Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Oleh: Leni Fitriana NPM 20090720189 Kura-kura, Kelinci atau Kuda.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Oleh: Leni Fitriana NPM 20090720189 Kura-kura, Kelinci atau Kuda."— Transcript presentasi:

1

2 Oleh: Leni Fitriana NPM

3 Kura-kura, Kelinci atau Kuda

4 K URA - KURA, K ELINCI ATAU K UDA Garis besar Latihan ini dapat digunakan untuk perkenalan. Juga dapat dimodifikasi untuk disesuaikan ke dalam tahap lain selama pelatihan. Tujuan -Untuk saling mengenal satu sama lain. -Memberikan kesempatan kepada peserta untuk menandai langkah kemajuan mereka. Waktu yang dibutuhkan 10 menit. Jumlah peserta Maksimal 16 orang. Materi yang dibutuhkan 3 tanda bertulskan ‘Kura-kura’, ‘Kelinci’ dan ‘Kuda’

5 P ROSEDUR 1. Mulailah sesi dengan mengecek sepintas apakah ada yang ingat tentang kisah kelinci dan kura-kura. 2. Perkenalkan latihan sebagai icebreaker. Katakan kepada peserta untuk mendengarkan secara cermat deskripsi dari kura-kura, kelinci dan kuda. Kemudian bacalah deskripsi tersebut.

6 3. Tempelkan 3 tanda di dinding dan mintalah peserta untuk melangkah ke tanda yang paling sesuai dengan deskripsi diri mereka. 4. Setelah semua peserta memilih lokasinya, mintalah mereka untuk memperkenalkan dir kepada peserta dan mengatakan mengapa mereka memilih deskripsi tersebut untuk diri mereka.

7 Poin diskusi Apakah seseorang akan selalu memilih kategori yang sama atau mereka merubahnya bila bersama orang atau situasi yang berbeda? Variasi Peserta dapat diminta untuk membuat daftar hal-hal baik dan tidak baik dari masing-masing kategori. Masing- masing peserta selama perkenalan dapat diminta untuk menambahkan hal-hal pada flipchart.

8 Deskripsi Kura-kura Senang melangkah lambat dan stabil. Tidak terburu-buru. Menemukan kekuatan dengan menarik kepalanya. Memiliki kulit pelindung yang kuat. Tidak mau mengmbil resiko apapun. Lebih menyukai kehidupan yang stabil tanpa krisis. Menentukan langkah mereka sendiri, melakukan segalanya secara berurutan. Kelinci Bergerak dan berhenti dengan cepat. Bekerja lebih baik jika berada di bawah tekanan. Menemukan kekuatan dalam eksplorasi dan tantangan. Rapuh, cekatan dan beruntung. Menyukai resiko dan petualangan. Melompat dari satu krisis ke krisis lain, mudah bingung. Selalu mempunyai banyak persoalan.

9 Kuda Penuh perhitungan dan anggun dalam melangkah. Mem-variasikan langkah sesuai dengan situasi. Kekuatan berasal dari kondisi puncak. Selalu bisa mengontrol diri. Berkembang melalui kompetisi dan tantangan. Memiliki tujuan yang jelas dan seribu cara untuk mencapainya. Selalu memiliki sesuatu untuk diulurkan. Sumber Diambil dari ‘ Tortoise, Hare or Thoroughbred ’, Nancy Loving Tubesing dan Donald A. Tubesing, Latihan Terstruktur untuk Manajemen Stress’, Vol. 2, Whole Person Press, Duluth MN, 1983.

10 TERIMA KASIH


Download ppt "Oleh: Leni Fitriana NPM 20090720189 Kura-kura, Kelinci atau Kuda."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google