Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Oleh : Endang Purwaningsih. MEDIA KOMUNIKASI PEMBELAJARAN.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Oleh : Endang Purwaningsih. MEDIA KOMUNIKASI PEMBELAJARAN."— Transcript presentasi:

1 Oleh : Endang Purwaningsih. MEDIA KOMUNIKASI PEMBELAJARAN

2 PENGERTIAN MEDIA KOMUNIKASI PEMBELAJARAN Media pembelajaran terdiri dari dua kata, yaitu kata “media” dan “pembelajaran”. Kata media secara harfiah berarti perantara atau pengantar, sedangkan kata pembelajaran diartikan sbg suatu kondisi seseorang untuk melakukan suatu kegiatan belajar. Media pembelajaran terdiri dari dua kata, yaitu kata “media” dan “pembelajaran”. Kata media secara harfiah berarti perantara atau pengantar, sedangkan kata pembelajaran diartikan sbg suatu kondisi seseorang untuk melakukan suatu kegiatan belajar.

3 “BEBERAPA PAKAR BERPENDAPAT ” Schramm (1977), media komunikasi adalah tekhnologi pembawa pesan yang dapat di manfaatkan untuk keperluan pembelajaran. Schramm (1977), media komunikasi adalah tekhnologi pembawa pesan yang dapat di manfaatkan untuk keperluan pembelajaran. Sementara itu, Briggs (1977) berpendapat bahwa media pembelajaran adalah ”sarana fisik untuk menyampaikan isi/materi pembelajaran seperti : buku, film, video dan sebagainya.” Sementara itu, Briggs (1977) berpendapat bahwa media pembelajaran adalah ”sarana fisik untuk menyampaikan isi/materi pembelajaran seperti : buku, film, video dan sebagainya.” Sedangkan National Education Association (1969) mengungkapkan bahwa media pembelajaran adalah “sarana komunikasi dalam bentuk cetak maupun pandang-dengar, termasuk teknologi perangkat keras.” Sedangkan National Education Association (1969) mengungkapkan bahwa media pembelajaran adalah “sarana komunikasi dalam bentuk cetak maupun pandang-dengar, termasuk teknologi perangkat keras.”

4 Jenis-jenis Media Pembelajaran - Media visual: Grafik, diagram, chart, bagan, poster, kartun, komik - Media visual: Grafik, diagram, chart, bagan, poster, kartun, komik - Media Audial: radio, tape recorder, laboratorium bahasa, dan sejenisnya - Media Audial: radio, tape recorder, laboratorium bahasa, dan sejenisnya - Projected still media: slide, over head projector (OHP), in focus dan sejenisnya - Projected still media: slide, over head projector (OHP), in focus dan sejenisnya - Projected motion media: film, televisi, video (VCD, DVD, VTR), komputer dan sejenisnya - Projected motion media: film, televisi, video (VCD, DVD, VTR), komputer dan sejenisnya Sejalan dengna perkembangan IPTEK penggunaan media, baik yang bersifat visual, audial, projected still media maupun projected motion media bisa dilakukan secara bersama dan serempak melalui satu alat saja yang disebut multi media. Contoh: dewasa ini penggunaan komputer tidak hanya bersifat projected motion media, namun dapat meramu semua jenis media yang bersifat interaktif. Sejalan dengna perkembangan IPTEK penggunaan media, baik yang bersifat visual, audial, projected still media maupun projected motion media bisa dilakukan secara bersama dan serempak melalui satu alat saja yang disebut multi media. Contoh: dewasa ini penggunaan komputer tidak hanya bersifat projected motion media, namun dapat meramu semua jenis media yang bersifat interaktif.

5 Media memiliki fungsi, di antaranya : Media pembelajaran dapat mengatasi keterbatasan pengalaman yang dimiliki oleh para peserta didik. Pengalaman tiap peserta didik berbeda-beda, tergantung dari faktor- faktor yang menentukan kekayaan pengalaman anak, seperti ketersediaan buku, kesempatan melancong, dan sebagainya. Media pembelajaran dapat mengatasi perbedaan tersebut. Jika peserta didik tidak mungkin dibawa ke objek langsung yang dipelajari, maka objeknyalah yang dibawa ke peserta didik. Objek dimaksud bisa dalam bentuk gambar- gambar yang dapat disajikan secara audio visual dan audial. Media pembelajaran dapat mengatasi keterbatasan pengalaman yang dimiliki oleh para peserta didik. Pengalaman tiap peserta didik berbeda-beda, tergantung dari faktor- faktor yang menentukan kekayaan pengalaman anak, seperti ketersediaan buku, kesempatan melancong, dan sebagainya. Media pembelajaran dapat mengatasi perbedaan tersebut. Jika peserta didik tidak mungkin dibawa ke objek langsung yang dipelajari, maka objeknyalah yang dibawa ke peserta didik. Objek dimaksud bisa dalam bentuk gambar- gambar yang dapat disajikan secara audio visual dan audial.

