Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

DRA. LIDIA EVELINA, MM Event Organizing, Jurusan PR, Esa Unggul 1 TM 12 Event Pameran, Fair dan Festival.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "DRA. LIDIA EVELINA, MM Event Organizing, Jurusan PR, Esa Unggul 1 TM 12 Event Pameran, Fair dan Festival."— Transcript presentasi:

1 DRA. LIDIA EVELINA, MM Event Organizing, Jurusan PR, Esa Unggul 1 TM 12 Event Pameran, Fair dan Festival

2 Definisi pameran Event Organizing, Jurusan PR, Esa Unggul 2 Pameran dapat menyebarkan pesan, menyampaikan informasi, meyakinkan dan menjadi sarana komunikasi dua arah yang membuat publik tetap ingat dan memahami apa yang ingin ditampilkan dalam suatu pameran. Komunikasi Bersifat dua arah dan terjadi interaksi antara organisasi atau perusahaan dengan masyarakat.

3 Manfaat pameran Event Organizing, Jurusan PR, Esa Unggul 3 Trigging bagi pengunjung (pengunjung bisa mencoba) untuk mendapatkan pengalaman terhadap suatu produk. Bisa terjadi transaksi langung atau upaya lobi untuk negosiasi lebih lanjut. Liputan luas dari media massa Memberikan hiburan bagi masyarakat

4 Pameran merupakan media promosi yang unik (Michel 1993) Event Organizing, Jurusan PR, Esa Unggul 4 Attractiveness, menarik rasa ingin tahu khlayak dengan unsuran hiburan dan memberikan pengalaman baru. Visibility, ujud fisik yang dapat dilihat, yang mungkin hanya diwakiliki dengan model dalam slide, fim, poster, pertunjukkan seni, peragaan proses produksi langsung Personal Confrontation, peserta pameran bisa berbicara langsung dengan pengunjung, menjelaskan produknya dan mendapat tanggapan langsung dari khalayak.

5 Manfaat pameran (Lidia Evelina, 2009) Event Organizing, Jurusan PR, Esa Unggul 5 Supaya orang mendapatkan informasi yang benar mengenai produk yang baru diluncurkan yang sifatnya memperkenalkan secara langsung kepada masyarakat. Menunjukkan eksistensi dan positioning produk atau jasa yang terus menerus dan terjaga kontinuitasnya. Di samping itu, untuk memperlihatkan kekuatan perusahana di mata perusahaan pesaing. Menjaga image produk. Dengan seringnya berpameran, masyarakat semakin paham positioning produk atau jasa perusahaan. Dengan image yang tertanam dan terus menerus ditanamkan di benak khalayak, produk dan jasa tersebut tidak mudah terlupakan yang akhirnya tidak tergeser oleh pesaing.

6 Road show Event Organizing, Jurusan PR, Esa Unggul 6 Bentuk event yang dilakukan berpindah-pindah dari satu lokasi ke lokasi lain misal: 1. Dari satu kota ke kota lain, 2. Dari satu negara ke negara lain, 3. Dari satu mal ke mal lain, 4. Dari satu sekolah ke sekolah lain 5. Dari satu kampus ke kampus lain.

7 Karakteristik road show Event Organizing, Jurusan PR, Esa Unggul 7 Mampu mendekatkan diri pada khalayak sasaran yang tersebar. Khalayak dapat menghemat biaya, tenaga dan waktu dan upaya yang harus dikorbankan untuk datang ke roadshow. Bentuk acara umumnya, sama antara satu lokasi degan lokasi lainnya meskipun tidak menutup kemungkinan untuk melakukan penyempurnaan sesuai kondisi lokasi. Relatif menghemat biaya dibandingkan jumlah khalayak yang hadir. Dapat berbentuk pameran, konser, kontes, kompetisi, seminar, permainan atau kombinasi dan beberapa bentuk tersebut.

8 Launching Event Organizing, Jurusan PR, Esa Unggul 8 Merupakan event yang memperkenalkan kepada khalayak tentang sesuatu produk, album musik, logo atau identitas baru perusahaan, saham perdana dan cabang perusahaan maupun jasa atau program

9 Karakteristik launching Event Organizing, Jurusan PR, Esa Unggul 9

10 Contes dan competitions Event Organizing, Jurusan PR, Esa Unggul 10

11 Demonstration (Peragaan) Event Organizing, Jurusan PR, Esa Unggul 11 Demonstration adalah bentuk event yang mampu memberikan kesan mendalam bagi audiens. Audiens dapat dilibatkan dalam demo yang sedang dilakukan, bersifat interaktif, ada kesempatan audiens mencoba. Mereka bisa langsung melihat, merasakan dan mendenagr sesuatu yang sedang didemonstrasikan. Contoh: Demo masakan Nusantara bersama Kcap Bango

12 Karakteristik demonstransi Event Organizing, Jurusan PR, Esa Unggul 12 Ada sesuatu yang diperagakan kepada audiens sehingga ada pengamalan baru yang diperoleh. Biasanya jumlah khalayak terbatas dan tertentu. Waktu pelaksanaan bisa kapan saja. biasanya dilakukan di tempat yang tertutup meskipun bisa pula di luar ruangan. Bisa dilengkapi dengan hiburan, door prize, kompetisi, kontes dan sebagainya.

