Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENJUALAN PADA UD. BUSANA AYU INDAH I NYOMAN NIKA PUTRA SANJAYA 07.41010.0163.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENJUALAN PADA UD. BUSANA AYU INDAH I NYOMAN NIKA PUTRA SANJAYA 07.41010.0163."— Transcript presentasi:

1 RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENJUALAN PADA UD. BUSANA AYU INDAH I NYOMAN NIKA PUTRA SANJAYA

2 Abstraksi UD. Busana Ayu Indah is a company engaged in the field of services and sale of apparel manufacturing. The form of goods sold apparel, as well as selling apparel manufacturing enterprises also receive services kebaya, Wastra and apparel service. Management processes of the company in a reporting are limited to recording sales transactions daily, and income generated from the sale of the recording and the amount of goods sold in the enterprise, so that the sale made ​​by the enterprise produces only limited by the sales summary information copy obtained from the sale of notes. From the daily sales record is not capable of providing information for managers or business owners use to evaluate the sales process. In the present study used methods Sales Information System, because this method can provide useful information for managers, as well as people and organizations within the enterprise in mengeveluasi and improve sales activities, so that the main purpose enterprises in increasing sales activity with informaso supported the will adequately met. The system also provides information that will be presented to the customer order notification form completed and promotional items through the SMS gateway that integrates with the desktop. Keyword: systems, sales information system

3 Latar Belakang UD. Busana Ayu Indah merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa pembuatan dan penjualan pakaian jadi. Barang yang dijual berupa berbagai macam pakaian jadi, baik untuk kebutuhan sehari-hari, kebutuhan sekolah dan keagamaan. UD. Busana Ayu Indah menerima pembuatan kebaya, kain wastra, dan jasa service pakaian. Proses bisnis penjualan barang yang selama ini berjalan pada UD. Busana Ayu Indah sama seperti proses penjualan pada umumnya, yaitu customer melakukan transaksi pembelian kemudian dilayani oleh bagian penjualan dan membayar di kasir. Dalam pelayanan jasa khususnya penerimaan order kebaya, customer terlebih dahulu memilih kain bahan kebaya yang ingin dipesan, lalu melakukan pengukuran badan customer oleh bagian penjualan. Setelah semua dicatat, bukti pemesanan diberikan ke customer untuk bukti pengambilan barang apabila sudah selesai.

4 Latar Belakang (Lanjutan) Dengan banyaknya jenis barang yang disediakan, maka semakin banyak waktu yang diperlukan untuk mencatat segala hal yang berhubungan dengan transaksi penjualan. Namun saat ini proses penjualan yang dilakukan oleh perusahaan hanya menghasilkan sebatas informasi rekapitulasi penjualan yang didapat dari copy nota penjualan. Dari hasil catatan penjualan harian tersebut belum mampu memberikan informasi bagi manajer atau pemilik perusahaan guna melakukan evaluasi proses penjualan. Evaluasi – evaluasi yang di butuhkan oleh manajer dalam proses penjualan adalah evaluasi proses order customer, evaluasi karyawan penjahit, evaluasi pembelian barang dan evaluasi layanan customer. Belum diterapkannya penggunaan teknologi informasi dan pemanfaatan data untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan mengakibatkan keinginan manajer untuk memperbaiki dan mengelola perusahaan khususnya di bagian penjualan kurang didukung dan belum mendapatkan informasi – informasi yang memadai.

5 lanjutan Dari permasalahan tersebut, penulis akan membuat sistem informasi penjualan yang dapat digunakan untuk membantu manajer dalam melakukan evaluasi kegiatan penjualan. Laporan yang dihasilkan dari Sistem Informasi Penjualan ini yaitu laporan data kunjungan customer, laporan perbandingan penjualan barang dan jasa dalam setiap periode, laporan data history transaksi pembelian yang dilakukan customer, dan informasi hasil pendapatan penjualan per periode. Informasi-informasi yang dihasilkan oleh sistem dapat digunakan untuk melakukan evaluasi kegiatan penjualan, antara lain mengetahui produk mana yang di prioritaskan pada saat melakukan pembelian. Sedangkan output layanan yang diberikan untuk customer yaitu notifikasi orderan selesai, layanan request status yang dilakukan oleh customer, dan notifikasi info barang dan diskon. Dimana dengan ditambahkan fitur layanan SMS Gateway untuk customer, diharapkan dapat mempermudah customer dalam melakukan transaksi dan mempermudah customer dalam mengetahui status order yang sedang dilakukan.