6 Media pembelajaran dapat melampaui batasan ruang kelas. Banyak hal yang tidak mungkin dialami secara langsung di dalam kelas oleh para peserta didik tentang suatu objek yang disebabkan karena: (a) objek terlalu besar, (b) objek terlalu kecil, (c) objek yang bergerak terlalu lambat, (d) objek yang bergerak terlalu cepat, (e) objek yang terlalu kompleks, (f) objek yang bunyinya terlalu halus, (g) objek yang mengandung berbahaya dan resiko tinggi. Melalui penggunaan media yang tepat, maka semua objek itu dapat disajikan kepada peserta didik Media pembelajaran dapat melampaui batasan ruang kelas. Banyak hal yang tidak mungkin dialami secara langsung di dalam kelas oleh para peserta didik tentang suatu objek yang disebabkan karena: (a) objek terlalu besar, (b) objek terlalu kecil, (c) objek yang bergerak terlalu lambat, (d) objek yang bergerak terlalu cepat, (e) objek yang terlalu kompleks, (f) objek yang bunyinya terlalu halus, (g) objek yang mengandung berbahaya dan resiko tinggi. Melalui penggunaan media yang tepat, maka semua objek itu dapat disajikan kepada peserta didik Media menghasilkan keseragaman pengamatan. Media menghasilkan keseragaman pengamatan. Media dapat menanamkan konsep dasar yang benar, kongkrit, dan realistis. Media dapat menanamkan konsep dasar yang benar, kongkrit, dan realistis. Media membangkitkan keinginan dan minat baru. Media membangkitkan keinginan dan minat baru. Media membangkitkan motivasi dan merangsang anak untuk belajar Media membangkitkan motivasi dan merangsang anak untuk belajar

7 Kriteria Pemilihan Media Kriteria yang paling utama dalam pemilihan media bahwa media harus disesuaikan dengan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang ingin dicapai. Contoh : bila tujuan atau kompetensi peserta didik bersifat menghafalkan kata-kata tentunya media audio yang tepat untuk digunakan. Jika tujuan atua kompetnesi yang dicapai bersifat mehamai isi bacaan maka media cetak y ang lebih tepat digunakan. Kalau tujuan pebelajaran bersifat motorik (gerak dan ativitas), maka media film dan video bisa digunakan. Di samping itu, terdapat kriteria lainnya yang bersifat melengkapi (komplementer). Kriteria yang paling utama dalam pemilihan media bahwa media harus disesuaikan dengan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang ingin dicapai. Contoh : bila tujuan atau kompetensi peserta didik bersifat menghafalkan kata-kata tentunya media audio yang tepat untuk digunakan. Jika tujuan atua kompetnesi yang dicapai bersifat mehamai isi bacaan maka media cetak y ang lebih tepat digunakan. Kalau tujuan pebelajaran bersifat motorik (gerak dan ativitas), maka media film dan video bisa digunakan. Di samping itu, terdapat kriteria lainnya yang bersifat melengkapi (komplementer).

