METODOLOGI EKONOMI ISLAM

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
IJTIHAD SUMBER HUKUM ISLAM YANG KETIGA PGSD 1 E.
Advertisements

BAB : 5 ASPEK FIKIH SUMBER HUKUM ISLAM HUKUM TAKLIFI HUKUM WAD’I SK/KD
ILMU ASBABUN NUZUL.
M. Sularno Program Studi Hukum Islam Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia.
IJTIHAD OLEH : RINNANIK, S.H.I
BAHAN AJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
SUMBER-SUMBER HUKUM ISLAM
SUMBER HUKUM ISLAM Pengertian Hukum dan Sumber Hukum Islam
BAB IV SUMBER HUKUM ISLAM.
1 IJMA’/الاجماع 9-Apr-17.
Wahyu tuhan, teks dan ijtihad akal manusia; aspek ushul dan Furu’ dalam Islam Muhlisin.
IJMA’ SEBAGAI SUMBER HUKUM ISLAM
Hukum, HAM, dan Demokrasi dalam Islam
A GAMA I SLAM DISUSUN OLEH: MISNANI. S.Ag. M.Pd. I.
UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG
SUNNAH By. Fauzul FH UPN JATIM.
Hukum Islam dan kontribusi Umat islam Indonesia
SEJARAH PERKEMBANGAN HADIS NABI SAW
Materi Pertemuan 10 Sejarah Hukum Islam I
SUMBER AGAMA DAN AJARAN ISLAM
DALIL-DALIL SYARA’ (Sumber-Sumber Hukum Islam)
Materi Pertemuan V Al Hadis/ As Sunnah.
Sejarah Hukum Islam II (Masa Pembinaan, Pengembangan, dan Pembukuan)
SUMBER HUKUM ISLAM & METODE BERIJTIHAD
SUMBER HUKUM ISLAM. PENGERTIAN SUMBER: ASAL SESUATU (KAMUS PURWODARMINTO) SUMBER HUKUM ISLAM: TEMPAT ASAL/PENGAMBILAN HUKUM ISLAM.
Pendidikan Agama Hadits sebagai ajaran islam February 28,
PENGERTIAN, RUANG LINGKUP MIKRO ISLAM, DAN METODOLOGI EKONOMI ISLAM
SEJARAH USHUL FIQIH.
PEMIKIRAN FIQIH.
As-Sunah yang memuat Sunnah Rasulullah
Belajar dengan cermat Tanpa beban Ikhlas karena Allah.
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
HUKUM ISLAM A. Sunnatullah. B. Fiqh. C. Ushul Fiqh.
GURU ADALAH PEMIMPIN YANG MAMPU MENGUBAH VISI MENJADI KENYATAAN
AL QUR`AN, AS SUNNAH, IJMA’, & QIYAS
Materi Pertemuan XI Ar Rayu, Ijma’ dan Qiyas.
SUMBER HUKUM ISLAM.
SYARA’ MAN QABLANA & MAZHAB SHAHABAT
SUMBER HUKUM ISLAM DAN HUKUM ISLAM DISUSUN OLEH CHAIRUNNISA
Sumber hukum islam.
SUNNAH (AL-HADITS) SEBAGAI SUMBER AJARAN AGAMA ISLAM
SUMBER HUKUM ISLAM Oleh: Deden Mulyadi, S.Pd.I.
Sumber Hukum Islam Al-Qur’an Al hadist Ijtihad. ALQURAN SEBAGAI SUMBER HUKUM PERTAMA ISLAM DAN SEJARAH PEMBUKUAN ALQURAN.
“TAFSIR AYAT TENTANG PENEGAKAN HUKUM”
Universitas Indonesia
Etika Islam Dalam Penerapan Ilmu
Tugas Mandiri Perbandingan Mazhab Dosen Pembimbing Drs. H
Perjuangan Nabi Muhammad saw.
Pendahuluan -Ushul fiqh adalah metodologi mujtahid untuk menggali hukum syara’ dari sumbernya. -sumbernya inilah yang dimaksud dengan dalil syar’I, yaitu.
CREATED BY: MARETTA DANIATY
MASA PEMBINAAN, PENGEMBANGAN, DAN PEMBUKUAN (ABAD VII-X M)
Oleh: Muhsin Hariyanto
MEDIA PENDIDIKAN Disusun oleh : NUR AMIN : KLS : D/4
Sumber hukum islam™ Syariat Islam™
Memahami hakikat ilmu pengetahuan
KELOMPOK 11 ANGGOTA:1.ZAM-ZAM HIDAYA 2.NUNUNG 3.YAYI LATIFA 4.FIFI
Politik dalam Islam Pegangan Guru. Politik dalam Islam Rumusan Masalah 1.Apa itu politik islam? 2.Nilai-nilai dasar dalam politik islam? 3.Apa itu negara.
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Sejarah dan Perkembangan F I Q H
Sebagai Upaya Mewujudkan dan Melestarikan Agama
SUMBER-SUMBER HUKUM ISLAM
Pengertian Ulumul Quran & Sejarah Perkembangannya
SUMBER AJARAN ISLAM Bagus Setiawan Dwi Ayu Setyaningrum
Materi Pertemuan 10 Sejarah Hukum Islam I
TAAT PADA ATURAN TAAT PADA ATURAN. QS. An – Nisa’ 4 : 59 Hai orang-orang yang beriman, ta`atilah Allah dan ta`atilah Rasul (Nya), dan ulil amri di antara.
Sejarah dan Perkembangan F I Q H
Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh
IJTIHAD Pengertian Ijtihad
Sejarah dan Perkembangan F I Q H
Transcript presentasi:

