Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Aplikasi Analisa Komparatif Politik Luar Negeri: Evaluasi UKD & Perbaikan #Sesi 6, 6 Oktober 2014.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Aplikasi Analisa Komparatif Politik Luar Negeri: Evaluasi UKD & Perbaikan #Sesi 6, 6 Oktober 2014."— Transcript presentasi:

1 Aplikasi Analisa Komparatif Politik Luar Negeri: Evaluasi UKD & Perbaikan #Sesi 6, 6 Oktober 2014

2 Pertanyaan UKD 1.Jelaskan konsep politik luar negeri dan kebijakan luar negeri dalam konteks negara Indonesia? Apa berbedaan diantara keduanya! VariabelBaikCukupKurang Penjelasan PLN532 Penjelasan KLN532 Aspek perbedaan532 Dijawab555 Matriks Penilaian Soal No. 1

3 Pertanyaan UKD 2.Berikan penjelasan mengenai dasar hukum politik luar negeri Indonesia! Bagaimanakah contoh konkret implementasinya dalam kebijakan politik luar negeri Indonesia? VariabelBaikCukupKurang Penjelasan Dasar Hukum PLNRI 1073 Contoh konkret implementasinya 1073 Matriks Penilaian Soal No. 2

4 Pertanyaan UKD 3-5. Analisa komparatif politik luar negeri berikut dengan menggunakan konsep rasionalitas ( rationality ), nilai ( value ) dan hasil ( outcome )! VariabelBaikCukupKurang Penjelasan Rasionalitas532 Penjelasan Nilai532 Penjelasan Hasil532 Aspek Perbandingan532 Matriks Penilaian Soal No

5 Pertanyaan: Analisa PLN Irak dalam menginvasi Kuwait pada tahun 1990! Apa yang harus dijelaskan? Kebijakan/decision? Behavior/perilaku negara? Hasil; apakah sesuai dengan yang diharapkan? Bagaimana cara menjelaskannya? Memeriksa level analisanya, Memeriksa variabel-varibelnya, Memeriksa adakah teori yang bisa menjelaskannya, Memvalidasi hasil temuan dengan metode komparasi.

6 Apa yang harus dijelaskan? Kebijakan Luar Negeri Irak di masa Saddam Hussein dalam melakukan invasi militer terhadap Kuwait.

7 Bagaimana menjelaskannya? Eksplanandum: Kebijakan Luar Negeri Irak di masa Saddam Hussein dalam melakukan invasi militer terhadap Kuwait. Eksplanan: Level analisa: individual, yakni Saddam Hussein. Variabel dependen: kebijakan invasi Irak, Variabel independen: faktor penyebab invasi berdasar 3 konsep, yakni rasionalitas, nilai dan hasil. Melakukan komparasi vertikal dan horizontal atas ketiga konsep tersebut.

8 Eksplanan 1: Rasionalitas Saddam Hussein terhina dengan ucapan Emir Kuwait, Jabir Ahmad Al Jabir Assabah, Situasi krisis ekonomi, Para penasehat militer dan ekonomi Irak mampu meyakinkan Saddam Hussein bahwa jika Kuwait mampu diambil alih oleh Irak maka hal itu merupakan tindakan yang absah secara historis dan dengan demikian perekonomian Irak akan membaik sebab ditopang oleh devisa minyak Kuwait yang besar.

9 Eksplanan 2: Nilai Sebuah negara yang melakukan agresi terhadap bangsa lain yang merdeka merupakan tindakan buruk dalam persepsi/penilaian masyarakat internasional. Namun bagi Saddam Hussein, tindakan Kuwait yang menghina harga diri bangsa Irak, negara-negara Arab kaya yang membiarkan rakyat Irak mati kelaparan sendirian, serta kesewenang-wenangan dunia Barat yang dengan seenaknya membagi-bagi wilayah Timur Tengah merupakan kejahatan yang lebih buruk.

10 Eksplanan 3: Hasil Hasil dari invasi sangat mengecewakan Saddam Hussein, tidak sesuai dengan harapannya. Masyarakat internasional mengecam. Pasukan multinasional pimpinan AS berhasil memukul mundur pasukan Irak dari Kuwait. Harapan mengalirnya devisa minyak Kuwait tidak terjadi karena Irak harus meninggalkan Kuwait sebagai pihak yang kalah dalam peperangan. Negara-negara Arab menjadi terpecah belah sehingga Barat justru semakin hegemon di Timur Tengah.


Download ppt "Aplikasi Analisa Komparatif Politik Luar Negeri: Evaluasi UKD & Perbaikan #Sesi 6, 6 Oktober 2014."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google