8 Karakteristik Jenis Media Pembelajaran Media cetakan dan grafis di dalam proses belajar mengajar paling banyak dan paling sering digunakan. Media ini termasuk kategori media visual non proyeksi yang berfungsi untuk menyalurkan pesan dari pemberi ke penerima pesan (dari guru kepada siswa). Pesan yang dituangkan dalam bentuk tulisan, huruf-huruf, gambar-gambar dan simbol yang mengandung harti disebut ”Media Grafis”. Media grafis termasuk media visual diam, sebagaimana halnya dengan media lain media grafis mempunyai fungsi untuk menyalurkan pesan dari guru kepada siswa. Saluran yang dipakai menyangkut indera penglihatan yang dituangkan ke dalam simbol-simbol yang menarik dan jelas. Media ini tidak termasuk media yang relatif murah dalam pengadaannya bila ditimbang dari segi biaya. Macam- macam media grafis adalah: gambar/foto, diagram, bagan, grafik, poster, media cetak, buku. Media cetakan dan grafis di dalam proses belajar mengajar paling banyak dan paling sering digunakan. Media ini termasuk kategori media visual non proyeksi yang berfungsi untuk menyalurkan pesan dari pemberi ke penerima pesan (dari guru kepada siswa). Pesan yang dituangkan dalam bentuk tulisan, huruf-huruf, gambar-gambar dan simbol yang mengandung harti disebut ”Media Grafis”. Media grafis termasuk media visual diam, sebagaimana halnya dengan media lain media grafis mempunyai fungsi untuk menyalurkan pesan dari guru kepada siswa. Saluran yang dipakai menyangkut indera penglihatan yang dituangkan ke dalam simbol-simbol yang menarik dan jelas. Media ini tidak termasuk media yang relatif murah dalam pengadaannya bila ditimbang dari segi biaya. Macam- macam media grafis adalah: gambar/foto, diagram, bagan, grafik, poster, media cetak, buku.

9 Gambar atau Foto Media grafis paling umum digunakan dalam PBM, karena merupakan bahasa yang umum dan dapat mudah dimengerti oleh peserta didik. Kemudahan mencerna media grafis karena sifatnya visual konkrit menampilkan objek sesuai dengan bentuk dan wujud aslinya sehingga tidak verbalistik. Media grafis paling umum digunakan dalam PBM, karena merupakan bahasa yang umum dan dapat mudah dimengerti oleh peserta didik. Kemudahan mencerna media grafis karena sifatnya visual konkrit menampilkan objek sesuai dengan bentuk dan wujud aslinya sehingga tidak verbalistik.

10 Kekurangan dan Kelebihan media gambar atau foto Kelebihannya: - sifatnya konkrit, lebih realistik dibandingkan dengan media verbal - sifatnya konkrit, lebih realistik dibandingkan dengan media verbal - dapat memperjelas suatu masalah dalam bidang apa saja, baik untuk usia muda maupun tua - dapat memperjelas suatu masalah dalam bidang apa saja, baik untuk usia muda maupun tua - harganya dan tidak memerlukan peralatan khusus dalam penyampaiannya. - harganya dan tidak memerlukan peralatan khusus dalam penyampaiannya.Kelemahannya: - gambar/foto hanya menekankan persepsi indera mata - gambar/foto hanya menekankan persepsi indera mata ukurannya sangat terbatas untuk kelompok besar ukurannya sangat terbatas untuk kelompok besar

11

12 Diagram Merupakan gambar yang sederhana yang menggunakan garis-garis dan simbol- simbol, secara garis besar dan menunjukkan hubungan antar komponennya atau proses yang ada pada diagram tersebut. Isinya pada umumnya berupa petunjuk-petunjuk. Diagram ini untuk menyederhanakan yang komplek-komplek sehingga dapat memperjelas penyajian pesan. Merupakan gambar yang sederhana yang menggunakan garis-garis dan simbol- simbol, secara garis besar dan menunjukkan hubungan antar komponennya atau proses yang ada pada diagram tersebut. Isinya pada umumnya berupa petunjuk-petunjuk. Diagram ini untuk menyederhanakan yang komplek-komplek sehingga dapat memperjelas penyajian pesan. Oleh karena diagram bersifat: - simbolis dan abstrak, kadang-kadang sulit dimengerti - simbolis dan abstrak, kadang-kadang sulit dimengerti - untuk dapat membaca diagram diperlukan keahlian khusus dalam bidangnya tentang isi diagram tersebut - untuk dapat membaca diagram diperlukan keahlian khusus dalam bidangnya tentang isi diagram tersebut - walaupun sulit dimengerti, karena sifatnya yang padat diagram dapat memperjelas arti. - walaupun sulit dimengerti, karena sifatnya yang padat diagram dapat memperjelas arti.

