Ushul Fiqh II Sebuah Pengantar

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
PENGANTAR MATA KULIAH QAWA’ID FIQHIYAH Presentasi Awal
Advertisements

ASBAB AN-NUZUL Pengertian Asbab An-Nuzul
BAB : 5 ASPEK FIKIH SUMBER HUKUM ISLAM HUKUM TAKLIFI HUKUM WAD’I SK/KD
M. Sularno Program Studi Hukum Islam Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia.
AGAMA ISLAM APAKAH ISLAM ITU SATU ATAU BANYAK? MANA ISLAM YANG BENAR?
MANHAJ TARJIH MUHAMMADIYAH
IJMA’ SEBAGAI SUMBER HUKUM ISLAM
Sri Rahayuningsih ( ) Universitas Negeri Surabaya
AL-QUR’AN DAN AL-HADIS SEBAGAI PEDOMAN HIDUP
Hukum Islam dan kontribusi Umat islam Indonesia
M. Nawawi Argumen Pengingkar Sunnah ونزلنا عليك الكتاب تبيانا لكل شيء وهدى ورحمة وبشرى للمسلمين (89 النحل ) وما من دابة في الأرض ولا طائر يطير بجناحيه.
DALIL-DALIL SYARA’ (Sumber-Sumber Hukum Islam)
USHUL FIQH PEMBAHASAN PENGERTIAN USHUL FIQH RUANG LINGKUP USHUL FIQH
Kajian Mengenai Perpecahan dan Firqoh-firqoh dalam Islam
SUMBER HUKUM ISLAM & METODE BERIJTIHAD
Pendidikan Agama Hadits sebagai ajaran islam February 28,
SUMBER HUKUM ISLAM
I J T I H A D.
BAB V HUKUM, HAM DAN DEMOKRASI DALAM ISLAM Nurhasan, M.Ag
HUKUM PERORANGAN & KEKELUARGAAN ISLAM
SUMBER AJARAN ISLAM.
وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
MENGENAL IDDAH DAN IHDAD DALAM DUNIA PERKAWINAN ISLAM
AL QUR`AN, AS SUNNAH, IJMA’, & QIYAS
KONSEP AL-HAAKIM (PEMBUAT HUKUM).
SYARA’ MAN QABLANA & MAZHAB SHAHABAT
Sumber hukum islam.
SUMBER HUKUM ISLAM Oleh: Deden Mulyadi, S.Pd.I.
Sumber Hukum Islam Al-Qur’an Al hadist Ijtihad. ALQURAN SEBAGAI SUMBER HUKUM PERTAMA ISLAM DAN SEJARAH PEMBUKUAN ALQURAN.
BERIMAN KEPADA RASUL ALLAH
PERCERAIAN (TALAK).
Penguatan Materi Fiqih
AGAMA ISLAM APAKAH ISLAM ITU SATU ATAU BANYAK? MANA ISLAM YANG BENAR?
PENGANTAR STUDI HADIS.
لا تأخذوا الصدقة الا من هذه الاربعة الحنطة والسعيروالتمر والزبيب
حدثنا ابوا صالح الأصبهاني حدثنا الحنيني ثنا أبو حذيفة ثنا سفيان عن طلحة بن يحيى عن أبي بردة عن موسى ومعاذ بن جبل حين بعثهما رسول الله صلى الله عليه و سلم.
AZAS HUKUM ISLAM.
Sumber-sumber Ajaran Islam
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
SUMBER HUKUM ISLAM.
LAFADZ DARI SEGI TERANG DAN SAMAR
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
Pendahuluan -Ushul fiqh adalah metodologi mujtahid untuk menggali hukum syara’ dari sumbernya. -sumbernya inilah yang dimaksud dengan dalil syar’I, yaitu.
M. Syaifullah Kh HUKUM EKONOMI SYARIAH - 3A
وبركاته الله ورحمة عليكم السّلام
Oleh: Muhsin Hariyanto
Ciri Aliran Sesat Oleh Nanang Kohar, SH.
Oleh : Asep Suryanto, S. Ag., M. Ag
Sumber Hukum Islam.
Sumber hukum islam™ Syariat Islam™
“ AL-FIQH ”. Suratno NIM MAGISTER EKONOMI SYARIAH PROGRAM PASCASARJANA INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) PONOROGO2017.
TARJIH al ADILLAH Oleh : Asep Suryanto.
Kaidah-kaidah dalam memahami ayat-ayat Al-Qur’an melalui lafadz-lafadz yang terdapat didalamnya ‘Am dan khash b. Muthlaq Muqayyad c. Manthuq mafhum.
Politik dalam Islam Pegangan Guru. Politik dalam Islam Rumusan Masalah 1.Apa itu politik islam? 2.Nilai-nilai dasar dalam politik islam? 3.Apa itu negara.
IBADAH PUASA Masuk.
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
NASAKH MANSUKH Oleh : Asep Suryanto.
Sebagai Upaya Mewujudkan dan Melestarikan Agama
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
AL-QUR’AN SEBAGAI SALAH SATU HUKUM ISLAM
Masilul khamsah.
TAAT PADA ATURAN TAAT PADA ATURAN. QS. An – Nisa’ 4 : 59 Hai orang-orang yang beriman, ta`atilah Allah dan ta`atilah Rasul (Nya), dan ulil amri di antara.
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
Makna Tasyri’ Dari segi bahasa: 1-Sumber air 2-Jalan yang lurus
IJTIHAD Pengertian Ijtihad
Musytarak Menurut Muhammad Abu Zahrah dalam kitabnya Ushul Fiqh:
Paham Agama dalam Muhammadiyah Oleh Prof. Dr.H. Yunahar Ilas, Lc., M.Ag.
STUDI FIQH. CAPAIN PEMBELAJARAN MATA KULIAH Mampu memahami, serta mampu dan terampil menerapkan fiqih ibadah serta menjelaskan berbagai diskursus fikih.
KONSEP HUKUM DAN SUMBER HUKUM ISLAM MAKALAH UNTUK MEMENUHI TUGAS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Kelompok 3/ Kelas 40 Jatmiko Dwi Purnomo ( ) Putri Nurul.
Transcript presentasi:

Ushul Fiqh II Sebuah Pengantar Oleh : Asep Suryanto, S.Ag., M.Ag.

Islam memiliki sumber ajaran yang komprehensif dan universal      …     “…Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhoi Islam menjadi agamamu …”. (QS. al Maidah, 5 : 3)

Sumber Ajaran sebagai sumber Hukum يايهاالذين امنوا اطيعواالله واطيعواالرسول واولى الامرمنكم فاءن تنز عتم فى شيء فردوه الى الله والرسول ان كنتم تؤمنون باالله واليوم الاخر ذلك خير واحسن تأويلا   Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul (Nya), dan ulil amri di antara kamu. Kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu, Maka kembalikanlah ia kepada Allah (Al Quran) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya”. (QS. An Nisaa, 4 : 59)

Al Qur’an sebagai Parameter Kehidupan اَلْقُرْءَانُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنٰتٍ مِّنَ الْهُدٰى وَالْفُرْقَانِ “…Al Quran adalah petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil)…” (QS. Al Baqarah, 2 : 185)

Timbangan al Qur’an Al Qur’an Perilaku Manusia Indah Baik Benar Tidak Indah Buruk Salah Etika Estetika Nilai-nilai Al Qur’an

Hubungan Nilai-nilai Ilahiyah dg akal manusia القرءان الحديث (السنة ) اللاجتها د Nilai-nilai Ilahiyah Akal Manusia

: الاجتهاد “Mencurahkan segala kemampuan (yang dilakukan oleh seorang mujtahid) dalam mencari hukum syara’ tentang suatu kasus yang penyelesaiannya belum tertera dalam al Qur’an dan al Sunnah Rasulullah saw”.

