Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pedoman umum cara dan gaya penulisan ilmiah:  Tulis dengan jelas dan gunakan kalimat sederhana  Hati-hati dengan terminologi,  Tata bahasa, penggunaan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pedoman umum cara dan gaya penulisan ilmiah:  Tulis dengan jelas dan gunakan kalimat sederhana  Hati-hati dengan terminologi,  Tata bahasa, penggunaan."— Transcript presentasi:

1

2 Pedoman umum cara dan gaya penulisan ilmiah:  Tulis dengan jelas dan gunakan kalimat sederhana  Hati-hati dengan terminologi,  Tata bahasa, penggunaan dan penulisan kata/ istilah dengan baik dan benar  Usahakan menggunakan kalimat langsung dan positif  Beri penjelasan yang cukup pada semua tabel dan gambar (Sarwono, 2003)

3 BEBERAPA GAYA PENULISAN ILMIAH: # PENGGUNAAN BAHASA:  Bahasa baku  Kalimat pasif  Kata saya atau kami diganti dengan “penulis”  Tidak menggunakan kata ambigu  Tidak menggunakan ungkapan yang melebih- lebihkan  Tidak menggunakan kata-kata yang bersifat “ menyangatkan. Ex: sangat, sekali  Hindari kata yang mengekspresikan emosi

4  Kalimat ditulis singkat, tidak bertele-tele atau memutar-mutar.  Tulisan banyak menggunakan terminologi khusus. # METODE PENULISAN UMUM Secara garis besar ada 3 metode untuk mengembangkan gagasan dalam penulisan ilmiah:  EKSPLANATORI (MENERANGKAN) Klasifikasi / mendefinisikan suatu masalah atau objek Bahasannya terbatas pada keterangannya saja atau tidak mendalam.

5  DESKRIPTIF (MENGGAMBARKAN): Menerangkan suatu masalah atau gejala Tidak mencari hubungan sebab-akibat Dapat menggunakan pertanyaan-pertanyaan: WHO: siapa yang menaikkan harga BBM? WHAT: jenis BBM apa saja yang mengalami kenaikan? WHEN: kapan kenaikkan harga BBM? WHERE: dimana terdapat kelangkaan BBM? WHY: mengapa harga BBM dinaikkan? WAY: dengan cara apa BBM murah dapat diperoleh?

6 HOW: bagaimana rakyat dapat memperoleh BBM murah?  ANALITIS Menerangkan suatu masalah atau gejala dengan analisis yang mendalam Menganalisis hubungan sebab-akibat Dengan pengujian hipotesis atau untuk tulisan ilmiah murni dengan pertanyaan penelitian. Ex: Mengapa harga BBM naik? Harga BBM naik karena harga minyak dunia terus naik….

7 TEKNIK PENGEMBANGAN PARAGRAF Teknik pengembangan paragraf yang paling mudah adalah sebagai berikut:  Memberikan definisi suatu terminologi tertentu. EX: menjelaskan definisi WWW.  Menggambarkan cara kerjanya Ex: menerangkan cara kerja koneksi website ke internet  Melakukan elaborasi peranan suatu objek yang dikaji. Memberikan gambaran suatu hal dengan cara mengembangkan peranan hal / objek yang sudah dikaji. Ex: peranan internet dalam e-commerce

8  Memberikan contoh Memberikan contoh jenis-jenis file dalam internet  Memberikan penjelasan fakta yang detail menggunakan uraian kalimat Memberikan penjelasan pendukung mengenai objek yang sedang ditulis. Ex: memberikan penjelasan fakta bagaimana cara manusia mencari kebenaran  Memberikan penjelasan fakta yang detail menggunakan angka. EX: Pengaruh produk terhadap kepuasan konsumen sebesar 56,7%

9  Memberikan kutipan dari penulis lain Memberikan penjelasan dengan cara menampilkan kutipan dari penulis lain. Ex: kutipan definisi atau teori Teori adalah sejumlah konsep,……(Kerlinger, 1986) menurut Hermawan (2006), teori adalah….  Membuat klasifikasi Memberikan penjelasan dengan cara membuat klasifikasi istilah atau konsep tertentu. Ex; klasifikasi riset pemasaran

10  Menggambarkan langkah-langkah Memberikan penjelasan secara lebih rinci dengan cara menggambarkan langkah-langkahnya. Ex: menuliskan langkah-langkah melakukan penelitian.  Membandingkan perbedaan dan kesamaannya Memberikan penjelasan lebih rinci dengan cara membandingkan objek lain dengan cara melihat kesamaan dan perbedaan antara objek yang dikaji dengan objek lain. Ex: membandingkan telepon seluler dengan telepon rumah

11  Menggunakan kata penghubung memperjelas hubungan antara kalimat sehingga mudah dipahami dan tidak menimbulkan salah interprestasi. Ex: karena banyaknya hacker yang mengganggu maka diperlukan sistem keamanan jaringan yang kuat. kata hubung: oleh karena itu, sehingga,..


Download ppt "Pedoman umum cara dan gaya penulisan ilmiah:  Tulis dengan jelas dan gunakan kalimat sederhana  Hati-hati dengan terminologi,  Tata bahasa, penggunaan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google