Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ANALISIS VARIANSI (ANOVA) Pertemuan 11 dan 12. Asumsi-asumsi yang mendasari analisis variansi adalah :  Populasi-populasi yang diteliti memiliki distribusi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ANALISIS VARIANSI (ANOVA) Pertemuan 11 dan 12. Asumsi-asumsi yang mendasari analisis variansi adalah :  Populasi-populasi yang diteliti memiliki distribusi."— Transcript presentasi:

1 ANALISIS VARIANSI (ANOVA) Pertemuan 11 dan 12

2 Asumsi-asumsi yang mendasari analisis variansi adalah :  Populasi-populasi yang diteliti memiliki distribusi normal.  Populasi-populasi tersebut memiliki standar deviasi yang sama (atau variansi yang sama).  Sampel yang ditarik dari populasi tersebut bersifat bebas, dan sampel ditarik secara acak.

3 Prosedur analisis variansi adalah   Menentukan H 0 dan H 1. H 0 :  1 =  2 =  3 = ……=  k H 1 : paling sedikit dua diantara rata- rata tersebut tidak sama   Menentukan taraf nyata .

4  Uji statistik (tabel Anova): Sumber Variasi Jumlah Kuadrat Derajat BebasRata-rata Kuadrat F hitungan PerlakuanJKA GalatJKG TotalJKT

5  Daerah kritis : H 0 ditolak bila F hitungan >  Kesimpulan

6 Analisis Variansi Dua Arah  Untuk menentukan apakah ada variasi dalam pengamatan yang diakibatkan oleh perbedaan dalam perlakuan, uji hipotesisnya adalah : H 0 :  1. =  2. = … =  k. atau bisa dituliskan H 0 :  1 =  2 = … =  k H 1 : paling sedikit dua diantaranya tidak sama  Untuk menentukan apakah ada variasi dalam pengamatan yang diakibatkan oleh perbedaan dalam blok, uji hipotesisnya adalah : H 0 : .1 = .2 = … = .b atau bisa dituliskan H 0 :  1 =  2 = … =  b H 1 : paling sedikit dua diantaranya tidak sama

7  Tabel Anova: Sumber VariasiJumlah Kuadrat Derajat BebasRata-rata KuadratF hitung Perlakuan JKA BlokJKB GalatJKG TotalJKT

8  Daerah kritis : H 0 ditolak pada taraf keberartian  jika F 1 > H 0 ditolak pada taraf keberartian  jika F 2 >

9 Uji Kesamaan Beberapa Variansi  Analisis variansi satu arah hanya dapat dilakukan apabila variansi dari k-populasi adalah sama (homogen).  Bila syarat tersebut tidak dipenuhi, maka uji analisis variansi tidak dapat dilakukan

10 Uji Bartlett  H 0 :  1 2 =  2 2 =  3 2 = …. =  k 2  H 1 : tidak semua variansi sama  Uji statistik :  Daerah kritis : H 0 ditolak jika b > 2 ,k-1  Kesimpulan Hitungan :

11 uji Cochran  Pemakaiannya terbatas hanya untuk sampel yang ukurannya sama.  Statistik uji yang digunakan adalah :  Daerah kritis adalah H 0 ditolak jika G > g ,n,k dimana nilai g ,n,k diperoleh dari tabel nilai kritis untuk uji Cochran.


Download ppt "ANALISIS VARIANSI (ANOVA) Pertemuan 11 dan 12. Asumsi-asumsi yang mendasari analisis variansi adalah :  Populasi-populasi yang diteliti memiliki distribusi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google