METODOLOGI EKONOMI ISLAM PERTEMUAN KEDUA TEAM TEACHING

AGENDA METODOLOGI DAN METODOLOGI EKONOMI PERSPEKTIF KONVENSIONAL METODOLOGI PERSPEKTIF ISLAM METODOLOGI AJARAN ISLAM METODOLOGI EKONOMI ISLAM

METODOLOGI KONVENSIONAL Disusun dengan metode ilmiah yang merupakan penggabungan pendekatan rasionalisme dengan empirisme Kebenaran yang diperoleh melalui scientific method adalah pengetahuan sehingga ilmu ekonomi disebut sebuah ilmu pengetahuan/science

ARTI PENTING METHODOLOGI EKONOMI (1) Menurut Blaugh dalam Khan (1994) Methodologi ilmu pengetahuan membahas secara kritis tentang : Konsep, Teori dan prinsip-prinsip dasar penalaran (basic principle of reasoning)

ARTI PENTING METHODOLOGI EKONOMI (2) Dalam wujud praktisnya, metodologi akan menghasilkan gambaran mengenai realita yang ada yang diwujudkan dari hubungan antara suatu variabel dengan variabel lainnya yang pada akhirnya menghasilkan suatu simpulan umum. Apabila hubungan itu mendekati kepastian maka terbentuklah hukum atau teori

METODOLOGI DALAM PANDANGAN ISLAM (1) Metodologi merupakan suatu keharusan, sebab prinsip ajaran islam adalah kebenaran. Manusia diperintahkan untuk mengikuti kebenaran dan dilarang mengikuti persangkaan (dzan), dan untuk mengikuti kebenaran manusia harus memiliki pengetahuan

METODOLOGI DALAM PANDANGAN ISLAM (2) QS : An –Najm (53 ayat 28). Kata Alhaq disini maksudnya adalah ilmu pasti yang bisa menjadi dasar-dasar atas keyakinan-keyakinan dan ia tidak bermakna selain itu

METODOLOGI AJARAN ISLAM

Ruang Kosong ( Wilayatul ‘Afwi – Ruang Ijtihad) Sumber Hukum Al-Qur’an As-Sunnah Ruang Kosong ( Wilayatul ‘Afwi – Ruang Ijtihad) Ushul Fiqh, Qawaid fiqhiyah Ijtihad Produk Ijtihad Yang Disepakati Sebagai Hujjah Yang Tidak Disepakati Sebagai Hujjah 8-Apr-17

IJMA QIYAS Istihsân Maslahah Mursalah Istishhâb ‘Urf Yang Tidak Disepakati Sebagai Hujjah Yang Disepakati Sebagai Hujjah Istihsân Maslahah Mursalah Istishhâb ‘Urf Syar’u Man Qablana Qaul as-Shahâbi Sadz-dzara’i IJMA QIYAS 8-Apr-17

METODOLOGI AJARAN ISLAM Sumber Hukum Islam Al’Qur’an Nama lainnya : Al Huda, al furqan (pembeda), Az-Zikr (peringatan), Asy syifa (obat), al’Ilm (Ilmu), Al Karim, Al Muhaimin Al Qur;an adalah kalamullah dalam arti sebenarnya , yaitu firman Allah untuk seluruh umat manusia melalui Muhammad SAW (Intermediary) As-Sunnah Ijtihad

MENAFSIRKAN AL-QUR’AN (1) Menafsirkan Al Qur’an dengan Al Qur’an yaitu menafsirkan suatu ayat dengan ayat yang lain (tafsir ayat bil ayat) misalnya QS :2 Ayat 3-4 menjelaskan kriteria orang bertaqwa yang telah disebutkan dalam ayat 2 Menafsirkan Ayat dengan Ayat dijamin Allah pasti tidak akan ada pertentangan (QS : An-Nisa (4) : 82)   Maka apakah mereka tidak memperhatikan Al Quran? Kalau kiranya Al Quran itu bukan dari sisi Allah, tentulah mereka mendapat pertentangan yang banyak di dalamnya.

