PEMROGRAMAN MOBILE 2 Dina Murniati Putri (NIM )

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
3 – Activity and Intent Willy, M.Kom.
Advertisements

Pemrograman Bergerak Lokalisasi Aplikasi 1.
Struktur Project Android
Mobile Programming Pertemuan 3 Presented by Mulyono
Mobile Programming Intro Android.
UI Controls dengan Widget TextView, EditText dan Button
Pengelolaan Database Lanjutan
Pemrograman Mobile Android # 5
Content Provider pada Android
Struktur Class Java Android
Pemrograman Perangkat Mobile
Pemrograman Mobile Android # 4
As’ad Djamalilleil Struktur Android As’ad Djamalilleil
As’ad Djamalilleil Intent As’ad Djamalilleil
THREAD.
Pemrograman Bergerak Pembuatan Activity 1.
Layouting Tampilan Pengenalan Layout Android
ANDROID ACTIVITY.
Mobile Computing Oleh: Adam Arif Budiman
Komponen GUI Menambahkan Komponen.
Mobile computing – Android Activity dan Intent
Content Provider pada Android
Pemrograman Perangkat Mobile
KOMPONEN APLIKASI ANDROID
DISKUSI PERTEMUAN 3 Pemrograman mobile 2 Ti 15 D
Pertemuan 3 : Komponen Aplikasi Android
Diskusi Pertemuan 4 Anggota : Kukuh Prasetyo Adhi ( ) Warsito Aji ( ) Karima Dewi R ( ) Alfano Kurniawan W ( ) Bagus.
Belajar Pemrograman Mobile Part 2.
Permograman Mobile 2 Notification, dialog, dan intent.
P E R T E M U A N 5 FRAGMENT.
Pemograman mobile 2 Kelompok 3 Khoerul Umam ( )
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Nama Anggota : Moh.Solahudin ( )
Presentasi materi pemrogaman mobile 2 pertemuan ke 3
Komponen Aplikasi Android
KELOMPOK 1 : PEMROGRAMAN MOBILE PERTEMUAN KE 3
Android Multimedia Vidio, Musik dan Gambar
Pemrograman Mobile Kelompok Nur Dwi Ramadani
ANDROID MULTIMEDIA.
Android Multimedia Anggota kelompok: Kukuh Prasetyo Adhi ( )
Anggota Kelompok: 1. Rinta Setyo Nugroho 2. Anan Ar Rozzaq
PEMROGRAMAN MOBILE 2 KELOMPOK 7 TI 15 D.
PEMROGRAMAN MOBILE Kelompok 2
FRAGMENT KELOMPOK 3 Abdurahman Agung Edi W Eko Prasetyo Fahrul Rosi
FRAGMENT Pemrograman Mobile 2 Disusun Oleh :
Kelompok 3 Khoerul Umam Dwi Yulianto K.W
Komponen Aplikasi Android
Pengenalan Pemrograman Mobile PART 5 - FRAGMEN.
KELOMPOK 6 Ragil Setiawan Muhamad Ma’ruf Siti Roudhotul Janah
Kelompok 3 Khoerul Umam Dwi Yulianto K.W
Fragment Nama anggota : Andian Ramadhan
FRAGMENT Nama anggota :
PERTEMUAN 5 KELOMPOK 2.
Dilla Alfianur Kumalasari 0238
9 Mobile Computing 2 SKS Dedy Alamsyah, S.Kom..
PENGENALAN Pemrograman MOBILE 2
Klompok 2 Dedi wahyudi ( ) Muhammad ichan ( )
Mobile Programming Intent dan Activity.
Mobile Programming Folder Resources (Res) dan tata kelolanya
PEMROGRAMAN MOBILE 1.
PEMROGRAMAN MOBILE PERTEMUAN KE-5
Mobile Computing Fery Updi, M.Kom..
PEMROGRAMAN MOBILE I KELOMPOK 4
PEMROGRAMAN MOBILE 2 PERTEMUAN 3
Pemrograman Perangkat bergerak Dosen: RBD
Pemrograman Perangkat bergerak Dosen: RBD
Pemrograman Perangkat bergerak Dosen: RBD
PEMROGRAMAN MOBILE 1 PERTEMUAN 4
PEMROGRAMAN MOBILE 1 RPS 8
Pertemuan ke 3 : Pengenalan XML Parsing
Komponen activity Dosen: Maimun, S.T., M.T.. 1. Activity Kegiatan apa yang akan ditampilkan dan dilakukan user pada sebuah window Berisi lifecycle / daur.
Transcript presentasi:

PEMROGRAMAN MOBILE 2 Dina Murniati Putri (NIM.15.11.0292) Erlangga Putra Buana (NIM.15.11.0294) Irvinda Yudha Febrian (NIM.15.11.0295) Nugraga Dani Aji (NIM.15.11.0290) Rahman Al Firous (NIM.15.11.0285) Tegar Juniar Wibowo (NIM.15.11.0291)

