Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

DOSEN: DRA. LIDIA EVELINA, MM Event Organizing, Jurusan PR, Esa Unggul 1 TM 5 Penyusunan Proposal.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "DOSEN: DRA. LIDIA EVELINA, MM Event Organizing, Jurusan PR, Esa Unggul 1 TM 5 Penyusunan Proposal."— Transcript presentasi:

1 DOSEN: DRA. LIDIA EVELINA, MM Event Organizing, Jurusan PR, Esa Unggul 1 TM 5 Penyusunan Proposal

2 Event Proposal Event Description 1. Nama Event 2. Tipe Event 3. Lokasi 4. Date 5. Duration/Timing 6. Konsep Event 7. Tujuan dan Objektif Event Organizing, Jurusan PR, Esa Unggul 2

3 A. Latar Belakang Event Organizing, Jurusan PR, Esa Unggul 3 Dijelaskan tentang latar belakang diadakannya kegiatan. Berisi kondisi yang menyebabkan permasalahan sehingga organisasi Anda perlu mengadakan kegiatan ini Anda perlu menjelaskan dengan paparan yang jelas mengenai kondisi dan cara mengatasinya atau solusi atau harapan. Manfaat dari event tersebut bagi perusahaan.

4 Isi latar belakang Event Organizing, Jurusan PR, Esa Unggul 4 1. Alasan dibuat event, misal Indonesia kaya akan makanan tradisional, kita sebagai bangsa Indonesia wajib melestarikan budaya bangsa khususnya di bidang kuliner. 2. Alasan pemilihan tempat, waktu dan target peserta, target sponsor, target media partner atau organisasi serta lembaga yang diajak kerjasama dikemukakan ! 3. Memberikan inspirasi dan masukan-masukan dengan adanya event tersebut. Berkaitan dengan momentum apa ? 4. Acara ini berdasarkan ide siapa atau didukung oleh siapa, misalnya event ini didukung penuh oleh Departemen kepariwisataan atau pemerhati dari komunitas di bidang …. 5. Ekspetasi dari event (sesuatu yang ingin dicapai dari event tersebut!), masyarakat bisa lebih mencintai kekayaan dari makanan tradisional Indonesia. 6. Manfaat dari keikutsertaan pada event bagi sponsor, peserta dan bagi lembaga dan lain-lain. 7. Spesifikasi event dengan event lainnya. (keunggulan) 8. Isi dari event tersebut, mencakup acara event, target jumlah pengunjung, target peserta, target liputan

5 B. Dasar pemikiran Event Organizing, Jurusan PR, Esa Unggul 5 Bagian ini menguraikan pemikiran dari rencana kegiatan. Suatu kegiatan tentunya memiliki dasar pemikiran sendiri, yaitu kerangka logis yang memperkuat organisasi Anda untuk mengadakan kegiatan ini. Bedanya dengan latar belakang, pada bagian ini Anda dituntut mampu menjelaskan kerangka pemikiran yang logis dan sistematis yang berkenaan dengan tema kegiatan.

6 C. Nama dan tema kegiatan Event Organizing, Jurusan PR, Esa Unggul 6 Bagian ini menjelaskan nama dan kegiatan yang akan dibuat, misalnya adalah lomba karya Tulis Ilmiah setingkat Nasional dengan tema: Agama dan Lingkungan.

7 Syarat Judul Event Organizing, Jurusan PR, Esa Unggul 7 1. Unik dan menarik minat untuk mengetahui lebih lanjut (persuade) 2. Spektakuler (bersifat bombastis) 3. Bersifat inovatif (belum pernah ada sebelumnya). 4. Mudah diingat dan dimengerti. 5. Hindari kata-kata/istilah asing yang sulit dipahami. 6. Judul event harus mengasosiasikan produk atau jasa atau perusahaan.

8 D. Landasan Kegiatan Event Organizing, Jurusan PR, Esa Unggul 8 Bagian ini menjelaskan hal-hal yang menjadi landasan diadakannya kegiatan biasanya disesuaikan dengan pedoman dan aturan dari organisasi atau lembaga yang mengadakannya. Dalam sebuah kegiatan seminar, misalnya, landasan kegiatannya pada Tri Dharma Perguruan Tinggi,dalam organisasi kampus, yaitu Garis-garis besar program Kerja dan keputusan Hasil rapat.

