Anggota Kelompok: 1. Rinta Setyo Nugroho 2. Anan Ar Rozzaq

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
3 – Activity and Intent Willy, M.Kom.
Advertisements

PROSEDUR 1 Prosedur Adakalanya ketika kita membuat program, ada beberapa kode program yang ditulis berulang-ulang. Hal ini tentu saja menyita waktu dan.
Komponen Class Item (2) As’ad Djamalilleil
Pokok Bahasan Pertemuan 3:
Ir. Waniwatining Astuti, M.T.I Rekayasa Perangkat Lunak
PERTEMUAN KE 2 JAVA SERVER PAGES (JSP) BY : TITO SUGIHARTO
MENGATUR FORMAT PRESENTASI
DIALOG Android Oleh Yanuangga.
Pada Bab sebelumnya, kita telah mendiskusikan bagaimana cara pendeklarasian berbagai macam variabel dengan menggunakan tipe data primitif. Dalam pendeklarasian.
Document Object Model D. Sinaga, M.Kom.
POLYMORPHISM.
Struktur Class Java Android
As’ad Djamalilleil Struktur Android As’ad Djamalilleil
Pemrograman Bergerak Pembuatan Activity 1.
Layouting Tampilan Pengenalan Layout Android
Kelas XII Semester Genap Tahun Pelajaran 2013 / 2014
Android AN’ ANQINUDIN L.,S.Kom.
Komponen GUI Menambahkan Komponen.
JSF Java Server Faces.
Pemrograman Perangkat Mobile
DISKUSI PERTEMUAN 3 Pemrograman mobile 2 Ti 15 D
Pertemuan 3 : Komponen Aplikasi Android
Permograman Mobile 2 Notification, dialog, dan intent.
Pemrograman Mobile Kelompok Pertemuan 4.
P E R T E M U A N 5 FRAGMENT.
Pemograman mobile 2 Kelompok 3 Khoerul Umam ( )
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Nama Anggota : Moh.Solahudin ( )
Presentasi materi pemrogaman mobile 2 pertemuan ke 3
Komponen Aplikasi Android
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Nama Anggota : Nur Dwi Ramadani ( )
Pemrograman Mobile Kelompok Nur Dwi Ramadani
Notification dialog intent
Dialog Intent & Notification
PEMROGRAMAN MOBILE 2 KELOMPOK 7 TI 15 D.
Notification, Dialog, dan Intent
PEMROGRAMAN MOBILE Kelompok 2
FRAGMENT KELOMPOK 3 Abdurahman Agung Edi W Eko Prasetyo Fahrul Rosi
Penerapan Notification,Dialog dan Inten
FRAGMENT Pemrograman Mobile 2 Disusun Oleh :
Kelompok 3 Khoerul Umam Dwi Yulianto K.W
Pemrograman Mobile Kelompok Pertemuan 5.
Komponen Aplikasi Android
ANDROID DATABASE SQLITE
Pengenalan Pemrograman Mobile PART 5 - FRAGMEN.
KELOMPOK 6 Ragil Setiawan Muhamad Ma’ruf Siti Roudhotul Janah
Kelompok 3 Khoerul Umam Dwi Yulianto K.W
Fragment Nama anggota : Andian Ramadhan
FRAGMENT Nama anggota :
PERTEMUAN 5 KELOMPOK 2.
Dilla Alfianur Kumalasari 0238
9 Mobile Computing 2 SKS Dedy Alamsyah, S.Kom..
PENGENALAN Pemrograman MOBILE 2
PMO Pertemuan Ke 5 Fragment
Klompok 2 Dedi wahyudi ( ) Muhammad ichan ( )
Penerapan Notification, Dialog & Intent Pada Program Android Studio
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Nama Anggota : Moh.Solahudin ( )
ANDROID LOCATION BASED SERVICE
Mobile Programming Folder Resources (Res) dan tata kelolanya
PEMROGRAMAN MOBILE PERTEMUAN KE-5
Mobile Computing Fery Updi, M.Kom..
PEMROGRAMAN MOBILE 1 RPS 5.
Arif Risqiantoro Dadang wahyu utomo Isnan aditia
FRAGMENT PEMROGRAMAN MOBILE 2.
( JavaScript Object Notation )
PEMROGRAMAN MOBILE 2 PERTEMUAN 3
Pemrograman Perangkat bergerak Dosen: RBD
PEMROGRAMAN MOBILE 1 RPS 8
Pertemuan ke 3 : Pengenalan XML Parsing
Pada Bab sebelumnya, kita telah mendiskusikan bagaimana cara pendeklarasian berbagai macam variabel dengan menggunakan tipe data primitif. Dalam pendeklarasian.
Komponen activity Dosen: Maimun, S.T., M.T.. 1. Activity Kegiatan apa yang akan ditampilkan dan dilakukan user pada sebuah window Berisi lifecycle / daur.
Transcript presentasi:

Anggota Kelompok: 1. Rinta Setyo Nugroho 2. Anan Ar Rozzaq 3. Tito Ari Kusharyanto 4. Tri Widianto 5. Risma Dwi Ratri

Fragmen Fragment mewakili perilaku atau bagian dari antarmuka pengguna dalam Activity. Anda bisa mengombinasikan beberapa fragmen dalam satu aktivitas untuk membangun UI multipanel dan menggunakan kembali sebuah fragmen dalam beberapa aktivitas. Anda bisa menganggap fragmen sebagai bagian modular dari aktivitas, yang memiliki daur hidup sendiri, menerima kejadian masukan sendiri, dan yang bisa Anda tambahkan atau hapus saat aktivitas berjalan (semacam "sub aktivitas" yang bisa digunakan kembali dalam aktivitas berbeda).

Membuat Fragmen Untuk membuat fragmen, Anda harus membuat subkelas Fragment (atau subkelasnya yang ada). Kelas Fragment memiliki kode yang mirip seperti Activity. Kelas ini memiliki metode callback yang serupa dengan aktivitas, seperti onCreate(), onStart(), onPause(), dan onStop(). Sebenarnya , jika Anda mengkonversi aplikasi Android saat ini untuk menggunakan fragmen, Anda mungkin cukup memindahkan kode dari metode callback aktivitas ke masing- masing metode callback fragmen.

Biasanya, Anda harus mengimplementasikan setidaknya metode daur hidup berikut ini: onCreate() Sistem akan memanggilnya saat membuat fragmen. Dalam implementasi, Anda harus melakukan inisialisasi komponen penting dari fragmen yang ingin dipertahankan saat fragmen dihentikan sementara atau dihentikan, kemudian dilanjutkan. onCreateView() Sistem akan memanggilnya saat fragmen menggambar antarmuka penggunanya untuk yang pertama kali. Untuk menggambar UI fragmen, Anda harus mengembalikan View dari metode ini yang menjadi akar layout fragmen. Hasil yang dikembalikan bisa berupa null jika fragmen tidak menyediakan UI.

onPause() Sistem akan memanggil metode ini sebagai indikasi pertama bahwa pengguna sedang meninggalkan fragmen Anda (walau itu tidak selalu berarti fragmen sedang dimusnahkan). Inilah biasanya tempat Anda harus mengikat setiap perubahan yang harus dipertahankan selepas sesi pengguna saat ini (karena pengguna mungkin tidak kembali).

Ada juga beberapa subkelas yang mungkin perlu diperpanjang, sebagai ganti kelas basis Fragment: DialogFragment Menampilkan dialog mengambang. Penggunaan kelas ini untuk membuat dialog merupakan alternatif yang baik dari penggunaan metode helper dialog di kelas Activity, karena Anda bisa menyatukan dialog fragmen ke dalam back-stack fragmen yang dikelola oleh aktivitas, sehingga pengguna bisa menutup ke fragmen yang ditinggalkan. ListFragment Menampilkan daftar item yang dikelola oleh adaptor (misalnya SimpleCursorAdapter), serupa dengan ListActivity. Menampilkan beberapa metode pengelolaan tampilan daftar seperti callback onListItemClick() untuk menangani kejadian klik. PreferenceFragment Menampilkan hierarki objek Preference sebagai daftar, serupa dengan PreferenceActivity. Hal ini berguna saat membuat aktivitas "setelan" untuk aplikasi Anda.