Komponen Aplikasi Android File yang menggambarkan setiap komponen dan bagaimana mereka berinteraksi. Activities Services Broadcast Receivers Content Providers http://www.insinyoer.com/komponen-aplikasi-android/

Hierarki Element dalam Layar Unit dasar dari aplikasi android adalah activity, yaitu sebuah objek dari kelas android.app.Activity. Activity bisa melakukan banyak hal, tetapi dia sendiri tidak akan terlihat secara langsung dilayar. Untuk membuat activity terlihat di layar adalah dengan membuatkannya User Interface, dimana disini kita akan menggunakan viewgroups Unit dasar User Interface dalam platform Andorid. https://text-id.123dok.com/document/oy81m7p0z-framework-aplikasi-hirarki-elemen-layar-resources-rjava.html

Proses Thread 1.Konsep Dasar Thread Thread disebut juga sebagai proses ringan (lightweight) yang merupakan unit dasar dari utilitas CPU, yang mana didalamnya terdapat id thread, program counter, register, dan stuck. Thread saling berbagi bagian program, bagian data, dan sumber daya sistem operasi dengan thread lain yang mengacu pada proses yang sama disebut dengan multithreading. Dengan banyak control thread proses dapat melakukan lebih dari satu pekerjaan dalam waktu yang sama. 2.Multithreading Thread saling berbagi bagian program,bagian data,dan sumber daya sistem operasi dengan thread lain yang mengacu pada proses yang sama disebut dengan multithreading. Keuntungan Multithreading : Responsive,Berbagi Sumber daya,Ekonomis,Utilisasi arsitektur multiprosesor. 3.Model Multithreading : Many to one,Many to many,one to one 4.Pustaka Thread Pustaka thread atau yang lebih familiar dikenal dengan Thread Library bertugas untuk menyediakan API untuk programmer dalam menciptakan dan memanage thread. http://irfantek.blogspot.co.id/2015/12/makalah-proses-dan-thread.html

Siklus Hidup Activity

Siklus Hidup Activity Activity adalah suatu kelas yang disediakan oleh Android guna mengimplementasikan siklus hidup suatu kelas-kelas pada suatu aplikasi. Oleh karena itu, kelas Activity wajib diturunkan ke kelas-kelas lain pada aplikasi. Konsepnya adalah inheritance, yang mempunyai beberapa state method dalam kelas (class), berikut penjelasannya : onCreate() : Dipanggil ketika activity pertama kali dibuat onStart() : Dipanggil ketika sebuah activity tampil ke pengguna onResume() : Dipanggil ketika activity diberhentikan sementara (paused) dan sebelum activity dijalankan kembali (resume) onFreeze() : Dipanggil ketika activity dalam keadaan freeze (not respon) onPause() : Dipanggil ketika activity dihentikan sementara onStop() : Dipanggil ketika activity dihentikan onDestry() : Dipanggil sebelum activity dihancurkan ole sistem onRestart() : Dipanggil ketika activity dijalankan kembali https://awesomedit.wordpress.com/2013/04/22/siklus-hidup-activity-android/

Project structure Tujuan dari memahami struktur project android adalah untuk  mengetahui fungsi atau peran dari masing-masing struktur file tersebut. Sehingga nantinya akan memudahkan kita dalam mengdevelop aplikasi android secara lebih lanjut.

1. Main Project Main Project merupakan isi dari keseluruhan pembentuk aplikasi android yang kita create. Pada Gambar.1 main projectnya adalah "ProjectBaru". Sebuah project di Android Studio mirip dengan Workspace pada Eclipse. 2. .idea Folder .idea ini merupkan direktori setingan IntelliJ IDEA yang berisikan metada untuk project.  3. Project module (app) Folder Project module (app) merupakan folder aktual dari aplikasi android yang kita buat. Pada folder ini terdiri beberapa subdirektori : Build :Folder build berisikan semua output dari module project yang kita buat Libs : Kondisi default dari folder libs ini adalah kosong. Pada folder ini kita dapat menambahkan librari yang berbentuk file .jar. Src :Pada folder src, terrdapat tiga subfolder yaitu : AndroidTest, main dan test. Graddle :automation build toolkit yang mengelola dependcy dari project android yang kita buat. External libraries :Bagian ini menyatakan untuk librari yang diperlukan dalam mendukung pembuatan aplikasi android. https://creatorbe.github.io/programming/android/2017/03/30/memahami-struktur-project-di-android-studio-creatorbe.html

Structure XML Struktur dasar XML terdiri dari beberapa elemen seperti root child dan subchild. Namun XML juga mempunyai bentuk atau struktur yang menyerupai bentuk sebuah pohon sehingga disebut struktur pohon atau Tree Structure. Berikut ini adalah struktur pohonnya :

Structure XML Penulisan XML Implementasi http://medyarizkadani.blogspot.co.id/2012/06/tutorial-xml-2-struktur-xml.html

Jenis-jenis Layout Layout adalah suatu tampilan tata letak di android studio untuk mengatur penempatan text/gambar yang sudah terkonsep. Layout adalah bagian terpenting untuk memperindah tampilan pada aplikasi yang kita buat. Dibagi menjadi 2: Linear Layout Design tampilan pada aplikasi kita dengan tata letak secara vertical dan horizontal dimana tata letak aplikasi kita hanya bisa memasukan media secara mendatar dan menurun. Relative Layout Design tampilan pada aplikasi kita dengan tata letak secara bebas tanpa aturan sesuai keinginan kita, tidak seperti Linear Layout yang hanya terpaku pada salah satu tampilan vertical dan horizontal.

