ETIKA MORAL DAN AKHLAK ETIKA AJARAN TENTANG BAIK DAN BURUK BERDASARKAN  AKAL MORAL.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Hj. Ifa Faizah Rohmah, M.Pd.
Advertisements

Iman Kepada Rasul Allah SWT
Sosialisasi KTSP PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL NOMOR 23 TAHUN 2006 NOMOR 23 TAHUN 2006Tentang STANDAR KOMPETENSI KELULUSAN (SKL) DEPARTEMEN PENDIDIKAN.
HADITS KEDUAPULUH TUJUH
Bimtek KTSP 2009 PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL NOMOR 23 TAHUN 2006 NOMOR 23 TAHUN 2006Tentang STANDAR KOMPETENSI KELULUSAN (SKL)
MU’JIZAT AL-QURAN.
ZIKR, SHALAT, DAN DOA.
Pendidikan Agama Islam
WAWASAN KEWIRAUSAHAAN
MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL NOMOR 23 TAHUN 2006 Tentang
Sosialisasi KTSP PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL NOMOR 23 TAHUN 2006 NOMOR 23 TAHUN 2006Tentang STANDAR KOMPETENSI KELULUSAN (SKL) DEPARTEMEN PENDIDIKAN.
MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL NOMOR 23 TAHUN 2006 Tentang
ETOS KERJA DALAM ISLAM keutamaan kerja karakter Rasul dalam bekerja
SYARI’AT ISLAM.
DAKWAH ADALAH KEBUTUHAN MANUSIA
AKHLAK.
Sosialisasi KTSP PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL NOMOR 23 TAHUN 2006 NOMOR 23 TAHUN 2006Tentang STANDAR KOMPETENSI KELULUSAN (SKL) DEPARTEMEN PENDIDIKAN.
Peran Agama dalam Pembangunan Moral Bangsa
Pendidikan Agama Islam
ETIKA , MORAL & AKHLAQ BY: FIRNAWIDA,M.Pd.I.
Akhlak Materi -11.
Sosialisasi KTSP PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL NOMOR 23 TAHUN 2006 NOMOR 23 TAHUN 2006Tentang STANDAR KOMPETENSI KELULUSAN (SKL) DEPARTEMEN PENDIDIKAN.
Sifat-sifat Terpuji By : Uswatun Hasanah.
KESERIUSAN HAMBA KEPADA ALLAH (bentuk keikhlasan hamba)
Konsep kerukunan dalam islam
ETIKA, MORAL, DAN AKHLAQ Pengertian Etika, Moral, dan Akhlaq
AKHLAK Secara etimologis, kata akhlak berasal dari bahasa arab ( أخلاق ) dalam bentuk jama’, sedang mufradnya adalah khuluq ( خلق ), yang dalam Kamus Munjid.
Pertemuan Ke-9.
NAMA : - Maya Indah. S ( ) -Sri Hardiyanti ( )
Assalamu'alaikum ETIKA, MORAL DAN AKHLAQ Oleh: Nurhasan, M. Ag Hmmm…..
BAB II IMAN DAN TAQWA.
BAB 3 AKHLAK PENGERTIAN AKHLAK AKHLAK KEPADA ALLAH SWT
“ Penerapan Etika, Moral dan Akhlak Dalam Kehidupan “
ETIKA, MORAL DAN AKHLAK DALAM ISLAM
Materi III IMAN Oleh: Ahmad Arif Rifan, SHI., MSI.
Pertemuan Ke-11.
Akhlak Materi -7.
ETIKA, MORAL DAN AKHLAK DALAM ISLAM
DOA HARIAN RAMADHAN.
Etika, Moral, dan Akhlak Oleh : Kelompok 5
Bab IV Konsep Ketuhanan Dalam Islam Kelompok 4 1.Adhiyasa Dwi (01) 2.Berlian Dwi D. (06) 3.Inna Rochmawati (11) 4.Sabila Ika Putri U.(19)
MATA KULIAH TAUHID AKIDAH AKHLAK
AKHLAK, ETIKA-MORAL, DAN TASAWUF
MATA KULIAH TAUHID AQIDAH AKHLAK
PERILAKU TERPUJI ADIL, RIDHA DAN AMAL SHALEH
KONSEP DASAR MANUSIA/INSAN UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG
KONSEP DASAR AJARAN ISLAM
PERAN AGAMA DALAM BK.
BUKU PANDUAN BUDI PEKERTI
Fifi Fitriani Laura Rachma Munyati Sulam Salwa Salsabila
MATA KULIAH TAUHID AKIDAH AKHLAK Dosen: Sarah Wulan, S.Ag, MPd
LATIHAN SOAL BAB 4 1. Perhatikan pernyataan berikut: (1) menyesal thd dosa yg telah dilakukan (2) meninggalkan dosa itu (3) mengerjakan shalat, tobat,
By : 1. Rizal hartono 2.Muhammad fajar
Pendidikan Agama Islam
Hubungan antara Akidah dan Akhlak
O. Solihin Blog: Akidah Islamiyyah Katakanlah: "Dia-lah Allah, Yang Maha Esa. Allah adalah Tuhan yang.
Model Pembangunan Potensi Manusia
PENANAMAN AKIDAH-AKHLAQ PADA ANAK
SETELAH MENONTON VIDEO TERSEBUT APA SAJA DAMPAK DARI PERILAKU MEREKA.
AKHLAK KOMPETENSI DASAR:
Materi III IMAN Oleh: Ahmad Arif Rifan, SHI., MSI.
O. Solihin Blog: Akidah Islamiyyah Katakanlah: "Dia-lah Allah, Yang Maha Esa. Allah adalah Tuhan yang.
Materi III IMAN Oleh: Ahmad Arif Rifan, SHI., MSI.
Harapan Hidup Manusia Seutuhnya
Disusun oleh : Irfan Nur Azhari( ) Wahyu Utomo Budi Prasetyo( ) Eko Suryo Utomo( )
BAB 7: MENJAGA AKHLAK DALAM MAKAN DAN MINUM
Pendidikan Agama Islam
KBM 3 AKHLAK ISLAMIAH BAB 1 : MENSUCIKAN JIWA
IMAN KEPADA MALAIKAT. 1. Pengertian malaikat Allah Kata ‘malaikat’ berasal dari kata malak, bentuk jamaknya adalah malaikah. Kata malak memiliki arti.
Kata-kata Bijak emi Allah yang jiwaku berada di tangan-Nya, seseorang tidak beriman hingga ia mencintai saudaranya sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri.
Transcript presentasi:

ETIKA MORAL DAN AKHLAK ETIKA AJARAN TENTANG BAIK DAN BURUK BERDASARKAN  AKAL MORAL  TRADISI LOKAL AKHLAK  UNIVERSAL (ALQURAN DAN AS SUNNAH) MISI UTAMA RASULULLAH SAW DIUTUS DI DUNIA ADALAH MENYEMPURNAKAN AKHLAK MULIA (AKHLAKULKARIMAH) Q.S.AL QALAM :4  “ DAN SESUNGGUHNYA ENGKAU (MUHAMMAD) ADALAH WUJUD AKH LAK YG MULIA PADA DIRI MANUSIA “ Q.S.AL AHZAB : 21  “SESUNGGUHNYA TELAH ADA PADA DIRI RASULULLAH (YAITU) SURI TAULADAN YG BAIK , BAGI ORANG YG MENGHARAP (RAHMAT) ALLAH DAN DATANGNYA HARI AKHIR (KIYAMAT) DAN DIA BANYAK MENYEBUT ASMA ALLAH (BERDZIKIR) “ BAIK BURUK MENURUT AKAL  MU’TAZILAH BAIK BURUK MENURUT WAHYU (AL QURAN DAN AS SUNNAH)  AHLUSSUNNAH BAIK BURUK MENURUT AL QURAN, ASSUNNAH,IJTIHAD (IJMAK & QIYAS)  AHLUSSUNNAH WAL JAMA’AH KAJIAN AKHLAK ARTI BAIK &BURUK, KEWAJIBAN MANUSIA THD SESAMA, TUJUAN PERBUAT AN MANUSIA, JALAN YG HARUS DITEMPUH DLM MENCAPAI TUJUAN,DLL.

