Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MKKS SMK KOTA BALIKPAPAN Kini & Akan Datang Oleh Syamsul Aematis Zarnuji Kepala SMK Airlangga Balikpapan 2008.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MKKS SMK KOTA BALIKPAPAN Kini & Akan Datang Oleh Syamsul Aematis Zarnuji Kepala SMK Airlangga Balikpapan 2008."— Transcript presentasi:

1 MKKS SMK KOTA BALIKPAPAN Kini & Akan Datang Oleh Syamsul Aematis Zarnuji Kepala SMK Airlangga Balikpapan 2008

2 INSIGHT MKKS SMK KOTA BALIKPAPAN saat ini dan akan datang memiliki peran dan fungsi yang sangat strategis dalam rangka memberi warna pendidikan kejuruan di Kota Balikpapan. Oleh karenanya ia hendaknya bisa menjadi salah satu ‘think tank’ nya Pemerintah Kota Balikpapan di bidang pendidikan kevokasian. MKKS SMK KOTA BALIKPAPAN saat ini dan akan datang memiliki peran dan fungsi yang sangat strategis dalam rangka memberi warna pendidikan kejuruan di Kota Balikpapan. Oleh karenanya ia hendaknya bisa menjadi salah satu ‘think tank’ nya Pemerintah Kota Balikpapan di bidang pendidikan kevokasian.

3 SELF REFLECTION Sudahkah kita memainkan peran yang strategis dengan menjadi salah satu ‘think tank’ nya Pemerintah Kota Balikpapan di bidang pendidikan kevokasian selama ini ? Sudahkah kita memainkan peran yang strategis dengan menjadi salah satu ‘think tank’ nya Pemerintah Kota Balikpapan di bidang pendidikan kevokasian selama ini ?

4 SELF REFLECTION Secara keorganisasian, kita masih berkutat pada tataran rutinitas tugas sehari-hari kita sebagai kepala sekolah. Secara keorganisasian, kita masih berkutat pada tataran rutinitas tugas sehari-hari kita sebagai kepala sekolah. Pertemuan rutin yang kita lakukan selama ini belum memiliki substansi yang bisa dijadikan karakteristik dari sebuah organisasi ‘think tank’. Masih sangat minim bahkan boleh dikatakan belum ada ‘gagasan besar’ yang pernah kita telurkan yang kemudian digunakan oleh pemerintah sebagai bagian dari kebijakannya. Pertemuan rutin yang kita lakukan selama ini belum memiliki substansi yang bisa dijadikan karakteristik dari sebuah organisasi ‘think tank’. Masih sangat minim bahkan boleh dikatakan belum ada ‘gagasan besar’ yang pernah kita telurkan yang kemudian digunakan oleh pemerintah sebagai bagian dari kebijakannya.

5 SELF REFLECTION Kita masih menjadi ‘obyek’ dari sebuah kebijakan, belum mampu memposisikan diri sebagi ‘subyek’ dalam sebuah proses lahirnya sebuah kebijakan. Kita masih menjadi ‘trend follower’ dari hampir semua ikon pendidikan yang telah kita laksanakan selama ini. Kita belum mampu menjadi ‘trend setter’ dari hal tersebut.

6 SELF REFLECTION Dalam skala mikro, hattapun yang bersifat teknis, kita seringkali tidak terarah. Pengorganisasian sebuah agenda pertemuan misalnya, seringkali kedodoran. Hal-hal yang seharusnya menjadi isu sentral dalam sebuah pertemuan kadangkala terpinggirkan, demikian pula sebaliknya. Dalam skala mikro, hattapun yang bersifat teknis, kita seringkali tidak terarah. Pengorganisasian sebuah agenda pertemuan misalnya, seringkali kedodoran. Hal-hal yang seharusnya menjadi isu sentral dalam sebuah pertemuan kadangkala terpinggirkan, demikian pula sebaliknya.

7 SELF REFLECTION Kelengkapan organisasi [kejelasan kepengurusan, AD & ART & program kerja tahunan, kegiatan bulanan, minguan dan harian] belum tertata dengan baik. Introduksi keberadaan organisasi kepada publik masih sangat minim sehingga gaungnya tidak terdengar.

8 ACTIONS Revitalisasi Keorganisasian MKKS dengan memantapkan dan/atau menyusun ; 1. Pengurus dengan Deskripsi Tugas dan Tanggung Jawab yang jelas. 2. AD dan ART Organisasi. 3. Program Kerja Tahunan. 4. Kegiatan harian, mingguan dan bulanan.

9 ACTIONS Susunan Pengurus MKKS SMK Kota Balikpapan Tahun 2007 sesuai dengan SK. Kepala Dinas Pendidikan Kota Balikpapan No. 420/979/Pendidikan/IV/2007, tanggal 20 April 2007 sbb. : Klik Disini Klik Disini Notes : Kepengurusan ini belum dilengkapi dengan Deskripsi Tugas Masing-Masing.

10 ACTIONS AD & ART MKKS SMK Kota Balikpapan ? AD & ART MKKS SMK Kota Balikpapan ? Program Kerja Tahunan ? Program Kerja Tahunan ? Kegiatan Harian, Mingguan dan Bulanan ? Kegiatan Harian, Mingguan dan Bulanan ? Jika hal-hal tersebut belum ada, tugaskan beberapa orang pengurus untuk menyusun draf kasar hal tersebut. Jika sudah ada, segera dipanelkan lalu ditetapkan. Jika hal-hal tersebut belum ada, tugaskan beberapa orang pengurus untuk menyusun draf kasar hal tersebut. Jika sudah ada, segera dipanelkan lalu ditetapkan.

11 CLOSING Terimakasih Atas Perhatiannya dan Mohon Maaf Bila Aada Kata-Kata Yang Kurang Berkenan. Wassalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh


Download ppt "MKKS SMK KOTA BALIKPAPAN Kini & Akan Datang Oleh Syamsul Aematis Zarnuji Kepala SMK Airlangga Balikpapan 2008."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google