Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

0 Bab SEBELAS. 1 Fungsi komunikasi Perilaku Elemen kendali. Membantu perkembangan motivasi untuk apa yang akan dilaksanakan. Sediakan suatu pelepasan/release.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "0 Bab SEBELAS. 1 Fungsi komunikasi Perilaku Elemen kendali. Membantu perkembangan motivasi untuk apa yang akan dilaksanakan. Sediakan suatu pelepasan/release."— Transcript presentasi:

1 0 Bab SEBELAS

2 1 Fungsi komunikasi Perilaku Elemen kendali. Membantu perkembangan motivasi untuk apa yang akan dilaksanakan. Sediakan suatu pelepasan/release untuk ungkapan emosional. Sediakan informasi memerlukan untuk keputusan buatan. Fungsi komunikasi Perilaku Elemen kendali. Membantu perkembangan motivasi untuk apa yang akan dilaksanakan. Sediakan suatu pelepasan/release untuk ungkapan emosional. Sediakan informasi memerlukan untuk keputusan buatan. Komunikasi Pemindahan dan pemahaman arti.

3 2 PROSES KOMUNIKASI  SALURAN Saluran proses komunikasi medium yang terpilih oleh pengirim dengan mana pesan bepergian kepada penerima itu.  Jenis-jenis saluran Saluran formal  Yaitu saluran yang yang dibentuk oleh organisasi dan memancarkan pesan yang dihubungkan dengan aktivitas anggota yang profesional. Saluran informal  Digunakan untuk menghantarkan pesan sosial atau pribadi di dalam organisasi itu.Saluran informal ini secara spontan muncul sebagai tanggapan ke aneka pilihan individu.

4 3 Unsur-unsur Proses Komunikasi Pengirim Sandi Pesan Saluran Kode Penerima Sumber Umpan balik

5 4 Model proses komunikasi Proses komunikasi Langkah-langkah itu adalah antar suatu sumber dan suatu penerima yang mengakibatkan pemahaman dan pemindahan maksud. E X H I B I T 11–1

6 Arah Komunikasi NaikNaikSampingSampingTurunTurun

7 © 2007 Prentice Hall Inc. All rights reserved. Komunikasi Antar Pribadi  Komunikasi lisan –Keuntungan: Cepat dan interaktif –Kerugian:Terdapat penyimpangan pesan  Komunikasi tertulis –Keuntungan:veriable dan terukur –Kerugian:Waktunya lama dan kurang interaktif  Komunikasi nonverbal –Keuntungan:Mendukung komunikasi lain dan menyediakan ungkapan perasaan dan emosi yang tampak. –Kerugian:Menimbulkan persepsi bahasa tubuh atau isyarat dapat mempengaruhi penerima yang menafsirkan pesan

8 Komunikasi Non-Verbal Bahasa tubuh Ekspresi wajah Intonasi © 2007 Prentice Hall Inc. All rights reserved. Jarak fisik

9 8 Intonasi:Bagaimana cara mengungkapkan E X H I B I T 11–2 Ubah nada dan pengertianmu Source: Based on M. Kiely, “When ‘No’ Means ‘Yes,’ ” Marketing, October 1993, pp. 7–9. Reproduced in A. Huczynski and D. Buchanan, Organizational Behaviour, 4th ed. (Essex, England: Pearson Education, 2001), p Placement of the emphasis What it means Why don’t I take you to dinner tonight?I was going to take someone else. Why don’t I take you to dinner tonight? Instead of the guy you were going with. Why don’t I take you to dinner tonight? I’m trying to find a reason why I shouldn’t take you. Why don’t I take you to dinner tonight? Do you have a problem with me? Why don’t I take you to dinner tonight? Instead of going on your own. Why don’t I take you to dinner tonight? Instead of lunch tomorrow. Why don’t I take you to dinner tonight? Not tomorrow night.

