Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Materi Pokok 18 TABEL KONTINGENSI MULTI ARAH DAN MODEL LOG LINEAR 1.Konsep Model Log Linear Pada uji kebebasan sebelumnya melibatkan dua faktor. Analisis.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Materi Pokok 18 TABEL KONTINGENSI MULTI ARAH DAN MODEL LOG LINEAR 1.Konsep Model Log Linear Pada uji kebebasan sebelumnya melibatkan dua faktor. Analisis."— Transcript presentasi:

1 Materi Pokok 18 TABEL KONTINGENSI MULTI ARAH DAN MODEL LOG LINEAR 1.Konsep Model Log Linear Pada uji kebebasan sebelumnya melibatkan dua faktor. Analisis dan model diperluas untuk tiga atau lebih faktor misalnya tiga faktor dengan notasi A, B, dan C. Faktor A mempunyai I kategori Faktor B mempunyai J kategori dan Faktor C mempunyai K kategori A i = individu yang dipilih secara acak dari kategori I faktor A. B j = dari kategori j faktor B. C k = dari kategori k faktor C dan secara serentak A i B j C k dengan ijk = P(A i B j C k ).

2 Frekuensi pengamatannya = Nijk. Setiap taraf dari faktor C dapat ditampilkan tabel dua arah I x J. Contoh 18.1 Tabel dua arah untuk taraf kidal dan tidak kidal n = N … 1 + N … 2 = = 150 KidalTidak Kidal PriaWanitaN i. 1PriaWanitaN i. 2 Kr > Kn Kr = Kn Kr < Kn N. j N. j

3 ln (Eij) = +  i +  j +  ij Jika  ij = 0 untuk semua i, j, kedua faktor adalah bebas dan jika  ij  0 untuk sekurang-kurangnya sepasang i, j dari kedua faktor berinteraksi. 2.Log Linear Model Untuk Tiga Faktor Model: maka ada IJK parameter bebas yang dapat ditentukan didalam model

4 Antilog dari model M 1. Pada model ini faktor A, B, C saling bebas P ijk = P(A i B j C k ) = P(A i ) P(B j ) P(C k ) Model M 2 = P ijk = P(A i B j C k ) = P(A i B j ) P(C k ) faktor ketiga bebas dengan faktor pertama dan kedua dan disebut bebas parsial.

5 Model M 3 = P ijk = (P ij.) (P i. k)/P i …. Peluang bersyarat B j dan C k dengan syarat A i :

6 3.Pencocokan Model Derajat bebas = IJK = 1 Derajat bebas pada M 2 adalah IJK – 1 – (IJ + K – 2) = (IJ – 1) (K – 1) ModelDeskripsi M1M1 Bebas sempurna M2M2 Bebas parsial [(A, B) dan C] M3M3 Bebas bersyarat [(B dan C) syarat A] M4M4 Asosiasi konstan Diperoleh dengan iterasi

7 ModelDerajat Bebas M1M1 IJK – 1 – J – K + 2 M2M2 (IJ – 1) (K – 1) M3M3 I (J – 1) (K – 1) M4M4 (I – 1) (J – 1) (K – 1) Statistika uji untuk kesuaian model sebagai patokan kesuaian model. Jika model tidak suai maka jauh lebih kecil dari sehingga  2 mempunyai nilai positif cukup besar berarti model tidak suai.

8 Bila model M t adalah benar, dugaan nilai harapan sel, dan  5 untuk semua I, j, k, maka statistik G 2 mempunyai sebaran Khi-Kuadrat dengan derajat bebas sesuai dengan model M t. Contoh 18.2 Makalah tentang ekologi menampilkan data tentang dua spesies kadal. Untuk memeriksa kesuaian model bebas bersyarat A dan B untuk tiap taraf C dugunakan model M 3 data yang diperoleh adalah sebagai berikut: Spesies 1 Tinggi Diameter N i. 1 HL H L N. j

9 Spesies 2 Tinggi Diameter N i. 2 HL H L N. j Spesies 1Spesies 2 30,9412,064355,7946, ,0633, ,2164,

10 4.Pendugaan Model M 4. Pendugaan dimulai dengan memilih untuk i, j, k dan kemudian membangkitkan serangkaian dugaan dan menyesuaikan dengan syarat pertama, kedua, ketiga dst sampai diperoleh dugaan yang memuaskan.

11


Download ppt "Materi Pokok 18 TABEL KONTINGENSI MULTI ARAH DAN MODEL LOG LINEAR 1.Konsep Model Log Linear Pada uji kebebasan sebelumnya melibatkan dua faktor. Analisis."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google