Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

TABUNGAN, INVESTASI, DAN SISTEM KEUANGAN. Pendahuluan LULUS UNIVERSITAS BISNIS BENGKEL MODAL SUMBER MODAL ? Sumber Modal Tabungan pribadi Bagaimana jika.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "TABUNGAN, INVESTASI, DAN SISTEM KEUANGAN. Pendahuluan LULUS UNIVERSITAS BISNIS BENGKEL MODAL SUMBER MODAL ? Sumber Modal Tabungan pribadi Bagaimana jika."— Transcript presentasi:

1 TABUNGAN, INVESTASI, DAN SISTEM KEUANGAN

2 Pendahuluan LULUS UNIVERSITAS BISNIS BENGKEL MODAL SUMBER MODAL ? Sumber Modal Tabungan pribadi Bagaimana jika tidak mencukupi ? Sumber dana lain Meminjam

3 PENABUNG SEKELOMPOK ORANG PEMINJAM SISTEM KEUANGAN Balas jasaPokok + Bunga SISTEM KEUANGAN (FINANCIAL SYSTEM) SEKELOMPOK INSTITUSI DALAM PEREKONOMIAN YANG MEMBANTU MENCOCOKKAN TABUNGAN SESEORANG DENGAN INVESTASI ORANG LAIN ATAU MEMINDAHKAN SUMBER DAYA DARI PENABUNG KEPADA PEMINJAM INSTITUSI KEUANGAN PASAR KEUANGAN LEMBAGA PERANTARA KEUANGAN

4 PASAR KEUANGAN PASAR OBLIGASI PASAR SAHAM PASAR KEUANGAN ADALAH INSTITUSI-INSTITUSI DI MANA INDIVIDU-INDIVIDU YANG MEMILIKI DANA DAPAT MENYUPLAI SECARA LANGSUNG KEPADA INDIVIDU-INDIVIDU YANG MEMBUTUHKAN PASAR OBLIGASI OBLIGASI ATAU BOND ATAU SERTIFIKAT HUTANG YANG MENJELASKAN KEWAJIBAN- KEWAJIBAN DARI EMITEN (PENERBIT OBLIGASI) KEPADA PEMEGANG OBLIGASI. PENERBITAN OBLIGASI UNTUK MENGUMPULKAN DANA DISEBUT DEBT FINANCE ATAU PEMBIAYAAN DENGAN HUTANG. Contoh, pada saat Intel ingin membangun pabrik baru ia membutuhkan tambahan dana. Intel dapat meminjam langsung kepada publik dengan menerbitkan obligasi. Sertifikat obligasi mencantumkan tanggal pelunasan hutang (jatuh tempo) dan suku bunga yang akan dibayarkan secara periodik sampai obligasi jatuh tempo. Pembeli dapat memegang obligasi sampai jatuh tempo atau menjualnya kepada pihak lain sebelum jatuh tempo.

5 Secara garis besar, obligasi memiliki 3 karakteristik penting 1.Jangka waktu ( bond’s term ), jangka waktu obligasi bisa beragam dari hanya hitungan bulan hingga tahunan. Pemerintah Inggris pernah menerbitkan obligasi yang tidak pernah jatuh tempo ( perprtuity ). Semakin lama jangka waktu jatuh tempo maka biasanya nilai bunga semakin besar karena perkiraan risiko yang akan dihadapi. 2.Credit risk 3.Tax treatment adalah cara hukum pajak memperlakukan bunga yang diterima dari obligasi karena sebagian besar obligasi merupakan penghasilan kena pajak. PASAR SAHAM Cara lain yang bisa diambil Intel untuk mendapatkan tambahan dana adalah dengan menjual saham ( stock ). Penjualan saham untuk mengumpulkan dana disebut sebagai equty finance atau pembiayaan dengan ekuitas. SAHAM mewakili kepemilikan dalam sebuah perusahaan dan mewakili klaim atas laba yang dihasilkan perusahaan sedangkan obligasi hanya menempatkan empunya dana sebagai kreditor. Jika Intel mendapatkan laba tinggi, pemilik obligasi hanya menerima pembayaran dengan jumlah tetap tetapi jika Intel kesulitan uang maka pemegang obligasi mendapat perioritas pembayaran.

6 Harga saham di bursa ditentukan oleh interaksi penawaran dan permintaan. Berbagai index saham tersedia untuk memonitor harga saham. Index dihitung sebagai rata-rata dari sekelompok harga saham. Index Dow-Jones Industrial Averages, dipublikasi secara reguler sejak 1896, terdiri dari 30 perusahaan terbesar USA seperti General Motors, General Electric, IBM, Coca-Cola, dll. Semakin menjanjikan prospek saham di masa mendatang maka permintaan akan meningkat begitu pula dengan harganya. LEMBAGA PERANTARA KEUANGAN Financial Intermediaries adalah institusi-institusi keuangan di mana penabung menyediakan dana secara tidak langsung kepada peminjam. Institusi yang berfungsi sebagai intermediasi berperan mempertemukan kedua pihak ini. Bank adalah lembaga perantara keuangan yang paling dikenal di masyarakat. Jika seorang pemilik warung ingin melebarkan kiosnya untuk kepentingan usaha, tambahan dana yang dibutuhkan dari mana ? Beberapa Kegiatan Bank -Menerima deposito dan menyalurkan dalam bentuk kredit -Menerima tabungan

