Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

POKOK BAHASAN Pertemuan 8 Matakuliah: Psikologi Pendidikan Tahun: 2009.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "POKOK BAHASAN Pertemuan 8 Matakuliah: Psikologi Pendidikan Tahun: 2009."— Transcript presentasi:

1 POKOK BAHASAN Pertemuan 8 Matakuliah: Psikologi Pendidikan Tahun: 2009

2 Bina Nusantara University 2 PERENCANAAN, INSTRUKSI, DAN TEKNOLOGI

3 Bina Nusantara University 3 Perencanaan Perencanaan adalah aspek penting untuk menjadi guru yang kompeten (Parkay & Mass, 2000) Perencanaan instruksional adalah pemgembangan atau penyusunan strategi instruksi sistematik dan tertata yang berguna bagi pembelajaran murid. Perencanaan yang baik harus menyentuh aspek tugas (menentukan tujuan instruksional, merencanakan aktivitas, dan menentukan prioritas) dan waktu (menyusun perkiraan waktu, menyusun jadwal, dan fleksibel.

4 Bina Nusantara University 4 Perencanaan dan Instruksi teacher-centered Objectives behavioral: adalah pernyataan yang menyatakan perubahan dalam perilaku murid untuk mencapai tujuan kinerja yang diharapkan. Robert Mager (1962)  objectives behavioral harus spesifik, dan mengandung 3 bagian: 1.Perilaku murid. Fokus pada apa yg akan dipelajari atau dilakukan murid. 2.Kondisi di mana perilaku terjadi. Menyatakan bagaimana perilaku akan dievaluasi atau dites. 3.Kriteria kinerja. Menentukan level kinerja yg dapat diterima.

5 Bina Nusantara University 5 Alat lain dalam teacher-centered Menganalisis tugas. Menyusun Taksonomi Instruksional. Instruksi langsung.

6 Bina Nusantara University 6 Menganalisis Tugas Analisis tugas  memecahkan tugas kompleks yang dipelajari murid menjadi komponen-komponen Analisis ini dapat melalui tiga langkah dasar (Moyer & Dardig, 1978): 1.Menentukan keahlian atau konsep yg diperlukan murid untuk mempelajari tugas. 2.Mendaftar materi yg dibutuhkan untuk melakukan tugas, seperti kertas, pensil, kalkulator, dsb. 3.Mendaftar semua komponen tugas yang harus dilakukan

7 Bina Nusantara University 7 Menyusun Taksonomi Instruksional Taksonomi adalah sistem klasifikasi Taksonomi Bloom dikembangkan oleh Benjamin Bloom, dkk pada tahun Taksonomi ini mengklasifikasi sasaran pendidikan menjadi tiga domain, yaitu: kognitif, afektif, dan psikomotor. Domain kognitif Bloom, mengandung enam sasaran: 1.Pengetahuan 2.Pemahaman 3.Aplikasi 4.Analisis 5.Sintesis 6.Evaluasi

8 Bina Nusantara University 8 Menyusun Taksonomi Instruksional …cont.1 Domain Afektif 1.Penerimaan 2.Respons 3.Menghargai 4.Pengorgarnisasian 5.Menghargai karakterisasi Domain Psikomotor 1.Gerak refleks 2.Gerak fundamental dasar 3.Kemampuan perseptual 4.Kemampuan fisik 5.Gerakan terlatih 6.Perilaku nondiskusif

9 Bina Nusantara University 9 Instruksi langsung Adalah pendekatan teacher-centered yang terstruktur yang dicirikan oleh arahan dan kontrol guru, ekspektasi guru yang tinggi atas kemajuan murid, maksimalisasi waktu yang dihabiskan murid untuk tugas-tugas akademik, dan usaha oleh guru untuk meminimalkan pengaruh negatif terhadap murid. Fokus instruksi langsung adalah aktivitas akademik, materi non- akademik (seperti game, teka-teki, dsb) cenderung tidak dipakai. Interaksi murid dan guru juga tidak begitu ditekankan. Tujuan penting dari instruksi langsung adalah memaksimalkan waktu belajar murid (Stevenson,2000).

10 Bina Nusantara University 10 Perencanaan dan Instruksi Learned- Centered Instruksi dan perencanan learned-centered adalah pada siswa, bukan guru. Persepsi murid terhadap lingkungan pembelajaran yang positif dan hubungan interpersonal dengan guru merupakan faktor paling penting yang memperkuat motivasi dan prestasi murid (McCombs, 2001). Prinsip learned-centered ini menekankan pembelajaran dan pelajar yang aktif dan reflektif. APA, mengklasifikasikannya berdasarkan empat faktor: 1.Kognitif dan metakognitif 2.Motivasional dan emosional 3.Perkembangan dan sosial 4.Perbedaan individual

11 Bina Nusantara University 11 Beberapa strategi Instruksi Learned-Centered 1.Pembelajaran Berbasis Problem  menekankan pada pemecahan problem kehidupan nyata. Kurikulum berbasis problem akan memberi problem riil kepada murid, yakni problem yang muncul dalam kehidupan sehari-hari (Jones, Rasmussen, & Moffitt, 1997) 2.Pertanyaan esensial  pertanyaan yang merefleksikan inti dari kurikulum, hal paling penting yang harus dieksplorasi dan dipelajari oleh murid (Jacobs, 1997). 3.Pembelajaran Penemuan  pembelajaran di mana murid menyusun pemahaman sendiri. Dalam pembelajaran penemuan ini murid mencari tahu sendiri pengetahuannya.

12 Bina Nusantara University 12 Tekhnologi dan Pendidikan Revolusi teknologi adalah bagian dari masyarakat dan murid akan makin butuh keahlian teknologi. Teknologi sekarang ini dapat menjadi alat yang baik untuk memotivasi murid dan membimbing mereka. Internet secara khusus memberi akses ke banyak informasi. Salah satu perhatian adalah murid dari keluarga miskin dan sekolah yang miskin masih kurang mendapat layanan teknologi.


Download ppt "POKOK BAHASAN Pertemuan 8 Matakuliah: Psikologi Pendidikan Tahun: 2009."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google