IBNU MASKAWAIHI : AKHLAK  KEADAAN JIWA YANG MENDORONG SESEORANG UNTUK MELAKUKA PERBUATAN BAIK /BURUK TANPA MELALUI PERTIMBANGAN PIKIRAN LEBIH DULU. AL GHAZALI : SIFAT YANG TERTANAM DALAM JIWA YANG MENIMBULKAN PERBUATAN-PERBU ATAN DG MUDAH DAN SPONTAN UTK MELAKUKAN SESUATU TANPA PERLU PERTIMBANGAN BERPIKIR LEBIH DAHULU. SUBSTANSI AKHLAK : SIFAT/KONDISI HATI BAIK DAN BURUK TAMPAK DLM PERILAKU . AKHLAK  MULIA  KARIIMAH (HATI & PERILAKUNYA BAIK, INDAH)  HINA/ANIAYA  MAZHMUMAH (HATI & PERILAKUNYA JAHAT,KOTOR) IBNU ARABI :  BAIK BURUK MANUSIA TERGANTUNG FAKTOR PENGENDALIAN DIRINYA.  DALAM DIRI MANUSIA ADA TIGA NAFSU : SYAHWANIYAH, GHADLABIYAH, DAN NATHIQAH. SYAHWANIYAH  NAFSU BINATANG (SYAHWAT JASMANIYAH) HEDONISME GHADLABIYAH  NAFSU MERUSAK, MENGUASAI(DENGKI,PEMARAH)  VANDALISME NATHIQAH  NAFSU KEAGUNGAN (TAHU TERIMA KASIH, BANYAK BERSYUKUR)  ASKETISME NATHIQAH BERAKAL & BERHATINURANI, MAMPU MENGENDALIKAN DIRI  KARIIMAH.

HUBUNGAN TASAWWUF DENGAN AKHLAK TASAWWUF METODE DALAM PROSES PENDEKATAN DIRI KEPADA ALLAH SWT DAN TAHAPAN PENYUCIAN HATI (TASHFIYATULQOLBI)  HATI YANG BERSIH DAN SUCI TIDAK HANYA MENYEBABKAN DEKATNYA KEPADA ALLAH, BAHKAN BERPOTENSI UNTUK  MA’RIFATULLAH /MELIHAT ALLAH INTI TASAWWUF  TUHAN YANG MAHA SUCI TIDAK DAPAT DIDEKATI KECUALI OLEH HATI YANG SUCI. MENRUT AHLI SUFI , ZUN AL MISHRI, ADA TIGA MACAM PENGETAHUAN TENTANGNTUHAN : 1. PENGETAHUAN AWAM TUHAN YANG ESA  DENGAN MENGUCAPKAN SYAHADAT 2. PENGETAHUAN ULAMA  TUHAN YANG ESA  MENURUT LOGIKA AKAL. 3. PENGETAHUAN KAUM SUFI  TUHAN YANG ESA  MENURUT HATI SANUBARI. CARA MENYUCIKAN DIRI DENGAN TASAWWUF 1. IJTINAB AL MANHIYYAT (MENJAUHI LA RANGAN TUHAN) 2.ADA AL WAJIBAT (MELAKSANAKAN KEWAJIBAN-KEWAJIBAN TUHAN) 3.ADA ANAAFILAAT (MELAKUKAN HAL-HAL YANG DISUNAHKAN) DAN 4.AR RIYADLAH (YAKNI LATIHAN SPIRITUAL SEBAGAIMANA DIAJARKAN OLEH RASULULLAH SAW.) HATI  ORANG KAFIR  MATI  ORANG BERIMAN  HIDUP MANA YANG HRS DIJAGA ?  ORANG MUNAFIK  KADANG HIDUP KADANG MATI

