Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MASUK DAN BERKEMBANGNYA ISLAM DI INDONESIA M. Nur Rokhman 08122752596 FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERITAS NEGERI YOGYAKARTA.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MASUK DAN BERKEMBANGNYA ISLAM DI INDONESIA M. Nur Rokhman 08122752596 FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERITAS NEGERI YOGYAKARTA."— Transcript presentasi:

1

2 MASUK DAN BERKEMBANGNYA ISLAM DI INDONESIA M. Nur Rokhman FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERITAS NEGERI YOGYAKARTA

3 SLUKU SLUKU BATHOK Sluku sluku bathok (ghuslu ghuslu batinu) Bathoke ela elo (batinu La Illaha Illalloh) Sirama menyang sala (sirama (mandi/bersuci) nyang / ndang shalat) Leh olehe payung motha ( La Illaha Illalloh hayyun Mauta) Mak jenthit lolo obah (kematian itu hanya sak jenthit (dekat sekali dan bisa kapan saja, dimana saja, situasi apa saja) Wong mati ora obah Nek obah medeni Bocah Nek urip goleka dhuwit

4 Masuk dan Berkembanganya Islam ke Indonesia ADA 2 MASALAH UTAMA YANG MENARIK  WAKTU Abad XIII Abad XI Abad VII-VIII  ASAL India (Gujarat) Cina Persia Arab Langsung

5 Masuk dan Berkembanganya Islam ke Indonesia Abad XIII Tokoh: Snouck Hurgronje, Nj. Kroom, Van Den Bergh, R. Soekmono Dasar: Nisan S. Malik AL Shaleh 689 H (1297 M) Abad XI Dasar: Nisan Fatimah binti Maemon 475 H (1082 M) Waktu

6 Abad VII-VIII (I H) TW Arnold (The Preaching of Islam)  Riwayat Cina (674 ada imigran Arab di Pantai Timur Sumatra)  Ramainya Kegiatan Pelayaran & Perdagangan[1][1] DGE Hall (The History of Shouth East Asia)  Abad VII Para pedagang Arab Muslim banyak berdagang dengan kerajaan- kerjaan Nusantara [1]Jauh sebelum Islam disampaikan Nabi Muhammad, wilayah Nusantara sudah dikenal bangsa luar. Abad 1-2 M orang-orang Greek (Yunani) telah mengenal Nusantara. Abad 3 orang Persia (Sasa) telah mengenal wilayah nusantara. Bahkan Ptolomeus dalam petanya (catatannya) pernah menyebutkan nama Tabih, Argue, Posi Lam Wuli, Rommi, Lameri. Termasuk juga para pedagang dan pelayar dari wilayah Arab, India, dan juga kawasan Cina, mereka telah terbiasa berdagang, berlayar dan lalu lalang di wilayah Nusantara. Pertemuan berbagai bangsa telah membawa pengaruh (saling pengaruhi) agama dan Budaya. Jaman Hindu dan Budha (sekitar abad 4 M) masuklah pengaruh Hindu dan Budha. Pada jaman muncul dan perkembangan Islam pun terjadi hal yang demikian.[1]

7 H Agus Salim  Masuknya islam ke Nusantara bersamaan dengan masuknya Islam ke Tiongkok (Cina-Nusantara sudah ramai terjalin hub dagang) Zainal Arifin Abbas  Orang orang Arab muslim telah menjalin hubungan dengan Nusantara Hamka  Orang-orang Arab telah memegang peranan penting di Selat Malaka  Adanya Catatan Cina: tentang Ta-Cheh/Ta-Chi/Ta-jih (674 ada utusan ke Holing – di Cho-Pho (Jawa). Jarak Cho Pho - Ta Che : 5 hr berlayar. Di Kawasan Aceh ada nama wilayah Ta Jihan A Hasjmy  Berdasar keterangan Dr. Ilyas Ismail (Imam Masjid Besar Filipina) Islam masuk Aceh pada masa Ustam bin Affan (Dr. Ilyas mendasarkan catatan pada pedagang Arab dlm naskah tua di Manila)

8 Tambahan Tahun 100 H (718) Raja Sriwijaya Jambi (Srindravarman) mengirim surat kepada Khalifah Umar bin Abdul Aziz: “Dari Raja di Raja yang adalah keturunan seribu raja, yang istrinya juga seribu raja, yang di dalam kandang binatangnya terdapat seribu gajah, yang di wilayahnya terdapat dua sungai yang mengairi pohon gaharu, bumbu-bumbu wewangian, pala dan kapur barus yang semerbak wanginya hingga menjangkau jarak 12 mil, kepada Raja Arab yang tidak menyekutukan tuhan-tuhan lain dengan Tuhan. Saya telah mengirim kepada anda hadiah, yang sebenarnya merupakan hadiah yang tak begitu banyak, tetapi sekedar tanda persahabatan. Saya ingin Anda mengirimkan kepada saya seorang yang dapat mengajarkan Islam kepada saya dan menjelaskan kepada saya tentang hukum- hukumnya”.