Menambahkan fragmen ke aktivitas Biasanya, fragmen berkontribusi pada sebagian UI ke aktivitas host, yang disematkan sebagai bagian dari hierarki tampilan keseluruhan aktivitas. Ada dua cara untuk menambahkan fragmen ke layout aktivitas: Deklarasikan fragmen dalam file layout aktivitas. Dalam hal ini, Anda bisa menetapkan properti layout fragmen seakan-akan sebuah tampilan. Misalnya, berikut ini adalah file layout untuk aktivitas dengan dua fragmen: <?xml version="1.0" encoding="utf-8"?> <LinearLayout xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android" android:orientation="horizontal" android:layout_width="match_parent" android:layout_height="match_parent"> <fragment android:name="com.example.news.ArticleListFragment" android:id="@+id/list" android:layout_weight="1" android:layout_width="0dp" android:layout_height="match_parent" /> <fragment android:name="com.example.news.ArticleReaderFragment" android:id="@+id/viewer" android:layout_weight="2" android:layout_width="0dp" android:layout_height="match_parent" /> </LinearLayout>

Atribut android:name dalam <fragment> menetapkan kelas Fragment untuk dibuat instance-nya dalam layout. Saat sistem membuat layout aktivitas, sistem membuat instance setiap fragmen sebagaimana yang ditetapkan dalam layout dan memanggil metode onCreateView() masing-masing, untuk mengambil setiap fragmen. Sistem akan menyisipkan View yang dikembalikan oleh fragmen secara langsung, menggantikan elemen <fragment>. Catatan: Setiap fragmen memerlukan identifier unik yang bisa digunakan sistem untuk memulihkan fragmen jika aktivitas dimulai kembali (dan identifier yang bisa digunakan menangkap fragmen untuk melakukan transaksi, seperti membuangnya). Ada tiga cara untuk memberikan ID bagi fragmen: Menyediakan atribut android:id bersama ID unik. Menyediakan atribut android:tag bersama string unik. Jika Anda tidak menyediakan dua hal tersebut, sistem akan menggunakan ID tampilan kontainer.

Atau, secara programatis tambahkan fragmen ke ViewGroup yang ada Atau, secara programatis tambahkan fragmen ke ViewGroup yang ada. Kapan saja saat aktivitas berjalan, Anda bisa menambahkan fragmen ke layout aktivitas. Anda cukup menetapkan ViewGroup di tempat memasukkan fragmen. Untuk membuat transaksi fragmen dalam aktivitas (seperti menambah, membuang, atau mengganti fragmen), Anda harus menggunakan API dari FragmentTransaction. Anda bisa mengambil instance FragmentTransaction dari Activity seperti ini: FragmentManager fragmentManager = getFragmentManager(); FragmentTransaction fragmentTransaction = fragmentManager.beginTransaction(); Selanjutnya Anda bisa menambahkan fragmen menggunakan metode add(), dengan menetapkan fragmen yang akan ditambahkan dan tampilan tempat menyisipkannya. Misalnya: ExampleFragment fragment = new ExampleFragment(); fragmentTransaction.add(R.id.fragment_container, fragment); fragmentTransaction.commit(); Argumen pertama yang diteruskan ke add() adalah ViewGroup tempat fragmen harus dimasukkan, yang ditetapkan oleh ID sumber daya, dan parameter kedua merupakan fragmen yang akan ditambahkan. Setelah membuat perubahan dengan FragmentTransaction, Anda harus memanggil commit() untuk menerapkan perubahan.