Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SUMBER BELAJAR Oleh : Laila Nursafitri, S.Pd, M.Pd.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SUMBER BELAJAR Oleh : Laila Nursafitri, S.Pd, M.Pd."— Transcript presentasi:

1 SUMBER BELAJAR Oleh : Laila Nursafitri, S.Pd, M.Pd

2 Pengertian Sumber Belajar  Yusufhadi Miarso (1984: 9) mendefinisikan sumber belajar sebagai sesuatu yang digunakan peserta didik untuk belajar, baik secara khusus dirancang oleh guru ataupun secara alamiah tersedia dilingkungannya.  Menurut Hamruni (2009: 12) sumber belajar adalah segala sesuatu yang dapat dipergunakan sebagai tempat atau rujukan di mana bahan pembelajaran bisa diperoleh.

3 Manfaat dan Fungsi Sumber Belajar  Sumber belajar dapat memberi pengalaman belajar yang konkrit an langsung kepada peserta didik, seperti dalam kegiatan pembelajaran darmawisata ke industri kerajinan, ke musium-musium  Sumber belajar dapat menyajikan sesuatu yang tidak mungkin dihadirkan, diadakan, dikunjungi. Atau dilihat secara langsung dan nyata. Seperti: model, denah, sketsa, foto-foto, film, dan sebagainya.  Sumber belajar dapat memberikan informasi yang teliti dan jelas serta terbaru. Misalnya: buku teks, buku bacaan, ensiklopedia, majalah, jurnal, nara sumber, dan sebagainya.

4  Sumber belajar dapat menambah dan memperluas cakrawala pesan pembelajaran yang disampaikan di dalam kelas. Misalnya: buku teks, video pembelajaran, foto-foto, majalah, nara sumber dan lain-lain.  Sumber belajar dapat membantu memecahkan masalah pembelajaran atau juga pendidikan baik dalam lingkup makro maupun mikro. Sebagai contoh dalam lingkup makro yaitu: sistem penyampaian pesan antara lain modul, belajar jarak jauh, dan lain-lain.

5  Sumber belajar dapat memberi motivasi yang pasif, lebih-lebih jika direncanakan dan dikelola dengan baik pemanfaatannya.  Sumber belajar dapat merngsang untuk berfikir, bersikap dan berkembang lebih lanjut. Misalnya: buku bacaan, film, program komputer pembelajaran, dan lain-lain yang mengandung daya penalaran yang mampu membuat si pengguna terangsang untuk berfikir, menganalisa dan berkembng lebih lanjut.

6 Manfaat sumber belajar  Meningkatkan produktiftas pendidikan dengan jalan memperlancar laju belajar dan membantu guru dalam menggunakan waktu serta mengurangi beban guru dalam menyajikan informasi.  Memberi kemungkinan pendidikan yang sifatnya lebih individual dengan jalan mengurangi kontrol guru yang kaku dan tradisional, serta memberi kesempatan siswa berkembang sesuai dengan kemampuan.  Memungkinkan belajar secara seketika, karena dapat memperjelas hubungan antara mata pelajaran bersifat verbal dan abstrak dengan yang kongkret, juga memberi pengetahuan secara langsung.


Download ppt "SUMBER BELAJAR Oleh : Laila Nursafitri, S.Pd, M.Pd."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google