Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Cara Membaca Buku Teks secara Efektif 2. Tujuan dan Manfaat 1. Definisi 4. Pedoman mempelajari Buku Teks 3. Cara membaca buku teks secara efektif.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Cara Membaca Buku Teks secara Efektif 2. Tujuan dan Manfaat 1. Definisi 4. Pedoman mempelajari Buku Teks 3. Cara membaca buku teks secara efektif."— Transcript presentasi:

1

2

3 Cara Membaca Buku Teks secara Efektif 2. Tujuan dan Manfaat 1. Definisi 4. Pedoman mempelajari Buku Teks 3. Cara membaca buku teks secara efektif

4 Membaca adalah sebuah keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang yang mempunyai tugas mengumpulkan informasi dari bahan bacaan. Untuk dapat meningkatkan keterampilan ini, salah satu yang perlu diupayakan bersama adalah mengetahui dan memahami cara membaca buku teks secara efektif. Dengan demikian, membaca efektif adalah bagaimana caranya kita agar bisa membaca dengan cepat dan memahami bacaan dengan baik.

5 Tujuan membaca secara efektif adalah untuk memperoleh banyak pemahaman dari bacaan. Tidak ada gunanya membaca tetapi tidak dapat memahami isi bacaan dengan memadai.

6

7 CaraKeterangan SkimmingPada bagian awal setiap buku biasanya terdapat daftar isi. Orang dapat melihat daftar isi untuk melihat keseluruhan dan memperoleh gambaran menyeluruh tentang isi buku tersebut dengan ide-ide utama di dalamnya. ScanningScanning adalah cara membaca dengan melihat judul bab kemudian judul- judul sub bab atau pasal-pasaldi dalam suatu babserta dengan membaca kalimat-kalimat awal pada tiap-tiap paragraf. Membaca Kesimpulan dengan membaca kesimpulan.setiap kesimpulan berisi ide-ide pokok tentang apa yang telah dipaparkan sebelumnya Membaca Pendalaman Dalam membaca untuk mendalami sesuatu, orang melakukannya secara cermat dan penuh kesadaran artinya tidak sambil melamun,mendalami isi bacaan kalimat per kalimat. Namun perlu diingat bahwa yang dibaca bukan rangkaian kata-kata atau kalimat melainkan gagasan yang terkandung didalam kalimat-kalimat tersebut. Memanfaatkan Indeks Dalam hal ini indeks sering sering kali menolong bila pembaca ingin mengetahui ada tidaknya atau dimana suatu informasi yang diperlukannya dipaparkan dalam buku.

8 1. Lihatlah keseluruhan buku secara umum. 2.Bacalah judul buku. 3.Bacalah daftar isi buku agar tahu tentang isi materi tiap bab dan halaman penyajian. 4.Baalah petunjuk penggunaan buku. 5.Bacalah bagian pendahuluan. Dengan membaca pendahuluan maka anda dapat menguasai materi yang dibahas dalam buku secara umum. 6.Bacalah ranguman pada setiap akhir bab.

9 7.Bacalah tujuan yang ingin di capai setelah membaca buku tersebut pada setiap bab. 8.Perhatikan gambar, grafik, table, peta, atau foto yang ada dalam buku. Cara mempelajari ilustrasi adalah dengan membaca judul ilustrasi, keterangan yang ada dibawahnya, meneliti keseluruhan yang berhubungan dengan materi teks. Jika ilustrasi berupa penyajian data dalam bentuk tabel, perlu meneliti satuan ukuran yang digunakan.

10 9.Lakukan kegiatan mmbaca efektif yang meliputi kegiatan sebagai berikut : 10.Kerjakan soal-soal yang ada pada setiap akhir bab. Soal-soal yang anda kerjakan dapat membantu untuk mengetahui penguasaan materi yang telah anda baca. 11.Cocokanlah jawaban dengan kunci-kunci jawaban yang tersedia.buatlah pertanyaan- pertanyaanmengenai materi ya ada dalam buku untuk anda jawab sendiri.

11


Download ppt "Cara Membaca Buku Teks secara Efektif 2. Tujuan dan Manfaat 1. Definisi 4. Pedoman mempelajari Buku Teks 3. Cara membaca buku teks secara efektif."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google