PEMANFAATAN APLIKASI TERBUKA DAN TERTUTUP DALAM PEMBELAJARAN

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
PEMBELAJARAN DI KELAS, LAB & LAPANGAN
Advertisements

MODEL-MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF
Oleh Kelompok 8 : M. Hanafi Rumatiga ( ) Terra Kurnia Desita ( )
Assalamu'alaikum....
MENGEMBANGKAN STRATEGI PEMBELAJARAN
MEWUJUDKAN Perkuliahan PAKEM
PETEMUAN 7 ETIKA PROFESI.
Refleksi Praktik Mengajar II dan Penyusunan Program MGMP (RTL)
UNIT 2 Jurnal Reflektif 1.
KETERAMPILAN BERTANYA
Teori belajar Humanis PAKET 7.
PENATAAN RANGKAIAN TIK DI SEKOLAH
Pengajaran Berbantuan Komputer COMPUTER ASISSTED INSTRUCTION Chapter 1
 Seseorang dengan ketrampilan yang baik cenderung mampu memperlihatkan sedikit kesalahan dibandingkan yang kurang terampil dalam tugas yang sama  Ketrampilan.
Charisma Ayu Pramuditha B.Tech Mgt, MHRM.  Tujuan kegiatan ini adalah untuk mengasah kemampuan dalam melihat, menemukan, atau bahkan menciptakan peluang.
TAKSONOMI TUJUAN INSTRUKSIONAL
Sudji Munadi, Sunaryo Sunarto, Wagiran
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN DAN PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN KONSEP PENILAIAN.
PROPOSAL.
Syllabus Kuliah PERPETAAN (2009)
Materi Pertemuan 8 Peran Pendidik dalam Memupuk Bakat dan Kreativitas Anak Psikologi Anak Berbakat Olivia Tjandra W., M. Si., Psi.
PEMBERDAYAAN POKJA PKP PROVINSI
Pengantar Manajemen dan Organisasi
DESAIN PEMBELAJARAN.
PENDEKATAN INKUIRI DALAM PEMBELAJARAN SAINS
PENGOLAHAN INFORMASI SEBAGAI KONSEP BELAJAR
Metode Pemecahan Masalah
Berpikir Kritis (Critical Thinking)
Pembelajaran Dalam Kebidanan
KEGIATAN PEMBELAJARAN DAN PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN DAN PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN
METODE PEMBELAJARAN INKUIRI
MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI
1.
MODEL PEMBELAJARAN MIKRO
Modul 1 : Mengembangkan Kecakapan Abad 21 Modul 2 : Mempelajari Dasar – Dasar Komputer dan Internet Modul 3 : Membantu Mengembangkan Pemikiran Kritis.
GAYA-GAYA BELAJAR BK SMAK PENABUR.
proses pembelajaran Tujuan Pembelajaran (Kompetensi Umum)
Pengantar Manajemen dan Organisasi
Oleh : Ns. Dwi Indah Iswanti, S.Kep, M.Kep
PENDEKATAN, MODEL, STRATEGI & METODE PEMBELAJARAN
PENCERITAAN DIGITAL Muhammad Riska B.
6/11/2018 Orientasi Pengajaran Mikro Dwi Anggraeni Siwi/
1. Sudah tentu anda pernah SMP dan SMA !
METODE DAN STRATEGI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN DAN PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN
TAXONOMI & ANALISIS OBYEKTIF PEMBELAJARAN
MODEL PEMBELAJARAN “Model Pembelajaran” adalah kerangka konseptual yang menggambarkan prosedur yang terorganisir secara sistemik dalam mengorganisasikan.
TUGAS PROYEK SISTEM PAKAR
Penelitian dan pengembangan
KONSEP PENILAIAN AUTENTIK PADA PROSES DAN HASIL BELAJAR
MERUMUSKAN PERTANYAAN YANG MENDORONG SISWA BERPIKIR TINGKAT TINGGI
Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction)
Presentasi Bulan Keturunan Orang Asia Amerika Pasifik
Pendidikan Luar Sekolah
PEMBERDAYAAN POKJA PKP PROVINSI
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
PENINGKATAN PEMAHAMAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DI SMP PADA KONSEP PENCERNAAN MAKANAN MAKALAH OLEH Muhammad Irwandie ACD 113.
MENUMBUHKEMBANGKAN DAN MEMBUDAYAKAN LITERASI DI INDONESIA
KEGIATAN PEMBELAJARAN DAN PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN
Berpikir Kritis (Critical Thinking)
Metode Inkuiri Strategi yang menekankan kepada proses mencari dan menemukan. cara belajar yang bersifat mencari secara logis, kritis, dan analisis menuju.
DESAIN PEMBELAJARAN.
KETRAMPILAN DASAR MENGAJAR DALAM PEMBELAJARAN TERPADU
RUBRIK.
EVALUASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA TAKSONOMI MARZANO Kelompok 3 LATHIFAH YULYANISA( ) RADHIATUR RAHMI( ) RIMA ISMALYANTI( ) Dosen Pengampu:
Bagaimana menciptakan lingkungan belajar yang mengasyikkan ini saat kita kekurangan isyarat verbal dan visual ?  Salmon (2002) menunjukkan bahwa kekurangan.
Memahami Tantangan Revolusi Industri 4.0 Sudut Pandang Ketenagakerjaan
Model Pembelajaran” adalah kerangka konseptual yang menggambarkan prosedur yang terorganisir secara sistemik dalam mengorganisasikan pengalaman belajar.
PENDEKATAN, MODEL, STRATEGI & METODE PEMBELAJARAN.
Transcript presentasi:

PEMANFAATAN APLIKASI TERBUKA DAN TERTUTUP DALAM PEMBELAJARAN Muhammad Riska B. PTIK FT UNM

Tujuan Kegiatan Meningkatkan kesadaran bahwa software adalah sebuah alat, yang efektifitasnya tergantung pada cara penggunaannya Membantu para mahamahasiswa memahami perbedaan antara software “tertutup” atau software Tipe I yang lebih mewakili tipe pembelajaran tradisional, dengan software “terbuka” atau software Tipe II yang lebih mewakili tipe pembelajaran yang berpusat-pada-mahasiswa Mengeksplorasi hubungan antara penggunaan teknologi dan tingkat pembelajaran yang diutarakan dalam Taksonomi Bloom Mempelajari bagaimana penggunaan teknologi mempromosikan tipe-tipe pembelajaran tertentu.

Rangkaian Kegiatan (90’) Penjelasan kegiatan (5’) Pembagian kelompok dan peran anggota (5’) Tantangan Puzzle Geografi (20’) Tantangan Perjalanan Virtual (30’) Presentasi Hasil Kerja (15’) Refleksi dan Diskusi (15’)

Tantangan Puzzle Geografi mahamahasiswa akan berkompetisi untuk menebak ibukota negara di Asia Tenggara Setiap anggota kelompok akan bergantian menjawab pertanyaan yang ada Waktu untuk menjawab akan dipandu oleh fasilitator Jalankan aplikasi Seterra di komputer Di menu pilih Asia > South East Asia : Cities Klik Start untuk memulai Kelompok dengan nilai tertinggi adalah pemenangnya

Refleksi 1 Hal-hal apa yang disukai dan tidak disukai dari software ini? Apakah kelebihan dan kekurangannya? Dalam tingkatan mana menurut Taksonomi Bloom software ini diklasifikasikan? Apa yang dapat dipelajari mahamahasiswa dari software ini? Bagaimana Anda akan menggunakan aplikasi ini dalam pembelajaran?

Tantangan Perjalanan Virtual mahamahasiswa akan melakukan tur virtual memanfaatkan aplikasi Google Earth Setiap kelompok akan mendapatkan tugas untuk mengunjungi, menemukan dan mengeksplorasi penampakan alam berupa: Danau Toba Pantai Ujung Genteng Gunung Merapi Sungai Musi Setiap kelompok akan merencanakan kunjungannya dan mengunjungi maksimal 5 penampakan alam di Google Earth Setiap kelompok akan mempresentasikan hasil kunjungannya

Daftar Kunjungan Daerah Kunjungan Propinsi Titik Kordinat Daerah sekitar

Refleksi 2 Hal-hal apa yang disukai dan tidak disukai dari software ini? Apakah kelebihan dan kekurangannya? Dalam tingkatan mana menurut Taksonomi Bloom software ini diklasifikasikan? Apa yang dapat dipelajari mahasiswa dari software ini? Bagaimana Anda akan menggunakan aplikasi ini dalam pembelajaran?

Taksonomi Bloom (Revisi – 2001)

Taksonomi Bloom (Revisi – 2001)

Software Tertutup (Tipe 1) Keterlibatan intelektual pasif dari pengguna Akuisisi fakta melalui memori, usaha mengingat kembali (recall) atau identifikasi Software menentukan terlebih dahulu semua yang terjadi pada layar (kontribusi pengguna hanya sebatas pada respon-respon yang dapat diterima) Seluruh kapasitas software ini biasanya dapat diobservasi/dipelajari dalam waktu yang sangat singkat Berorientasi pada paradigma pembelajaran “tradisional”

Software Terbuka (Tipe 2) Bertujuan untuk mencapai pemenuhan tugas-tugas yang lebih kreatif Pengguna – vs – pengembang software – mengendalikan hampir semua yang terjadi Pengguna memiliki peran yang besar dalam mengendalikan interaksi antara pengguna dengan mesin – pengguna memiliki rentang input yang lebih luas Membutuhkan waktu berjam-jam sebelum pengguna dapat mempelajari seluruh kapasitas program Paradigma pembelajaran yang berpusat-pada-mahasiswa

Penguatan Aplikasi/ program Tipe I baik untuk mengidentifikasi, mengingat kembali fakta-fakta; sedangkan Aplikasi Tipe II untuk membentuk kreativitas, pemecahan masalah, analisis, sintesis, dsb Menggunakan teknologi “tingkat tinggi” atau menggunakan teknologi dengan cara yang lebih tinggi menuntut ketrampilan teknis dan ketrampilan perencanaan pembelajaran yang lebih baik dari para guru. Para mahasiswa mungkin juga merasa kurang nyaman, karena mereka terbiasa melakukannya dengan cara yang mudah – yaitu menjawab pertanyaan. Tetapi ini adalah cara yang tepat apabila kita ingin memaksimalkan potensi penggunaan TIK