13 Ciri-ciri diagram yang baik: Ciri-ciri diagram yang baik: - benar, diagram rapih dan disertai dengan keterangan yang jelas - benar, diagram rapih dan disertai dengan keterangan yang jelas - cukup besar dan ditempatkan secara strategis - cukup besar dan ditempatkan secara strategis - penyusunannya disesuaikan dengan pola baca yang umum dari atas ke bawah atau dari kiri ke kanan - penyusunannya disesuaikan dengan pola baca yang umum dari atas ke bawah atau dari kiri ke kanan

14 Bagan atau chart Bagan merupakan media yang berisi tentang gambar-gambar keterangan- keterangan, daftar-daftar dan sebagainya. Bagan merupakan media yang berisi tentang gambar-gambar keterangan- keterangan, daftar-daftar dan sebagainya. Bagan digunakan untuk memperagakan pokok-pokok isi bagan secara jelas dan sederhana antara lain: perkembangan, perbandingan, struktur, organisasi, jenis-jenis media bagan antara lain : Tree chart, flow chart. Bagan digunakan untuk memperagakan pokok-pokok isi bagan secara jelas dan sederhana antara lain: perkembangan, perbandingan, struktur, organisasi, jenis-jenis media bagan antara lain : Tree chart, flow chart. Charta adalah gambar yang mempresentasikan suatu hubungan yang abstrak seperti kronologi, jumlah dan hierarki. Penulis sering menggunakan dalam buku teks dan training manual sebagai tabel dan flowcart. Mereka juga menggunakan sebagai carta dinding untuk rangkuman, organisasi kartu dan klasifikasi Charta adalah gambar yang mempresentasikan suatu hubungan yang abstrak seperti kronologi, jumlah dan hierarki. Penulis sering menggunakan dalam buku teks dan training manual sebagai tabel dan flowcart. Mereka juga menggunakan sebagai carta dinding untuk rangkuman, organisasi kartu dan klasifikasi

15 Chart Arti istilah chart dianggap berkaitan erat dengan pengertian berikut: Arti istilah chart dianggap berkaitan erat dengan pengertian berikut: Grafik atau diagram yang menampilkan data atau hubungan antar data kumpulan data yang ditampilkan dalam bentuk gambar.`````` Grafik atau diagram yang menampilkan data atau hubungan antar data kumpulan data yang ditampilkan dalam bentuk gambar.``````

16 Pengertian Chart Of Account Written by Nurjannah Sjamsudin Written by Nurjannah Sjamsudin Tuesday, 01 April 2008 Chart of accounts atau yang di dalam bahasa Indonesia disebut Bagan Akun, adalah satu daftar rangkaian akun-akun yang sudah dibuat atau disusun secara sistematis dan teratur dengan menggunakan simbol-simbol huruf, angka, atau panduan antara keduanya yang bermanfaat untuk membantu pemrosesan data, baik secara manual maupun terkomputerisasi, agar lebih mudah diproses, dikontrol, dan dilaporkan. Sebagian besar orang atau pengguna bagan akun tetap menyebutnya dengan istilah Chart Of Account. Atau kadang-kadang disingkat dengan istilah: COA. Di dalam kegiatan sehari-hari, Chart Of Account malah lebih sering disebut sebagai kode akun, dan bukan bagan akun. Padahal padanan kata yang tepat untuk kode akun adalah account code, dan bukan chart of account. Tuesday, 01 April 2008 Chart of accounts atau yang di dalam bahasa Indonesia disebut Bagan Akun, adalah satu daftar rangkaian akun-akun yang sudah dibuat atau disusun secara sistematis dan teratur dengan menggunakan simbol-simbol huruf, angka, atau panduan antara keduanya yang bermanfaat untuk membantu pemrosesan data, baik secara manual maupun terkomputerisasi, agar lebih mudah diproses, dikontrol, dan dilaporkan. Sebagian besar orang atau pengguna bagan akun tetap menyebutnya dengan istilah Chart Of Account. Atau kadang-kadang disingkat dengan istilah: COA. Di dalam kegiatan sehari-hari, Chart Of Account malah lebih sering disebut sebagai kode akun, dan bukan bagan akun. Padahal padanan kata yang tepat untuk kode akun adalah account code, dan bukan chart of account. Definisi chart of account (bagan akun) dapat disebut sebagai daftar yang terjadi dari serangkaian kode-kode yang telah diatur dan disusun dalam struktur akun tertentu, secara sistematis. Termasuk di dalamnya adalah unsur-unsur seperti kode akun (account code) dan nama akun (accounts name). Kode akun dan nama akun inilah yang digunakan perusahaan atau organisasi untuk mengelompokkan, mencatat, melaporkan, dan mengontrol transaksi-transaksinya dengan cara sistematis. Definisi chart of account (bagan akun) dapat disebut sebagai daftar yang terjadi dari serangkaian kode-kode yang telah diatur dan disusun dalam struktur akun tertentu, secara sistematis. Termasuk di dalamnya adalah unsur-unsur seperti kode akun (account code) dan nama akun (accounts name). Kode akun dan nama akun inilah yang digunakan perusahaan atau organisasi untuk mengelompokkan, mencatat, melaporkan, dan mengontrol transaksi-transaksinya dengan cara sistematis. Kode akun adalah rangkaian yang dapat berupa susunan angka (numerik) atau huruf (alphabet) atau paduan antara angka dan huruf (alfanumerik) yang sangat sistematis, mudah dipahami, fleksibel, dan juga memiliki sifat khas (khusus) untuk setiap akun yang diwakilinya. Di dalam sebuah sistem atau struktur akun, tidak boleh ada kode yang sama yang digunakan untuk mewakili akun yang berbeda. Kode akun adalah rangkaian yang dapat berupa susunan angka (numerik) atau huruf (alphabet) atau paduan antara angka dan huruf (alfanumerik) yang sangat sistematis, mudah dipahami, fleksibel, dan juga memiliki sifat khas (khusus) untuk setiap akun yang diwakilinya. Di dalam sebuah sistem atau struktur akun, tidak boleh ada kode yang sama yang digunakan untuk mewakili akun yang berbeda. Nama akun adalah istilah atau sebutan yang digunakan untuk mengidentifikasikan suatu akun yang digunakan di dalam transaksi-transaksi akuntansi. Nama akun adalah istilah atau sebutan yang digunakan untuk mengidentifikasikan suatu akun yang digunakan di dalam transaksi-transaksi akuntansi. Nama-nama akun ini secara baku telah di kelompokkan dan diatur secara jelas. Meskipun demikian, penamaan dimasing-masing perusahaan bisa saja berbeda. Nama-nama akun ini secara baku telah di kelompokkan dan diatur secara jelas. Meskipun demikian, penamaan dimasing-masing perusahaan bisa saja berbeda.