9 E. Tujuan Event Organizing, Jurusan PR, Esa Unggul 9 Setiap kegiatan memiliki sejumlah tujuan yang ingin diraih oleh penyelenggaranya. Tujuan-tujuan kegiatan ini memiliki makna tersendiri karena menggambarkan apa yang menjadi visi atau arah dari kegiatan yang akan dilaksanakan. Dalam pencantuman tujuan dari kegiatan yang akan dilaksanakan. Dalam pencantuman tujuan ini, biasanya dibuat dalam bentuk numbering atau penomoran.

10 F. Bentuk kegiatan Event Organizing, Jurusan PR, Esa Unggul 10 Bagian ini menjelaskan bentuk kegiatan yang dilakukan, misalnya apakah bentuk seminar, lomba, atau kegiatan lain. Sebagai contoh, dalam kegiatan lustrum ini kegiatan yang disajikan dalam bentuk seminar kebangkitan Pancasila.

11 G. Sasaran Event Organizing, Jurusan PR, Esa Unggul 11 Bagian ini menjelaskan tentang target peserta dan pengunjung dari kegiatan yang akan dilakukan. Penentuan sasaran peserta biasanya ditentukan berdasarkan tema dan tujuan kegiatan. Misalnya sasaran seminar bisa mencakup mahasiswa, siswa SMU, Pegawai negeri dsb.

12 H. Target Event Organizing, Jurusan PR, Esa Unggul 12 Bagian ini menjelaskan tentang target peserta dan pengunjung dari kegiatan yang akan dilakukan. Penentuan sasaran peserta biasanya ditentukan berdasarkan tema dan tujuan kegiatan. Misalnya tercapainya pemahaman yang memadai tentang pentingnya kehidupan yang sehat.

13 I. Pelaksana Event Organizing, Jurusan PR, Esa Unggul 13 Bagian ini menjelaskan siapa pelaksana kegiatan, yaitu nama lembaga atau organisasi Anda. Di bagian ini sebutkan saja nama organisasi Anda, misalnya Himpunan Mahasiswa Jurusan, Fakultas Ilmu komunikasi Universitas Mercu Buana.

14 J. Susunan Panitia Event Organizing, Jurusan PR, Esa Unggul 14 Bagian ini menjelaskan susunan panitia penyelenggara kegiatan ini. Daftar susunan panitia bisa dimulai dari pelindung, penasehat, penanggung jawab, steering committee, ketua panitia, wakil ketua panitia, sekretaris, Bendahara hingga koordinator dan anggotanya masing-masing. Susunan panitia biasanya dibuat sebagai lampiran.

15 K. Rencana Pelaksanaan Event Organizing, Jurusan PR, Esa Unggul 15 Bagian ini menjelaskan bagaimana rencana kegiatan dilakukan. Rencana pelaksanaan bisa berupa deskripsi atas tema dan sub tema kegiatan, waktu dan tempat acara, serta informasi-informasi penting lainnya yang perlu ditampilkan. (5 W + 1 H) Rencana pelaksanaan biasanya dibuat sebagai lampiran.

16 L. Rencana Anggaran Event Organizing, Jurusan PR, Esa Unggul 16 Bagian ini menjelaskan besarnya dana yang dibutuhkan untuk melaksanakan kegiatan ini. Rencana anggaran umumnya memuat rencana pengeluaran untuk keperluan kesekretariatan, acara, humas, transportasi, publikasi, dekorasi dan dokumentasi, pemasukan dan perlengkapan. Rencana anggaran ini juga memuat rencana pemasukan baik dari kontribusi peserta ataupun suntikan dana dari induk organisasi. Rencana anggaran biasanya dibuat sebagai lampiran.

17 Penutup Event Organizing, Jurusan PR, Esa Unggul 17 Di bagian ini dipaparkan secara singkat beberapa kalimat, misalnya: Demikianlah proposal kegiatan ini dibuat sebagai pedoman pelaksanaan, dan seterusnya. Anda juga bisa mengucapkan kalimat meminta dukungan atas terselenggaranya kegiatan dan ucapan terima kasih.

18 Terima Kasih Event Organizing, Jurusan PR, Esa Unggul 18


Download ppt "DOSEN: DRA. LIDIA EVELINA, MM Event Organizing, Jurusan PR, Esa Unggul 1 TM 5 Penyusunan Proposal."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google