10 9 Tiga kelompok jaringan yang umum E X H I B I T 11–3

11 10 Kelompok jaringan kecil dan ukuran-ukuran efektifitasnya E X H I B I T 11–4 Tipe tipe jaringan Kriteria RantaiRoda Semuasaluran Kecepatan Moderat CepatCepat Ketelitian Tinggi Tinggi Moderat Emergence of a leader Moderat TinggiTidak ada Kepuasan anggotaModerat Rendah Tinggi

12 11 Grapevine Karakterisrik grafik anggur Informal,tidak dikendalikan oleh manajemen Dirasakan oleh kebanyakan karyawan sebagai hal yang lebih dapat dipercaya dibandingkan komunikasi formal Sebagian besar digunakan untuk pelayanan kepentingan diri dari mereka yang menggunakannya Akibat dari:  Keinginan untuk informasi tentang situasi penting  Keadaan yang ambigu  Keadaan yang mengakibatkan ketertarikan

13 KontrolKontrolKeahlianKeahlian KetertarikandiriKetertarikandiri Diagram Grapevine

14 13 Cara untuk mengurangi konsekwensi desas-desus/selentingan E X H I B I T 11–5 1.Mengumumkam waktu untuk membuat keputusan penting. 2.Menjelaskan keputusan dan perilaku yang tampak introvert dan plin-plan. 3.Menekankan sisi menurun tentang keputusan sekarang dan rencana masa depan. 4.Mendiskusikan secara terbuka kemungkinan kasus terburuk dimana hal itu hampir tidak pernah sama dengan apa yang diprediksikan. Source: Adapted from L. Hirschhorn, “Managing Rumors,” in L. Hirschhorn (ed.), Cutting Back (San Francisco: Jossey-Bass, 1983), pp. 54–56. With permission.

15 14 Komunikasi komputer-aided Keuntungan:Ditulis,dikirim dan disimpan dengan cepat,Biaya untuk pendistribusian relatif rendah Kerugian: Beban informasi terlalu barat, Tidak adanya unsur emosional, Tidak individual. Pesan Singkat Keuntungan: atau pesan langsung dikirimkan pada layar penerima pesan Kerugian:Dapat mengganggu dan mengacaukan.

16 15 Komunikasi Computer-Aided (sambungan) Intranet Suatu jaringan informasi sebuah organisasi pribadi Extranet Suatu jaringan informasi yang menghubungkan karyawan dengan penyuplai,pelanggan, dan mitra atau partner. Video konfrensi Suatu perluasan intranet atau ekstranet yang memungkinkan pertemuan face-to-face via jaringan video.

17 16 Knowledge Management (KM) Mengapa KM penting: Aset intelektual sama pentingnya dengan aset fisik. Ketika individu pergi untuk cuti maka pengetahuan dan pengalaman mereka juga ikut. Sebuah sistem KM mengurangi pemborosan dan membuat organisasi lebih efisien. Mengapa KM penting: Aset intelektual sama pentingnya dengan aset fisik. Ketika individu pergi untuk cuti maka pengetahuan dan pengalaman mereka juga ikut. Sebuah sistem KM mengurangi pemborosan dan membuat organisasi lebih efisien. Knowledge Management Suatu proses pengorganisasian dan pendistribusian dari suatu kebijaksanaan organisasi untuk mendapatkan informasi yang benar dari orang yang tepat pada waktu yang tepat.

18 17 Pilihan saluran komunikasi Karakteristik kesempurnaan saluran: 1.Menangani berbagai isyarat secara serempak. 2.Memudahkan umpan balik dengan cepat. 3.Apakah konteks itu sangat pribadi. Karakteristik kesempurnaan saluran: 1.Menangani berbagai isyarat secara serempak. 2.Memudahkan umpan balik dengan cepat. 3.Apakah konteks itu sangat pribadi. Kesempurnaan Saluran Sejumlah informasi yang dapat dipancarkan pada suatu peristiwa komunikasi.

19 18 Kesempurnaan Informasi dari Saluran Komunikasi Kesempurnaan saluran yang rendah Kesempurnaan saluran yang tinggi RoutineNonroutine E X H I B I T 11–7 Source: Based on R.H. Lengel and D.L. Daft, “The Selection of Communication Media as an Executive Skill,” Academy of Management Executive, August 1988, pp. 225–32; and R.L. Daft and R.H. Lengel, “Organizational Information Requirements, Media Richness, and Structural Design,” Managerial Science, May 1996, pp. 554–72. Reproduced from R.L. Daft and R.A. Noe, Organizational Behavior (Fort Worth, TX: Harcourt, 2001), p. 311.

20 19 Penghalang Komunikasi yang Efektif Penyaringan Sebuah manipulasi pengiriman informasi sehingga akan terlihat lebih baik oleh penerima. Persepsi yang selektif Orang secara selektif memilih dengan mengintepretasikan apa yang mereka lihat atas dasar minat mereka, latar belakang, pengalaman, dan sikap. Kelebihan informasi Sebuah kondisi dimana informasi melebihi kapasitas yang dapat diproses individu.

