Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Minyak dan lemak merupakan campuran ester gliserol dan asam lemak yang sangat kompleks. Asam yang banyak terdapat dalam minyak dan lemak adalah asam palmitat,

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Minyak dan lemak merupakan campuran ester gliserol dan asam lemak yang sangat kompleks. Asam yang banyak terdapat dalam minyak dan lemak adalah asam palmitat,"— Transcript presentasi:

1

2 Minyak dan lemak merupakan campuran ester gliserol dan asam lemak yang sangat kompleks. Asam yang banyak terdapat dalam minyak dan lemak adalah asam palmitat, asam oleat,dan asam asetat. Proses pengeluaran minyak adalah dengan pelarut minyak dan secara pressing (pengempaan). jenis minyak/lemak yang termasuk hasil hutan bukan kayu adalah kenari (Canarium odoratum)

3 Sistematika Dan Morfologi Kenari Klasifikasi Ilmiah Kenari Kingdom: Plantae (Tumbuhan) Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhanberpembuluh) Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkanbiji) Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhanberbunga) Kelas: Magnoliopsida (berkepingdua / dikotil) Sub Kelas: Rosidae Ordo: Sapindales Famili: Burseraceae Genus: Canarium Spesies: Canarium odoratum Tempat Tumbuh Tempat tumbuhnya di hutan primer, pada tanah berkapur, tanah berpasir maupun tanah liat, dari ketinggian rendah sampai 1500 meter diatas permukaan laut. Tinggi Pohon Tinggi pohon kenari sampai 45 meter, sedangkan tinggi banir sampai 3 meter dan lebarnya 1,5 meter. Kayunya dapat digunakan sebagai kayu konstruksi yang ringan-ringan.Pohon ini akan mengeluarkan resin apabila pepagannya dipotong atau di iris.

4 Daun Daunnya majemuk menyirip gasal dengan 4-5 pasang pinak daun yang menjorong memanjang, dengan permukaan licin dan mengkilap.Daun tidak mempunyai daun penumpu. Bunga Perbungaannya berbentuk malai.Berkelamin tunggal, zigomorf, kelopak dan mahkota berbilangan 5, daun kelopak dan daun mahkota berbilangan 5, daun mahkota bebas.Benang sari 8.Tersusun dalam 2 lingkaran yang tidak lengkap.Cakram kelihatan jelas. Buah Buah kenari berbentuk lonjong (ovoid) sampai agak bulat, dengan dimensi morfologi 2-4 x 4-6 cm, dan pada umumnya berwarna hijau pada saat masih mentah, berubah menjadi hijau tua agak kegelapan sampai kehitaman. Batang Batangnya tegak dengan warna pegagan kelabu, kayu putih,serta teras coklat tua.Jika kulitnya di iris akan mengeluarkan getah kenari,seperti damar, mula-mula berwarna putih dan melekat, kemudian seperti lilin berwarna kuning pucat (elemi). Akar Sistem perakaran pada tanaman ini adalah system akar tunggang. Daun Daunnya majemuk menyirip gasal dengan 4-5 pasang pinak daun yang menjorong memanjang, dengan permukaan licin dan mengkilap.Daun tidak mempunyai daun penumpu.

5 Biji Bijinya banyak mengandung lemak manis. Biji yang kering akan mengandung 65 % minyak lemak( = ester, asam stearine, palminine, oleine, dan minyak wijen ). Ekstraksi Minyak Biji Kenari Dengan Metoda Pengepresan Biji kenari kering dikupas kulit arinya (testa) dan dibersihkan dari bahan ikutan lain. Sebanyak 500 gram biji kenari bersih dipanaskan menggunakan oven pada suhu 70°C selama satu jam. Dalam keadaan panas, biji kenari dibungkus dengan kain saring dan dimasukkan dalam rumah pres yang berbentuk tabung silinder pada alat pengepres. Selanjutnya biji kenari dipres menggunakan kempa hidrolik secara bertahap, hingga mencapai tekanan 200 kg/cm² dan dipertahankan selama 5 menit. Minyak yang diperoleh disaring menggunakan kain saring lalu dimasukkan dalam wadah berwarna gelap.

