PEMROGRAMAN MOBILE 2 Nama Anggota : Kelompok 1 Rizky Aditya

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
3 – Activity and Intent Willy, M.Kom.
Advertisements

Struktur Kode Program MIDlet As’ad Djamalilleil
Struktur Kode Aplikasi Java (2) As’ad Djamalilleil
MIDlet User Interface (2) As’ad Djamalilleil
APLIKASI PETA SMA SWASTA DI BEKASI TIMUR PADA SMARTPHONE ANDROID
RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PELACAKAN DAN PEMANTAUAN PAKET KIRIMAN BERBASIS WEB DENGAN BANTUAN MOBILE ANDROID Putu Agus Yudisuda Indrakarna 1) S1 Sistem.
Company LOGO PEMOGRAMAN APLIKASI BERGERAK (Java ME)
PROGRAM APLIKASI MOBILE EMHA TAUFIQ LUTHFI PERTEMUAN 2.
Pengenalan Pemrograman Jaringan dengan GUI Materi 2
Mobile Programming Pertemuan 8 Presented by Mulyono Poltek NSC Surabaya.
Pengaktifan Activity secara Explicit
Mobile Programming Intro Android.
Graphical User Interface (GUI)
Python Script Façade in Python
High Level User Interface
Pengenalan Google Map API
Pemrograman Perangkat Mobile
Algoritma & PEMROGRAMAN 2B (Visual basic)
INFORMATICH TRAINING CENTER
Oleh Arief Bahtiar dan Tim
Pemrograman Mobile Android # 5
LAB PEMOGRAMAN III (VISUAL BASIC)
Pemrograman Mobile Android # 3
Pemrograman Bergerak Pembuatan Service 1.
Struktur Class Java Android
MIDlet User Interface (2)
Struktur Kode Program MIDlet
Mobile Device User Interface
Pengelolaan Database Lanjutan 2
As’ad Djamalilleil Intent As’ad Djamalilleil
Kelas XII Semester Genap Tahun Pelajaran 2013 / 2014
Mobile Teknologi Pertemuan 3
Pemrograman Terstruktur I dengan Delphi
Mendayagunakan Activity External
Diskusi Pertemuan 4 Anggota : Kukuh Prasetyo Adhi ( ) Warsito Aji ( ) Karima Dewi R ( ) Alfano Kurniawan W ( ) Bagus.
Pengenalan Pemrograman Mobile PART 3.
Permograman Mobile 2 Notification, dialog, dan intent.
Pemrograman Mobile Kelompok Pertemuan 4.
Pemrograman Mobile 2 Pertemuan 4.
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Nama Anggota : Nur Dwi Ramadani ( )
Notification dialog intent
PEMROGRAMAN MOBILE Kelompok 2
Dialog Intent & Notification
Notification, Dialog, dan Intent
PEMROGRAMAN MOBILE Kelompok 2
Penerapan Notification,Dialog dan Inten
FRAGMENT Pemrograman Mobile 2 Disusun Oleh :
Pemrograman Mobile Kelompok Pertemuan 5.
Pengenalan Pemrograman Mobile PART 5 - FRAGMEN.
Kelompok 3 Khoerul Umam Dwi Yulianto K.W
9 Mobile Computing 2 SKS Dedy Alamsyah, S.Kom..
ANALISA DAN PERANCANGAN
PENGENALAN Pemrograman MOBILE 2
PMO Pertemuan Ke 5 Fragment
Android Location Based Services
Penerapan Notification, Dialog & Intent Pada Program Android Studio
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Nama Anggota : Moh.Solahudin ( )
ANDROID LOCATION BASED SERVICE
Mobile Programming Intent dan Activity.
Mobile Computing Fery Updi, M.Kom..
Bahasa Pemrograman (Pemrograman Visual)
Pemrograman Mobile Location Based Service
Arif Risqiantoro Dadang wahyu utomo Isnan aditia
FRAGMENT PEMROGRAMAN MOBILE 2.
Dialog, NOTIFICATion, Intent
Kartu Referensi Cepat untuk
Pemrograman Perangkat bergerak Dosen: RBD
PEMROGRAMAN MOBILE 1 PERTEMUAN 4
PEMROGRAMAN MOBILE 1 RPS 8
Pokok Bahasan Registrasi Pengguna MDN Pelaporan Verifikasi.
Transcript presentasi:

