Mobile computing – Android Activity dan Intent

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
3 – Activity and Intent Willy, M.Kom.
Advertisements

Workshop Developing Android Apps
GUI & Event Handling Viska Mutiawani, M.Sc.
8 Mobile Computing 2 SKS Dedy Alamsyah, S.Kom.. ANDROID (2)
PEMOGRAMAN APLIKASI BERGERAK (Java ME)
PERTEMUAN 3 PAB Bahasan: Layout,Class,Trigger Button Intent.
Struktur Project Android
Pemrograman Bergerak Penyiapan Lingkungan Pengembangan.
Mobile Programming Pertemuan 3 Presented by Mulyono
Mobile Programming Pertemuan 2 Presented by Mulyono
Pengaktifan Activity secara Explicit
Mobile Programming Intro Android.
UI Controls dengan Widget TextView, EditText dan Button
Pemrograman Mobile Android # 11
Pengelolaan Database Lanjutan
Pemrograman Perangkat Mobile
Slide 4 – Mobile Technology
Content Provider pada Android
Pemrograman Mobile Android # 3
Pemrograman Bergerak Pembuatan Service 1.
Struktur Class Java Android
Pemrograman Perangkat Mobile
Pengelolaan Database Lanjutan 2
As’ad Djamalilleil Struktur Android As’ad Djamalilleil
As’ad Djamalilleil Intent As’ad Djamalilleil
Pemrograman Bergerak Pembuatan Activity 1.
Mobile Teknologi Pertemuan 3
ANDROID ACTIVITY.
GUI Event Handling Sussi.
Android AN’ ANQINUDIN L.,S.Kom.
Content Provider pada Android
Pemrograman Perangkat Mobile
Slide 4 – Mobile Technology
Mendayagunakan Activity External
KOMPONEN APLIKASI ANDROID
DISKUSI PERTEMUAN 3 Pemrograman mobile 2 Ti 15 D
Pertemuan 3 : Komponen Aplikasi Android
Diskusi Pertemuan 4 Anggota : Kukuh Prasetyo Adhi ( ) Warsito Aji ( ) Karima Dewi R ( ) Alfano Kurniawan W ( ) Bagus.
P E R T E M U A N 5 FRAGMENT.
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Nama Anggota : Moh.Solahudin ( )
Presentasi materi pemrogaman mobile 2 pertemuan ke 3
Pemrograman Mobile Kelompok Nur Dwi Ramadani
PEMROGRAMAN MOBILE Kelompok 2
PEMROGRAMAN MOBILE 2 KELOMPOK 7 TI 15 D.
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Dina Murniati Putri (NIM )
Notification, Dialog, dan Intent
PEMROGRAMAN MOBILE Kelompok 2
FRAGMENT KELOMPOK 3 Abdurahman Agung Edi W Eko Prasetyo Fahrul Rosi
FRAGMENT Pemrograman Mobile 2 Disusun Oleh :
Kelompok 3 Khoerul Umam Dwi Yulianto K.W
KELOMPOK 6 Ragil Setiawan Muhamad Ma’ruf Siti Roudhotul Janah
Kelompok 3 Khoerul Umam Dwi Yulianto K.W
Fragment Nama anggota : Andian Ramadhan
PERTEMUAN 5 KELOMPOK 2.
Dilla Alfianur Kumalasari 0238
9 Mobile Computing 2 SKS Dedy Alamsyah, S.Kom..
PENGENALAN Pemrograman MOBILE 2
PMO Pertemuan Ke 5 Fragment
Klompok 2 Dedi wahyudi ( ) Muhammad ichan ( )
Pembahasan Android Framework.
ANDROID LOCATION BASED SERVICE
Mobile Programming Intent dan Activity.
Mobile Programming Folder Resources (Res) dan tata kelolanya
PEMROGRAMAN MOBILE PERTEMUAN KE-5
Mobile Computing Fery Updi, M.Kom..
Mobile Computing Fery Updi, M.Kom..
Dialog, NOTIFICATion, Intent
Pemrograman Perangkat bergerak Dosen: RBD
PEMROGRAMAN MOBILE 1 RPS 8
Komponen activity Dosen: Maimun, S.T., M.T.. 1. Activity Kegiatan apa yang akan ditampilkan dan dilakukan user pada sebuah window Berisi lifecycle / daur.
Transcript presentasi:

Mobile computing – Android Activity dan Intent STIMIK Bani Saleh-2012 Mobile computing – Android Activity dan Intent

Android Building Block

Activity merupakan window yang berisi user interface pada aplikasi Activity merupakan window yang berisi user interface pada aplikasi. Aplikasi dapat memiliki lebih dari satu activity aplikasi memiliki satu atau lebih activity dan bertujuan untuk berinteraksi dengan user Dari suatu momen tertentu activity muncul pada layar dan pada kesempatan lainnya tersembunyi dari layar Hal ini terjadi melalui tahapan-tahapan yang disebut activity life cycle Sumber: file:///home/adam/android-sdk-linux_x86/docs/reference/android/app/Activity.html

Contoh activity

Android activity lifecycle diagram

dengan Eclipse, buatlah project baru  siklusHidupActivity tambahkan perintah seperti berikut package com.siklushidup;   import android.app.Activity; import android.os.Bundle; import android.util.Log; public class CreateSiklusHidup extends Activity { String tag = "Events"; /** Called when the activity is first created. */ @Override public void onCreate(Bundle savedInstanceState) { super.onCreate(savedInstanceState); setContentView(R.layout.main); Log.d(tag, "In the onCreate() event"); } public void onStart() { super.onStart(); Log.d(tag, "In the onStart() event"); public void onRestart() super.onRestart(); Log.d(tag, "In the onRestart() event"); public void onResume() { super.onResume(); Log.d(tag, "In the onResume() event"); } public void onPause() super.onPause(); Log.d(tag, "In the onPause() event"); public void onStop() super.onStop(); Log.d(tag, "In the onStop() event"); public void onDestroy() super.onDestroy(); Log.d(tag, "In the onDestroy() event");

tekan F11 untuk melihat proses debug melalui tampilan Debug Perspective. Ketika activity dimulai maka kita akan melihat proses siklus hidup aplikasi tersebut melalui LogCat window ketika menekan tombol back pada emulator amati yang terjadi pada LogCat tersebut. Dari log di atas kita mengetahui bahwa sebuah activity di “musnahkan”/destroy ketika menekan tombol back

Intent Intent merupakan cara untuk menghubungkan antar activity dalam android. Di bawah adalah ilustrasi aplikasi yang melibatkan intent. Untuk membuat activity baru maka activity tersebut harus “didaftarkan” di AndroidManifest.xml. <activity android:name=".Activity2" android:label="Activity 2"> <intent-filter> <action android:name="com.intentku.ACTIVITY2" /> <category android:name="android.intent.category.DEFAULT" /> </intent-filter>

Terima kasih