Jenis-jenis Layout Linear Layout Relative Layout

Mendesain User Interface/Layout cara membuat Linear layout Vertical dan Horizontal pada android studio: kita buat project baru pada android studio dan beri nama project sesuai keinginan kita contoh nama project:”Belajar Linear Layout”, jika belum tau membuat project di android studio bisa klik di sini. Berikut ini contoh sebagian script pada activity_main.xml. //contohLinearVertical <?xml version="1.0" encoding="utf-8"?> <LinearLayout xmlns:android="http:// schemas.android.com/apk/res/android" xmlns:app="http://schemas.android.com/apk/ res-auto" xmlns:tools="http://schemas.android.com/tools" android:layout_width="match_parent" android:layout_height="match_parent

Berikut hasil Relative Layout yang kita buat: Sumber: https://medium.com/@kalifardy56/mengenal-jenis-layout-android-studio-335a63666ff7

Android UI Control Ada sejumlah kontrol UI yang disediakan oleh Android yang memungkinkan untuk membangun antarmuka pengguna untuk aplikasi. Berikut ini ada beberapa kontrol UI: TextView EditText Button ImageButton CheckBox ToggleButton RadioButton RadioGroup ProgressBar https://www.tutorialspoint.com/android/android_user_interface_controls.htm

Contoh Program UI Control Dalam Aplikasi http://www.okedroid.com/2016/01/cara-menerapkan-contoh-widget-switch-button-android.html

android:id="@+id/switchButton2" android:layout_width="wrap_content" activity_main.xml <?xml version="1.0" encoding="utf-8"?> <LinearLayout xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/ android"     android:layout_width="match_parent"     android:layout_height="match_parent"     android:layout_margin="16dp"     android:gravity="center_horizontal"     android:orientation="vertical">       <TextView         android:layout_width="wrap_content"         android:layout_height="wrap_content"         android:text="Contoh Switch Button Android" />     <Switch         android:id="@+id/switchButton"         android:layout_marginTop="50dp"         android:text="Android Switch Button 1" />         android:id="@+id/textView"         android:text="Android Switch Button" />     <Switch         android:id="@+id/switchButton2"         android:layout_width="wrap_content"         android:layout_height="wrap_content"         android:layout_marginTop="30dp"         android:text="Android Switch Button 2" />       <TextView         android:id="@+id/textView2"         android:text="Android Switch Button" />         android:layout_width="fill_parent"         android:layout_height="fill_parent"         android:gravity="center|bottom"         android:text="okedroid.com"         android:textSize="24sp"         android:textStyle="bold" /> </LinearLayout>

if (switchButton.isChecked()) { textView.setText(switchOn); } else { MainActivity.java package com.okedroid.myapplication;   import android.os.Bundle; import android.support.v7.app.AppCompatActivity; import android.widget.CompoundButton; import android.widget.Switch; import android.widget.TextView; public class MainActivity extends AppCompatActivity {     Switch switchButton, switchButton2;     TextView textView, textView2;     String switchOn = "Switch is ON";     String switchOff = "Switch is OFF";     @Override     protected void onCreate(Bundle savedInstanceState) {         super.onCreate(savedInstanceState);         setContentView(R.layout.activity_main);         // For first switch button         switchButton = (Switch) findViewById(R.id.switchButton);         textView = (TextView) findViewById(R.id.textView);         switchButton.setChecked(true);         switchButton.setOnCheckedChangeListener(newCompoundButton.OnCheckedChangeList ener() {             @Override             public void onCheckedChanged(CompoundButton compoundButton, booleanbChecked) {                 if (bChecked) {                     textView.setText(switchOn);                 } else {                     textView.setText(switchOff);                 }             }         });         if (switchButton.isChecked()) {             textView.setText(switchOn);         } else {             textView.setText(switchOff);         }           // for second switch button         switchButton2 = (Switch) findViewById(R.id.switchButton2);         textView2 = (TextView) findViewById(R.id.textView2);         switchButton2.setChecked(false);         switchButton2.setOnCheckedChangeListener(newCompoundButton.OnCheckedChangeListener() {             @Override             public void onCheckedChanged(CompoundButton compoundButton, booleanbChecked) {                 if (bChecked) {                     textView2.setText(switchOn);                 } else {                     textView2.setText(switchOff);                 }             }         });         if (switchButton2.isChecked()) {             textView2.setText(switchOn);             textView2.setText(switchOff);     } }