MENAFSIRKAN AL-QUR’AN (2) Menafsirkan Al Qur’an dengan Sunnah, As- sunnah dapat menjadi penafsir (bayan tafsir) karena akhlaq Rasulullah SAW adalah Al Qu’an itu sendiri QS: An- Nahl (16 ayat 44).

MENAFSIRKAN AL-QUR’AN (3) Menafsirkan Al Qur’an dengan Penjelasan sahabat, ada 10 sahabat yang dipandang sebagai penafsir Al Qur’an yang utama (Al Qattan) Abu bakar as-shidiq Umar bin khatab Usman bin affan Ali bin Abi Thalib Abdullah bin mas’ud Abdullah ibnu Abbas Ubai bin Kaab Zaid bin Tsabit Abu Musa Al Asyari Abdullah ibnu zubair

MENAFSIRKAN AL-QUR’AN (4) Menafsirkan Al-Qur’an dengan pemikiran (tafsir bil Ra’y) harus memenuhi persyaratan antara lain : Menukilkan sumber penafsirannya dari Rasulullah SAW Mengambil sumber tafsir dari para sahabat (khususnya asbabun Nuzul) Mengambil tafsir dari kaidah bahasa arab Memperhatikan apa yang dikehendaki suatu ayat

AS-SUNNAH (1) As-sunnah merujuk pada : Dasar Hukum As-Sunnah Perkataan/Qaul Perbuatan/fi’il Pengakuan atau persetujuan Rasulullah Dasar Hukum As-Sunnah QS : Ali Imran :32 An-Najm : 3-4 An-Nisa : 59 An-Nisa : 80 Telah aku tinggalkan untuk kamu dua benda yang jika kamu berpegang teguh kepadanya maka tidak akan tersesat yaitu Kitabullah (Al-Qur’an) dan Sunnah Rasul (HR : Imam Malik)

AS-SUNNAH (2) 6 buku yang diterima secara luas sebagai himpunan hadist yang paling baik (sihah al sittah): Kitab Shahih Bukhari Kitab Shahih Muslim Kitab Sunan An-Nasai Kitab Sunan Abu Dawud Kitab Sunan At-Tirmidzi Kitab Sunanibnu Majah Kitab shahih adalah suatu buku yang hanya memamsukkan hadist-hadist shahih (kualifikasi tertinggi Kitab Sunan : memuat tidak hanya hadist-hadist shahih saja tetapi juga hadist yang memiliki kualifikasi di bawahnya misalnya hadist Hasan dan bahkan Dla’if

AS-SUNNAH (3) Prinsip Dasar Memahami As-Sunnah Meneliti ke shahihan suatu hadist dengan acuan ilmiah yang ditetapkan Memahami dengan benar nash-nash yang berasal dari Rasulullah SAW dengan kaidah bahasa Arab (asbabul wurud) Memastikan nash tersebut tidak bertentangan dengan nash yang lainnya

IJTIHAD Dasar Hukum : Ketika Rasulullah hendak mengutus Muads bin Jabal ke Yaman, Rasulullah bertanya “ bagaimana kamu akan memutuskan jika kepadamu dihadapkan satu perkara ?

METODE IJTIHAD Ijma, hasil kesepakatan dari para sahabat atau para mujtahid atas masalah tertentu yang tidak dijelaskan secara explisit dalam Al-Qur’an atupun As-Sunnah Dasar Hukum (An-Nisa : 60) Hadist : “Umatku tidak akan bersepakat untuk membuat kekeliruan (HR : Ibnu Majah) Apa yang dipandang baik oleh orang-orang mulim, disisi Allah pun dipandang baik (HR.Ahmad)

QIYAS Qiyas secara bahasa berarti mengukur atau menyamakan sesuatu hal dengan hal yang lain Qiyas secara definitif berarti menyamakan hukum sesuatu hal yang tidak terdapat ketentuannya dalam al-Qur’an dan As- Sunnah dengan hal lain yang ketentuannya telah disebutkan dalam Al-Qur’an dan As- Sunnah karena adanya persamaan penyebab (Illat)

MASLAHAH MURSALAH DAN ISTIHSAN Maslahah Mursalah adalah suatu metode penetapan hukum yang didasarkan pertimbangan pada manfaat (Maslahah) atau bahaya (Mudharat)bagi kehidupan masyarakat yang islami misalnya undang- undang pengupahan Istihsan secara bahasa berarti memandang baik dan benar pada sesuatu, tetapi secara teknis berarti memandang lebih baik meninggalkan isi dalil khusus untuk kembali kepada dalil umum yang dipandang lebih kuat mengenai hal-hal tertentu misalnya pencabutan hak milik pribadi

