3 – Activity and Intent Willy, M.Kom.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
KOMPONEN DALAM DELPHI Form
Advertisements

Workshop Developing Android Apps
Company LOGO PEMOGRAMAN APLIKASI BERGERAK (Java ME)
PERTEMUAN 3 PAB Bahasan: Layout,Class,Trigger Button Intent.
DIALOG Android Oleh Yanuangga.
Mobile Programming Pertemuan 8 Presented by Mulyono Poltek NSC Surabaya.
Pengaktifan Activity secara Explicit
Mobile Programming Intro Android.
UI Controls dengan Widget TextView, EditText dan Button
VISUAL BASIC FOR APLICATION (VBA) EXCEL VBA
Pemrograman Perangkat Mobile
MODUL – II MEMBUAT PROGRAM SEDERHANA
Pemrograman Mobile Android # 3
Pemrograman Bergerak Pembuatan Service 1.
Struktur Class Java Android
Pemrograman Perangkat Mobile
Pengelolaan Database Lanjutan 2
As’ad Djamalilleil Struktur Android As’ad Djamalilleil
Pemrograman Bergerak Pembuatan Activity 1.
ANDROID ACTIVITY.
Komponen GUI Menambahkan Komponen.
Mobile computing – Android Activity dan Intent
Pemrograman Perangkat Mobile
KOMPONEN APLIKASI ANDROID
DISKUSI PERTEMUAN 3 Pemrograman mobile 2 Ti 15 D
Pertemuan 3 : Komponen Aplikasi Android
Diskusi Pertemuan 4 Anggota : Kukuh Prasetyo Adhi ( ) Warsito Aji ( ) Karima Dewi R ( ) Alfano Kurniawan W ( ) Bagus.
Pengenalan Pemrograman Mobile PART 3.
Permograman Mobile 2 Notification, dialog, dan intent.
Pemrograman Mobile Kelompok Pertemuan 4.
P E R T E M U A N 5 FRAGMENT.
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Nama Anggota : Moh.Solahudin ( )
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Nama Anggota : Kelompok 1 Rizky Aditya
Presentasi materi pemrogaman mobile 2 pertemuan ke 3
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Nama Anggota : Nur Dwi Ramadani ( )
Pemrograman Mobile Kelompok Nur Dwi Ramadani
PEMROGRAMAN MOBILE Kelompok 2
Dialog Intent & Notification
Anggota Kelompok: 1. Rinta Setyo Nugroho 2. Anan Ar Rozzaq
PEMROGRAMAN MOBILE 2 KELOMPOK 7 TI 15 D.
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Dina Murniati Putri (NIM )
Notification, Dialog, dan Intent
PEMROGRAMAN MOBILE Kelompok 2
FRAGMENT KELOMPOK 3 Abdurahman Agung Edi W Eko Prasetyo Fahrul Rosi
Penerapan Notification,Dialog dan Inten
FRAGMENT Pemrograman Mobile 2 Disusun Oleh :
Kelompok 3 Khoerul Umam Dwi Yulianto K.W
Pemrograman Mobile Kelompok Pertemuan 5.
Pengenalan Pemrograman Mobile PART 5 - FRAGMEN.
KELOMPOK 6 Ragil Setiawan Muhamad Ma’ruf Siti Roudhotul Janah
Kelompok 3 Khoerul Umam Dwi Yulianto K.W
Fragment Nama anggota : Andian Ramadhan
FRAGMENT Nama anggota :
PERTEMUAN 5 KELOMPOK 2.
Dilla Alfianur Kumalasari 0238
9 Mobile Computing 2 SKS Dedy Alamsyah, S.Kom..
PENGENALAN Pemrograman MOBILE 2
Klompok 2 Dedi wahyudi ( ) Muhammad ichan ( )
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Nama Anggota : Moh.Solahudin ( )
Mobile Programming Intent dan Activity.
Mobile Programming Folder Resources (Res) dan tata kelolanya
PEMROGRAMAN MOBILE PERTEMUAN KE-5
Mobile Computing Fery Updi, M.Kom..
Arif Risqiantoro Dadang wahyu utomo Isnan aditia
FRAGMENT PEMROGRAMAN MOBILE 2.
Dialog, NOTIFICATion, Intent
Pemrograman Perangkat bergerak Dosen: RBD
Pemrograman Perangkat bergerak Dosen: RBD
PEMROGRAMAN MOBILE 1 RPS 8
Komponen activity Dosen: Maimun, S.T., M.T.. 1. Activity Kegiatan apa yang akan ditampilkan dan dilakukan user pada sebuah window Berisi lifecycle / daur.
Transcript presentasi:

3 – Activity and Intent Willy, M.Kom

Teori Activity dan Intent

Activity Activity adalah jendela yang berisi user interface atau antarmuka antara pengguna dengan aplikasi. Tujuannya adalah melakukan interaksi dengan pengguna. Setiap proses atau langkah yang dilakukan activity dinamakan siklus activity.

Intent Intent adalah bagian dari activity yang memiliki konsep sebagai perangkat yang dapat mengaktifkan activity dari aplikasi yang berbeda untuk dapat bekerja secara bersamaan sehingga seolah-olah activity-actvity tersebut dimiliki oleh satu aplikasi.