7 -Memfasilitasi nasabah dalam pembelian menggunakan cek berbasis deposito mereka → medium of exchange. REKSADANA ATAU MUTUAL FUND adalah institusi yang menjual saham kepada publik dan menggunakan dana hasil penjualan untuk membeli beragam jenis saham, obligasi, atau keduanya yang dinamakan portofolio. Pemegang saham reksadana menanggung semua risiko dan pengembalian terkait dengan portofolio. Keunggulan resadana adalah memungkinkan orang-orang yang hanya memiliki sedikit dana untuk melakukan diversifikasi, don’t put all your egg in one basket. Keunggulan lain yang dimiliki oleh perusahaan-perusahaan reksadana adalah akses terhadap keahlian manajer keuangan yang profesional, mereka akan berusaha menaikkan tingkat pengembalian.

8 Bagaimana peranan makroekonomi dalam pasar-pasar keuangan ? Beberapa Identitas Penting Y = C + I + G + NX Asumsi: Perekonomian tertutup Persamaan Identitas Perekonomian tertutup berarti tidak terlibat dalam perdagangan barang dan jasa serta pinjam-meminjam internasional, sehingga NX = 0 Y = C + I + G Setiap unit output yang dijual dalam perekonomian tertutup mewakili konsumsi, investasi, atau pembelian pemerintah Y – C – G = I Persamaan Identitas, Y – C – G adalah pendapatan yang tersisa, dinamakan juga national income atau saving (S) S = I

9 S = Y – C – GJika pemerintah mengenakan pajak T maka S = (Y – T – C) + (T– G) Tabungan swastaTabungan publik Tabungan swasta atau private saving adalah jumlah pendapatan yang tersisa setelah rumah tangga membayar pajak dan konsumsi Tabungan publik atau public saving, jumlah pendapatan pajak yang tersisa bagi pemerintah setelah dikurangi belanjanya. Jika T > G surplus anggaran (budget surplus), jika T < G maka deficit budget. Fakta penting dari S = I Perekonomian secara keseluruhan, tabungan harus sama dengan investasi. Bagaimana ? Siapa yang mengkoordinir ? Jawabnya sistem keuangan. Pasar obligasi, pasar saham, bank, reksadana, pasar-pasar keuangan, serta lembaga-lembaga perantara keuangan yang menghimpun tabungan dan menyalurkan untuk investasi.

10 PASAR DANA PINJAMAN Jika kita hendak membangun sebuah model pasar keuangan, untuk menyederhanakan pembahasan, diasumsikan perekonomian memiliki satu pasar yaitu market for loanable funds (pasar dana pinjaman). Hanya ada satu bunga, return to saving dan juga biaya atas pinjaman (cost of borrowing). Penawaran dan Permintaan atas Dana Pinjaman Penawaran dana pinjaman berasal dari pihak yang memiliki kelebihan pendapatan. Permintaan akan berasal dari pihak yang membutuhkan untuk investasai atau lainnya seperti pembelian rumah. Suku bunga yang tinggi, apa yang terjadi dengan permintaan pinjaman dan tabungan ? 0 r D S Dana pinjaman

11 Suku bunga Riil Nominal Suku bunga nominal adalah suku bunga yang biasanya dilaporkan Suku bunga riil adalah suku bunga nominal yang disesuaikan dengan inflasi atau suku bunga nominal dikurangi tingkat inflasi. Suku bunga ini yang akan digunakan. Kebijakan 1. Pajak dan Tabungan Apabila pemerintah memandang pajak yang dikenakan terhadap masyarakat atas pendapatan yang ditabung memberatkan, sehingga pajak untuk tabungan dikurangi kecuali jika tabungan itu digunakan untuk konsumsi. Apa yang terjadi ? T tabungan ↓ → masyarakat dirangsang untuk menabung lebih banyak → S ↑ → dana yang tersedia untuk dipinjamkan ↑ maka kurva Penawaran bergeser ke kanan. Pada saat permintaan dana pinjaman tetap, maka tingkat suku bunga keseimbangan turun. Suku bunga yang rendah akan merangsang investasi.

12 0 r D S Dana pinjaman S1S1 Kebijakan 2. Pajak dan Investasi Apabila pemerintah memberlakukan pengurangan pajak untuk perusahaan yang akan melakukan investasi baru. Apa yang terjadi ? 0 r D S Dana pinjaman D1D1 r meningkat, merangsang tabungan juga meningkat

13 0 r D S1S1 Dana pinjaman S Kebijakan 3. Defisit Anggaran Pemerintah Pada saat pemerintah mengalami defisit anggaran, tabungan nasional menurun, suku bunga naik, dan investasi berkurang.


Download ppt "TABUNGAN, INVESTASI, DAN SISTEM KEUANGAN. Pendahuluan LULUS UNIVERSITAS BISNIS BENGKEL MODAL SUMBER MODAL ? Sumber Modal Tabungan pribadi Bagaimana jika."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google