Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

3/31/2010 1 PENGERTIANDAN PRINSIP-PRINSIP: DEFINISI EKOLOGI  ECOLOGY (ekologi) Diusulkan oleh ahli biologi dari EKOLOGI, LANSKAP DAN EKOLOGI LANSKAP.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "3/31/2010 1 PENGERTIANDAN PRINSIP-PRINSIP: DEFINISI EKOLOGI  ECOLOGY (ekologi) Diusulkan oleh ahli biologi dari EKOLOGI, LANSKAP DAN EKOLOGI LANSKAP."— Transcript presentasi:

1 3/31/ PENGERTIANDAN PRINSIP-PRINSIP: DEFINISI EKOLOGI  ECOLOGY (ekologi) Diusulkan oleh ahli biologi dari EKOLOGI, LANSKAP DAN EKOLOGI LANSKAP Prof. Dr. Ir. Hadi Susilo Arifin, MS. Ekologi Lanskap (ARL 631) Departemen Arsitektur Lanskap Sekolah Pascasarjana - IPB DEFINISI LANSKAP  Karakter total suatu wilayah (von Humboldt)  Lanskap berhubungan dalam totalitas keseluruhan secara fisik, ekologis dan geografi, pengintegrasian seluruh proses-proses dan pola-pola manusia dan alam (Naveh, 1987)  Lanskap sebagai area lahan heterogen menyusun sebuah cluster interaksi ekosistem- ekosistem yang berulang pada bentuk yang sama pada setiap bagian (Forman & Godron, Jerman pada tahun  Oikos rumah, tempat untuk hidup.  Pengkajian organisme-organisme “di rumah” pengkajian hubungan organisme-organisme atau ke- lompok-kelompok organisme terhadap lingkungannya, atau ilmu hubungan timbal balik antara organisme- organisme hidup dan lingkungannya.  Webster’s Unabridged Dictionary: totalitas atau pola hubungan antara organisme-organisme dengan lingkungannya.  Konfigurasi khusus dari topografi, penu- tupan vegetasi, tata guna lahan dan pola pemukiman yang membatasi beberapa idea aktivitas-aktivitas dan proses-proses alam dan budaya (Green et al., 1996).  Lanskap sebagai sebidang lahan yang kita lihat secara komprehensif di sekitar kita, tanpa melihat secara dekat / secara tertutup pada komponen tunggal, dan yang terlihat familiar dengan kita.  Lanskap bagian luas dari suatu teritori, homogen untuk beberapa karakter yang dapat membedakan tipe-tipe berdasarkan hubungan antar elemen-elemen baik secara struktural maunpun secara fungsional. 1986) LANSKAP DILIHAT SECARA BERBEDA: Persepsi & Feeling Manusia:  Alam  Habitat Artefak Sistem Masalah Kekayaan Ideologi Sejarah Tempat Estetika

2 3/31/ ASAL-USUL KATA LANSKAP  Landscape : English  Landschaft  Paysage  Lanskap : German : French : Indonesian  Landskap: Malay  ランドスケープ randosukeepu: Japanese LANDSCAPE ECOLOGY  Cabang termuda dari ilmu ekologi  Timbul setelah PD II di negara-negara Eropa Tengah dan Eropa Timur  Berakar pada geografi, geobotani dan manajemen lanskap  Alexander von Humboldt (200 tahun yang lalu, The German Geographer): lanskap merupakan karakter keseluruhan suatu wilayah.  Carl Troll (akhir 1930-an, The German Bio- geographer): mengenalkan istilah Ekologi lanskap adalah suatu ilmu baru yang dapat dikembangkan yang akan mengkombinasikan spatial (ruang), pendekatan horizontal dari ahli geografi, pendekatan vertikal dari ahli ekologi.  Ekologi lanskap ilmu yang berhubung-an dengan manusia. OBYEK PERHATIAN Ekologi LanskapLanskap sebagai objek perhatian:  struktur lanskap  fungsi lanskap  perubahan lanskap  1986 dasar-dasar dan metoda ekologi lanskap dikenalkan pada pertemuan be-sar para ahli ekologi di Kongres Ekologi Internasional IV di Syracuse, New York.  Kelahiran dan perkembangan ekologi lanskap progress, dinamis dan aktif dalam proses global yang meliputi bebe-rapa bidang ekologi dan ilmu terkecil seperti geografi, botani, zoologi, perilaku hewan dan arsitektur lanskap. KETERKAITAN DENGAN ILMU LAINNYA ekologi geografi biologi satwa liar kehutanan perencanaan dan arsitektur lanskap pertanian dll

3 3/31/2010 3

4 4

5 5

6 6

7 7


Download ppt "3/31/2010 1 PENGERTIANDAN PRINSIP-PRINSIP: DEFINISI EKOLOGI  ECOLOGY (ekologi) Diusulkan oleh ahli biologi dari EKOLOGI, LANSKAP DAN EKOLOGI LANSKAP."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google