiwa tsunami di Aceh, terdapat seorang bayi yang masih hidup ditengah lautan mayat dan gelombang lautan yang demikian hebatnya. Ternyata Tuhan maha hebat. Sering juga kita melihat peristiwa kecelakaan yang kadang akal kita mengatakan bahwa orang tersebut mestinya mati, ternyata selamat. Tuhan memang maha berkehendak.

6 Dari ini ternyata “ teori kemungkinan “ banyak terjadi pada kehidupan nyata sehari-hari. Banyak juga teori ini dimanfaatkan orang-orang di meja judi, undian dan games ( permainan ) yang kadang di salah gunakan sehingga berdampak negative bagi kehidupan.

7 Tapi hal itu tergantung manusianya. Teori ini adalah bidang keilmuan yang siapapun berhak mengembangkan. Kalaupun ada sisi negatifnya, hal ini tergantung orang-orang yang menggunakannya Pisau adalah sebuah alat yang akan tergantung siapa yang menggunakannya.

8 Untuk seorang ibu pisau akan membantu dalam memasak di dapur, tapi bagi seorang pembunuh pisau akan berfungsi lain dan bahkan akan membahayakan nyawa orang lain.

9 Banyak ilmuwan matematika yang akhirnya mengambangkan teori ini. Seperti Pascal, laplace, fermat dan gauss. Dari para pakar inilah teori peluang banyak digunakan oleh kalangan lain sehingga bermanfaat bagi kehidupan.

10 Frekwensi Nisbi ( frekwensi relative ) Rumusnya adalah : Frekwensi relative = banyak angka yang muncul Banyak percobaan

11 Cobalah lakukan kegiatan berikut : Lempar mata uang logam yang kamu punyai sebanyak 10 kali 15 kali 20 kali 25 kali

12 Dari hasil percobaanmu dari no 1 s.d no 4, tentukan a. frekwensi relative munculnya gambar b. frekwensi relative munculnya angka. Apa yang dapat kamu simpulkan ?

13 PELUANG MUNCULNYA SEBUAH KEJADIAN Peluang kejadian = banyak kejadian yang dimaksud Banyak keajdian yang mungkin.

14 Secara matematik peluang kejadian disimbolkan dengan P(A) Sehingga peluang munculnya angka ditulis P ( angka ) Peluang munculnya gambar ditulis P ( gambar ) dst. Perhatikan contoh hal 134. Kerjakan latihan 7 hal 135.


Download ppt "PELUANG Jika kita mengundi mata uang logam : ada 2 kemungkinan yang terjadi yaitu munculnya gambar dan muncul angka."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google