Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

FUNGSI PENGARAHAN FAUZAN AMIN Kamis, 11 Juni 2015.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "FUNGSI PENGARAHAN FAUZAN AMIN Kamis, 11 Juni 2015."— Transcript presentasi:

1 FUNGSI PENGARAHAN FAUZAN AMIN Kamis, 11 Juni 2015

2 PENGERTIAN PENGARAHAN Fungsi pengarahan (directing = actuating = leading = penggerakan) adalah fungsi terpenting paling dominan dalam proses manajemen. Pengarahan adalah mengarahkan semua karyawan agar mau bekerjasama dan bekerja efektif dalam mencapai tujuan perusahaan.

3 Pokok-pokok masalah yang dipelajari pada fungsi pengarahan atau directing adalah : 1. Tingkah laku Manusia (human behavior) 2. Hubungan Manusiawi (Human Relation) 3. Komunikasi(communication) 4. Kepemimpinan(Leadership)

4 Orang-orang yang mengemukakan Tingkah laku Manusia adalah : Elton Mayo dan Fritz Rothlisberger dengan teorinya Human Science Theory (Gaji dan Kesejahteraan). Douglas McGregor dengan teori X (Otoriter) dan Y (Demokrasi). D.yung dengan teori Introverse (Pribadi),Extroverse (Lingkungan), dan Ambiverse-nya. Kobert Owen dan Andrew Uro, dengan Heredity (Keturunan) dan Environment-nya (Lingkungan Pergaulan). Clare W.Graves, dengan Tipe-tipe Tingkah laku Manusia: Dr.Thoshitaka Nomi,dengan teori Golongan darah : A (bisa dipercaya), B (Lemah lembut), AB (Emosional), dan O (Pemimpin)

5 HUBUNGAN MANUSIAWI Hubungan manusiawi ini tercipta serta di dorong oleh kebutuhan dan kepentingan yang sama The nature of Man ( Kebutuhan dan kepentingannya akan lebih mudah diperoleh jika ia menjadi karyawan) The nature of Organization (Perusahaan menerima seseorang menjadi karyawan, jika orang itu memberikan kuntungan atau nilai prestasinya lebih besar daripada kompensasinya.

6 KOMUNIKASI Tanpa komunikasi proses Mnajemen tidak terlaksana Hambatan Komunikator Pesan Komunikan Freedback

7 Tujuan Komunikasi yaitu, untuk memberikan perintah, laporan, informasi, ide, saran, berita dan menjalin hubungan- hubungan dari seorang komunikator kepada komunikan dan penerimanya

8 Tipe-Tipe Komunikasi 1. Komunikasi Formal (Formal Communication) 2. Komunikasi Informal (Informal Communication)

9 Metode Komunikasi Komunikasi Langsung Komunikasi Tidak Langsung Komunikasi Horizontal (Bertujuan menjalin hubungan saja) Komunikasi searah (Komunikator aktif dan komunikan pasif) Komunikasi Dua arah (two way traffic):Komunikator dan komunikan aktif

10 Hambatan-Hambatan Komunikasi Hambatan Semantis (Karena bahasa yang penafsirannya banyak) Hambatan Teknis (Alat-alat teknis,misalnya Hp) Hambatan Biologis (Kurang baiknya pancaindra) Hambatan Psikologis (hambatan kejiwaan) Hambatan Kemampuan (Kurang mampu menafsirkan pesan komunikasi)

11 Komunikasi dan Proses Manajemen Peranan komunikasi dalam proses manajemen sangat menentukan berhasil tidak nya seorang manajer mencapai tujuan perusahaan.

12 KEPEMIMPINAN kepemimpinan(Leadership)merupakan intisari manajemen LEADER adalah Orangnya, sedangkan LEADERSHIP ialah gaya atau style seorang manajer untuk mengarahkan, mengkoordinasi, dan membina parabawahannya agar mau berkerja sama dan bekerja produktif mencapai tujuan perusahaan.

13 MOTIVASI Berasal dari bahasa latin, MAVERE yang berarti dorongan atau daya penggerak.

14 Tugas Terakhir Buat ikhtisar/rangkuman materi tentang hal-hal yang anda dapatkan selama mengikuti perkuliahan dasar manajemen dibuat maksimal 10 slide Dikumpulkan paling lambat hari kamis tgl 18 Juni 2015 via ..dan bagi yang belum maju harap dipersiapkan untuk dipresentasikan hari senin..


Download ppt "FUNGSI PENGARAHAN FAUZAN AMIN Kamis, 11 Juni 2015."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google