Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MATERI: MANAJEMEN OPERASIONAL I Dosen: Carlito da Silva, L.Ec Referensi: Drs. Suyadi Prawirosentono, MBA: Manajemen Operasi (Analisis dan Studi Kasus)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MATERI: MANAJEMEN OPERASIONAL I Dosen: Carlito da Silva, L.Ec Referensi: Drs. Suyadi Prawirosentono, MBA: Manajemen Operasi (Analisis dan Studi Kasus)"— Transcript presentasi:

1

2 MATERI: MANAJEMEN OPERASIONAL I Dosen: Carlito da Silva, L.Ec Referensi: Drs. Suyadi Prawirosentono, MBA: Manajemen Operasi (Analisis dan Studi Kasus) Barry Render & Jai Hayzer : Prinsip-Prinsip Manajemen Operasi Drs. Agus Ahyari – Proses Produksi dan Sistem Produksi

3 Profile: Dosen Pengasuh Nama: Carlito da Silva TTL: Lospalos, 20 Juni 1980 Pendidikan: Strata 1 (Manajemen Pemasan) Judul Penelitian: Analisis Pengaruh Penetapan Harga dan Minat Konsumen terhadap Volume Penjualan (Studi Kasus pada Perusahaan Imanuel-Dili) Bebas Teori: 2006 Sidang Skripsi: Tanggal, 06 Desember 2008 Wisuda: Tanggal, 31 Agustus 2010 Gelar Akademik: L.Ec Riwayat Pendidikan Formal: 1. SDN 17 Iralafai – Lospalos (1988 – 1994) 2. SMP Collegio Dom Bosco Fuiloro (1994 – 1997) 3. SMUN 1 Lospalos (1997 – 2000) 4. Universitas Oriental (2002 – 2004)

4 Pengalaman Kerja 2013 : Kepala BAAK pada Kabinet Wakil Rektor I untuk urusan Akademik. 2013: Ketua Diskusi Ilmiah tentang Masalah Ekonomi, Politik, Hukum, Keamanan dan Isu Global pada Organisasi IODG (International Online Discussion Group) 2010 – 2012 : Dosen Partime UNITAL 2010 : Operator System Database pada Kabinet Wakil Rektor III untuk urusan Kemahasiswaan : Teknisi Komputer pada lembaga non pemerintahaan seperti (CHJTL, ONG Timor Verde, East Sun Rise, Perusahaan Susuara, Lemorai Consultant, LAN Elektro, CETIN Computer, CHJTL dll. 2008: Manajer Program capacity Building pada organisasi CHJTL : Assistant Operator Database System pada Komisaun Nasional Eleitoral (STAE) 2007: Assisten Peneliti tentang masalah usaha kecil di ONG Belta Tres : Kepala Komunikasi Sosial (Jornalistik) di organisasi kemahasiswaan MESTAL (Unital)

5 2006 – 2008: Coordinator Capacity Buinding pada organisasi Centro Treinamento Ita Nian (CETIN) 2006: Kepala Bagian Turismo pada organisasi ICNTL 2006: Kepala Kabinet pada Instituto Cultura Nacional de Timor – Leste (ICNTL).

6 Diskusi-diskusi Ilmiah yang diikuti – 2013: Diskusi Ilmiah tentang masalah Politik, Ekonomi, Hukum, Keamanan dan Isu Global di IODG 2. Resolution Conflict

7 ARTI DAN RUANG LINGKUP MANAJEMEN OPERASIONAL

8 Arti Manajemen Operasional Manajemen Operasi (Produksi) adalah perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan dari urutan berbagai kegiatan (set of activities) untuk membuat barang (produk) yang berasal dari bahan baku dan bahan penolong lain. Proses kegiatan yang mengubah bahan baku menjadi barang lain yang mempunyai nilai tambah lebih tinggi disebut proses produksi. Istilah proses produksi dalam bahasa inggris adalah manufacture.

9 Berdasarkan realistik, banyak orang menyalahartikan kata-kata manajemen produksi, manufaktur dan industri. Oleh karena itu, pada bab ini kita akan menbahas tentang berbagai istilah sebagai berikut:

10 Masalah-masalah penting yang akan dibahas : 1. Industri 2. Manufaktur dan Proses Produksi 3. Manajemen Produksi 4. Perusahaan Sebagai Anggota Industri 5. Klasifikasi Industri di Timor-Leste dan negara- negara berkembang lainnya. 6. Masyarakat Industri 7. Hubungan Industri dan Perekonomian Timor-Leste

11 Setelah mempelajari bab ini diharapkan anda mampu menjelaskan tentang arti: 1. Jenis Industri 2. Manufaktur dan Proses Produksi 3. Manajemen Produksi 4. Klasifikasi Industri di Timor-Leste dan negara berkembang lainnya 5. Peranan Industri Manufaktur dalam Perekonomian Timor-Leste

12 1. Pengertian Industri Manufaktur Arti Industri: Industri adalah: kelompok perusahaan yang menghasilkan dan menjual barang sejenis atau jasa sejenis. Contohnya: Industri tekstil adalah kelompok perusahaan yang menghasilkan dan menjual bahan baku tekstil, barang setengah jadi tekstil, dan barang jadi tekstil. Contohnya PT. Dili Tais, PT. Rukutana. Menghasilkan benang menjadi baju, celana, jas. Demikian pula industri batako adalah kelompok perusahaan yang menghasilkan barang setengah jadi batako, dan barang jadi batako. Contoh: PT. Timor Blok, PT. Leste of Techology. Menghasilkan batako.

