Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENGARUH MOTIVASI, MINAT BERWIRASWASTA DAN KOMPETENSI INSTRUKTUR PRAKTEK INDUSTRI TERHADAP PRESTASI PRAKTEK KERJA INDUSTRI SISWA KLAS III TEKNIK OTOMOTIP.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENGARUH MOTIVASI, MINAT BERWIRASWASTA DAN KOMPETENSI INSTRUKTUR PRAKTEK INDUSTRI TERHADAP PRESTASI PRAKTEK KERJA INDUSTRI SISWA KLAS III TEKNIK OTOMOTIP."— Transcript presentasi:

1 PENGARUH MOTIVASI, MINAT BERWIRASWASTA DAN KOMPETENSI INSTRUKTUR PRAKTEK INDUSTRI TERHADAP PRESTASI PRAKTEK KERJA INDUSTRI SISWA KLAS III TEKNIK OTOMOTIP SMKN II YOGYAKARTA TAHUN 2010 OLEH : RACHMAT NIM : Q

2 LATAR BELAKANG LATAR BELAKANG Faktor2 yg saling terkait & berpe ran mempengeruhi hsl belajar prakkerin siswa SMK secara prinsip dpt dikelompokkan jadi 2. Faktor2 yg saling terkait & berpe ran mempengeruhi hsl belajar prakkerin siswa SMK secara prinsip dpt dikelompokkan jadi 2. Diri siswa sdr sbg faktor internal dan di luar siswa sbg. faktor ekst. Komponen faktor internal a.l. unsur tingkat kecerdasan siswa, minat, bakat, motiv. diri dll. Diri siswa sdr sbg faktor internal dan di luar siswa sbg. faktor ekst. Komponen faktor internal a.l. unsur tingkat kecerdasan siswa, minat, bakat, motiv. diri dll.

3 faktor eksternal: phk sekolah, lingk, pihak industri & waktu pelaks prakerin Ditinjau dari pihak sekolah, faktor yg mempengaruhi : sarana fisik sek, kurikulum, guru, fas. praktek, lingkungan sekolah dll Fasilitas praktek di sekolah meliputi, ruang dan alat praktek dan faktor dari tempat prakerin: kondisi persh,alat prod, instr industri, lingk persh. dll.

4 –Upaya perbaikan kualitas bidang pendidikan selanjutnya antara lain diberlakukannya kurikulum berbasis kompetensi, competency based curriculum (CBC), Kurikulum KTSP, pemberlakuan Manajemen Berbasis Sekolah School Based Management dan desentralisasi sistem pengelolaan pendidikan

5 Kemudian dilanjutkan dengan konsep Pendidikan Kecakapan Hidup, (PKH) dan Broad Based Curriculum (BBC) adalah memperkuat pengembangan dasar-dasar kecakapan akademik kemudian mengaitkannya kedalam kecakapan vokasional Kemudian dilanjutkan dengan konsep Pendidikan Kecakapan Hidup, (PKH) dan Broad Based Curriculum (BBC) adalah memperkuat pengembangan dasar-dasar kecakapan akademik kemudian mengaitkannya kedalam kecakapan vokasional

6 –Pencapaian tujuan Pendidikan Kecakapan Hidup, di SMK dilaksanakan melalui reorientasi pembelajaran dengan memberikan perhatian pada kecakapan hidup life skill, pengembangan budaya wirausaha di lingkungan sekolah dan hubungan sinergis dengan masyarakat ( Tim BBC Nasional, 2003: 52 – 53).

7 Rumusan Masalah Dari uraian tersebut di atas maka dapat ditarik permasalahan sebagai berikut: Seberapa besar Pengaruh motivasi, minat berwiraswasta dan kompetensi instruktur praktek industri terhadap hasil belajar praktek kerja industri siswa klas III Teknik Otomotif SMKN II Yogyakarta tahun 2010