Dasar Hukum Ijtihad كيف تقضى إذا عرض لك قضاء قال آقضى بكتاب الله قال فاءن لم تجد فى كتاب الله فبسنة رسول الله قال فاءن لم تجد فى سنة رسول الله قال أجتهد رأيي ولا آلو فضرب رسول الله صلم صدره وقال الحمد لله الذي وفق رسول رسول الله لما يرضى الله ورسوله (رواه احمد وابوداود والترمذى) “Bagaimana caranya kamu memutuskan perkara yang dikemukakan kepadamu? Mu’adz menjawab : aku akan menghukumi dengan kitabullah. Jika kamu yidak mendapatinya dalam kitabullah? Jawab Muadz : maka dengan sunnah Rasulullah saw. Lalu bagaimana jika tidak kamu temukan dalam sunnah Rasulullah? Jawab Muadz : Aku akan berijtihad dengan pikiranku dan aku tidak akan meninggalkannya. (HR. Ahmad, Abu Dawud, dan Turmudzi)

Wilayah Ijtihad

Dapat diijtihad atau tidak Wilayah ajaran Islam Dapat diijtihad atau tidak التّعبد Wilayah Ijtihad التّعقل

Wilayah Ijtihad Pertama, Contoh : Hukuman bagi pencuri Ada Nushush yang penunjukkan dalilnya sudah pasti dan sangat jelas ( ) tetapi belum terperinci  terbuka ruang Ijtihad.

Contoh : Hukuman potong tangan bagi pencuri. وَالسَّارِقُ وَالسَّارِقَةُ فَاقْطَعُوْا أَيْدِيَهُمَا جَزَاءً بِمَا كَسَبَا نَكٰلًا مِّنَ اللهِ “Laki-laki yang mencuri dan perempuan yang mencuri, potonglah tangan keduanya (sebagai) pembalasan bagi apa yang mereka kerjakan dan sebagai siksaan dari Allah…” (QS. Al Maidah, 5 : 38)

Kadar pencurian yang mengharuskan potong tangan Segi jenis hukuman Jelas Potong tangan Kadar pencurian yang mengharuskan potong tangan Belum jelas Berapa Nisab???

Yang menjadi ruang lingkup ijtihadnya nishab potong tangan  berbeda pendapat : Jumhur Ulama = 1,125 gram emas, Madzhab Hanafi 4,5 gram emas. Perbedaan ini berangkat dari perbedaan penafsiran tentang harga sebuah perisai yang menjadi ukuran dipotong tangan-nya seseorang pada zaman Rasulullah saw.

Jumhur ulama : perisai tersebut harganya 3 Dirham (3 Dirham = seperempat Dinar). Madzhab Hanafi : harga perisai tersebut 10 Dirham (10 Dirham = 1 Dinar). Jika dikurskan dengan nilai mata uang sekarang menurut Syauqi Ismail Syahathah 1 Dinar = 4,45714 gram emas (dibulatkan = 4,5 gram emas).

Segi teks mengenai perbuatan dan bentuk hukuman Mencuri Potong tangan Ketika teks tersebut dihubungakan dengan perbuatan pidana yang serupa Mencopet Bentuk hukuman tidak jelas.

Wilayah Ijtihad Kedua, Ada yang penunjukkan dalilnya belum pasti/belum jelas ( ) ruang Ijtihad.

