Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

TEORI YANG MENDASARI HBSE. TEORI YG MENDASARI HBSE T. PSIKOANALISA - SIGMUND FREUD SOCIAL LEARNING THEORY – SKINNER/PAVLOV TEORI SISTEM - TALCOTT PARSON.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "TEORI YANG MENDASARI HBSE. TEORI YG MENDASARI HBSE T. PSIKOANALISA - SIGMUND FREUD SOCIAL LEARNING THEORY – SKINNER/PAVLOV TEORI SISTEM - TALCOTT PARSON."— Transcript presentasi:

1 TEORI YANG MENDASARI HBSE

2 TEORI YG MENDASARI HBSE T. PSIKOANALISA - SIGMUND FREUD SOCIAL LEARNING THEORY – SKINNER/PAVLOV TEORI SISTEM - TALCOTT PARSON

3 PSIKOANALISA (Sigmund Freud) 1. Asumsi: Sikap dan perilaku yang membentuk kepribadian manusia lebih banyak dipengaruhi oleh aspek individu atau aspek dari sistem yang lebih kecil. 2. Alasannya, manusia sejak lahir telah memiliki struktur kepribadian yang terdiri dari ID, EGO, SUPER EGO. ID “Dorongan yang datangnya dari dalam diri individu (inner drive)” ID terdiri dari stimulus-stimulus (rangsangan) yang sifatnya instingtif (naluriah/alamiah). Dorongan ID terdiri dari libido-sexual (dorongan makan dan sex) ID memiliki prinsip: pleasure principles (kenikmatan/kesenangan)

4 Ego Berorientasi pada kenyataan Memungkinkan orang untuk melihat lingkungannya secara realistik Memungkinkan orang mencapai keseimbangan antara kebutuhan2 pribadi dengan tuntutan2 serta kesempatan yang tersedia dan diperbolehkan dalam lingkungannya Ego berfungsi sebagai akibat bekerjanya faktor-faktor kesadaran dan ketidaksadaran yg berkombinasi u menentukan adaptasi dan gaya hidup seseorang

5 SUPER EGO “Dorongan yang berasal dari luar individu (outer drive)” SUPER EGO berisi nilai-nilai dan aturan-aturan yang berfungsi mengendalikan dorongan ID. ID, EGO, DAN SUPER EGO: EGO adalah struktur kepribadian yang berfungsi menyeimbangkan antara ID dan SUPER EGO. Individu dikatakan fungsional apabila EGOnya bisa menyeimbangkan antara ID dan SUPER EGO. 3. Dampak dari teori Psikoanalisa adalah untuk memecahkan permasalahan individu, maka individu lah yang harus diintervensi. 4. Metode intervensi yang dikembangkan adalah Social Case Work. 5. Ilmu sosial yang banyak mendukung asumsi ini adalah psikologi.

6 SOCIAL LEARNING THEORY/SOCIAL BEHAVIORAL THEORY (B.F. Skinner/ Pavlov) 1. Asumsinya, sikap atau tingkah laku yang membentuk kepribadian manusia lebih banyak dipengaruhi oleh sistem yang lebih besar atau lingkungan sosialnya. 2. Alasannya, manusia lahir tidak memiliki apa-apa seperti kertas putih. Lingkungan lah nanti yang mengisi kertas putih tsb. Teori ini diperkuat oleh teori John Locke tentang Tabula Rasa. 3. Dampak dari teori ini adalah bahwa untuk memecahkan masalah individu, maka lingkungan lah yang diintervensi.

7 SOCIAL LEARNING THEORY/SOCIAL BEHAVIORAL THEORY (B.F. Skinner/ Pavlov) 4. Metode intervensi yang dikembangkan: Group Work, COCD. 5. Ilmu sosial yang mendukung teori ini adalah Sosiologi, Anthropologi, dll.

8 TEORI SISTEM (Talcot Parson) 1. Asumsinya, sikap atau tingkah laku yang membentuk kepribadian manusia dipengaruhi baik oleh sistem yang lebih kecil (individu) maupun sistem yang lebih besar (lingkungan sosial) 2. Alasannnya, sikap dan perilaku yang membentuk kepribadian merupakan hasil interaksi antara individu dgn lingkungan sosialnya. 3. Dampak dari teori ini adalah bahwa untuk memecahkan masalah individu, maka harus dilakukan assessment (penilaian) baik terhadap individu maupun lingkungannya. Komponen apa yang akan diintervensi akan sangat tergantung kpd aspek mana yg paling berpengaruh. Aspek tsb disebut dgn Focal System (fokus masalah).

9 Teori Sistem Lanjutan… 4. Metode intervensi yang digunakan social casework, group wor, dan co/cd 5. Ilmu sosial yang mendasari psikolgi, antropologi, sosiologi

10 Teori sistem memberikan pendekatan yang lebih luas untuk memahami dunia dan dapat diaplikasikan dalam berbagai setting yang lebih luas. Penggabungan teori sistem dengan perspektif ekologi, kadang-kadang disebut sebagai “Teori Ekosistem”. (Beckett & Johnson, 1995; Krist – Ashman, 2000). Didalam perspektif tsb, orang dipandang sebagai mahluk hidup yang terlibat dalam proses interaksi secara konstan (tetap) dengan berbagai sistem di dalam lingkungan. Sistem tersebut meliputi keluarga, teman, pekerjaan, pelayanan sosial, pemerintah, pekerja/pegawai, sistem keagamaan, sistem pendidikan serta barang dan jasa.

