PARADIGMA PSIKOLOGI ISLAMI

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Siapakah sebenarnya diri kita?
Advertisements

KONSEP UTAMA DALAM PSIKOLOGI ISLAMi
Bab IV Tanggung Jawab Manusia Sebagai Khalifah dan Hamba Alloh SWT
Manusia dan Agama.
(Mencari jati diri dan makna kehidupan manusia)
Filsafat Ilmu (Manajemen)
FASE-FASE PENGEMBANGAN PSIKOLOGI ISLAMI
INTEGRASI ISLAM DAN ILMU PENGETAHUAN Oleh: Asep Solikin Universitas Muhammadiyah Palangkaraya 2015
POLA-POLA PENGEMBANGAN PSIKOLOGI ISLAMI
Penjelasan GBPP & Kontrak Perkuliahan
ANTARA PSIKOLOGI BARAT
Pertemuan Kedua Manusia dan Agama
PENGERTIAN DAN LATAR BELAKANG PSIKOLOGI ISLAMI
WHAT PHILOSOPHY “ADA APA DENGAN FILSAFAT?” Mohamed Anas I S.
PERTEMUAN KE 3 AGAMA ISLAM
Materi II KEBENARAN TAUHID Orientasi Nilai-Nilai Dasar Islam (ONDI)
KELOMPOK 2 ANISA KHAFIDA MADINATUL MUNAWAROH NURUL HASANAH
Pancasila Sebagai SistemFalsafah Bangsa
MAKNA LIMA SILA DALAM PANCASILA
PENDIDIKAN PANCASILA PANCASILA SEBAGAI SISTEM FILSAFAT Kelompok 3 :
Disampaikan pada Pelatihan Pembina OSIS SMP
Hubungan Sains dan Agama
Manusia dan Agama.
Filsafat Pancasila Bambang Tri Purwanto.
Pert. 2 Dosen: Dr. Syahrial Syarbaini, MA.
(FILSAFAT PANCASILA) Oleh : KELOMPOKI 5.
Pertemuan ke-3 Filsafat & Pemikiran Ekonomi Islam
Oleh: Ruslan A Ghofur Noor
Oleh : Ronny Mugara, S.Pd., M.Pd
Mewujudkan Nilai-nilai Islam dalam Kehidupan Modern: Sebuah Tantangan*
PARADIGMA ILMU PENGETAHUAN
Filsafat, Ilmu dan Filsafat Ilmu
PENGENALAN AWAL FILSAFAT ILMU
BAB II IMAN DAN TAQWA.
PANCASILA SEBAGAI FILSAFAT DAN FALSAFAH
KEBIJAKAN NASIONAL PENDIDIKAN KARAKTER 2011
Strategi Pengembangan Sains-Teknologi di Dunia Islam Sekarang
ALIRAN FILSAFAT NATURALISME
EKSISTENSI TUHAN Agama menurut WJS. Poerwadarminta:
PANCASILA SISTEM FILSAFAT TM 5
PANCASILA SISTEM FILSAFAT TM 5
Pert. 2 Dosen: Dr. Syahrial Syarbaini, MA.
UNIVERSITAS PAKUAN PROGRAM PASCA SARJANA JURUSAN ADMINISTRASI PENDIDIKAN 2015 Hakikat Ilmu Filsafat Diajukan untuk memenuhi tugas mata kuliah : FILSAFAT.
KELOMPOK 1 FARICHATUN NI’MAH (080) WINDA PUTRI (066)
Oleh : dr. Nur Indarawati Lipoeto
Oleh: Hamid Fahmy Zarkasyi
FILSAFAT DAN PARADIGMA ILMU
IMAN PADA ALLAH SWT SMKN 22 JAKARTA Oleh : Miswan, S.Ag.S.Kom.
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
PETA KONSEP : TUHAN YANG MAHA ESA DAN KETUHANAN
Tuhan Yang Maha Esa dan Ketuhanan
PANCASILA SEBAGAI SISTEM FILSAFAT
Memahami hakikat ilmu pengetahuan
III. IMPLEMENTASI IMAN DAN TAQWA DALAM KEHIDUPAN MODERN
Potensi Dasar Manusia Anwar Ma’ruf, ST., MT..
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Ilmu Pengetahuan dan Iman
Kandungan Kalimat Syahadat (Madlulusy syahadah)
HAKIKAT PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Konsep ketuhanan dalam Islam
Konsep Iptek Dalam Islam By: Kelompok 10.
MANUSIA, KEBUDAYAAN, DAN PERADABAN
TEOLOGI ISLAM SEBAGAI PENGETAHUAN RASIONAL
ETIKA KEILMUAN – S2 Komunikasi (Dedi S)
Pengertian manusia; Proses terjadinya manusia;
Ilmu Pengetahuan dan Iman
O. Solihin Blog: Akidah Islamiyyah Katakanlah: "Dia-lah Allah, Yang Maha Esa. Allah adalah Tuhan yang.
FILSAFAT ILMU Dosen Pembimbing : Subhan Kelompok 1 Wulan Anggraini Rahmah hidayati Faradhiba Dosen Pembimbing : Subhan Kelompok 1 Wulan Anggraini Rahmah.
O. Solihin Blog: Akidah Islamiyyah Katakanlah: "Dia-lah Allah, Yang Maha Esa. Allah adalah Tuhan yang.
Oleh : Moh. Syamsudin Baharsyah Muhammad Zainal Abidin Al Gafur Program Pascasarjana DIKDAS UNNES Hakikat Hubungan PerkembanganLandasanTahapanSikap Ilmiah.
Transcript presentasi:

PARADIGMA PSIKOLOGI ISLAMI Pertemuan ketiga PARADIGMA PSIKOLOGI ISLAMI SUMBER : Baharuddin. 2004. Paradigma Psikologi Islami. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

PARADIGMA MODEL BERPIKIR (MODE OF THOUGHT) ATAU MODE OF INQUIRY TERTENTU, YANG PADA GILIRANNYA MENGHASILKAN PENGETAHUAN (MODE OF KNOWING) TERTENTU PULA PANDANGAN MENDASAR SUATU DISIPLIN ILMU TENTANG APA YG MENJADI POKOK PERSOALANNYA PANDANGAN MENDASAR YANG MENJADI ASUMSI DASAR, SEKALIGUS ATURAN MAIN DALAM SUATU DISIPLIN ILMU. DIPEROLEH DARI KESATUAN KONSENSUS DALAM DISIPLIN ILMU TERSEBUT

PARADIGMA PSIKOLOGI ISLAMI MODEL BERPIKIR (MODE OF THOUGHT) ATAU MODE OF INQUIRY YANG DITAATI SEDEMIKIAN RUPA DALAM MEMBANGUN PSIKOLOGI ISLAMI, YANG PADA GILIRANNYA MENGHASILKAN PENGETAHUAN (MODE OF KNOWING) TENTANG PSIKOLOGI ISLAMI

PARADIGMA ILMU PSIKOLOGI SAINS : ILMIAH  OBJEKTIV DAN RASIONAL STRUKTURALISME : KESADARAN FUNGSIONALISME : KESADARAN PSIKOANALISIS : KETIDAKSADARAN BEHAVIORISME : PROSES BELAJAR HUMANISTIK : EMOSI KOGNITIF : PIKIRAN TRANSPERSONAL : KESADARAN DAN KETIDAKSADARAN PSIKOLOGI ISLAMI ?

PARADIGMA PSIKOLOGI ISLAMI ALLAH SEBAGAI SUMBER DARI SEGALA SUMBER ILMU PENGETAHUAN (Q.S. AN- NUUR (24) : 35) SUMBER ILMU PENGETAHUAN ADA DUA : AYAT VERBAL (QAULIYAH: AL QUR’AN & AL HADIST) AYAT NON VERBAL (KAUNIYAH: ALAM SEMESTA)

… METODE MEMPEROLEH ILMU PENGETAHUAN CARA : PENGALAMAN SENSORIS : OBSERVASI, WAWANCARA, EKSPERIMEN, RISET EMPIRIS, DLL LOGIKA : ARGUMENTASI LOGIS MELALUI NALAR/AKAL PENGALAMAN SPIRITUAL- TRANSENDENTAL (RELIGIUS EXPERIENCE)  PENGALAMAN IMAN SARANA : RUH, NAFS, QOLBU, AKAL, INDERAWI, FISIK, FITRAH

PARADIGMA FILOSOFIS ASUMSI DASAR : MANUSIA HIDUP DENGAN FITRAH YANG DICIPTAKAN ALLAH DALAM DIRINYA (Q.S. AR-RUUM (30) : 30) ONTOLOGI (WHAT)  MANUSIA DENGAN FITRAH-NYA ADALAH MAKHLUK “SEMI LANGIT- BUMI” (SPIRITUAL DAN FISIKAL). EPISTEMOLOGI (WHY)  MANUSIA MEMERLUKAN BIMBINGAN DALAM HIDUPNYA  MELALUI NURANI (CAHAYA ALLAH DALAM DIRI). AKSIOLOGI (HOW)  DALAM SETIAP AKTIVITASNYA, MANUSIA BERUSAHA MENDAPATKAN RIDHO, CINTA, DAN PERJUMPAAN DENGAN ALLAH SWT

