Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MULTIPLEKSER DAN DEMULTIPLEKSER (DECODER) Multiplekser merupakan suatu piranti untuk memilih salah satu masukan dari beberapa masukan yang tersedia untuk.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MULTIPLEKSER DAN DEMULTIPLEKSER (DECODER) Multiplekser merupakan suatu piranti untuk memilih salah satu masukan dari beberapa masukan yang tersedia untuk."— Transcript presentasi:

1 MULTIPLEKSER DAN DEMULTIPLEKSER (DECODER) Multiplekser merupakan suatu piranti untuk memilih salah satu masukan dari beberapa masukan yang tersedia untuk disalurkan ke satu keluaran. Multiplekser identik dengan saklar putar (rotary) satu kutub banyak posisi. Multiplekser juga disebut sebagai pemilih data (data selector).

2 Multiplekser identik dengan saklar putar LLLHHLLLLHHL LHHLLL Data keluaran (serial) Kendali (alamat) Multiplekser Data Masukan (paralel)

3 Diagram blok dari multiplekser 4 masukan 1 keluaran (dengan 2 jalur pengendali) MUX X0X1X2X3X0X1X2X3 S 0 S 1 Y (1 jalur keluaran) 4 jalur masukan

4 Y (Keluaran) Enable S1S0S1S0 X0X0 X1X1 X2X2 X3X3 Pengendali

5 Diagram multiplekser EZZ I 7 I 6 I 5 I 4 I 3 I 2 I 1 I 0 +Vcc S0S1S2S0S1S2

6 Multiplekser sering dimanfaatkan sebagai rangkaian pengubah data paralel ke serial (paralel to serial converter). Manfaat lain multiplekser adalah dapat digunakan untuk merealisasikan suatu rangkaian logika. Multiplekser dengan N jalur pengendali dapat digunakan untuk membentuk rangkaian logika dengan N variabel masukan. Multiplekser orde tinggi dari multiplekser- multiplekser orde yang lebih rendah.

7 Demultiplekser Demultiplekser adalah suatu piranti untuk memilih satu keluaran dari beberapa keluaran yang tersedia. Demultiplekser identik dengan saklar putar (rotary) satu kutub banyak posisi. Demultiplekser juga disebut sebagai distributor data dan dapat digunakan sebagai dekoder. Sebuah demultiplekser akan menerima masukan dan meneruskannya ke salah satu dari beberapa keluaran yang mungkin.

8 Demultiplekser identik dengan saklar putar Satu kutub banyak posisi. Data masukan (serial) HHHLLH Kendali (alamat) 1 6 HLLHHHHLLHHH Data Keluaran (paralel) Demultiplekser

9 S Enable Data ABCABC 7 = A B C 0 = A B C 1 = A B C

10 Demultiplekser 3 masukan ke 8 keluaran Enable Data ABCABC 8 keluaran 3 masukan

11 Soal-soal 1.Jelaskan, mengapa multiplekser kadang-kadang juga disebut sebagai selektor data ? 2.Rancanglah multiplekser 32 bit dengan menggunakan 4 biah IC !. 3.Rancanglah suatu rangkaian yang akan mengeluarkan logika rendah ketika umur suatu bulan 31 hari. Masukannya adalah nomor bulan (1 s/d 12) sebagai bilangan biner 4 bit (Januari = 0001, dst.). Gunakanlah IC !.

12 4.Jelaskan, mengapa demultiplekser kadang-kadang juga disebut sebagai distributor data ? 5.Pelajarilah fungsi kaki (pin) dan cara kerja dari IC melalui buku/ lembaran/manual datanya. Kemudian tunjukkan persambungan yang diperlukan bila IC tersebut digunakan sebagai demultiplekser. Jelaskan bagaimana mekanisme kerjanya jika ingin memilih saluran 5 ? SEKIAN DAHULU


Download ppt "MULTIPLEKSER DAN DEMULTIPLEKSER (DECODER) Multiplekser merupakan suatu piranti untuk memilih salah satu masukan dari beberapa masukan yang tersedia untuk."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google