PEMROGRAMAN MOBILE 2 Nama Anggota : Moh.Solahudin ( )

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
3 – Activity and Intent Willy, M.Kom.
Advertisements

Menu dan Ikon Pada Perangkat Lunak Pengolah Kata
PROSEDUR 1 Prosedur Adakalanya ketika kita membuat program, ada beberapa kode program yang ditulis berulang-ulang. Hal ini tentu saja menyita waktu dan.
Memulai Sebuah Presentasi
1 Bekerja dengan Block Pertemuan 24 Matakuliah: R0364/Komputasi Desain Arsitektur I Tahun: 2006.
Pertemuan 12. Pemrograman Window Sejauh ini Anda melakukan pemrograman pada level konsul Java sesungguhnya juga mendukung pemrograman Window. Salah satu.
PERTEMUAN 3 PAB Bahasan: Layout,Class,Trigger Button Intent.
Mobile Programming Pertemuan 8 Presented by Mulyono Poltek NSC Surabaya.
Pemrograman Visual Ramos Somya.  Aplikasi yang biasa dikembangkan: Aplikasi Web Aplikasi Console Aplikasi Windows  berbasis dekstop  Aplikasi Windows:
PERANCANGAN ATAU DESAIN APLIKASI MENGGUNAKAN GUI.
Pengenalan Visual Basic
DASAR MENGUASAI NETBEANS
Memahami Ruang Lingkup Pemrograman
Pemrograman Perangkat Mobile
C. Manajemen File dengan Windows Explorer
Memahami Ruang Lingkup Pemrograman
P e r t e m u a n 1 Membuat Workbook dengan Macro
Lia afriani Andreas Saputra
Pemrograman Mobile Android # 5
JFC dan Swing U Abd. Rohim, MT mailto:
Pemrograman Perangkat Mobile
PENANGANAN KESALAHAN DAN HELP DOKUMENTASI
Android AN’ ANQINUDIN L.,S.Kom.
Pemrograman Perangkat Mobile
Thread Kelompok 4 NAMA : SRI YANTI MONICA ( )
DISKUSI PERTEMUAN 3 Pemrograman mobile 2 Ti 15 D
Pertemuan 3 : Komponen Aplikasi Android
Diskusi Pertemuan 4 Anggota : Kukuh Prasetyo Adhi ( ) Warsito Aji ( ) Karima Dewi R ( ) Alfano Kurniawan W ( ) Bagus.
Pengenalan Pemrograman Mobile PART 3.
Belajar Pemrograman Mobile Part 2.
Permograman Mobile 2 Notification, dialog, dan intent.
Pemrograman Mobile Kelompok Pertemuan 4.
Pemrograman Mobile 2 Pertemuan 4.
P E R T E M U A N 5 FRAGMENT.
Pemograman mobile 2 Kelompok 3 Khoerul Umam ( )
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Nama Anggota : Moh.Solahudin ( )
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Nama Anggota : Kelompok 1 Rizky Aditya
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Nama Anggota : Nur Dwi Ramadani ( )
Pemrograman Mobile Kelompok Nur Dwi Ramadani
Android Multimedia Anggota kelompok: Kukuh Prasetyo Adhi ( )
Notification dialog intent
PEMROGRAMAN MOBILE Kelompok 2
Dialog Intent & Notification
Anggota Kelompok: 1. Rinta Setyo Nugroho 2. Anan Ar Rozzaq
Notification, Dialog, dan Intent
PEMROGRAMAN MOBILE Kelompok 2
Penerapan Notification,Dialog dan Inten
FRAGMENT Pemrograman Mobile 2 Disusun Oleh :
Kelompok 3 Khoerul Umam Dwi Yulianto K.W
Pemrograman Mobile Kelompok Pertemuan 5.
Android Multimedia PENGOLAHAN GAMBAR DAN VIDEO.
Android DATABASE.
Komponen Aplikasi Android
Pengenalan Pemrograman Mobile PART 5 - FRAGMEN.
Kelompok 3 Khoerul Umam Dwi Yulianto K.W
9 Mobile Computing 2 SKS Dedy Alamsyah, S.Kom..
PENGENALAN Pemrograman MOBILE 2
PMO Pertemuan Ke 5 Fragment
Penerapan Notification, Dialog & Intent Pada Program Android Studio
Android database mysql dan webservice
Pemrograman GUI dengan Java
Memahami Ruang Lingkup Pemrograman
PEMROGRAMAN MOBILE PERTEMUAN KE-5
Mobile Computing Fery Updi, M.Kom..
PEMROGRAMAN MOBILE I KELOMPOK 4
Pemrograman Mobile Location Based Service
Arif Risqiantoro Dadang wahyu utomo Isnan aditia
Dialog, NOTIFICATion, Intent
PEMROGRAMAN MOBILE 1 PERTEMUAN 4
PEMROGRAMAN MOBILE 1 RPS 8
Transcript presentasi:

PEMROGRAMAN MOBILE 2 Nama Anggota : Moh.Solahudin (15.11.0123) Irkham Mustofa (15.11.0129) Achmal Maulana (15.11.0128) Dimas Wahyu Rabbani (15.11.0134) Yovie Fesya Pratama (15.11.0135) Harni Windiarti (15.11.0137) Tri Huda Prasetya (15.11.0144)

PEMBAHASAN NOTIFICATION DIALOG INTENT PENERAPAN NOTIFICATION, DIALOG DAN INTENT DALAM PROGRAM

NOTIFICATION Pemberitahuan adalah pesan yang bisa ditampilkan kepada pengguna di luar UI normal aplikasi. Bila Anda memberi tahu sistem untuk mengeluarkan pemberitahuan, pemberitahuan akan muncul lebih dahulu sebagai ikon dalam area pemberitahuan. Untuk melihat detail pemberitahuan, pengguna membuka laci pemberitahuan. Baik area pemberitahuan maupun laci pemberitahuan adalah area-area yang dikontrol sistem yang bisa dilihat pengguna kapan saja.