6 Landasan teori Sistem Sistem adalah merupakan suatu kesatuan yang terdiri dari komponen-komponen atau sub sistem yang berorientasi untuk mencapai suatu tujuan tertentu (Gondodiyoto, 2007:107).

7 informasi Informasi adalah data yang sudah diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti (bermanfaat) bagi penerimanya, menggambarkan suatu kejadian dan kesatuan nyata yang dapat dipahami dan dapat digunakan untuk pengambilan keputusan, sekarang maupun masa depan (Gondodiyoto, 2007:110).

8 Sistem Informasi Sistem informasi adalah sekumpulan komponen pembentuk sistem yang mempunyai keterkaitan antara satu komponen dengan komponen lainnya yang bertujuan menghasilkan suatu informasi dalam suatu bidang tertentu. Dalam sistem informasi diperlukannya klasifikasi alur informasi, hal ini disebabkan keanekaragaman kebutuhan akan suatu informasi oleh pengguna informasi (Jogiyanto, 1990).

9 Sistem Informasi Penjualan Sistem informasi penjualan diartikan sebagai suatu pembuatan pernyataan penjualan, kegiatan akan dijelaskan melalui prosedur- prosedur yang meliputi urutan kegiatan sejak diterimanya pesanan dari pembeli, pengecekan barang ada atau tidaknya dan diteruskan dengan pengiriman barang yang disertai dengan pembuatan faktur dan mengadakan pencatatan atas penjualan yang berlaku (Niswonger, 1999)

10 PERANCANGAN SISTEM

11 System flow penjualan

12 System Flow Laporan

13 DFD

14 ERD

15 Kesimpulan Setelah dilakukan analisis, perancangan sistem, pembuatan serta uji coba dari sistem informasi penjualan pada U.D Busana Ayu Indah, maka telah diambil kesimpulan bahwa sistem informasi penjualan sudah dapat menghasilkan informasi data kunjungan customer, informasi perbandingan penjualan barang, informasi data history transaksi pembelian yang dilakukan customer, informasi hasil pendapatan penjualan, notifikasi orderan selesai, dan dapat melakukan layanan request status yang dilakukan oleh customer. Informasi yang dihasilkan bertujuan untuk membantu manajemen perusahaan dalam mengambil keputusan dalam melakukan evaluasi penjualan.

16 Daftar Pustaka Hague, Paul Merancang Kuesioner. Jakarta: Pustaka Binaman Pressindo. Herlambang, Soendoro & Tanuwijaya, Haryanto Sistem Informasi:Konsep, Teknologi & Manajemen, Yogyakarta: Graha Ilmu. Jogiyanto, H.M, 1995, Analisa dan Desain Sistem Informasi, Yogyakarta:Andi. Kendall, Kenneth E. & Kendall Julie E Analisis dan Perancangan Sistem. Jakarta:PT. Indeks. Kristanto, Andri Perancangan Sistem Informasi dan Aplikasinya, Yogyakarta: Gava Media. McLeod, Raymond, System Informasi Manajemen Jilid 2, Jakarta: PT Prenhallindo dan Pearson Education Asia Pte. Ltd.. Indrajit, Richardus Eko, Strategi Manajemen Pembelian dan Supply Chain, Jakarta: PT Grasindo. Pujawan, I Nyoman, Supply Chain Management edisi pertama, Surabaya: Guna Widya.


Download ppt "RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENJUALAN PADA UD. BUSANA AYU INDAH I NYOMAN NIKA PUTRA SANJAYA 07.41010.0163."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google