13 Arti Manufaktur Manufaktur berasal dari kata manufacture yang berarti membuat dengan tangan (manual) atau dengan mesin sehingga menghasilkan suatu barang. Misalnya membuat kue, baik dengan tangan maupun mesin merupakan kegiatan yang disebut manufaktur. Jadi manufaktur adalah kegiatan-kegiatan yang memproses pengelohan input menjadi output. Hal ini dapat digambarkan sebagai berikut: Kegiatan Satu Tahap Manufaktur Input Proses Output Pengolahan Limbah Industri

14 Proses pengolahan Input menjadi Output Prose pengolahn input menjadi output dapat bertahap, artinya beberapa kali proses pengolahan, yakni sebagai berikut: Kegiatan Manufaktur Bertahap Input Barang Setengah Jadi Limbah Industri Output Proses IProses II

15 Kegiatan Manufaktur Kegiatan manufaktur dapat dilakukan oleh perorangan maupun oleh perusahaan. Jika kegiatan manufaktur dilakukan oleh perorangan, orang tersebut dinamakan manufacturer. Jika perusahaan yang melakukan kegiatan manufaktur, maka perusahaan tersebut dinamakan manufacturing company (perusahaan manufaktur).

16 Arti Industri Manufaktur Yang dimaksud dengan industri manufaktur adalah kelompok perusahaan sejenis yang mengolah bahan-bahan menjadi bahan setengah atau barang jadi yang bernilai tambah lebih besar.

17 Arti Jasa Selain manufaktur dikenal pula istilah nonmanufaktur atau disebut industri jasa (services) dan istilah services ini merupakan ungkapan kata untuk barang yang tidak dapat dipegang secara fisik. Misalnya jasa angkutan tidak bisa dipegang namun dapat dinikmati hasilnya.

18 Arti Perusahaan Jasa Perusahaan jasa adalah perusahaan yang melakukan urutan-urutan kegiatan tertentu sehingga menghasilkan jasa. - Perusahaan jasa penerbangan adalah perusahaan yang melaksanakan berbagai kegiatan sehingga menghasilkan jasa penerbangan atau jasa pemindahan barang dari satu tempat ke tempat lain sesuai dengan keinginan pemilik barang atau Passanger airline. Contoh: Lorico Airline, Timor Airline, Lorico Airline.

19 Arti dan Ruang Lingkup Manajemen Produksi Kata produksi berasal dari kata production, yang secara umum dapat diartikan membuat atau menghasilkan suatu barang dari berbagai bahan lain. Contoh: seseorang ingin membuat kue atau roti. Kue atau roti memerlukan bahan kombinasi dari bahan lain seperti: Terigu, Gula, Telor dll.

20 Arti Manajemen Sedangkan arti manajemen adalah mengelola yang mempunyai fungsi-fungsi sebagai berikut: Merencanakan, Mengorganisasikan, Mengarahkan, Mengangkat Pegawai, dan Mengawasi. Jadi manajemen produksi mempunya ruang lingkup merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan, mengangkat petugas, dan mengawasi kegiatan produksi, agar diperoleh produk yang direncanakan.

21 Ruang Lingkup Manajemen Produksi Ruang lingkup manajemen produksi adalah sebagai berikut: 1. Perencanaan Produksi (PP) atau planning production. 2. Pelaksanaan Produksi. 3. Pengendalian Produksi atau production control.

22 Siklus Manajemen Produksi Gambar Siklus Manajemen Produksi Tahan Kegiatan Operasi dalam Perusahaan Perencanaan Produksi Penyediaan Modal -Tenaga kerja - Mesin dan Peralatan - Bahan baku - Tanah dan gedung - dan sebaganya Barang Jadi Konsumen Proses Pengolahan Pengendalian Produksi Pelaksanaan Produksi Pembelian Faktor-faktor Produksi

23 Berdasarkan perencanaan jenis dan skala produksi dapat dihitung kebutuhan modal. Dengan modal yang tersedia, selanjutnya dapat menyediakan atau membeli faktor produksi seperti tenaga kerja, mesin, bahan baku, tanah dan gedung dll. Seluruh faktor produksi berinteraksi dalam proses produksi dengan cara sebagai berikut:

24 Tenaga Kerja (Manusia) Tenaga kerja atau manusia merupakan faktor produksi terpenting dalam pelaksanaan suatu proses produksi. Tenaga kerja selain bertindak sebagai tenaga administrasi juga terdapat tenaga kerja langsung untuk mengoperasikan mesin- mesin produksi yang menolong bahan baku dan bahan penolong menjadi barang jadi atau barang setengah jadi.

25 Resume Industri merupakan kelompok perusahaan-perusahaan yang menghasilkan produk (barang dan jasa) yang sejenis. Misalnya industri batako terdiri dari perusahaan penghasil produk batako. Perusahaan manufaktur adalah perusahaan yang memproses bahan mentah dan bahan penolong menjadi barang setengah jadi, lalu diproses lebih lanjut menjadi barang jadi. Misalnya perusahaan kayu lapis mengolah kayu jati menjadi kayu lapis untuk pintu dan sebagainya. Perusahaan jasa adalah perusahaan nonmanufaktur seperti hotel, angkutan, bengkel reparasi, dsb.

26 Soal: Esai 1. Jelaskan dan berikan contoh arti dari Industri! 2. Apa berbedaan Industri Manufaktur dan Industri Jasa! 3. Jelaskan tentang proses produksi pada perusahaan yang terdapat di sekitar kehidupan Anda! 4. Berikan contoh-contoh perusahaan nonmanufaktur (Jasa)! 5. Jelaskan dan berikan contoh-contoh lain tentang proses produksi bertahap!

27 2. Jenis Proses Produksi (Manufacturing)


Download ppt "MATERI: MANAJEMEN OPERASIONAL I Dosen: Carlito da Silva, L.Ec Referensi: Drs. Suyadi Prawirosentono, MBA: Manajemen Operasi (Analisis dan Studi Kasus)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google