HADITS MARFU’, MAUQUF DAN MAQTHU’ PERTEMUAN KEDELAPAN HADITS MARFU’, MAUQUF DAN MAQTHU’
HADITS MARFU’, MAUQUF DAN MAQTHU’ Hadits Mauquf Hadits Maqthu’
HADITS MARFU’ PENGERTIAN: SEGALA PERKATAAN, PERBUATAN DAN TAQRIR YANG DISANDARKAN KEPADA NABI SAW BAIK BERSAMBUNG SANAD-NYA MAUPUN TIDAK, BAIK YANG MENYANDARKAN ITU SAHABAT NABI ATAUPUN BUKAN
MACAM-MACAMNYA MARFU’ QAULI HAQIQI MARFU’ FI’LI HAQIQI MARFU’ TAQRIRI HAQIQI MARFU’ QAULI HUKMI MARFU’ FI’LI HUKMI MARFU’ TAQRIRI HUKMI
MARFU’ QAULI HAQIQI: PENGERTIAN: HADITS YANG DISANDARKAN KEPADA NABI SAW BERUPA SABDA BELIAU, YANG DALAM BENTUK BERITANYA DENGAN TEGAS DINYATAKAN BAHWA NABI TELAH BERSABDA. TANDA: SEBELUM MENYEBUTKAN MATAN HADITS DIDAHULUI DENGAN KATA-KATA “SAMI’TU RASULALLAH SAW YAQULU”
2. MARFU’ FI’LI HAQIQI HADITS YANG MENYANDARKAN PADA PERBUATAN NABI SAW CONTOH: عن عائشة قالت كان يعني النبي صلى الله عليه وسلم يصبح جنبا ثم يغتسل ثم يغدو إلى الصلاة فأسمع قراءته ويصوم (رواه أحمد)
3. MARFU’ TAQRIRI HAQIQI CONTOH: قال ابن عباس رضي الله عنه كنّا نصلّي ركعتين بعد غروب الشمس وكان رسول الله صلى الله عليه وسلم يرانا ولم يأمرنا ولم ينهانا
4. MARFU’ QAULI HUKMI CONTOH: عن أنس قال أمر بلال أن يشفع الآذان ويوتر الإقامة (رواه البخاري ومسلم)
5. MARFU’ FI’LI HUKMI CONTOH: عن ابن عمر قال كنا نتوضّأ نحن والنساء على عهد رسول الله صلى الله عليه وسلم من إناء واحد نُدلي فيه أيديَنا (رواه أبو داود)
6. MARFU’ TAQRIRI HUKMI CONTOH: عن عقبة بن عامر الجهنيّ أنه قدم على عمر بن الخطاب من مصر فقال منذ كم لم ينزِع خفّيك قال من الجمعة إلى الجمعة قال أصبت السنةَ (رواه ابن ماجه)
KEHUJJAHAN HADITS MARFU’ HADITS MARFU’ YANG SHAHIH DAN HASAN DAPAT DIJADIKAN HUJJAH HADITS MARFU’ YANG DHA’IF BOLEH DIJADIKAN PENJELAS FADHILAH AMAL
HADITS MAUQUF
HADITS MAUQUF PENGERTIAN: PERKATAAN ATAU PERBUATAN YANG DISANDARKAN KEPADA SAHABAT, BAIK SANADNYA BERSAMBUNG ATAUPUN TERPUTUS PERUBAHAN STATUS: HADITS MAUQUF DAPAT NAIK STATUSNYA MENJADI HADITS MARFU’ JIKA MEMENUHI KRITERIANYA
KRITERIA: PADA HADITS TERSEBUT TERCANTUM KATA-KATA YANG MENUNJUKKAN KE-RAFA’-ANNYA (RIWAYAH, RAFA’AHU, YABLUGHU BIHI, MARFU’AN, YARFA’UHU, YARWIHI) ISI HADITS BERKENAAN DENGAN PENAFSIRAN SAHABAT TERHADAP SEBAB-SEBAB TURUNNYA AYAT AL-QUR’AN (ASBAB AL-NUZUL) ISI DARI HADITS TERSEBUT MERUPAKAN SUATU KETERANGAN DARI SAHABAT, TETAPI KETERANGAN TERSEBUT BUKANLAH MERUPAKAN HASIL IJTIHAD ATAU PENDAPAT PRIBADI SAHABAT
KEHUJJAHAN HADITS MAUQUF JIKA PERKATAAN SAHABAT TIDAK POPULER DI MASYARAKAT MAKA PERKATAAN ITU BUKANLAH IJMA’ DAN TIDAK PULA DAPAT DIJADIKAN HUJJAH APAPUN MARTABATNYA TIDAK DAPAT DITERIMA SEBAGAI HUJJAH BAGI AJARAN ISLAM
HADITS MAQTHU’
HADITS MAQTHU’ PENGERTIAN: PERKATAAN ATAU PERBUATAN YANG DISANDARKAN KEPADA TABI’IN, BAIK SANADNYA BERSAMBUNG ATAUPUN TIDAK
KEHUJJAHAN HADITS MAQTHU’ TIDAK DAPAT DIJADIKAN SEBAGAI HUJJAH