PEMROGRAMAN MOBILE 2 Nama Anggota : Kelompok 1 Rizky Aditya Doni Pranoto 14.11.0120 Rakhmat Ari Bagus P 14.11.0390 Pangestu Rahmat N 15.11.0001 Arif S P 15.11.0007 Sakti S. 15.11.0011 Aan hisbullah 15.11.0014

PEMBAHASAN NOTIFICATION DIALOG INTENT PENERAPAN NOTIFICATION, DIALOG DAN INTENT DALAM PROGRAM

NOTIFICATION Pemberitahuan adalah pesan yang bisa ditampilkan kepada pengguna di luar UI normal aplikasi. Bila Anda memberi tahu sistem untuk mengeluarkan pemberitahuan, pemberitahuan akan muncul lebih dahulu sebagai ikon dalam area pemberitahuan. Untuk melihat detail pemberitahuan, pengguna membuka laci pemberitahuan. Baik area pemberitahuan maupun laci pemberitahuan adalah area-area yang dikontrol sistem yang bisa dilihat pengguna kapan saja.

Gambar 1. Pemberitahuan di area pemberitahuan Gambar 2. Pemberitahuan di laci pemberitahuan.

Pertimbangan Desain Pemberitahuan, sebagai bagian penting dari antarmuka pengguna Android, memiliki panduan desainnya sendiri. Perubahan desain materi yang diperkenalkan dalam Android 5.0 (API level 21) adalah sangat penting, dan Anda harus meninjau pelatihan Desain Bahan untuk informasi selengkapnya.

Membuat Notification Untuk menetapkan informasi dan tindakan UI bagi pemberitahuan dalam objek “NotificationCompat.Builder”. Untuk membuat pemberitahuan itu sendiri, panggil “NotificationCompat.Builder.build()”, yang akan mengembalikan objek Notification berisi spesifikasi Untuk mengeluarkan pemberitahuan, Anda meneruskan objek Notification ke sistem dengan memanggil “NotificationManager.notify()”.

Objek Notification harus berisi : Ikon kecil, yang diatur dengan setSmallIcon() Judul, yang diatur dengan setContentTitle() Teks detail, yang diatur dengan setContentText()

Isi dan pengaturan pemberitahuan opsional Semua isi dan pengaturan pemberitahuan lainnya bersifat opsional. Untuk mengetahui selengkapnya tentang semua itu, lihat dokumentasi acuan untuk NotificationCompat.Builder.

Tindakan pemberitahuan Pemberitahuan bisa menyediakan beberapa tindakan sekaligus. biasanya tindakan ini akan membuka Activity dalam aplikasi. juga bisa menambahkan tombol pada pemberitahuan yang melakukan tindakan tambahan seperti mendiamkan alarm atau segera merespons pesan teks; fitur ini tersedia mulai Android 4.1. SUMBER : https://developer.android.com/guide/topics/ui/notifiers/notifications.html?hl=id#Design

DIALOG Alert dialog digunakan untuk interface yang kesannya untuk memastikan user dengan apa yang dia akan lakukan, misalnya contoh yg paling sederhana adalah memberikan alert dialog ama user apakah benar akan keluar dari aplikasi, atau contoh lain alert yang tampil untuk meyakinkan user apakah inputan datanya sudah benar. keistimewaan alert dialog adalah user akan dipaksa untuk merespon alert dialog yang dimunculkan.

Tentunya ini memerlukan import ibExit.setOnClickListener(new OnClickListener() { public void onClick(View v) { // TODO Auto-generated method stub AlertDialog.Builder builder = new AlertDialog.Builder(menu_utama.this); builder.setMessage("Are you sure want to Exit?") .setCancelable(false).setPositiveButton("Yes",new DialogInterface.OnClickListener() { public void onClick(DialogInterface dialog,int id) Intent exit = new Intent(Intent.ACTION_MAIN); exit.addCategory(Intent.CATEGORY_HOME); exit.setFlags(Intent.FLAG_ACTIVITY_NEW_TASK); startActivity(exit); } }) .setNegativeButton("No",new DialogInterface.OnClickListener() dialog.cancel(); }).show(); }); Tentunya ini memerlukan import import android.app.AlertDialog; import android.content.DialogInterface; import android.content.Intent; hasil coding diatas menghasilkan alert dialog dengan pilihan yes dan no. untuk contoh diatas digunakan untuk aksi apabila tombol exit di tekan seperti gambar berikut : KLIK DISINI

https://nsafaat. wordpress https://nsafaat.wordpress.com/2011/09/21/mengenal-alert-dialog-dan-intent-basic/

