Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

M ODUL A NALISIS B OSTON C ONSALTING G ROUP (BCG) M ETODE P ENILAIAN K LASTER I NDUSTRI Dr. Hardiwinoto, SE., M.Si.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "M ODUL A NALISIS B OSTON C ONSALTING G ROUP (BCG) M ETODE P ENILAIAN K LASTER I NDUSTRI Dr. Hardiwinoto, SE., M.Si."— Transcript presentasi:

1 M ODUL A NALISIS B OSTON C ONSALTING G ROUP (BCG) M ETODE P ENILAIAN K LASTER I NDUSTRI Dr. Hardiwinoto, SE., M.Si.

2 A NALISIS B OSTON C ONSULTING G ROUP (BCG) Analisis BCG merupakan salah satu bentuk analisis yang sering dipergunakan untuk mengetahui posisi persaingan perusahaan atau korporat. Analisis ini akan menampilkan posisi kekuatan atau kelemahan dari masing-masing satuan bisnis unit (SBU). Analisis ini mendasarkan kajiannya pada pertumbuhan SBU dengan diperbandingkan tingkat pertumbuhan ekonomi suatu negara. Analisis BCG pertama kali diciptakan dan dikembangkan oleh Boston Consulting Group yang disajikan dalam bentuk matrik. Matrik BCG ditampilkan dalam bentuk 4 (empat) kuadran.

3 T UJUAN A NALISIS BCG mengembangkan strategi pertumbuhan produk atau SBU dengan dasar pangsa pasar untuk memfortofoliokan produk atas dasar karakteristik cash-flow-nya. mengembangkan portofolio produk perusahaan atau SBU, sehingga jelas kekuatan dan kelemahannya. memutuskan apakah perlu meneruskan investasi untuk produk atau SBU yang tidak menguntungkan. mengalokasikan anggaran pemasaran produk atau SBU guna memaksimalkan cash-flow jangka panjang. mengukur kinerja manajemen berdasarkan kinerja produk di pasaran.

4 M ATRIK BCG

5 M ATRIKS BCG Bintang adalah bisnis atau produk dengan pertumbuhan dan pangsa yang tinggi. Bisnis atau produk ini sering memerlukan investasi besar untuk mendanai pertumbuhannya yang cepat. Namun pada akhirnya pertumbuhannya akan melambat dan berubah menjadi sapi kas. Sapi kas adalah bisnis atau produk yang pertumbuhannya rendah, tetapi pangsanya tinggi. SBU yang terkenal dan berhasil ini memerlukan investasi yang lebih kecil untuk mempertahkankan pangsa pasarnya. SBU ini menghasilkan banyak uang yang digunakan perusahaan untuk membayar tagihannya dan untuk mendukung SBU lain yang memerlukan investasi. Tanda tanya adalah unit bisnis dengan pangsa rendah dalam pasar yang pertumbuhannya tinggi. Unit bisnis ini memerlukan banyak uang untuk mempertahankan pangsanya, apalagi meningkatkannya. Manajemen harus berpikir keras tentang tanda tanya mana yang harus dicoba untuk dibangun menjadi bintang dan mana yang harus dibuang. Anjing adalah bisnis dan produk yang memiliki pertumbuhan dan pangsa yang rendah. Bisnis ini bisa menghasilkan uang yang cukup untuk mempertahankan dirinya sendiri tetapi tidak menjanjikan sumber uang yang besar.

6 A NALISIS K LASTER I NDUSTRI M ENGUNAKAN BCG Analisis BCG tidak hanya digunakan untuk perusahaan dalam menganalisis unit bisnisnya, tetapi sekarang digunakan juga untuk mengklaster industri unggulan suatu wilayah atau suatu negara. Dalam penggunaanya dikombinasikan dengan memadukan alat-alat analisis ekonomi regional seperti Location Quotient, Shift Share, IO atau IRIO.

7 M ATRIK BCG A NALISIS C LUSTER I NDUSTRI

8 T ERIMA K ASIH


Download ppt "M ODUL A NALISIS B OSTON C ONSALTING G ROUP (BCG) M ETODE P ENILAIAN K LASTER I NDUSTRI Dr. Hardiwinoto, SE., M.Si."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google