BAGAIMANA RUANG LINGKUP BERAKHLAK. A BAGAIMANA RUANG LINGKUP BERAKHLAK ? A. AKHLAK  DIRI SENDIRI  TAUBAT (KEMBALI KPD ALLAH)  MUROQOBAH ( MERASA DIDEKATI ALLAH) MUHASABAH (SELALU INTROSPEKSI DIRI) MUJAHADAH (UPAYA TERUS MENDEKATI ALLAH) B.AKHLAK  KPD ALLOH  BACA AL QURAN  BERDZIKIR C.AKHLAK  RASUL ALLAH  MENCINTAI  MENELADANI D.AKHLAK  MAKHLUK/SESAMA MANUSIA : THD ORANG TUA  THD KELUARGA  SAUDARA  TETANGGA  SESAMA MUSLIM  NON MUSLIM HEWAN/BINATANG  LINGKUNGAN

BAGAIMANA INDIKATOR ORANG BERAKHLAK BAGAIMANA INDIKATOR ORANG BERAKHLAK ? ORANG BERAKHLAK  BERPERILAKU ATAS DASAR IMAN TANDA-TANDA IMAN MENURUT AL GHAZALI BERDASARKAN AL QURAN & AS SUNNAH : 1. KHUSYU’ DALAM SHALAT 2. MENGHINDARI HAL-HAL YANG TIDAK BERGUNA 3. SELALU KEMBALI KEPADA ALLAH 4. JIKA DISEBUT ASMA ALLOH HATINYA BERGETAR 5. TIDAK SOMBONG / RENDAH HATI (TAWADLU’) 6. ARIF/BIJAKSANA/SANTUN TERHADAP SESAMA 7. CINTA SESAMA SEPERTI MENCINTAI DIRINYA SENDIRI 8. MENGHORMATI TAMU 9. MENGHORMATI TETANGGA 10.BERBICARA YANG BAIK DAN BERMANFAAT 11.TIAK BERBUAT ANIAYA /MENYAKITI ORANG LAIN (UCAPAN/PERBUATAN) 12.PUNYA RASA MALU 13.JUJUR 14.PENYABAR/TENANG/CALM 15.PANDAI BERTERIMA KASIH 16.RIDHA DG KETENTUAN ALLOH 17. BERHATI-HATI DLM BERUCAP DAN BERTINDAK 18.WIBAWA/DISUKAI TEMAN MAUPUN LAWAN 19.TIDAK PENDENDAM / TDK DENGKI /TDK PELIT 20.TIDAK SUKA MENGADU DOMBA 21. CINTA DAN BENCI KARENA ALLLOH

APA PERBEDAAN MUKMIN DAN MUNAFIK DALAM BERAMAL APA PERBEDAAN MUKMIN DAN MUNAFIK DALAM BERAMAL ? MUKMIN  SERIUS DALAM SHALAT MUNAFIK  SERIUS DALAM MAKAN  SIBUK BERFIKIR CARI HIK  SIBUK BERANGAN-ANGAN MAH & SOLUSI  AMAN BERSAMA ALLAH  AMAN DG SELAIN ALLAH  KORBANKAN HARTA DEMI AGAMA  KORBANKAN AGAMA DEMI HARTA  BANYAK MENANGIS  BANYAK TERTAWA/SENDAGURAU  SUKA KONTEMPLASI/MENYEPI  SUKA DIKERAMAIAN  MENJAGA DARI KERUSAKAN  MENUAI CARI KEUNTUNGAN  AMAR MA’RUF NAHI MUNKAR  AMAR MA’RUF NAHI MUNKAR DEMI KEBAIKAN BERSAMA DEMI KEKUASAAN MANUSIA YANG BERAKHLAK  MENJAGA KESEIMBANGAN ANTARA HAK & KEWAJIBAN DALAM DLM HUB. DG. ALLAH & SESAMA MAKHLUK/ALAM SEMESTA CARA MENCAPAI AKHLAK YANG BAIK MENURUT AL GHAZALI : 1.MEMELIHARA,MENUMBUHKAN WATAK FITRAH YANG BAIK 2.SUNGGUH-SUNGGUH MENJAUHI/MENAHAN DIRI DARI PERBUATAN DOSA (MA’SIYAT) 3.RIYADLAH MELATIH DIRI UNTUK BANYAK BERDZIKIR TEKS AYAT - AYAT LAHIRIYAH AL QURAN MELAHIRKAN  ILMU FIQIH KANDUNGAN AYAT-AYAT BATINIYAH AL QURAN MELAHIRKAN  ILMU TASAWWUF