INTENT adalah salah fitur pada perangkat Android,  yang akan menampilkan antar muka(User Interface) baik berupa pesan pemberitahuan ,icon ,text ,background proses, dll,yang dapat kita lihat pada status bar. Intent merupakan suatu pesan yang digunakan untuk mengaktifkan tiga komponen dasar pada aplikasi Android yaitu Activity, Service, dan Broadcast Receiver. Aktifasi pada komponen-komponen tersebut bisa terjadi pada aplikasi yang sama atau berbeda, seperti menjalankan Activity, inisiasi Service, atau pengiriman pesan kepada Broadcast Receiver. Pada saat terjadi komunikasi antar komponen, Intent menyimpan paket informasi yang digunakan pada proses tersebut. Berikut ini adalah beberapa contoh mekanisme pengiriman Intent pada masing-masing jenis komponen :

Object Intent untuk menjalankan Activity baru atau memerintahkan Activity melakukan sesuatu dengan mempassing object Intent pada fungsi Context.startActivity() atau Acvity.startActivityForResult(). Object Intent untuk menginisiasi sebuah Service baru atau melakukan sesuatu pada Service yang sedang berjalan dengan mempassing object Intent pada fungsi Context.startService(). Object Intent untuk mengirimkan pesan kepada seluruh Broadcast Receiver dengan mempassing object Intent pada fungsi Context.sendBroadcast(), Context.sendOrderedBroadcast(), atau Context.sendStickyBroadcast().

Inten Untuk Transfer Data Intent dapat digunakan untuk transfer data antar Activity. Pada saat sebuah Activity memanggil Activity yang lain, Intent dapat menyimpan data informasi yang ikut dikirimkan pada pemanggilan tersebut, seperti berikut ini. Intent intent = new Intent( this, ActivityProfile.class); intent.putExtra( "NAMA", ”lingga" ); intent.putExtra( "UMUR", 17); startActivity(intent); Pada pemanggilan Activity tersebut, dikirimkan informasi berupa data NAMA dengan nilai String “lingga” dan data UMUR dengan nilai integer 17. Informasi tersebut dapat ditangkap oleh activity yang dipanggil dengan code seperti ini. Bundle extras = getIntent().getExtras(); String nama = extras.getString("NAMA"); int umur = extras.getInt( "UMUR");

Intent untuk melakukan aktifitas tertentu Mengirim email, membuka halaman website, melihat lokasi pada map, merupakan aktifitas-aktifitas yang biasanya ada pada aplikasi Android. Untuk melakukan aktifitas-aktifitas tersebut, kita bisa membuat sendiri fiturnya atau bisa dengan memanfaatkan Intent untuk mengerjakannya. Intent dapat memanggil aplikasi lain untuk mengerjakan aktifitas tersebut, seperti memanggil aplikasi Gmail untuk mengirim email, aplikasi browser seperti Opera atau Chrome untuk membuka halaman website, atau aplikasi Maps untuk menampilkan lokasi pada peta. Beberapa contoh pemanfaatan Intent untuk melakukan aktifitas tertentu dengan bantuan aplikasi lain :

Intent untuk mengirim email Intent emailIntent = new Intent(android.content.Intent. ACTION_SEND ); String emailList[] = { "diandeveloper@gmail.com" }; emailIntent.putExtra(android.content.Intent. EXTRA_EMAIL , emailList); emailIntent.setType( "plain/text" ); emailIntent.putExtra(android.content.Intent. EXTRA_SUBJECT , "[diandeveloper - Mengenal Intent]" ); startActivity(Intent. createChooser(emailIntent, "Send via"));

Intent untuk mengirim email

Intent untuk membuka halaman website String url = "https://diandeveloper.wordpress.com" ; Intent intent = new Intent(Intent. ACTION_VIEW); intent.setData(Uri. parse(url)); startActivity(intent); Intent untuk menampilkan lokasi pada peta Intent intent = new Intent(Intent.ACTION_VIEW, Uri.parse("geo:-7.290192,112.737136?q=Surabaya startActivity(intent); https://diandeveloper.wordpress.com/2013/11/16/android-intent/

Selesai