ISTISHAB Istishab adalah tetap menggunakan hukum yang telah ada karena tidak ada ketentuan lain yang merubah hukum tersebut misalnya : semua transaksi yang dilakukan atas dasar suka sama suka mubah

Al’Urf Al-Urf adalah kebiasaan yang telah berlaku secara merata disuatu masyarakat

METODOLOGI EKONOMI ISLAM Terdapat perbedaan kebenaran agama dengan kebenaran ilmiah maka penyusunan metodologi ekonomi Islam tidak sederhana, ada dua problematika utama : Bagaimana menempatkan wahyu Allah dalam pembentukan ilmu pengetahuan. Kebenaran wahyu bersifat dogmatis, sedangkan ilmu pengetahuan bersifat verifikatif Bagaimana menempatkan kebenaran rasional dan fakta empiris dalam kerangka metodologi ilmu pengetahuan yang islami

METODE MASHUDUL’ALAM CHOUWDHURY Dikenal dengan konsep Shuratic Process, yang menyatakan sumber utama dari pengetahuan (primordial stock of knowledge)adalah AlQu’an As-Sunnah sumber ilmu pengetahuan berikutnya Ijtihad, metode penentuan hukum manakala Al Qur’an dan Hadist tidak mengaturnya Metode induksi akan menghasilkan kesimpulan yang lebih operasional sebab ia didasarkan pada kenyataan empiris Selanjutnya merupakan elaborasi dari Al Qur’an, As-Sunnah dengan pemikiran dan penemuan manusia

METODE FAHIM KHAN (1) Sumber pembentukan ekonomi Islam Al Qur’an As-Sunnah Hukum Islam dan Yurispudensinya Sejarah perdban umat Islam Berbagai data yang berkaitan dengan kehidupan ekonomi Al Qur’an memuat prinsip-prinsip fundamental bagi segala jenis aktivitas manusia (Hard Core) : Qs Albaqarah : 276, Qs Ibrahim : 7, Qs Thaha : 124

PERBEDAAN METODOLOGI EKONOMI ISLAM DENGAN KONVENSIONAL MENURUT FAHIM KHAN framework utama dan paradigma dasar yang diderivasi dari suatu sumber yang bersifat baku, pasti,dan tidak dapat dirubah Cenderung menggunakan mtode induktif, meskipun tetap menggunakan metode deduktif Menempatkan nilai etika mis : kejujuran, keadilan,kesederhanaan Disiplin ilmu yang cenderung normatif Masalah ekonomi islam berkaitan dengan penciptaan falah Ekonomi onvensional Dibangun dari paradigma dasar yang masih dapat dipertanyakan dan dapat berubah Cenderung menggunakan metode deduktif, bahkan asumsi yang digunakan bersifat spekulatif Adanya pemisahan dimensi normatif dengan positif Disiplin ilmu yang cenderung positif Pengembangan ilmu pengetahuan saja

METODE UL HAQ Metode ekonomi Islam bertumpu pada dua hal mendasar : Perlunya pemahaman kritis atas Al-Qur’an dan As- Sunah Perlunya menciptakan metode yang kreatif dan inovatif sepanjang tidak bertentangan dengan Al- Qur’an dan As-Sunah

METODE MONZER KHAF Dalam membangun ekonomi Islam khaf mengajukan perlunya sikap kritis terhadap metodologi penafsiran Al Qur’an dan As- sunnah Metode kombinasi antara deduktif dengan retrospektif (dihasilkan teori-teori ekonomi Islam yang memiliki sandaran rasionalitas yang kokoh tetapi tetap realistis dan aplikatif

METODE ZARQA.....1 Muhammad Anas Zarqa (1992), menjelaskan bahwa ekonomi Islam itu terdiri dari 3 kerangka metodologi : Presumptions and ideas, atau ide dan prinsip dasar dari ekonomi Islam. Ide ini bersumber dari Al Qur’an, Sunnah, dan Fiqih Al Maqasid. Ide ini nantinya harus dapat diturunkan menjadi pendekatan yang ilmiah dalam membangun kerangka berpikir dari ekonomi Islam itu sendiri.

METODE ZARQA.....1 Nature of value judgement, atau pendekatan nilai dalam Islam terhadap kondisi ekonomi yang terjadi. Pendekatan ini berkaitan dengan konsep utilitas dalam Islam. 3. Positive part of economics science. Bagian ini menjelaskan tentang realita ekonomi dan bagaimana konsep Islam bisa diturunkan dalam kondisi nyata dan riil. Melalui tiga pendekatan metodologi tersebut, maka ekonomi Islam dibangun.