Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Disusun oleh : Ira Ayu Aristiara 071195 TUGAS PENGENDALIAN MUTU DAN KUALITAS METODOLOGI DATA STATISTIK DESAIN PERANCANGAN EKSPERIMEN (SDE) UNTUK MEMPELAJARI.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Disusun oleh : Ira Ayu Aristiara 071195 TUGAS PENGENDALIAN MUTU DAN KUALITAS METODOLOGI DATA STATISTIK DESAIN PERANCANGAN EKSPERIMEN (SDE) UNTUK MEMPELAJARI."— Transcript presentasi:

1 Disusun oleh : Ira Ayu Aristiara TUGAS PENGENDALIAN MUTU DAN KUALITAS METODOLOGI DATA STATISTIK DESAIN PERANCANGAN EKSPERIMEN (SDE) UNTUK MEMPELAJARI KOMPOSIT DAN DELAMINATION PADA PANEL GABUNGAN

2 ABSTRAK Komposit adalah dua atau lebih materi berlainan, serat dan damar, dikerjakan bersama-sama untuk membentuk satu produk. statistik perancangan eksperimen (SDE) akan dilaksanakan untuk membantu proses optimisasi, yang yang harus menghasilkan angka yang minimum pada produk final. Di dalam kertas ini, kesimpulan dari proses menghendaki strategi percobaan didiskusikan secara detil. Arah dari pembahasan untuk mengurangi dua mode dominan dari kegagalan pada produk, yaitu delamination dan komposit. kesimpulannya dengan mengoptimalkan beberapa variabel yang dapat diawasi dan yang tidak dapat dikendalikan seperti suhu, desakan, merendam waktu, panaskan rate, segarkan rate, dan dimensi geometris dari bagian. Diajukan yang itu SDE adalah satu ilmu pengetahuan tentang teknik berguna atas investigasi masalah lantai belanjar dan membuat dari parameter proses yang itu akhirnya pimpin untuk mengurangi variabilitas di dalam produk final.

3 Latar Belakang Panel selip gabungan adalah secara luas terpakai di dalam atmosfir, laut, permobilan, rel dan industri re creational karena akibat kekuatan spesifik mereka tinggi dan kekakuan, daya tahan kakisan dan pembuat kemantapan dan sederhana cara (Shokrieh et al., 2006). Ada berbagai teknologi pembuat mempergunakan di dalam proses bentuk yang ini bahan seperti damar mengirim bentuk (RTM), penuangan cairan membentuk (LIM) dan autoclave membentuk (ACM) (Lang, 2005).

4 Konsep Statistical Design Of Experiment Di dalam pembahasan ini, statistik perancangan percobaan (SDE) akan biasanya mengoptimalkan proses pabrikasi gabungan untuk memperkecil variasi di dalam mengerutkan pembentukan. Biasanya, percobaan dilaksanakan untuk memperoleh pengertian yang mendalam tentang suatu proses begitu yang itu kesimpulan dan keputusan dapat dibuat untuk meningkatkan proses, dan untuk mengurangi limbah, seberang, dan waktu siklus. Secara statistik mendisain percobaan membuat ini kemungkinan ke test beberapa variabel input proses secara serempak agar mengaji akibat dari masing-masing pada keluaran proses.

5 Satu pendekatan berguna di dalam adalah hubungan kalimat ini untuk mempergunakan satu rangkaian percobaan kekecilan, dengan pengetahuan memperoleh di dalam mahluk percobaan sebelumnya dipergunakan untuk disain kecil kecuali percobaan baru yang efisien. Pendekatan ini dikenal sebagai "percobaan percontohan". Gambarkan 1 adalah model dasar dari proses dengan mana memperlihatkan berbagai faktor input mempengaruhi proses pabrikasi. (Montgomery,2005).

6 Faktor pada pabrikasi gabungan yang itu pengaruh mutu produk final yang itu dapat dikontrol yaitu: Geometri dalam material inti Prepregs surface quality Core surface depression Aluminium foil porosity Temperatur Waktu Tekanan Tool surface finish Nod bonds damage of core material Dry vs. not dry core

7 Pendekatan Pertama dengan satu faktor

8 Gambar dua faktor faktorial eksperimen

9 Gambar Formasi wrinkling pada panel sandwich

10 Gambar Delamination pada panel Sandwich

11 Tabel Faktor input dan faktor tingkatan pada design eksperimen

12 KESIMPULAN 1. Mengetahui dan mempelajari proses manufaktur dari bahan komposit yang diberi nam hand lay-up and autoclave curing. 2. Prinsip Statistical Design of Experiment dalam hal ini untuk mengoptimalkan proses material composit dengan meminimalkan kerutan dan delamination.

13 Referensi Ahmad F. and Ahmad I., (2006), “ Advancement in polymer composites. Composite materials and nano- structures international conference. I C2MS ‟ 06. Shah Alam. Avila, A. F., Morais T. S., (2005), “ A research paper on a multiscale investigation based on variance analysis for hand lay-up composite manufacturing.” Composite science and technology journal, Lang, R. W., (2005), “An article on innovation: knowledge within a research network Fischer advanced composite components Ag. Montgomery, D. C., (2005), “Design and Analysis of Experiments, John Wiley & Sons”.

14


Download ppt "Disusun oleh : Ira Ayu Aristiara 071195 TUGAS PENGENDALIAN MUTU DAN KUALITAS METODOLOGI DATA STATISTIK DESAIN PERANCANGAN EKSPERIMEN (SDE) UNTUK MEMPELAJARI."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google