21 20 Penghalang Komunikasi Efektif (sambungan) Emosi Bagaimana perasaaan penerima ketika suatu pesan diterima akan mempengaruhi bagaimana pesan itu diartikan. Bahasa Kata yang mempunyai maksud yang berbeda kepada orang yang berbeda. Pengertian Komunikasi Ketertarikan dan tekanan yang tidak pantas tentang komunikasi lisan, komunikasi tertulis atau kedua-duanya.

22 © 2007 Prentice Hall Inc. All rights reserved. Penghalang komunikasi antara laki-laki dan perempuan  Laki-laki mengarah pada: –Status penekanan, tenaga atau Kekuasaan dan kebebasan –Keluhan karena wanita bicara terus menerus. –Penawaran solusi –Bualan atas pemenuhan mereka.  Wanita mengarah pada: –Penetapan koneksi dan keakraban –Mengkritik laki-laki yang tidak mendengar. –Berbicara tentang permasalahan untuk mempromosikan kedekatan. –Menyatakan penyesalan dan memberikan pertimbangan atas suatu percakapan.

23 22 Kesunyian sebagai Komunikasi Ketiadaan suara atau suara gaduh Ketiadaan suara atau suara gaduh –Bentuk Kekuatan dari Komunikasi –Dapat menandai adanya: Pemikiran Pemikiran Kemarahan Kemarahan Ketakutan Ketakutan –Melihat gaps, sela, dan keraguan didalam percakapan.

24 23 Komunikasi “mengoreksi secara politis” Meniru kata-kata tertentu, menakut-nakuti, dan menghina individu. Dalam suatu kekuatan pekerja yang berbeda, kita harus sensitif terhadap bagaimana kata-kata itu mempengaruhi orang lain. Yang dipindahkan : orang cacat jasmani, buta, dan lebih tua. Digantikan dengan : kelemahan fisik, lemahnya penglihatan, dan senior. Pemindahan kata-kata tertentu dari kosakata membuat lebih keras untuk komunikasi yang teliti. Yang dipindahkan : sampah, kuota, dan wanita-wanita. Digantikan dengan terminologi : barang sisa, hak kekayaan bidang pendidikan, dan gender.

25 24 Source: The Far Side by Gary Larson © 1994 Far Works, Inc. All rights reserved. Used with permission. E X H I B I T 11–8

26 Arti Tambahan Kata Kata Ilmu Semantik PerbedaanNadaPerbedaanNadaPerbedaanPersepsiPerbedaanPersepsiPenghalangKeefektifanCross-KomunikasiKultural ﴀ © 2007 Prentice Hall Inc. All rights reserved.

27 26 Maksud isyarat-isyarat tangan berbeda di setiap negara E X H I B I T 11–9

28 27 Maksud isyarat-isyarat tangan berbeda di setiap negara E X H I B I T 11–9 (cont’d)

29 28 Penghalang Komunikasi dan Konteks Budaya High-Konteks Kultur Kultur yang sangat mempercayakan pada isyarat nonverbal dan sulit dipisahkan dari situasional ke komunikasi. Low-Konteks Kultur Kultur yang sangat mempercayakan pada kata- kata untuk menyampaikan maksud dari komunikasi.

30 29 High- vs. Low- Konteks Kultur E X H I B I T 11–10

31 Pemandu Budaya PenanamanEmpati Menekankan Uraian Uraian Mengembangkan Suatu Hipotesis MengasumsikanPerbedaan

32 © 2007 Prentice Hall Inc. All rights reserved. Pertimbangkan cara yang ditempuh oleh seseorang dalam berkomunikasi?Saluran apa yang dia gunakan?Bagaimana kekayaannya? Karena apa jenis-jenis pesan akan disesuaikan? Tidak Sesuai? Bab Pemeriksaan : Komunikasi

33 Bab Pemeriksaan : Komunikasi Pertimbangkan komik ini berdasarkan bab 9. Konsep apa dari bab ini yang diperoleh? Diskusikan dengan teman sekelas. Pertimbangkan komik ini berdasarkan bab 9. Konsep apa dari bab ini yang diperoleh? Diskusikan dengan teman sekelas.


Download ppt "0 Bab SEBELAS. 1 Fungsi komunikasi Perilaku Elemen kendali. Membantu perkembangan motivasi untuk apa yang akan dilaksanakan. Sediakan suatu pelepasan/release."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google