ONTOLOGI (WHAT)  KEBENARAN KEBENARAN TRANSENDENTAL / LANGIT / ILAHIYAH  TUNGGAL KEBENARAN EMPIRIK-HISTORIK / BUMI / INSANIYAH  PLURAL KEBENARAN ILAHIYAH SBG WUJUD BIMBINGAN ALLAH  AYAT, ISYARAT, HUDAN/PETUNJUK, RAHMAT. SIFAT KEBENARANNYA : MUTLAK / ABSOLUT KEBENARAN INSANIYAH  PENGHAYATAN DAN PENELITIAN THD FAKTA DAN DATA YG BERSIFAT EMPIRIK-SENSUAL, EMPIRIK-LOGIK, EMPIRIK ETIK, EMPIRIK ESTETIK, EMPIRIK TRANSENDENTAL. SIFAT KEBENARANNYA : PROBABILISTIK/ RELATIF (SIAP DIREVISI/UP TO DATE)

Q.S AL A’RAF (7) : 172 Dan (ingatlah), ketika Tuhanmu mengeluarkan keturunan anak-anak Adam dari sulbi mereka dan Allah mengambil kesaksian terhadap jiwa mereka (seraya berfirman): "Bukankah Aku ini Tuhanmu?" Mereka menjawab: "Betul (Engkau Tuban kami), kami menjadi saksi". (Kami lakukan yang demikian itu) agar di hari kiamat kamu tidak mengatakan: "Sesungguhnya kami (bani Adam) adalah orang- orang yang lengah terhadap ini (keesaan Tuhan)",

VISI PSIKOLOGI ISLAMI REFERENSI : Nashori, F. 2002. Agenda Psikologi Islami, Yogyakarta : Pustaka Pelajar

VISI PSIKOLOGI ISLAMI VISI : VISI PSIKOLOGI ISLAMI : IMPIAN TENTANG SESUATU SESUATU YANG DIYAKINI BERHARGA / PENTING SESUATU YANG DIHARAPKAN KEBERADAANNYA SUATU SAAT DI MASA DEPAN VISI PSIKOLOGI ISLAMI : IMPIAN TENTANG KEBERADAAN PSIKOLOGI ISLAMI PADA MASA YANG AKAN DATANG

VISI PSIKOLOGI ISLAMI (INDONESIA) Berdasarkan Rumusan Hasil Dialog Nasional Pakar Psikologi Islami 1997 di Fakultas Psikologi Universitas Darul ‘Ulum Jombang (Nashori, 2002) : Psikologi Islami diarahkan menjadi mazhab baru dalam pelataran psikologi, tepatnya mazhab kelima setelah mazhab pertama psikoanalisis, kedua behaviorisme, ketiga psikologi humanistik, dan keempat psikologi transpersonal Psikologi Islami diarahkan menjadi salah satu fondasi utama bagi pembentukan peradaban baru bagi umat manusia yang didasarkan pada nilai-nilai Islam

Psikologi Islami Sebagai Mazhab Baru (Nashori, 2002) Paradigma baru dalam melihat keterkaitan manusia dengan Tuhan Psikoanalisis : tidak percaya Tuhan (percaya Tuhan = delusi) Behaviorisme : acuh tak acuh/tak peduli Tuhan/non inderawi Humanistik : nilai-nilai kehidupan penting, tapi bukan/berbeda dengan nilai-nilai agama (sekuler) Transpersonal : mempercayai adanya pengalaman puncak berbagai pemeluk agama Menempatkan qolbu sebagai pusat diri manusia (psikologi sebelumnya menempatkan akal sebagai pusat diri manusia) Qolbu dapat mengetahui sesuatu di atas logika akal, berkecenderungan kepada kebenaran, memiliki kekuatan mempengaruhi benda dan peristiwa

Psikologi Islami Sebagai Pembentuk Peradaban Baru Psikologi Islami dimaksudkan untuk memahami manusia dari semua dimensinya, yaitu organo-biologi, psiko-edukasi, sosiokultural, dan psiko-spiritual. Ukuran utama untuk memahami manusia adalah aspek psiko- spiritualnya secara khusus yang dapat dilihat dari tingkatan kemampuan untuk membangun hubungan dengan Tuhan. Psikologi Islami mempunyai potensi untuk menjawab tantangan kehidupan masyarakat modern, yaitu kemajuan material yang tidak dibarengi dengan peningkatan moral-spiritual. Psikologi Islami tidak hanya mendeskripsikan siapa sesungguhnya manusia, tapi juga menunjukkan tugas dan tanggung jawab yang diemban untuk memakmurkan alam dan kehidupan yang telah dikaruniakan Tuhan

STRATEGI PENCAPAIAN VISI PSIKOLOGI ISLAMI Berdasarkan rumusan Simposium Nasional Psikologi Islami IV tahun 2000 di Universitas Indonesia : Menggali lebih dalam filsafat manusia dalam Islam sehingga dapat dijadikan dasar dalam mengembangkan teori psikologi islami Mengembangkan psikologi islami dalam setiap tahapan perkembangan ilmu agar memenuhi syarat menuju mazhab baru, yaitu : Diakui dan didukung oleh banyak tokoh/ahli Menghasilkan banyak buku Dikaji secara luas, ada dialektika ilmiah Adanya pertemuan-pertemuan ilmiah Adanya diskusi-diskusi secara intensif