Pemrograman Mobile Android # 3

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
3 – Activity and Intent Willy, M.Kom.
Advertisements

Workshop Developing Android Apps
Database Android Dwi Muktianto
Pemrograman Mobile Android # 9
Pemrograman Mobile Android # 8
Pemrograman Mobile Android # 7
Pemrograman Mobile Android # 6
PROGRAM APLIKASI MOBILE EMHA TAUFIQ LUTHFI PERTEMUAN 3.
PROGRAM APLIKASI MOBILE EMHA TAUFIQ LUTHFI PERTEMUAN 2.
Mobile Programming Pertemuan 3 Presented by Mulyono
Pemrograman Mobile Android # 9
Mobile Programming Intro Android.
UI Controls dengan Widget TextView, EditText dan Button
Pemrograman Mobile Android # 11
Pemrograman Mobile Android
High Level User Interface
Pemrograman Mobile Android # 5
Pemrograman Bergerak Pembuatan Service 1.
GUI Event Handling Alpro-2.
Struktur Class Java Android
Pemrograman Mobile Android # 4
As’ad Djamalilleil Struktur Android As’ad Djamalilleil
As’ad Djamalilleil Intent As’ad Djamalilleil
Pemrograman Bergerak Pembuatan Activity 1.
ANDROID ACTIVITY.
GUI Event Handling Sussi.
Mobile computing – Android Activity dan Intent
Pemrograman Perangkat Mobile
KOMPONEN APLIKASI ANDROID
DISKUSI PERTEMUAN 3 Pemrograman mobile 2 Ti 15 D
Pertemuan 3 : Komponen Aplikasi Android
PEMROGRAMAN MOBILE Kelompok 2
Diskusi Pertemuan 4 Anggota : Kukuh Prasetyo Adhi ( ) Warsito Aji ( ) Karima Dewi R ( ) Alfano Kurniawan W ( ) Bagus.
Pengenalan Pemrograman Mobile PART 3.
Permograman Mobile 2 Notification, dialog, dan intent.
Pemrograman Mobile Kelompok Pertemuan 4.
Pemrograman Mobile 2 Pertemuan 4.
P E R T E M U A N 5 FRAGMENT.
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Nama Anggota : Kelompok 1 Rizky Aditya
Presentasi materi pemrogaman mobile 2 pertemuan ke 3
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Nama Anggota : Nur Dwi Ramadani ( )
Pemrograman Mobile Kelompok Nur Dwi Ramadani
Notification dialog intent
PEMROGRAMAN MOBILE Kelompok 2
Dialog Intent & Notification
Anggota Kelompok: 1. Rinta Setyo Nugroho 2. Anan Ar Rozzaq
Notification, Dialog, dan Intent
PEMROGRAMAN MOBILE Kelompok 2
Penerapan Notification,Dialog dan Inten
FRAGMENT Pemrograman Mobile 2 Disusun Oleh :
Kelompok 3 Khoerul Umam Dwi Yulianto K.W
Pengenalan Pemrograman Mobile PART 5 - FRAGMEN.
KELOMPOK 6 Ragil Setiawan Muhamad Ma’ruf Siti Roudhotul Janah
Kelompok 3 Khoerul Umam Dwi Yulianto K.W
Fragment Nama anggota : Andian Ramadhan
FRAGMENT Nama anggota :
Dilla Alfianur Kumalasari 0238
9 Mobile Computing 2 SKS Dedy Alamsyah, S.Kom..
ANALISA DAN PERANCANGAN
PENGENALAN Pemrograman MOBILE 2
Penerapan Notification, Dialog & Intent Pada Program Android Studio
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Nama Anggota : Moh.Solahudin ( )
Mobile Programming Intent dan Activity.
Mobile Programming Folder Resources (Res) dan tata kelolanya
PEMROGRAMAN MOBILE PERTEMUAN KE-5
Mobile Computing Fery Updi, M.Kom..
Dialog, NOTIFICATion, Intent
Pemrograman Perangkat bergerak Dosen: RBD
PEMROGRAMAN MOBILE 1 RPS 8
Komponen activity Dosen: Maimun, S.T., M.T.. 1. Activity Kegiatan apa yang akan ditampilkan dan dilakukan user pada sebuah window Berisi lifecycle / daur.
Transcript presentasi:

Pemrograman Mobile Android # 3 Activity, Event Handling dan Intent ajib susanto fik Udinus

ajib susanto fik Udinus TIK Mahasiswa mampu menjelaskan beberapa state life cycle sebuah activity pada aplikasi mobile. Mahasiswa mampu membuat instruksi pemrograman yg akan dieksekusi pada keadaan tertentu. Mahasiswa mampu menghubungkan antar activity dan passing data antar activity ajib susanto fik Udinus

ajib susanto fik Udinus Activity life cycle Activity  satu komponen di aplikasi Android. Komponen ini berfungsi memberi interaksi antara user dan aplikasi yang dibangun, yaitu melalui user interface. Activity  user interface Anda ditampung. Android menggunakan sistem callback untuk menerapkan daur hidup Activity. Callback adalah fungsi-fungsi yang dipanggil oleh sistem ketika sistem menerima event. ajib susanto fik Udinus

ajib susanto fik Udinus Activity life cycle Contoh : onCreate() onPause() onStop() onRestart()  onDestroy() onStart() dll ajib susanto fik Udinus

Android Activity Lifecycles ajib susanto fik Udinus

ajib susanto fik Udinus onCreate() Seperti namanya, fungsi callback ini dipanggil saat Activity dibuat. Fungsi ini digunakan untuk menggambar user interface. Inisialisasi state awal Activity dan sebagainya. Bila Activity terus berjalan, sistem akan memanggil fungsi callback onStart() dilanjutkan dengan onResume(). Setelah itu Activity akan berada dalam keadaan running dan user dapat berinteraksi dengan Activity yg dibuat. ajib susanto fik Udinus

ajib susanto fik Udinus Contoh ajib susanto fik Udinus

ajib susanto fik Udinus onPause() Fungsi callback ini dipanggil saat Activity dalam keadaan paused. Keadaan ini adalah saat Activity masih terlihat di layar tetapi kehilangan fokus. Misalnya ketika ada alertDialog, atau notifikasi yang muncul di atas Activity sehingga Activity tidak dapat merespon masukan user. Pada keadaan pause ini, sistem dapat membunuh Activity bila sistem membutuhkan memori ajib susanto fik Udinus

ajib susanto fik Udinus onPause() #2 Apabila user membuat fokus kembali pada Activity (dengan menghilangkan dialog atau yang lainnya), maka sistem akan memanggil fungsi onResume(). Dapat digunakan untuk mengubah tampilan UI sesuai dengan hasil dari dialog yang sebelumnya tampil sehingga Activity harus di-pause ajib susanto fik Udinus

ajib susanto fik Udinus onStop() Activity masuk dalam keadaan stopped bila telah menghilang dari layar. Karena dihentikan oleh user (dengan menekan tombol back atau home) atau karena memulai Activity yang lainnya, saat itulah callback ini dipanggil setelah sebelumnya melalui onPause().  Setelah onStop() dipanggil, sistem bisa memanggil onDestroy() bila sistem membutuhkan memori, atau memanggil onRestart() dilanjutkan dengan onStart() bila user kembali ke Activity tersebut tanpa sempat dibunuh oleh sistem. Activity yang berada dalam keadaan stopped adalah sasaran empuk untuk dibunuh oleh sistem. ajib susanto fik Udinus

ajib susanto fik Udinus Event Handling Event  cara untuk mengumpulkan data tentang interaksi pengguna dengan komponen interaktif dari aplikasi. seperti menekan tombol atau layar sentuh dll Framework Android menerapkan antrian event berbasis FIFO (First in First Out) Tiga konsep Android Event Management : Event Listeners : obyek yang menerima pemberitahuan ketika sebuah peristiwa terjadi Event Listeners Registration: proses dimana suatu event handler akan terdaftar dengan Event Listener sehingga handler dipanggil ketika Event Listener berjalan. Event Handlers : Ketika suatu peristiwa terjadi dan telah terdaftar dan event listener untuk event, event listener memanggil Event Handlers, yang merupakan metode yang benar-benar menangani event ajib susanto fik Udinus

