Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Review Statistik (pertemuan 7). Konsep Tendensi Pusat Ukuran tendensi pusat adalah sembarang ukuran yang menunjukkan pusat segugus data, yang telah.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Review Statistik (pertemuan 7). Konsep Tendensi Pusat Ukuran tendensi pusat adalah sembarang ukuran yang menunjukkan pusat segugus data, yang telah."— Transcript presentasi:

1 Review Statistik (pertemuan 7)

2

3 Konsep Tendensi Pusat Ukuran tendensi pusat adalah sembarang ukuran yang menunjukkan pusat segugus data, yang telah diurutkan dari yang terkecil sampai terbesar atau sebaliknya. Ukuran Tendensi Tengah yang paling banyak digunakan adalah : Rata-Rata, Median dan Modus. “Rata-rata” –Rata-rata adalah jumlah pengamatan dibagi dengan banyaknya pengamatan. –Rumus Rata-rata Pengamatan yang ditandai oleh subscript 1,2,…,n

4 Konsep Tendensi Pusat MEDIAN adalah nilai yang diurutkan dari yang terkecil sampai terbesar, dimana pengamatannya tepat di tengah bila banyak-nya pengamatan itu ganjil, atau rata- rata kedua pengamatan yang di tengah bila banyaknya pengamatan genap Modus adalah nilai yang terjadi paling sering muncul atau yang mempunyai frekuensi paling tinggi.

5 Ukuran Dispersion Ukuran Dispersion adalah penggambaran data yang disebarkan pada setiap nilai pusat. Dua ukuran pencaran yang sangat berguna dalam pengendalian kualitas statistik adalah “Rentangan (R)” dan “SIMPANGAN BAKU SAMPEL (S) “. R = Selisih antara nilai yang terbesar dan yang terkecil dari suatu himpunan bilangan. Standard Deviasi secara simbolis dirumuskan dengan :

6 Penggunaan Kurva Normal Kurva Normal adalah satu type populasi yang bentuknya simetris, unimodal yang mem-punyai MEAN ; MEDIAN ; dan MODE yang sama. Gambar di bawah adalah sebuah kurva normal dari 1000 pengamatan peralatan listrik dengan rata-rata populasi, , 90  dan Deviasi Standar populasi, , 2 . Fr ek u e ns i - ~ ~ x


Download ppt "Review Statistik (pertemuan 7). Konsep Tendensi Pusat Ukuran tendensi pusat adalah sembarang ukuran yang menunjukkan pusat segugus data, yang telah."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google