11 Teori sistem menggambarkan keterlibatan secara dinamis antara orang dengan masing- masing sistem tersebut. Praktek Pekerjaan Sosial diarahkan pada upaya meningkatkan interaksi antara klien dengan sistem tersebut.

12 ISTILAH-ISTILAH DLM TEORI SISTEM Sistem: unit sosial (suatu kesatuan) yang terdiri dari unsur-unsur (sub-sistem) yang saling berrelasi dan berinterdependensi utk mencapai suatu tujuan. Makro Sistem: adalah sistem yg memiliki pengaruh yg lebih besar thd sistem. Mikro Sistem: adalah sistem yg dipengaruhi oleh sistem. A Subsystem adalah suatu sistem tambahan atau suatu sistem yang lebih rendah. Biasanya dipandang / dianggap sebagai sistem yang lebih kecil dalam sebuah sistem yang lebih besar.

13 ISTILAH-ISTILAH DLM TEORI SISTEM Holon: adalah suatu sistem yg pada saat yg sama bisa berperan baik sbg makro sistem maupun mikro sistem. Relationship: adalah hubungan yg terjadi antara sub-sistem dgn sub-sistem yg lain dlm suatu sistem atau dgn sistem lain diluar sistemnya An Interface adalah suatu titik dimana dua sistem (termasuk individu-individu, keluarga- keluarga, kelompok-kelompok, organisasi- organisasi, atau komunitas-komunitas) masuk ke dalam kontak antara satu sama lain atau komunikasi.

14 ISTILAH-ISTILAH DLM TEORI SISTEM Differentiation adalah kecenderungan sebuah sistem untuk bergerak dari keadaan yang sederhana menuju keadaan yang lebih kompleks. Relasi, situasi, dan interaksinya akan cenderung lebih kompleks. Equifinalty, berhubungan dengan kenyataan bahwa terdapat beberapa cara yang berbeda untuk mencapai akhir/tujuan yang sama. Hal ini merujuk pada adanya alternatif pencapaian tujuan.

15 ISTILAH-ISTILAH DLM TEORI SISTEM Energi: adalah aspek yg merupakan kemampuan untuk melakukan usaha yg dipertukarkan pd saat sistem yg satu berelasi dgn sistem yg lain. Sinergy: adalah suatu kondisi dimana hasil dari pertukaran energi menyebabkan terjadinya pelipatgandaan energi. Entrophy: adalah adalah suatu kondisi dimana hasil dari pertukaran energi menyebabkan terjadinya pengurangan energi. Negative Entropy adalah proses sebuah sebuah sistem ke arah pertumbuhan dan perkembangan.

16 ISTILAH-ISTILAH DLM TEORI SISTEM Linkage: adalah arena dimana terjadi pertukaran energi. Boundaries: adalah batas-batas terjadinya pertukaran energi. Input meliputi energi, informasi, atau arus komunikasi yang diterima dari sistem-sistem yang lain. Output adalah apa-apa yang terjadi pada input, setelah melalui serangkaian proses oleh beberapa sistem. Output adalah istilah yang lebih umum untuk hasil dari suatu proses. Outcome adalah variabel-variabel spesifik yang diukur untuk tujuan dari evaluasi.

17 ISTILAH-ISTILAH DLM TEORI SISTEM Feedback adalah bentuk khusus dari input. Feedback melibatkan sebuah sistem yang menerima informasi tentang performancenya (penampilannya) sendiri. Negative Feedback adalah suatu sistem yang dapat memutuskan secara tepat/ benar penyimpangan atau kesalahan dan kembali ke keadaan seimbang. Positive Feedback melibatkan sebuah sistem yang menerima informasi tentang apa yang dilakukan dengan benar dengan tujuan untuk mempertahan kan hal tersebut sehingga mengalami kemajuan yang pesat.

18 ISTILAH-ISTILAH DLM TEORI SISTEM Equilibrium: adalah suatu kondisi dimana pertukaran energi menyebabkan suatu keseimbangan. Disequilibrium: adalah suatu kondisi dimana pertukaran energi menyebabkan ketidakseimbangan. Homeostatis: adalah suatu kondisi dimana seseorang akan selalu berusaha untuk berada dlm kondisi seimbang. A Role adalah “pola perilaku yang diharapkan dari seorang individu yang ditentukan oleh budaya dalam sebuah relasi sosial yang spesifik”. (Norlin dan Chess, 1997, p. 56)


Download ppt "TEORI YANG MENDASARI HBSE. TEORI YG MENDASARI HBSE T. PSIKOANALISA - SIGMUND FREUD SOCIAL LEARNING THEORY – SKINNER/PAVLOV TEORI SISTEM - TALCOTT PARSON."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google