ظَنِّيَّةُ الدِّلَالَة Teks Mujmal Lafal Musytarak Ta’arudl Adillah Ketidakpastiannya ظَنِّيَّةُ الدِّلَالَة Sifat

الصَّلَوةَ Mujmal وَأَقِيْمُوْا الصَّلَوةَ وَءَاتُوْا الزَّ كٰوةَ Lafal Mujmal

قُرُوءٍ Lafal Musytarak وَالْمُطَلَّقَاتُ يَتَرَبَّصْنَ بِأَنْفُسِهِنَّ ثَلَاثَةَ قُرُوءٍ قُرُوءٍ Lafal Musytarak

وَالْمُطَلَّقَاتُ يَتَرَبَّصْنَ بِأَنْفُسِهِنَّ ثَلَاثَةَ قُرُوءٍ Kasus : “Berapa lama Iddah wanita yang masih haid tetapi tidak hamil yang dicerai hidup oleh suaminya”. وَالْمُطَلَّقَاتُ يَتَرَبَّصْنَ بِأَنْفُسِهِنَّ ثَلَاثَةَ قُرُوءٍ “Wanita-wanita yang ditalak handaklah menahan diri (menunggu) tiga kali quru'”. (QS. 2 : 228)

Ketidakjelasan Nash قُرُوءٍ وَالْمُطَلَّقَاتُ يَتَرَبَّصْنَ بِأَنْفُسِهِنَّ ثَلَاثَةَ قُرُوءٍ قُرُوءٍ Belum jelas mengenai penunjukkan hukum tentang berapa lama masa iddah wanita yang dicerai oleh suaminya Suci Haid Lama masa iddah yg berbeda

وَالْمُطَلَّقَاتُ يَتَرَبَّصْنَ بِأَنْفُسِهِنَّ ثَلَاثَةَ قُرُوءٍ Ilustrasi 1 : Suci Haid 1 (jatuh talak) 1 2 3 قُرُوءٍ=Suci وَالْمُطَلَّقَاتُ يَتَرَبَّصْنَ بِأَنْفُسِهِنَّ ثَلَاثَةَ قُرُوءٍ

Masa iddah-ku lebih panjang Ilustrasi 2 : Suci Haid Jatuh Talak 1 2 3 Masa iddah-ku lebih panjang قُرُوءٍ=Haid وَالْمُطَلَّقَاتُ يَتَرَبَّصْنَ بِأَنْفُسِهِنَّ ثَلَاثَةَ قُرُوءٍ

Ta’arudl adillah QS. Almaidah : 3 QS. Al an’am :145 ‘am khas

Wilayah Ijtihad Ketiga, Ada persoalan yang belum ada hukumnya baik dalam al Qur’an maupun al Hadits ruang Ijtihad.

Pendekatan dalil-dalil Syara Metode Qiyas Istihsan Maslahah Mursalan Az Zari’ah dll. Persoalan yg belum ada hukumnya sama sekali di dalam al Qur’an dan al Sunnah Pendekatan dalil-dalil Syara Hukum zakat profesi, nikah dg surat nikah, dll. Contoh :

Ushul Fiqh Pendekatan Bahasa Sumber Hukum Al Qur’an; Al Sunnah (Dasar Kully) Kaidah-Kaidah Ushuliyah

Ushul Fiqh Pendekatan Bahasa آقيمواالصلوة وآتواالزكوة الاصل فى الامر للو جو ب ولا تدل على غيره إلا بقرينة

Silabi Mata Kuliah Ushul fiqh II Pengantar Ushul Fiqh II Kaidah Fiqhiyah dan Kaidah Ushuliyah Lafadz ‘am dan Khas Lafadz amar (perintah) Lafadz nahyi (larangan)

Muthlaq dan Muqayyad Hakikat dan Majaz Pembagian lafadz dari segi terang dan samarnya makna : a. Zhahirud Dilalah; b. Khafiyud Dilalah. Cara penunjukkan lafadz kepada makna menurut maksud pencipta nash : a. Macam-macam dilalah lafadz dan tingkatannya; b. Mafhum mukhalafah.

Mantuq dan Mafhum Ta’arud ‘adillah Nasakh Mansukh Tarjih Jam’u Taufiq Qawaidul Khamsah (Lima Kaidah Induk)

والسلام عليكم