Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

3/31/2010 1 PENGERTIANDAN PRINSIP-PRINSIP: DEFINISI EKOLOGI  ECOLOGY (ekologi) Diusulkan oleh ahli biologi dari EKOLOGI, LANSKAP DAN EKOLOGI LANSKAP.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "3/31/2010 1 PENGERTIANDAN PRINSIP-PRINSIP: DEFINISI EKOLOGI  ECOLOGY (ekologi) Diusulkan oleh ahli biologi dari EKOLOGI, LANSKAP DAN EKOLOGI LANSKAP."— Transcript presentasi:

1 3/31/2010 1 PENGERTIANDAN PRINSIP-PRINSIP: DEFINISI EKOLOGI  ECOLOGY (ekologi) Diusulkan oleh ahli biologi dari EKOLOGI, LANSKAP DAN EKOLOGI LANSKAP Prof. Dr. Ir. Hadi Susilo Arifin, MS. Ekologi Lanskap (ARL 631) Departemen Arsitektur Lanskap Sekolah Pascasarjana - IPB DEFINISI LANSKAP  Karakter total suatu wilayah (von Humboldt)  Lanskap berhubungan dalam totalitas keseluruhan secara fisik, ekologis dan geografi, pengintegrasian seluruh proses-proses dan pola-pola manusia dan alam (Naveh, 1987)  Lanskap sebagai area lahan heterogen menyusun sebuah cluster interaksi ekosistem- ekosistem yang berulang pada bentuk yang sama pada setiap bagian (Forman & Godron, Jerman pada tahun 1869.  Oikos rumah, tempat untuk hidup.  Pengkajian organisme-organisme “di rumah” pengkajian hubungan organisme-organisme atau ke- lompok-kelompok organisme terhadap lingkungannya, atau ilmu hubungan timbal balik antara organisme- organisme hidup dan lingkungannya.  Webster’s Unabridged Dictionary: totalitas atau pola hubungan antara organisme-organisme dengan lingkungannya.  Konfigurasi khusus dari topografi, penu- tupan vegetasi, tata guna lahan dan pola pemukiman yang membatasi beberapa idea aktivitas-aktivitas dan proses-proses alam dan budaya (Green et al., 1996).  Lanskap sebagai sebidang lahan yang kita lihat secara komprehensif di sekitar kita, tanpa melihat secara dekat / secara tertutup pada komponen tunggal, dan yang terlihat familiar dengan kita.  Lanskap bagian luas dari suatu teritori, homogen untuk beberapa karakter yang dapat membedakan tipe-tipe berdasarkan hubungan antar elemen-elemen baik secara struktural maunpun secara fungsional. 1986) LANSKAP DILIHAT SECARA BERBEDA: Persepsi & Feeling Manusia:  Alam  Habitat Artefak Sistem Masalah Kekayaan Ideologi Sejarah Tempat Estetika

2 3/31/2010 2 ASAL-USUL KATA LANSKAP  Landscape : English  Landschaft  Paysage  Lanskap : German : French : Indonesian  Landskap: Malay  ランドスケープ randosukeepu: Japanese LANDSCAPE ECOLOGY  Cabang termuda dari ilmu ekologi  Timbul setelah PD II di negara-negara Eropa Tengah dan Eropa Timur  Berakar pada geografi, geobotani dan manajemen lanskap  Alexander von Humboldt (200 tahun yang lalu, The German Geographer): lanskap merupakan karakter keseluruhan suatu wilayah.  Carl Troll (akhir 1930-an, The German Bio- geographer): mengenalkan istilah Ekologi lanskap adalah suatu ilmu baru yang dapat dikembangkan yang akan mengkombinasikan spatial (ruang), pendekatan horizontal dari ahli geografi, pendekatan vertikal dari ahli ekologi.  Ekologi lanskap ilmu yang berhubung-an dengan manusia. OBYEK PERHATIAN Ekologi LanskapLanskap sebagai objek perhatian:  struktur lanskap  fungsi lanskap  perubahan lanskap  1986 dasar-dasar dan metoda ekologi lanskap dikenalkan pada pertemuan be-sar para ahli ekologi di Kongres Ekologi Internasional IV di Syracuse, New York.  Kelahiran dan perkembangan ekologi lanskap progress, dinamis dan aktif dalam proses global yang meliputi bebe-rapa bidang ekologi dan ilmu terkecil seperti geografi, botani, zoologi, perilaku hewan dan arsitektur lanskap. KETERKAITAN DENGAN ILMU LAINNYA ------------ ekologi geografi biologi satwa liar kehutanan perencanaan dan arsitektur lanskap pertanian dll

3 3/31/2010 3

4 4

5 5

6 6

7 7


Download ppt "3/31/2010 1 PENGERTIANDAN PRINSIP-PRINSIP: DEFINISI EKOLOGI  ECOLOGY (ekologi) Diusulkan oleh ahli biologi dari EKOLOGI, LANSKAP DAN EKOLOGI LANSKAP."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google