Pertemuan 22 BackTracking

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
1 Pertemuan 06 Manajemen Daftar Matakuliah: F0562 / Lab Pengantar Aplikasi Komputer Tahun: 2005 Versi: 1 / 0.
Advertisements

Algoritma Runut-balik (Backtracking)
Algoritma Runut-balik (Backtracking)
Design and Analysis of Algorithm Back Track Algorithm
1 Pertemuan > Matakuliah: >/ > Tahun: > Versi: >.
Algoritma Runut-balik (Backtracking)
Pertemuan 4 Aplikasi Perhitungan Gaya Dengan Program Komputer
Pertemuan 23 BRANCH AND BOUND (1)
1 Pertemuan 1 Algoritma Matakuliah: T0456 ~ Algoritma dan Metode Object Oriented Programming Tahun: 2005 Versi: 5.
1 Pertemuan 9 DIVIDE And CONQUER Matakuliah: T0034/Perancangan & Analisis Algoritma Tahun: 2005 Versi: R1/0.
Pertemuan 13 Dynamic Programming
Pertemuan 2 Pola Analisis, pasar dan pelaku ekonomi makro
1 Pertemuan 24 Branch and Bound II Matakuliah: T0034/Analisis & Perancangan Algoritma Tahun: 2005 Versi: 1/0.
Pertemuan 10 DIVIDE And CONQUER Lanjutan ….
1 Pertemuan 11 METODA GREEDY Matakuliah: T0034/Perancangan & Analisis Algoritma Tahun: 2005 Versi: R1/0.
1 Pertemuan 23 Branch And Bound I (B – A – B) Matakuliah: T0034/Analisis & Perancangan Algoritma Tahun: 2005 Versi: 1/0.
1 Pertemuan 25 LC-Branch-And-Bound Matakuliah: T0034/Analisis & Perancangan Algoritma Tahun: 2005 Versi: 1/0.
STRUKTUR BETON DI DALAM TEKAN PERTEMUAN 09
1 Pertemuan 26 Penyederhanaan dan Transformasi Aljabar Matakuliah: T0034/Analisis & Perancangan Algoritma Tahun: 2005 Versi: 1/0.
1 Pertemuan 2 Batas Suatu Jumlah (Review Mathematics Bounding Sumumation) Matika Jumlah Matakuliah: T0034/Perancangan & Analisis Algoritma Tahun: 2005.
Matakuliah : S0084 / Teori dan Perancangan Struktur Beton
1 Pertemuan 7 Klasifikasi dan Rekognisi Pola (1) Matakuliah: T0283 – Computer Vision Tahun: 2005 Versi: Revisi 1.
Pertemuan 5 Balok Keran dan Balok Konsol
Fungsi Logaritma Pertemuan 12
Pertemuan 10 Sendi-Sendi Arsitektur Modern
1 Pertemuan 5 PPh PASAL 21 Matakuliah: A0572/ Perpajakan Tahun: 2005 Versi: Revisi 1.
Pertemuan 10 Gaya – gaya dalam
Pertemuan 3 JARINGAN PERCEPTRON
Matakuliah : R0022/Pengantar Arsitektur Tahun : Sept 2005 Versi : 1/1
1 Pertemuan 14 APLIKASI BACK PROPAGATION Matakuliah: H0434/Jaringan Syaraf Tiruan Tahun: 2005 Versi: 1.
1 Pertemuan > > Matakuliah: > Tahun: > Versi: >. 2 Learning Outcomes Pada akhir pertemuan ini, diharapkan mahasiswa akan mampu : >
1 Pertemuan 9 Integral Matakuliah: R0262/Matematika Tahun: September 2005 Versi: 1/1.
1 Pertemuan 7 Diferensial Matakuliah: R0262/Matematika Tahun: September 2005 Versi: 1/1.
Matakuliah : R0262/Matematika Tahun : September 2005 Versi : 1/1
1 Pertemuan > > Matakuliah: >/ > Tahun: > Versi: >
Pertemuan 04 Fungsi-fungsi Microsoft Excel
1 Pertemuan 19 Rendering perspektif mata burung Matakuliah: R0124 / Teknik Komunikasi Arsitektur Tahun: 2005 Versi: >/ >
Pertemuan 22 BACKTRACKING
Matakuliah : K0074/Kalkulus III Tahun : 2005 Versi : 1/0
Pertemuan 24 Metode Unit Load
Pertemuan 2 Aljabar Matriks (I)
Pertemuan 12 METODA GREEDY lanjutan….
Masalah PL dgn Simpleks Pertemuan 3:
PENYALURAN TULANGAN Pertemuan 23
Pertemuan 1 Pengolahan vektor
Pertemuan 16 Flow Shop Scheduling
Pertemuan 10 ANALISA GAYA PADA KERANGKA BATANG
KRITERIA DESAIN, STANDAR DESAIN, DAN METODE ANALISIS PERTEMUAN 6
Matakuliah : K0074/Kalkulus III Tahun : 2005 Versi : 1/0
Inferensi Dua Nilaitengah Ganda (III)
Pertemuan 14 The Traveling Sales Person Problem
Pertemuan 18 Optimalisasi Kode dan Mewarnai Graph I
Pertemuan 10 Analisis State Space untuk sistem diskret
Pertemuan 3 PD Dapat Dihomogenkan
Pertemuan 16 SISTEM AKUNTANSI UTANG
Pertemuan 5 Solusi persamaan linier simultan
Pertemuan 4 Kombinasi linier vektor
Matakuliah : K0074/Kalkulus III Tahun : 2005 Versi : 1/0
Matakuliah : I0014 / Biostatistika Tahun : 2005 Versi : V1 / R1
Pertemuan 17 Lintasan Terpendek
Matakuliah : K0074/Kalkulus III Tahun : 2005 Versi : 1/0
Pertemuan 13 Metode Transportasi
Matakuliah : T0456 ~ Algoritma dan Metode Object Oriented Programming
Pertemuan 3 Aljabar Matriks (II)
Pertemuan 3 Diferensial
Matakuliah : I0014 / Biostatistika Tahun : 2005 Versi : V1 / R1
Tahun : <<2005>> Versi : <<1/2>>
KAPASITAS PENAMPANG MENAHAN GAYA LINTANG Pertemuan 13
Algoritma Runut-balik (Backtracking)
Pertemuan #13 Metoda Cholesky
Transcript presentasi:

Pertemuan 22 BackTracking Matakuliah : T0034/Analisis & Perancangan Algoritma Tahun : 2005 Versi : 1/0 Pertemuan 22 BackTracking

<< TIK-99 >> << TIK-99>> Learning Outcomes Pada akhir pertemuan ini, diharapkan mahasiswa akan mampu : << TIK-99 >> << TIK-99>>

Outline Materi Materi 1 Materi 2 Materi 3 Materi 4 Materi 5

Pendahuluan Menurut Kruse, backtracking adalah algoritma pelacakan yang mencoba mencari penyelesaian masalah dengan membangun ruang solusi pohon partial. Dari namanya, maka algoritma ini akan mundur ke solusi partial sebelumnya (backtracking), jika ter-dapat situasi yang tidak cocok dengan tuntutan masalah. Kemudian mencoba mencari kemungkinan lainnya.

Aplikasinya Gambarkan persoalan dalam ruang solusi pohon yang lengkap yaitu dengan menggambarkan semua yang mungkin. Kemudian telusuri solusi dengan metoda backtracking (gunakan fungsi objektip dan kendala) Cara lain, yaitu dengan membangun ruang solusi pohon partial dengan metoda backtracking.

Fungsi Obyektif (Objective Function) Bangun set solusi yang diinginkan, sesuai kendala sebagai (X1,X2,…Xn), dimana Xi Si Cari Vektor solusi yang mengoptimalkan fungsi objektip yang memenuhi kendali Pi

Ruang Solusi Pohon Partial Bangun simpul (Node) awal sebagai simpul hidup (E-node). Dengan E-Node, bangun Simpul berikut dengan metoda Depth-First-Search. Periksa kendala, jika kendala dipenuhi maka sebagai E-Node, jika tidak sebagai Simpul mati (D-Node) Jika yang didapat D-Node, backtrack ke E-Node diatasnya. Kemudian bangun Simpul berikutnya (cabang lain) Dan seterusnya, hingga di dapat solusi yang di inginkan.

Ruang Solusi Pohon Partial contd’ Contoh : N-Queen problem Ambil N = 4, 4 – queen problem Problemnya Tempatkan 4 queen problem pada papan 4 x 4 (4 baris x 4 kolom) Kendala: Tidak ada 2 atau lebih queen pada baris, kolom atau diagonal yang sama

Ruang Solusi Pohon Partial contd’ Contoh : N-Queen problem Ambil N = 4, 4 – queen problem Problemnya Tempatkan 4 queen problem pada papan 4 x 4 (4 baris x 4 kolom) Kendala: Tidak ada 2 atau lebih queen pada baris, kolom atau diagonal yang sama Solusi (a) (b) 1 2 3 4 1 2 3 4

Ruang Solusi Pohon Partial contd’ Ruang solusi pohon partial hasil backtracking dari solusi (a)

Ruang Solusi Partial Pohon contd’ xi = j , queen ke i pada baris ke i kolom ke j Cari solusi N-queen problem untuk N=8 Cari Solusi Sum of Subset Problemnya, mencari kombinasi dari n bilangan positif yang jumlah-nya sama dengan M

End of Pertemuan 22