Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

L/O/G/O AVIDIN, Penyaji : dr. Syazili Mustofa.(Biokimia) Pembimbing : Prof.Dr.Mohamad Sadikin, Dsc. PROTEIN PENGIKAT BIOTIN.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "L/O/G/O AVIDIN, Penyaji : dr. Syazili Mustofa.(Biokimia) Pembimbing : Prof.Dr.Mohamad Sadikin, Dsc. PROTEIN PENGIKAT BIOTIN."— Transcript presentasi:

1 L/O/G/O AVIDIN, Penyaji : dr. Syazili Mustofa.(Biokimia) Pembimbing : Prof.Dr.Mohamad Sadikin, Dsc. PROTEIN PENGIKAT BIOTIN

2 Pendahuluan Protein adalah biomakromolekul yang melaksanakan hampir seluruh fungsi kehidupan. Avidin adalah salah satu protein yang memiliki arti penting dalam bioteknologi. Avidin merupakan glikoprotein yang mengikat biotin.

3 Penemuan avidin Esmond Emerson Snell pada tahun 1940

4 Isolasi dan purifikasi avidin Prosedur presipitasi aseton dengan ekstraksi garam Gradiflow

5 Karakteristik fisikokimia avidin Glikoprotein dalton. bermuatan positif titik isoelektrik pada pH 10,5. Protein tetramerik

6 Struktur avidin

7 Karakteristik fisikokimia avidin Ada dua jenis asam amino yang berperan dalam interaksi avidin-biotin yaitu triptofan dan lisin. Struktur avidin tetap stabil pada suhu di bawah 70°C. Di atas 70°C, struktur avidin cepat terganggu dan 85°C, Inaktivasi lengkap kapasitas pengikatan biotin avidin memerlukan keadaan mendidih selama lebih dari 4 menit

8 Interaksi dari avidin dengan biotin

9 Sumber dan fungsi biologis avidin sel goblet di dalam oviduk unggas telur amfibi dan reptil Pada fase akut radang di jaringan unggas

10 Sumber protein mirip avidin Bakteri Streptomyces  streptavidin. Katak Xenopus tropicalis  xenavidin ikan zebra (Danio rerio)  zebavidin.

11 Streptavidin diisolasi dari Streptomyces avidinii Dalton (Kd = untuk -15M). Disosiasi biotin dari streptavidin 30 kali lebih cepat daripadadisosiasi biotin dari avidin. tidak memiliki karbohidrat titik isoelektrik asam (pI = 5) reaksi non spesifik streptavidin lebih rendah

12 Neutravidin avidin deglikosilasi dengan modifikasi arginin. titik isoelektrik yang lebih netral tidak akan memiliki masalah pengikatan nonspesifik Dalton

13 Biotin Biotin adalah vitamin yang larut dalam air. Biotin mengandung sulfur berbentuk kristal yang panjang seperti jarum putih. Biotin Larut dalam etanol 95% namun, tidak larut dalam lemak atau pelarut lemak. Fungsi : koenzim di dalam tubuh yang berperan dalam metabolisme untuk menghasilkan energi.

14 Biotinilasi Proses melekatkan biotin secara kovalen dengan protein, asam nukleat atau molekul lainnya. Rantai samping asam valerat dari molekul biotin dapat diderivatisasi Biotinilasi prosesnya cepat, spesifik dan tidak mengganggu fungsi alami molekul karena ukuran biotin kecil (MW = 244,31 g / mol).

15 Biotinilasi

16 Aplikasi avidin-biotin dalam berbagai metode laboratorium Interaksi spesifik avidin biotin membuatnya menjadi alat yang berguna dalam merancang sistem deteksi nonradioaktif dengan sensitivitas yang sangat baik.

17 Imunohistokimia pemurnian protein diteksi protein diteksi asam nukleat. Aplikasi avidin-biotin dalam berbagai metode laboratorium

18 Skema penguatan sinyal dengan pembentukan kompleks avidin-biotin

19 Skema metode pelabelan Streptavidin-Biotin

20 Penggunaan CaptAvidin agarosa dalam kromatografi afinitas.

21 Aplikasi avidin-biotin dalam Radio Imuno Terapi (RIT). Terapi tambahan Penangkapan RIT di tumor masih sangat rendah dan toksisitas radiasi pada jaringan normal yang radiosensitif Beberapa teknik telah digunakan untuk meningkatkan penangkapan RIT dan mengatasi toksisitas. Teknik tersebut adalah teknik pretarget.

22 Aplikasi avidin-biotin dalam Radio Imuno Terapi (RIT). Untuk meningkatkan penangkapan antibodi berlabel radioisotop oleh tumor dan mengurangi toksisitas pada sumsum tulang. dosis serap radiasi tumor lebih tinggi dibandingkan dengan RIT tanpa teknik pretarget.

23 Prosedur teknik pretarget dengan menggunaka n streptavidin- avidin-biotin.

24 Aplikasi avidin-biotin dalam teknologi pertanian. Avidin mengikat biotin Biotin adalah koenzim yang diperlukan untuk semua bentuk kehidupan Serangga yang mengalami defisiensi biotin karena memakan avidin, mengalami pertumbuhan terhambat dan kematian.

25 Aplikasi avidin-biotin dalam teknologi pertanian. Jagung transgenik Tembakau dan apel transgenik Beras transgenik

26 Potensi avidin sebagai antiploriferasi Banyak di antara pengobatan tumor dilakukan dengan cara mengintervensi pembentukan basa nukleotida purin atau pirimidin. jalur sintesis purin de novo telah ditandai sebagai target yang layak untuk intervensi antineoplastik.

27 Potensi avidin sebagai antiploriferasi Pada jalur sintesis purin de novo, terdapat dua buah reaksi transfer satu atom karbon, yaitu reaksi yang dikatalisis oleh glisinamida ribonukleotida (GAR) transformilase dan 5-aminoimidazol-4- karboksamida ribotida (AICAR) transformilase, Terdapat pula salah satu tahapan yang penting dalam sintesis purin de novo, yaitu tahap penambahan gugus karboksil

28 Potensi avidin sebagai antiploriferasi Dalam tahap reaksi pemindahan gugus karboksil tersebut, biotin berperanan sebagai koenzim dari enzim AIR karboksilase. Hal ini membuat efek penambahan avidin terhadap jalur sintesis purin de novo menjadi pendekatan yang menarik untuk diteliti.

29 Potensi avidin sebagai antiploriferasi Saat ini, Penelitian mengenai efek avidin sebagai antiproliferasi sel sedang dilakukan di Bagian Biokimia Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dan penelitian tersebut memperlihatkan bahwa avidin memiliki efek antiproliferasi sel.

30 L/O/G/O Thank You!

31 fish


Download ppt "L/O/G/O AVIDIN, Penyaji : dr. Syazili Mustofa.(Biokimia) Pembimbing : Prof.Dr.Mohamad Sadikin, Dsc. PROTEIN PENGIKAT BIOTIN."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google