Event Listeners & Event Handlers Event Listener & Description onClick() OnClickListener() This is called when the user either clicks or touches or focuses upon any widget like button, text, image etc. You will use onClick() event handler to handle such event. onLongClick() OnLongClickListener() This is called when the user either clicks or touches or focuses upon any widget like button, text, image etc. for one or more seconds. You will use onLongClick() event handler to handle such event. onFocusChange() OnFocusChangeListener() This is called when the widget looses its focus ie. user goes away from the view item. You will use onFocusChange() event handler to handle such event. onKey() OnFocusChangeListener() This is called when the user is focused on the item and presses or releases a hardware key on the device. You will use onKey() event handler to handle such event. onTouch() OnTouchListener() This is called when the user presses the key, releases the key, or any movement gesture on the screen. You will use onTouch() event handler to handle such event. onMenuItemClick() OnMenuItemClickListener() This is called when the user selects a menu item. You will use onMenuItemClick() event handler to handle such event. ajib susanto fik Udinus

ajib susanto fik Udinus Contoh ajib susanto fik Udinus

ajib susanto fik Udinus Intent Intent adalah pesan asinkron yang memungkinkan komponen android untuk ‘meminta’ sebuah fungsi dari komponen lain Intents bisa digunakan untuk memberikan sinyal pada Sistem Android bahwa sebuah event telah terjadi. Komponen -komponen lain di android bisa mendaftarkan event ini dengan menggunakan intent filter. Intent dikirim kepada sistem android melalui sebuah panggilan method, yakni method  startActivity(). Bergantung pada bagaimana  Intent dibuat, sistem Android akan menjalankan  sebuah penentuan penerima (receiver determination) dan menentukan komponen yang mungkin yang akan dijalankan. Jika beberapa komponen didaftarkan untuk intent yang sama, maka pengguna bisa memutuskan komponen mana yang akan dijalankan. ajib susanto fik Udinus

ajib susanto fik Udinus Intent #2 Intent dibagi 2 : Implicit intent merupakan intent yang memanggil fungsi yang sudah ada pada fungsi internal android. Explicit intent merupakan intent yang memanggil Activity lain. ajib susanto fik Udinus

ajib susanto fik Udinus Contoh Sebuah  activity bisa mengirim  intent kepada sistem Android yang akan menjalankan activity lain via program berikut. Intent i = new Intent(this, ActivityTwo.class); startActivity(i);  Intent merupakan instansi dari class android.content.Intent ajib susanto fik Udinus

ajib susanto fik Udinus Contoh #2 Intent bisa berisi data. Data ini bisa digunakan oleh penerima komponen. Sebagai contoh, aplikasi kita bisa menjalankan komponen browser menggunakan intent. Sebagai data, bisa dikirimkan URL kepada komponen browser dimana browser tersebut nanti membukanya. String url = "http://ajibsusanto.blogspot.com"; Intent i = new Intent(Intent.ACTION_VIEW); i.setData(Uri.parse(url)); startActivity(i); ajib susanto fik Udinus

ajib susanto fik Udinus Intent Data ajib susanto fik Udinus

ajib susanto fik Udinus Intent Filter Sebuah elemen <activity> juga bisa memberikan keterangan mengenai intent-filter, yaitu keterangan mengenai bagaimana komponen dari aplikasi lain bisa mengaktifkan activity ini. Keterangan mengenai intent-filter ditulis di dalam elemen <intent-filter> Intent dapat di cek di AndroidManifest.xml <activity android:name=".ModeTeleponActivity" android:label="@string/app_name" > <intent-filter> <action android:name="android.intent.action.MAIN" /> <category android:name="android.intent.category.LAUNCHER" /> </intent-filter> </activity> ajib susanto fik Udinus

ajib susanto fik Udinus Referensi FelkerD.; Dobbs J, 2011, Android Application Development For Dummies, Wiley Publishing Inc., USA Official Android Developer Documentation http://developer.android.com/. Esposito, Dino, Architecting Mobile Solutions for the Enterprise, 2012, O’Reilly Media. Iversen, Jakob & Eierman, Michael, Learning Mobile App Development A Hands-on Guide to Building Apps with iOS and Android , 2014, Pearson Education. Meier, Reto, Professional Android 4 Application Development, 2012, John Wiley and Sons. McWherter, Jeff & Gowell, Scott, Professional Mobile Application Development, 2012, John Wiley & Sons ajib susanto fik Udinus

ajib susanto fik Udinus Ada Pertanyaan ? ajib susanto fik Udinus

ajib susanto fik Udinus Tugas 3 Buat aplikasi kalkulator ajib susanto fik Udinus

ajib susanto fik Udinus Rehat Sejenak Mc Donald Arab Cepat Langsing ajib susanto fik Udinus