Gambar 1. Pemberitahuan di area pemberitahuan Gambar 2. Pemberitahuan di laci pemberitahuan.

Pertimbangan Desain Pemberitahuan, sebagai bagian penting dari antarmuka pengguna Android, memiliki panduan desainnya sendiri. Perubahan desain materi yang diperkenalkan dalam Android 5.0 (API level 21) adalah sangat penting, dan Anda harus meninjau pelatihan Desain Bahan untuk informasi selengkapnya.

Membuat Notification Untuk menetapkan informasi dan tindakan UI bagi pemberitahuan dalam objek “NotificationCompat.Builder”. Untuk membuat pemberitahuan itu sendiri, panggil “NotificationCompat.Builder.build()”, yang akan mengembalikan objek Notification berisi spesifikasi Untuk mengeluarkan pemberitahuan, Anda meneruskan objek Notification ke sistem dengan memanggil “NotificationManager.notify()”.

Objek Notification harus berisi : Ikon kecil, yang diatur dengan setSmallIcon() Judul, yang diatur dengan setContentTitle() Teks detail, yang diatur dengan setContentText()

Isi dan pengaturan pemberitahuan opsional Semua isi dan pengaturan pemberitahuan lainnya bersifat opsional. Untuk mengetahui selengkapnya tentang semua itu, lihat dokumentasi acuan untuk NotificationCompat.Builder.

Tindakan pemberitahuan Pemberitahuan bisa menyediakan beberapa tindakan sekaligus. biasanya tindakan ini akan membuka Activity dalam aplikasi. juga bisa menambahkan tombol pada pemberitahuan yang melakukan tindakan tambahan seperti mendiamkan alarm atau segera merespons pesan teks; fitur ini tersedia mulai Android 4.1. SUMBER : https://developer.android.com/guide/topics/ui/notifiers/notifications.html?hl=id#Design

DIALOG Dialog adalah jendela kecil yang meminta pengguna untuk membuat keputusan atau memasukkan informasi tambahan. Dialog tidak mengisi layar dan biasanya digunakan untuk kejadian modal yang mengharuskan pengguna untuk melakukan aksi sebelum bisa melanjutkan.

Contoh Dialog

SUMBER : https://developer. android. com/guide/topics/ui/dialogs. html

INTENT Intent Adalah Objek Yang Menyediakan waktu proses yang mengikat komponen-komponen terpisah, misalnya dua aktifity.

Fungsi Intent Untuk Memanggil activity lain yang masih dalam satu package. Untuk Memanggil activity lain yang tidak dalam satu package dan project. Untuk memanggil activity yang sudah ada di fungsi internal android seperti dial number , Open browse dan lainnya. Kita bisa mengirimkan data ke activity lain dan juga dapat menangkap data dari activity tersebut.

Intent Di bagi 2 Implicit Intent Adalah intent yang memanggil fungsi activity yang sudah ada di fungsi internal android seperti Dial Number, Open Browser dan lainnya. Explicit Intent Adalah yang memanggil Activity lain yang masih dalam satu project ataupun beda project. SUMBER: https://www.google.co.id/url?q=http://agusharyanto.net/wordpress/%3Fp%3D537&sa=U&ved=2ahUKEwjDnKfHjIvXAhVHoZQKHZ3aAl8QFjAAegQIGhAA&usg=AOvVaw0HIr7-juEjG8yQNo2hxGn8 https://www.google.co.id/url?q=https://developer.android.com/training/basics/firstapp/starting-activity.html%3Fhl%3Did&sa=U&ved=2ahUKEwiK2pXlj4vXAhUJWLwKHZvqDTEQFjAAegQIGhAA&usg=AOvVaw02H-nnxapDMvMD2Y-MPEgD

PENERAPAN DIALOG ,NOTIFIKASI, INTENT DALAM PROGRAM Buka file activity_main.xml kemudian tambahkan 2 komponen edit text, dan 1 buah komponen bottom, kemudian tambahkan dan edit coding berikut

Setelah membuat tampilan, sekarang buat kode pada file. java Setelah membuat tampilan, sekarang buat kode pada file .java. Kita buat agar pada saat menekan button, akan menampilkan notifikasi dengan teks judul dan isi teks sesuai apa yang dimasukan kedalam kolom. Pada bottom, kita tambahkan aksi SetONClickListener dan didalamnya kita tambahkan coding untuk menampilkan notifikasi

Hasil Running Program SUMBER : www.blogsetyaaji.blogspot.com/2017/09/membuat-android-notifikasi-sederhana.html