9 PETA DAGANG

10 Ilustrasi gbr Perdagangan Kuno di Pelabuhan Banten

11 INDIA: (Gujarat, Malabar, Decan)  mayoritas bermazhab Hanafi Moquete  didukung Van den Bergh dan Kraemer  Islam dari Gujarat: Bentuk Nisan Pasai berlanggam Gujarat Windstet  Islam dari Gujarat: Bentuk nisan Pasai, Gresik dan malaya berlanggam Gujarat Pijnapel  Orang-orang bermazhab Syafii menetap dulu di di Gujarat batu kemudian membawa Islam ke Nusantara Snouck Hurgronje  mengembangkan teori Moquete  Mula-mula penyebar Islam di Nusantara dari Decan, baru kemudian orang-orang Arab (Keturunan Sayyid dan Syarif)  Mudah diterima karena telah mengalami Hinduisasi  Mubaligh muncul sebagai Priest dan Priest Princes Coromandel Morrison  Menentang teori Moquete: (Ketika di Nusantara telah berkembang Kasultanan Islam, Gujarat masih Hindu)  Gujarat dikuasai Islam baru tahun 699/1298 Asal

12 Persia PA Hoesein Djayadiningrat  Adanya pengaruh ejaan Parsi  Huruf Sin tak bergigi Mucas  Pasai dari kata Parsi  Abad ke M, orang Parsi jaman sasa telah ramai di Nusantara Moens  Ketika Ibn Batutah sampai di Aceh (1345) ditemui dua ulama Parsi: Sajjudin Asj Syirazi dan Sayyid Syarif al Asbahani Cina Emanuel Godinho de Eradie (Spanyol, 1613)  Aqidah Muhammad diterima di Patani dan Pam (1411) di pantai Timur kemudian disebarkan oleh Permaicuri (Parameswara)

13 Arab Langsung TW Arnold  Catatan Cina: Abad VII sekelompok masyarakat Arab telah membentuk; * pemukiman Arab di pantai pesisir Sumatra * Kawin (nikah) dengan penduduk lokal * Melakukan penyebaran Islam Keijzer  Mazhab Syafii merupakan mazhab umum masyarakat Mesir Naquib Al Alatas  Menentang teori Moquete, nisan dari Gujarat berdasar kedekatan  Literatur keagamaan Islam / historiografi lokal sebelum abad XVII tidak mencatat satu orang pun pengarang atau karya dari India, yang muncul justru nama nama Arab dan Parsi  Historigrafi lokal: Hikayat Raja Raja Pasai; bahkan menyebut utusan Makkah, Syaikh Ismail (yang berhasil membuat Marah Silu/S. Malik Al Shaleh, masuk Islam)  Riwayat Aceh: Islam diperkenalkan oleh Syaikh Abdullah Arif (orang Arab) Hamka  Gelar Sultan Pasai Sultan Malik Al Shaleh, dekat dengan Mesir. Malikush Shaleh Ayub adalah pendiri dinasti Mameluk Mesir. Raja raja Mameluk memakai gelar Al Malik.  Mazhab Syafii yang merupakan maszhab mayoritas muslim Nusantara adalah Mazhab umum masyarakat Mesir dan Syarif Mekkah  Malabar berasal dari kata Ma’bar, mu’tabar, yang berarti tempat/pantai yang disediakan bagi para penyeberang, bukan nama suatu temapt khusus/wilayah.

14 Simpulan ? Waktu; dibagi dalam 3 babakan ? Kedatangan : VII – VIII M Kedatangan : VII – VIII M Penyebaran : VIII (Perlak !) Penyebaran : VIII (Perlak !) Perkembangan dan membentuk kekuatan politik: IX Perkembangan dan membentuk kekuatan politik: IX Asal : ada dari Arab, Cina, Persia, Gujarat

15 MANA YANG BENAR ? ???

16 Cara Masuknya Islam Perdagangan Perkawinan Pendidikan (pesantren) Tasawuf Dakwah Kesenian dan Budaya

17 MENGAPA MUDAH DITERIMA  Situasi sosial politik Indonesia waktu itu  Pacific penetration.>.>.>.>.>  Mubaligh selaraskan diri pd lingkungan  Setiap muslim pendakwah  Cara masuk dan peribadatan yang mudah  Islam demokratis  KeTuhanan yg sublim  Nabi Muhammad sbg manusia sempurna  Ajaran Islam sempurna

18 Bahan diskusi Cara masuknya Islam Pembawa Islam Faktor yang mempermudah Islam Masuk


Download ppt "MASUK DAN BERKEMBANGNYA ISLAM DI INDONESIA M. Nur Rokhman 08122752596 FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERITAS NEGERI YOGYAKARTA."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google