Method pada Activity Terdapat dua method pada satu activity, yaitu: onCreate Menginisiasi sebuah activity yang dipanggil dengan perintah setContentView(int) yang telah didefinisikan pada layout user interface atau antarmuka, dan perintah findViewById(int) yang berfungsi untuk melakukan pemanggilan widget yang dibutuhkan user interface atau antarmuka dengan aplikasi. onPause Melakukan pemberhentian sebuah activity yang sedang aktif untuk sementara waktu.

Event pada Activity (1) Tedapat Event pada Activity yang menentukan siklus activity, yaitu: Active Ketika Activity pada saat berada posisi urutan teratas (tumpukan paling atas atau disebut top of stack) Pause Ketika Activity tidak digunakan pada keadaan tertentu, tetapi activity itu tetap masih ada (visible). Pada saat sebuah activity baru sedang ditangani, maka activity yang sebelumnya dapat dikatakan dalam keadaan pause.

Event pada Activity (2) Stopped Restart Ketika activity yang sudah tidak digunakan akan digantikan oleh activity lainnya. Activity yang diberikan perintah stopped tidak akan pernah dipanggil kembali, dan secara permanen memori tidak melakukan penyimpanan data mengenai activity tersebut. Restart Ketika activity yang telah dihentikan atau dihentikan dalam waktu sesaat kemudian dilakukan restart sehingga activity akan kembali ke kondisi awal.

Lifecycle Activity Secara umum, activity mengalami tiga kali pengulangan, yaitu: Entire lifetime Activity terjadi mulai dari onCreate sampai onDestroy, activity ini selalu menggunakan setup global dalam mendefinisikannya. Visible lifetime Activity terjadi mulai dari onCreate sampai onStop. Foreground lifetime Activity yang terjadi antara onResume dan onPause.

Class dasar Activity (1) onCreate() Kejadian ketika activity dibentuk atau dibuat pertama kali. onStart() Kejadian ketika activity terlihat oleh pengguna Android. onResume() Kejadian pada saat activity melakukan interaksi dengan pengguna Android.

Class dasar Activity (2) onPause() Kejadian ketika activity yang pada saat ini aktif dihentikan untuk sementara waktu dan activity yang lain (sebelumnya) dijalankan kembali. onStop() Kejadian ketika activity tidak lagi terlihat oleh pengguna Android. onDestroy() Kejadian ketika activity dihapus baik secara manual maupun dari sistem untuk penghematan memori.

Class dasar Activity (3) onRestart() Kejadian ketika activity telah dihentikan atau dihentikan dalam waktu sesaat kemudian dilakukan restart ulang.

Project 1 Membuat Program Activity Dialog

<Button android:id="@+id/tombol_dialog" android:layout_width="fill_parent" android:layout_height="wrap_content" android:text="Klik untuk menampilkan dialog" />

<LinearLayout xmlns:android="http://schemas. android android:orientation="vertical" android:layout_width="fill_parent" android:layout_height="fill_parent" > <TextView android:layout_height="wrap_content" android:text="@string/hello_world" /> <Button android:id="@+id/tombol_dialog" android:text="Klik untuk menampilkan dialog" </LinearLayout>

Dialog AlertDialog View Pesan pemberitahuan atau dialog box. Model dialog untuk menampilkan pesan ketika user melakukan aktivitas. Dapat juga dikatakan sebagai kotak dialog yang muncul sebagai sebuah peringatan kecil. Peringatan bisa dalam bentuk peringatan error atau peringatan tentang peristiwa yang terjadi dalam aplikasi. View Menampilkan teks, gambar, dan lain-lain.

Button Sebuah tombol yang nantinya akan dipanggil dan dimunculkan pada pembuatan aplikasi activity dialog. Toast Sebuah umpan balik sederhana dari operasi pada popup.

CharSequence[] items = {"Item 1","Item 2","Item 3","Item 4"}; boolean[] itemChecked = new boolean[items.length];

Buat Button pada file activity dengan cara menambahkan sintaks ke dalam public void onCreate(Bundle savedInstanceState) @Override protected void onCreate(Bundle savedInstanceState) { super.onCreate(savedInstanceState); setContentView(R.layout.activity_main); Button tombol = (Button) findViewById(R.id.tombol_dialog); tombol.setOnClickListener(new View.OnClickListener() { @SuppressWarnings("deprecation") public void onClick(View v) { // TODO Auto-generated method stub showDialog(0); } });

@Override @Deprecated protected Dialog onCreateDialog(int id) { // TODO Auto-generated method stub switch(id){ case 0: } return super.onCreateDialog(id);

Project 2 Membuat Program Activity Checkbox

CheckBox CompoundButton Berfungsi sebagai penampung beberapa pilihan yang telah disediakan untuk user. CompoundButton Digunakan untuk melakukan pemanggilan kembali ketika bagian checkbox telah dipilih atau dicentang, atau sebaliknya.

Program 3 Activity dan Intent

Ubah coding menjadi:

Apa yang salah?