6 Produk yang paling penting dari buah kenari adalah bijinya. Tanaman kenari menghasilkan buah atau biji yang mengandung lemak tinggi (65-70 %) komposisi kimia biji kenari segar (Thomson dan Evans,2004) yaitu kadar air 35,4 g, protein 8,2 g, lemak 45,9 g, gula 0,2 g, pati 0,3 g, abu 2,6 g. Sedangkan komposisi biji kenari kering menurut Rawung dkk. (2002) kandungan tertinggi adalah lemak (65,15%), protein (13,06%), k karbohidrat (16,59%) Kadar air (5,20%).

7 Komposisi Asam Lemak Minyak Kenari Sumber: Djarkasi, et al., (2007)

8 Hasil penelitian menunjukkan bahwa minyak kenari dari spesies Canarium odoratum yang diekstraksi dengan pengepresan, mempunyai kisaran : Densitas relatif 0,904 – 0,912 g/cm3. Indeks bias pada suhu 30 ºC adalah 1, ,464 Titik cair 22 – 23 °C. Kandungan asam lemak bebas : 0,27 - 2,59% (sebagai asam oleat). Angka peroksida 1,74 - 3,60 meq/kg. Angka iodine 57 – 61 Angka penyabunan 177 – 195 mg KOH. Vitamin E 710 – 1140 ppm Total karoten adalah μg/100 g.

9 Manfaat Minyak Dan Biji Kenari  Minyak almond / minyak kenari dibuat dengan teknologi cold press, tanpa katalis apapun, tanpa bahan campuran apapun, dan tanpa pemanasan, sehingga kandungan gisinya tetap terjaga.  pengganti minyak ikan salmon, banyak mengandung omega 3 nabati, untuk kanker, tumor, diabetes, mengatasi kolesterol, mengatasi osteoporosis, mengatasi dwifungsi ereksi. direkomendasi para ahli gizi dunia untuk dikonsumsi setiap hari.  Menyehatkan otak Sebuah penelitian dalam Journal of Alzheimer' s Disease membuktikan kalau makan kenari sebagai bagian dari diet Mediterania berkaitan dengan keampuhan menangkal penuaan terhadap fungsi otak.  Menurunkan kolesterol Makan kacang, termasuk kenari, berkhasiat menurunkan kolesterol jika dikonsumsi setiap hari. Hal itu sudah dibuktikan dalam penelitian yang dilakukan pada tahun 2010 silam.  Melawan kanker payudara

10  Menghambat kanker prostat Selain kanker payudara, penelitian yang dilaporkan dalam pertemuan American Chemical Society tahun 2010 silam menyampaikan kalau kenari juga ampuh menghambat pertumbuhan kanker prostat  Kaya antioksidan Menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan bisa dilakukan dengan rajin makan kacang kenari. Pasalnya camilan sehat yang satu ini kaya akan antioksidan.  Melawan kerutan wajah Minyak kenari di percayamampu melawan kerutan di wajah semenjak abad ke-17.Oleskan ke kulit setiap hari maka kerutan wajah akan berkurang.  Menyembuhkan Infeksi Minyak kenari dikenal sebagai obat untuk merawat infeksi jamur. Kaki yang terkena infeksi jamur bisa di obati dengan minyak ini oleskan minyak di wilayah area yang terkena infeksi jamur.  Merawat Pesorias Psorias dikenal sebagai kondisi kulit yang bandel dan terasa sangat sakit bisa di ringankan dengan penggunaan minyak kenari. Tambahkan minyak ini saat anda mandi atau oleskan ke wilayah kulit yang sakit.  Sumber Omega – 3 Minyak kenari di kenal akan kandungan omega-3 yang melimpah. Zat asam lemak ini di hubungkan dengan berbagai manfaat kesehatan seperti perlindungan terhadap serangan jantung,perlindungan terhadap beberapa jenis kanker dan peradangan lain, juga gangguan kulit seperti eczema, dll.

11  Kenari (Canarium odoratum) adalah salah satu hasil hutan bukan kayu kelompok minyak dan lemak yang berpotensi ekonomi dan merupakan anggota suku Burseraceae. Biji kenari di ekstrak hingga di peroleh minyak yang memiliki kandungan kimia dan khasiat yang tinggi sehingga minyak kenari memiliki nilai yang sangat komersial. Untuk itu tanaman ini harus dibudidayakan dengan baik agar meningkatkan produktivitas dan nilai ekonimis sumber daya hutan dan hasil hutan secara lestari.

12


Download ppt "Minyak dan lemak merupakan campuran ester gliserol dan asam lemak yang sangat kompleks. Asam yang banyak terdapat dalam minyak dan lemak adalah asam palmitat,"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google