17 Jenis-jenis Grafik Grafik batang, sebuah satu skala grafik, adalah cocok dan teristimewa untuk item pembanding yang sama di waktu yang berbeda atau item berbeda di waktu yang sama; sebagai contoh, tinggi satu tanaman melebihi waktu atau tingginya beberapa tanaman lainnya. Grafik batang menunjukkan variasi hanya dalam satu dimensi. Grafik batang, sebuah satu skala grafik, adalah cocok dan teristimewa untuk item pembanding yang sama di waktu yang berbeda atau item berbeda di waktu yang sama; sebagai contoh, tinggi satu tanaman melebihi waktu atau tingginya beberapa tanaman lainnya. Grafik batang menunjukkan variasi hanya dalam satu dimensi. Grafik gambar adalah sebuah alternatif dari grafik batang yang mana unit-unit angka diwakili oleh sebuah gambar sederhana. Grafik gambar adalah visualisasi yang menarik dan dapat menarik audiens dalam jumlah besar, khususnya pelajar remaja. Grafik gambar adalah sebuah alternatif dari grafik batang yang mana unit-unit angka diwakili oleh sebuah gambar sederhana. Grafik gambar adalah visualisasi yang menarik dan dapat menarik audiens dalam jumlah besar, khususnya pelajar remaja. Grafik lingkaran relatif mudah untuk diterjemahkan. grafik pada tipe ini, sebuah lingkaran dibagi kedalam bagian – bagian, tiap bagian mewakili atau persentase dari keseluruhan. Satu jenis menggunakan grafik lingkaran untuk melukiskan pemberian indek dollar. Kombinasi bagian-bagian dari sebuah grafik lingkaran harus tentu saja sama dengan 100 persen. Daerah khusus yang menarik dapat menjadi highlighted oleh ilustrasi dari keseluruhan. Grafik lingkaran relatif mudah untuk diterjemahkan. grafik pada tipe ini, sebuah lingkaran dibagi kedalam bagian – bagian, tiap bagian mewakili atau persentase dari keseluruhan. Satu jenis menggunakan grafik lingkaran untuk melukiskan pemberian indek dollar. Kombinasi bagian-bagian dari sebuah grafik lingkaran harus tentu saja sama dengan 100 persen. Daerah khusus yang menarik dapat menjadi highlighted oleh ilustrasi dari keseluruhan. Grafik garis merupakan ketepatan penuh dan kompleks dari semua grafik. Grafik garis berdasarkan atas dua skala di dua sudut. Setiap titik mempunyai sebuah nilai pada sebuah skala vertikal dan nilai pada skala horizontal. Garis (atau kurva) adalah gambaran untuk menghubungkan titik-titik. Grafik garis menunjukkan variasi dalam dua dimensi, atau bagaimana dua atau lebih unsur yang berubah pada kelebihan waktu. Sebagai contoh, sebuah grafik dapat menunjukkan hubungan antara tekanan dan volume sebuah gas held tetap. Karena grafik garis adalah tapat, mereka sangat berguna dalam plotting trends. Mereka juga menolong massa dalam penyederhanaan informasi yang kompleks. Grafik garis merupakan ketepatan penuh dan kompleks dari semua grafik. Grafik garis berdasarkan atas dua skala di dua sudut. Setiap titik mempunyai sebuah nilai pada sebuah skala vertikal dan nilai pada skala horizontal. Garis (atau kurva) adalah gambaran untuk menghubungkan titik-titik. Grafik garis menunjukkan variasi dalam dua dimensi, atau bagaimana dua atau lebih unsur yang berubah pada kelebihan waktu. Sebagai contoh, sebuah grafik dapat menunjukkan hubungan antara tekanan dan volume sebuah gas held tetap. Karena grafik garis adalah tapat, mereka sangat berguna dalam plotting trends. Mereka juga menolong massa dalam penyederhanaan informasi yang kompleks.