13 Demo masak bersama kecap bango Event Organizing, Jurusan PR, Esa Unggul 13 Demo masak ini cukup mendapatkan liputan dari pihak berbagai media massa. Demo ini melibatkan banyak para ahli masak di seluruh nusantara dan pelaksanaannya dilakukan secara roadshow dari satu tempat ke tempat lain. Pada event ini terdapat unsur festival dan demonstrasi berbagai jenis masakan nusantara dan pesertanya mendapat bingkisan dari Bango dan disediakan hadiah bagi para pemenang.

14 Fair dan Festival Event Organizing, Jurusan PR, Esa Unggul 14 Dalam acara ini tidak ada unsur kompetisi dan lebih banyak menyajikan hiburan dengan berbagai pertunjukkan.

15 Karakteristik Fair dan Festival Event Organizing, Jurusan PR, Esa Unggul 15 Melibatkan banyak peserta fair atau festival Tujuan utamanya adaah memberikan hiburan kepada khalayak dan bagi peserta menunjukkan eksistensinya. Disajikan aneka hiburan dan permainan sekaligus dalam acara berbentuk fair. Pada festival biasanya ada satu tema yang diangkat, misalnya Festival kesenian anak jalanan. Khalayak sasaran spesifik Tempat pelaksanaan dimana saja, representatif untuk jenis festival dan fair-nya. Waktu pelaksanaan antara 1 -3 hari atau dalam jangka waktu lebih panjang, 1 minggu atau 1 bulan. Bisa diadakan secara rutin atau sekali saja.

16 Social life Cyle Event Event Organizing, Jurusan PR, Esa Unggul 16 Dirancang dalam bentuk prosesi. Prosesi adalah salah satu bentuk acara yang menunjukkan rangkaian tahapan pelaksanaan suatu kegiatan/upacara.

17 Karakteristik Social life Cyle Event Event Organizing, Jurusan PR, Esa Unggul 17 a. Acara ini berbentuk upacara yang dilaksanaakn tahap demi tahap, mengikuti langkah-langkah tertentu dari wala pelaksanaan sampai akhir pelaksanaan. b. Dekorasi, musik pengiring, runtutan acara, suasana yang diciptakan dan properti yang digunakan akan sangat menentukan berkesan tidaknya prosesi yang dilakukan. c. Bentuknya yang berupa runtutan acara membuat durasi liputan media massa relatif lebih lama. Liputan dari mulai tahap awal sampai akhir prosesi agar tidak kehilangan moment pada setiap tahapnya. d. Suatu prosesi akan menjadi ajang khusus apabila menyangkut orang terkenal, unik dan menarik perhatian orang banyak. e. Lokasi pelaksanaan sangat bergantung pada bentuk acaranya, bisa indoor ataupun outdoor atau di tempat khusus.

18 Spot Event Event Organizing, Jurusan PR, Esa Unggul 18 Bentuk ajang yang mempertontonkan pertandingan, perlombaan atau kontes kegiatan olahraga. Sangat potensial menarik pihak sponsor. Khalayak cenderung terbatas, yaitu penggemar (karena hobi atau penonton setia) jenis olahraga yang dipilih. Bisa sangat memiliki nilai bagi pihak media apabila mencakup peserta dari beberapa negara eperti Piala dunia sepak bola, kejuaraan bulutangkis Piala Thomas, turnamen terbuka dll.

19 Karakteristik sport event Event Organizing, Jurusan PR, Esa Unggul 19 Khalayak utamanya adalah penggemar olahraga tertentu Bersifat kompetisi, ada perlombaan dan permainan sehingga harus ada juri/wasit, pemenang dan sejumlah hadiah yang harus disiapkan. Melibatkan beberapa kelompok peserta Tempat pelaksanaanya di arena olahraga sesuai dengan jenis olahraganya.

20 Event Organizing, Jurusan PR, Esa Unggul 20 Acara dikemas sporty dan biasanya sangat sederhana kecuali pada acara pembukaan atau penutupan sport event tersebut. Upacara pembukaan dikemas sangat spektakuler dengan biaya yang sangat besar. Sebaliknya penutupan ditandai dengan pemberian hadiah bagi para pemenang yang dilengkapi dengan hiburan. Pada saat ini akan banyak mendapat liputan dari media massa. Lama pelaksanaan bisa satu hari, satu minggu atau berbulan-bulan.


Download ppt "DRA. LIDIA EVELINA, MM Event Organizing, Jurusan PR, Esa Unggul 1 TM 12 Event Pameran, Fair dan Festival."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google