8 Tujuan Penelitian Tujuan yang ingin dicapai : menganalisis besarnya Pengaruh motivasi, minat berwirausaha dan kompetensi instruktur prakerin terhadap hasil belajar praktek kerja industri siswa klas III Teknik Otomotif SMKN II Yogya karta tahun 2010 menganalisis besarnya Pengaruh motivasi, minat berwirausaha dan kompetensi instruktur prakerin terhadap hasil belajar praktek kerja industri siswa klas III Teknik Otomotif SMKN II Yogya karta tahun 2010

9 Manfaat Penelitian Manfaat teoritis: memberikan sumbangan untuk perkembangan ilmu penget pd Umumnya & ilmu pend kejuruan khususnya. Manfaat praktis: memberi masukan thdpelak sanaan pend sistim ganda utk SMK, masu kan bagi dunia usaha dan industri khusus nya kpd pemb industri atau instruktur & para pengambil keputusan dari instansi terkait.

10 Metode Penelitian Penelitian ini : penelitian deskriptif kuantitatif yaitu penelitian yg datanya dinyatakan dlm ben tuk angka dan didukung data kualitatif hasil wawancara ant. peneliti dengan informan. Data kuantitatif diperoleh dari hasil konversi dari data kualitatif yang berupa alternatif jawaban yg dipi lih oleh responden yg merupakan pernyataan ungkapan jawaban seperti: sangat setuju skor 4, setuju skor 3, kurang setuju skor 2 dan tidak setuju skor 1.

11 Data yang diolah adalah data dari sampel yang diambil dari populasi dan penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui pengaruh variabel bebas (prediktor) terhadap variabel terikat ( kriterium). Data yang diolah adalah data dari sampel yang diambil dari populasi dan penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui pengaruh variabel bebas (prediktor) terhadap variabel terikat ( kriterium).

12 Populasi dan Sampel Populasi Dlm penelitian ini populasinya: siswa kl III Jurusan Teknik Otomotif SMKN II Yogyakarta yang melaksanakan praktek kerja industri antara bulan juli sd. Sept Perkiraan jumlah siswa yang akan mengikuti prakerin pada bulan tersebut adalah 200 siswa.

13 Sampel Jumlah Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan formula Slovin, (dalam Umar, 2003:20), sebagai berikut: Jumlah Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan formula Slovin, (dalam Umar, 2003:20), sebagai berikut: 2 n = N : ( I + N.e) n = N : ( I + N.e) n = Jumlah sampel n = Jumlah sampel N = jumlah populasi N = jumlah populasi I = konstanta I = konstanta e = ketidak telitian karena kesalahan pengambilan sampel yang dapat ditolerir e = ketidak telitian karena kesalahan pengambilan sampel yang dapat ditolerir

14 Variabel Penelitian Variabel dalam penelitian ini adalah terdiri dari: 1.Variabel bebas : X1 = motivasi X2 = minat wirausaha X2 = minat wirausaha X3 = kompetensi instruktur prakerin X3 = kompetensi instruktur prakerin 2. Variabel terikat: Y = hasil belajar praktek industri. Hubungan antara variabel dlm penelitian ini digambarkan sbg berikut: X 1 X 1 X  Y X  Y X 3 X 3

15 Teknik Pengumpulan Data Teknik pengumpulan data yg digunakan ada 2 cara 1. angket dan diisi langsung oleh responden 1. angket dan diisi langsung oleh responden 2. dokumentasi 2. dokumentasi Variabel motivasi didapat dg. angket Variabel motivasi didapat dg. angket Variabel minat wirausaha didapatdg. angket Variabel minat wirausaha didapatdg. angket Varibel kompetensi didapat dengan angket Varibel kompetensi didapat dengan angket Variabel hasil belajar praktek kerja industri didapat dari dokumen yang berisi nilai rata-rata kompetensi praktek kerja industri. Variabel hasil belajar praktek kerja industri didapat dari dokumen yang berisi nilai rata-rata kompetensi praktek kerja industri.

16 PROPOSAL TESIS DISUSUN OLEH : RACMAT


Download ppt "PENGARUH MOTIVASI, MINAT BERWIRASWASTA DAN KOMPETENSI INSTRUKTUR PRAKTEK INDUSTRI TERHADAP PRESTASI PRAKTEK KERJA INDUSTRI SISWA KLAS III TEKNIK OTOMOTIP."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google