Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Oleh : TRI ADHIE SATIVA 3333071279.  Kinerja SCM (supply chain management), pemilihan suplier, kualitas SCM, kepuasan pelanggan dan sebagainya merupakan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Oleh : TRI ADHIE SATIVA 3333071279.  Kinerja SCM (supply chain management), pemilihan suplier, kualitas SCM, kepuasan pelanggan dan sebagainya merupakan."— Transcript presentasi:

1 Oleh : TRI ADHIE SATIVA

2

3  Kinerja SCM (supply chain management), pemilihan suplier, kualitas SCM, kepuasan pelanggan dan sebagainya merupakan bahasan yang paling diteliti dalam lingkup manajemen rantai pasok semenjak  Banyak Penelitian yang telah dilakukan dalam ruang lingkup pemilihan dan evaluasi pemasok.  Saat ini, industri otomotif menerapkan sistem penerimaan tepat waktu kepada pemasok mereka, sehingga perusahaan ini menerapkan sistem produksi tepat waktu.

4  Sistem Produksi Tepat Waktu ( Just In Time) adalah sistem produksi yang pergerakan barang selama produksi dan pengiriman dari pemasok sangat diperhatikan waktunya sehingga diperoleh komponen yang tepat, dalam kuantitas yang tepat dan dalam waktu yang tepat.  Keberhasilan JIT tergantung pada kemampuan pemasok perusahaan untuk memenuhi beberapa kriteria pada kualitas, kuantitas dan kinerja pengiriman.  Berdasarkan Quality Management System (QMS), perusahaan harus mengevaluasi dan memilih pemasok berdasarkan kemampuannya dalam memenuhi kebutuhan perusahaan agar bisa memenuhi ISO

5  Manajemen rantai pasok dapat dilihat sebagai pengelolaan strategis proses pengadaan, pergerakan, dan penyimpanan bahan, komponen, serta persediaan akhir dan juga terkait alur informasi dan pemasaran sehingga kemungkinan pengeluaran biaya saat ini dan kemudian menjadi efektif. (Rahul andAltekar, 2005). PSA PEOGEOUT CITROEN menyatakan bahwa kualitas dari kendaraan mereka 70% tergantung pada kualitas pemasok. Sebuah studi juga dilakukan di PROTON. PROTON menerapkan skema rating pemasok dari segi manajemen, kemampuan keuangan, teknis, kualitas, pengiriman, pelayanan, harga, dll

6  Keterkaitan antara pemasok dan departemen internal mempunyai dampak signifikan pada kinerja manajemen rantai pasok keseluruhan.  Pengiriman tepat waktu, mengurangi waktu respon, menentukan kebutuhan pelanggan di masa depan juga sangat memiliki pengaruh yang besar terhadap kinerja manajemen rantai pasok.  Komunikasi yang baik antara pemasok dan perusahaan perlu dijalin dengan baik, agar tidak ada ketidakpuasan yang tidak tersalurkan. Untuk itu penting sekali melakukan pemilihan dalam menentukan pemasok untuk sebuah perusahaan. Dan salah satu alatnya adalah Statistical Process Control (SPC).

7  SPC menawarkan teknik penyelidikan dari dinamika kegagalan kinerja pemasok.  Hubungan antara QMS, SPC, dan SCM

8

9  Pengukuran pengiriman dirumuskan :  Keterangan :OTD = On Time Delivery  UCL : Batas Kontrol Atas ; LCL : Batas Kontrol bawah

10  Berdasarkan persamaan dan sesuai dengan diusulkan model konseptual, vendor otomotif dipilih sebagai studi kasus dengan 4 subgrup.  Berikut adalah data pengiriman yang telah diolah secara statistik

11

12

13

14  Hasil :  Investigasi terhadap kinerja pengiriman dapat dimonitor dengan peta kendali.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa data OTD mendekati distribusi nilai terkecil ekstrim.  Tindakan korektif untuk pemasok : a. Mengurangi penyimpangan dan jangkauan pengiriman b. Menyesuaikan rata- rata pengiriman dengan target dan meeningkatkan rata – pengiriman.

15  Kinerja pengiriman adalah salah satu indikator yang paling penting dalam pengukuran kinerja pemasok.  Peta kendali dapat digunakan untuk memantau kinerja pengiriman.  Perusahaan bisa mengambil tindakan berdasarkan hasil pantauan tersebut.

16


Download ppt "Oleh : TRI ADHIE SATIVA 3333071279.  Kinerja SCM (supply chain management), pemilihan suplier, kualitas SCM, kepuasan pelanggan dan sebagainya merupakan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google