Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BAB 7 RELIABILITAS DALAM MODEL TES KLASIK. RELIABILITAS  Salah satu ciri instrumen ukur yang berkualitas baik adalah reliabel (reliable)  Namun, pada.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BAB 7 RELIABILITAS DALAM MODEL TES KLASIK. RELIABILITAS  Salah satu ciri instrumen ukur yang berkualitas baik adalah reliabel (reliable)  Namun, pada."— Transcript presentasi:

1 BAB 7 RELIABILITAS DALAM MODEL TES KLASIK

2 RELIABILITAS  Salah satu ciri instrumen ukur yang berkualitas baik adalah reliabel (reliable)  Namun, pada kenyataannya, individu atau kelompok sama yang dikenai tes sama pada kesempatan berlainan bisa dipastikan selalu menunjukkan kinerja atau hasil pengukuran yang berbeda. Sehingga bisa dikatakan secara umum bahwa reliabilitas merupakan pengukuran tanpa menghiraukan atribut apa yang diukur (Nunnally dalam Supraktiknya 2014: 145).

3 TIGA MAKNA RELIABILITAS Menurut Klein, secara psikometrik reliabilitas memiliki tiga makna, yaitu : (1) self consistency atau konsistensi internal dan (2) stabilitas, tes (3) Gabungan konsistensi internal dan stabilitas terdapat dalam konsep reliabilitas bentuk paralel (parallel-form reliability). Ketiga makna ini mendasari aneka strategi untuk mengestimasi taraf reliabilitas tes yang lazim dinyatakan dalam duatu koefisien korelasi yang disebut koefisien reliabilitas.

4 A.A. Menafsirkan Koefisien Reliabilitas B Kesimpulan Umum Reliabilitas C Aneka Sumber Unreliability D Pemeriksaan Reliabilitas

5 MENAFSIRKAN KOEFISIEN RELIABILITAS Konsep reliabilitas atau lebih tepat unreliability atau ketiadaan reliabilitas tercakup dalam postulat dasar model tes klasik yang tertuang dalam rumus X = T + E.

6 Penafsiran koefisien reliabilitas, menurut Allen & Yen:

7 Kesimpulan Umum Reliabilitas

8

9 Aneka Sumber Unreliability

10  Aneka faktor yang menimbulkan kinerja tidak konsisten pada diri pihak testi  Faktor content sampling yang tidak representatif sebagaimana diwakili oleh item-item tes  Faktor statistis khususnya terkait variabilitas skor akibat sifat homogenitas/heterogenitas sampel testinya.

11 Dari faktor tesnya sendiri  Subyektivitas dalam penilaian  Guessing/menebak  Item-item yang kabur  Panjang tes  Rumusan item  Test-retest unreliability

12 PEMERIKSAAN RELIABILITAS Secara umum semua analisis reliabilitas melibatkan penggunaan dua rangkaian skor atau hasil pengukuran, lalu menghitung koefisien korelasi antara kedua rangkaian skor tersebut (Fredeinberg dalam Supraktiknya, 2014:155)

13 Dua rangkaian skor bisa diperoleh dengan beberapa cara:  Estimasi Reliabilitas Test-Retest  Estimasi Reliabilitas Bentuk-Bentuk Paralel dan Bentuk-Bentuk Alternatif  Estimasi Reliabilitas Konsistensi Internal Reliabilitasnya sendiri dapat diestimasi dengan dua metode yaitu: Metode Belah Dua & Metode berbasis Kovarians Item

14 METODE BELAH DUA  Dalam metode Split Half atau Belah Dua, reliabilitas konsistensi internal diestimasi dengan menggunakan rangkaian skor hasil satu kali pengadministrasian tes untuk menghindari aneka distorsi yang mungkin timbul dalam dua pengadministrasian tes, baik tes yang sama maupun bentuk paralelnya. Lima metode yang lazim digunakan ialah: 1. Metode gasal genap 2. Metode belah tengah 3. Metode gabungan urutan taraf kesukaran dan gasal genap 4. Metode random 5. Metode matched random subsets

15 METODE BELAH DUA

16 METODE BERBASIS KOVARIANS ITEM  Alpha Cronbach

17 METODE BERBASIS KOVARIANS ITEM  Rumus Kuder-Richardson

18 METODE BERBASIS KOVARIANS ITEM  Metode Hoyt

19 SEKIAN DAN TERIMA KASIH


Download ppt "BAB 7 RELIABILITAS DALAM MODEL TES KLASIK. RELIABILITAS  Salah satu ciri instrumen ukur yang berkualitas baik adalah reliabel (reliable)  Namun, pada."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google