18 Poster Dalam budaya poster visual dikombinasikan dari gambar, garis, warna, dan kata-kata. Poster memegang peran dalam menarik perhatian orang yang melihat pesan singkat, biasanya salah satu yang meyakinkan. Akan lebih efektif, poster harus penuh warna dan dinamik. Mereka harus menangkap perhatian dan mengkomunikasikan pesan dengan cepat. Dalam budaya poster visual dikombinasikan dari gambar, garis, warna, dan kata-kata. Poster memegang peran dalam menarik perhatian orang yang melihat pesan singkat, biasanya salah satu yang meyakinkan. Akan lebih efektif, poster harus penuh warna dan dinamik. Mereka harus menangkap perhatian dan mengkomunikasikan pesan dengan cepat. Poster akan efektif dalam banyak situasi pembelajaran. Foster mendapat rangsangan menarik dalam topik baru, kelas khusus atau pada kejadian di sekolah. Mereka bekerja untuk memotivasi siswa pada pertemuan sekolah atau untuk media center, sebagai contoh, atau memberanikan untuk lebih membaca. Di industri kursus pendidikan, Laboratorium ilmu pengetahuan, dan situasi lain yang mungkin melibatkan bahaya, poster akan mengingatkan orang melalui tips-tips keamanan. Poster juga dapat mempromosikan praktek cara hidup sehat seperti tidak menggunakan obat-obatan. Sebuah teknik pembelajaran yang efektif mengharuskan siswa mendesain poster sebagai bagian proyek di kelas, pencegahan api selama seminggu atau kesehatan gigi tiap bulan. Anda dapat membuat poster anda sendiri dengan spidol berwarna, Cetakan komputer, dan peralatan cetak ukuran halaman poster Poster akan efektif dalam banyak situasi pembelajaran. Foster mendapat rangsangan menarik dalam topik baru, kelas khusus atau pada kejadian di sekolah. Mereka bekerja untuk memotivasi siswa pada pertemuan sekolah atau untuk media center, sebagai contoh, atau memberanikan untuk lebih membaca. Di industri kursus pendidikan, Laboratorium ilmu pengetahuan, dan situasi lain yang mungkin melibatkan bahaya, poster akan mengingatkan orang melalui tips-tips keamanan. Poster juga dapat mempromosikan praktek cara hidup sehat seperti tidak menggunakan obat-obatan. Sebuah teknik pembelajaran yang efektif mengharuskan siswa mendesain poster sebagai bagian proyek di kelas, pencegahan api selama seminggu atau kesehatan gigi tiap bulan. Anda dapat membuat poster anda sendiri dengan spidol berwarna, Cetakan komputer, dan peralatan cetak ukuran halaman poster

