Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ESTIMASI PROPORSI POPULASI. Suatu desa atau pabrik dikategorikan besar atau kecil ? - beberapa karakteristik dari unit populasi sebagai dasar pengkategorian.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ESTIMASI PROPORSI POPULASI. Suatu desa atau pabrik dikategorikan besar atau kecil ? - beberapa karakteristik dari unit populasi sebagai dasar pengkategorian."— Transcript presentasi:

1 ESTIMASI PROPORSI POPULASI

2 Suatu desa atau pabrik dikategorikan besar atau kecil ? - beberapa karakteristik dari unit populasi sebagai dasar pengkategorian (jumlah penduduk, jumlah tenaga kerja dsb) Misalkan kita ingin mengetahui proporsi desa yang mempunyai fasilitas kesehatan, proporsi penganggur yang berpendidikan sarjana, proporsi penduduk yang menderita sakit TBC, proporsi perusahaan dengan jumlah tenaga kerja lebih dari 100 orang)

3 PROPORSI Definisi: Misalkan, Y 1, Y 2, ….Y n adalah suatu populasi data untuk suatu variabel kualitatif. Dalam populasi berukuran N tersebut, masing-masing terdapat N 1, N 2, …N k elemen yang termasuk dalam kategori-1, kategori-2, …kategori-k, sedangkan N 1 +N 2 +…+N k =N. Frekuensi nisbi atau proporsi unsur dari kategori-g dalam populasi data tersebut adalah P g =N g /N, untuk sembarang g = 1,2,…k. Jadi, dalam menghitung proporsi kategori-g tersirat suatu pandangan memilah elemen-elemen populasi menjadi dua golongan, yaitu yang berciri kategori-g dan bukan kategori-g. Yang bukan kategori-g dapat terdiri atas lebih dari satu kategori.

4 ESTIMASI PROPORSI POPULASI

5 Varians PROPORSI POPULASI

6

7 Varians Estimasi Total POPULASI

8 ESTIMASI Varians PROPORSI

9 ESTIMASI Varians dari perkiraanTotal

10 Koefisien Variasi dari perkiraan PROPORSI POPULASI

11 Standard error dan Relative Standard Error: Confident Interval:

12 Ukuran Sampel Proporsi:


Download ppt "ESTIMASI PROPORSI POPULASI. Suatu desa atau pabrik dikategorikan besar atau kecil ? - beberapa karakteristik dari unit populasi sebagai dasar pengkategorian."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google