Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Organisasi. Oleh. Dr.Resna AS MPH.. ORGANISASI. Organisasi adalah wadah(entity) tempat dijalankannya fungsi pengorganisasian. PENGORGANISASIAN adalah.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Organisasi. Oleh. Dr.Resna AS MPH.. ORGANISASI. Organisasi adalah wadah(entity) tempat dijalankannya fungsi pengorganisasian. PENGORGANISASIAN adalah."— Transcript presentasi:

1 Organisasi. Oleh. Dr.Resna AS MPH.

2 ORGANISASI. Organisasi adalah wadah(entity) tempat dijalankannya fungsi pengorganisasian. PENGORGANISASIAN adalah pengkoordinasian secara rasional berbagai kegiatan dari sejumlah orang tertentu untuk mencapai tujuan bersama melalui pengaturan pembagian kerja dan fungsi menurut penjenjangannya secara bertanggung jawab.

3 Definisi Organisasi. Organisasi bisa didefinisikan. –Organisasi adalah suatu sistem yang mengatur kerjasama dua orang atau lebih, sedemikian rupa sehingga segala kegiatan dapat diarahkan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Dari definisi diatas terlihat dua hal penting –1. Orang / Personalia. –2. Kegiatan. Sebagai suatu Sistem didalam organisasi terdapat berbagai bagian atau subsistem yang satu sama lain saling berhubungan dan mempengaruhi, disebut Satuan organisasi.

4 Agar tujuan organisasi yang dibuat dalam rencana dapat dicapai dengan memuaskan, maka berbagai satuan organisasi ini perlu mendapat pengaturan yang sebaik-baiknya. Pengaturan ini melahirkan konsep Struktur Organisasi. Struktur organisasi menunjukan pada pola hubungan antara satu satuan organisasi dengan satuan organisasi lainnya. Dibawah ini diperlihatkan satu Struktur Organisasi yang sederhana.

5 PIMPINAN PENGAWAS PEMBANTU PIMPINAN PELAKSANA Pengawasan.Sekertariat PelaksanaPelaksana.

6 1.Mempunya pendukung(member). 2.Mempunyai tujuan (goal, objective). 3.Mempunyai kegiatan (activities) 4.Mempunyai pembagian tugas(jobs description) 5.Mempunyai satuan organisasi(departement) 6.Mempunyai pembagian dan pendelegasian wewenang (delegation of authority) 7.Mempunyai rentang pengawasan(span of control) 8.Mempunyai kesinambungan kegiatan(continuity of activities), kesatuan perintah(unity of command), kesatuan arah(unity of direction), yg membentuk mata rantai(chain of command) Prinsip Pokok Organisasi.

7 Pengorganisasian sebagai Proses. 1.Memahami Tujuan, jelas Tolok ukrnya. 2.Memahami Kegiatan, jelas arah & sasarannya 3.Mengelompokan kegiatan. 1.Jenis kegiatan. 2.Jumlah kegiatan. 4.Mengubah kelompok kegiatan kedalam bentuk jabatan. 1.Analisis Tugas(job analysis) 2.Uraian Tugas(job description) 3.Penilaian tugas(job evaluation)

8 5.Pengelompokan jabatan(position grouping) 6.Mengubah kelompok jabatan ke dalam bentuk satuan organisasi. 1.Atas dasar kesamaan Fungsi. 2.Atas dasar kesamaan Proses atau Cara kerja. 3.Atas dasar kesamaan Hasil(Product) 4.Atas dasar kesamaan kelompok masyarakat yang memanfaatkan. 5.Atas dasar kesamaan Lokasi. 6.Atas dasar kombinasi dari berbagai cara diatas. 7.Membentuk Struktur Organisasi. 1.Bila satuan organisasi telah terbentuk. 2.Bentuk Struktur Organisasi. 3.Perhatikan Hirarki, Pembagian tugas & wewenang, kemampuan pengawasan.

9 Staffing. Staffing adalah mengisi Struktur Organisasi dengan orang – orang yang sesuai. Pada organisasi yang kecil staffing dilakukan oleh pimpinan(manager), sedang pada organisasi yang besar dilakukan oleh bagian Personalia, pada organisasi yang lebih besar, staffing dilakukan oleh organisasi khusus diluar organisasinya, yang punya keahlian untuk itu.

10 Langkah staffing. 1.Perencanaan Sumber Daya Manusia(SDM) 1.Perencanaan untuk kepentingan masa depan. 2.Perencanaan keseimbangan masa depan. 3.Perencanaan rekrutmen & seleksi sdm. 4.Perencanaan Pengembangan sdm 2.Pencarian calon SDM. 1.Terlebih dahulu dibuat Jobs decription & position description. 2.Seleksi khusus, sdm dengan kualifikasi tertentu. 3.Seleksi umum, sdm dengan kualifikasi biasa. 3.Penyaringan.

11 1.Mempelajari surat lamaran. 2.Melakukan wawancara awal. 3.Melakukan Testing. 4.Melakukan penyidikan latar belakang calon. 5.Melakukan wawancara lanjutan. 6.Pemeriksaan jasmani & kejiwaan. 7.Menawarkan pekerjaan. 4.Perkenalan dan orientasi. 5.Pelatihan & pengembangan. 6.Penilaian. 7.Promosi, pindah, turun pangkat & pemberhentian.

12 Terimakasih.


Download ppt "Organisasi. Oleh. Dr.Resna AS MPH.. ORGANISASI. Organisasi adalah wadah(entity) tempat dijalankannya fungsi pengorganisasian. PENGORGANISASIAN adalah."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google