19 FlipChart Flip Chart adalah lapisan (pad) kertas besar yang mengaitkan bersama atas bantalan (mounted) ke sandaran (easel). Flip chartsangat serba guna menyenangkan, bentuk media yang murah tidak membutuhkan arus listrik dalam penggunannya tidak perlu memindahkan bagiannya yang lain dapat digunakan pada suasana cerah, lembaran kertas yang berisikan bahan pelajaran yang tersusun rapi dan baik Flip Chart adalah lapisan (pad) kertas besar yang mengaitkan bersama atas bantalan (mounted) ke sandaran (easel). Flip chartsangat serba guna menyenangkan, bentuk media yang murah tidak membutuhkan arus listrik dalam penggunannya tidak perlu memindahkan bagiannya yang lain dapat digunakan pada suasana cerah, lembaran kertas yang berisikan bahan pelajaran yang tersusun rapi dan baik

20 Kartun Kartun (garis –garis gambar yang jelas dari suatu bentuk nyata orang atau kejadian), mungkin bentuk visual yang paling populer dan mudah diketahui. Hal itu semua bisa muncul dalam cetakan yang bermacam- macam di media surat kabar, text book, dan rangkaian dari cerita gambar di komik yang bertujuan awalnya untuk menampilkan bentuk gambar untuk membuat kepentingan orang banyak atau politik. Banyolan dan sindiran menyertai pada kemampuan si kartunis. Kartun sangat mudah dan cepat dibaca dan diminati anak-anak dan juga orang dewasa. Kebanyakan isinya tentang kebijaksanaan prilaku. Anda sering menggunakannya untuk membuat atau mengulangkan penekanan tujuan perintah. Apresiasi dan penterjemahan begitupun, bisa tergantung pada pengalaman dan pemahaman (penafsiran) dari si penafsir. Yakinkan karikatur gambar yang anda gunakan untuk tujuan instruksi dalam pengalaman dan jajaran intelektual siswa anda.

21 Papan Flannel Graft Flannel Graft adalah papan kain yang di buat dari kain yang dilebarkan di atas bahan kokoh seperti kayu triplek atau kardus padat. Jenis-jenis alas untu papan tersebut yaitu kain wol (flannel) atau kain tebal (felt). Guru sering menggunakan papan kain ini untuk mengilustrasikan cerita, puisi dan bahan bacaan lainnya. Alat peraga lainya menggambarkan karakter atau adegan dalam sebuah cerita. Alat peraga dapat dipindah- pindahkan pada papan itu sesuai perkembangan cerita Flannel Graft adalah papan kain yang di buat dari kain yang dilebarkan di atas bahan kokoh seperti kayu triplek atau kardus padat. Jenis-jenis alas untu papan tersebut yaitu kain wol (flannel) atau kain tebal (felt). Guru sering menggunakan papan kain ini untuk mengilustrasikan cerita, puisi dan bahan bacaan lainnya. Alat peraga lainya menggambarkan karakter atau adegan dalam sebuah cerita. Alat peraga dapat dipindah- pindahkan pada papan itu sesuai perkembangan cerita

22 Video Suatu perangkat yang berfungsi sebagai penerima gambar dan suara. Suatu perangkat yang berfungsi sebagai penerima gambar dan suara.

23 Komik Komik adalah suatu bentuk seni yang menggunakan gambar-gambar tidak bergerak yang disusun sedemikian rupa sehingga membentuk jalinan cerita. Biasanya, komik dicetak di atas kertas dan dilengkapi dengan teks. Komik dapat diterbitkan dalam berbagai bentuk, mulai dari strip dalam koran, dimuat dalam majalah, hingga berbentuk buku tersendiri. Komik adalah suatu bentuk seni yang menggunakan gambar-gambar tidak bergerak yang disusun sedemikian rupa sehingga membentuk jalinan cerita. Biasanya, komik dicetak di atas kertas dan dilengkapi dengan teks. Komik dapat diterbitkan dalam berbagai bentuk, mulai dari strip dalam koran, dimuat dalam majalah, hingga berbentuk buku tersendiri.

24 Clip Art Gambar foto dalam bentuk digital, biasanya yang telah disediakan oleh sistem yang digunakan, namun demikian clip art ini juga bisa diimport dari dokumen lain yang sejenis dan disupport oleh sistem tersebut. Gambar foto dalam bentuk digital, biasanya yang telah disediakan oleh sistem yang digunakan, namun demikian clip art ini juga bisa diimport dari dokumen lain yang sejenis dan disupport oleh sistem tersebut.


Download ppt "Oleh : Endang Purwaningsih. MEDIA KOMUNIKASI PEMBELAJARAN."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google